Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA DAKSA

Mata Pelajaran : SLB TUNA DAKSA
Jenjang : SD
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA


Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA SLB TUNA DAKSA
00:00:00
Soal

1. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

2. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Indikator
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Soal

3. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

proyek
portofolio
hasil karya
kognisi
Tidak ada jawaban
Soal

4. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru sebagai fasilitator
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru aktif
Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Soal

5. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Refleksi
Elaborasi
Eksplorasi
Soal

6. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Tidak ada jawaban
Persiapan
Soal

7. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Tidak ada jawaban
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Soal

8. Salah satu ciri PAKEM adalah...

Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
sumber belajar utama adalah buku paket
pembelajaran berpusat pada guru
Soal

9. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori belajar
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Soal

10. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

produksi
pengembangan
perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

11. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Materi
Tidak ada jawaban
Strategi
Tujuan
Evaluasi
Soal

12. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

13. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Tidak ada jawaban
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

14. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

kisi-kisi instrumen penilaian
Tidak ada jawaban
lembar soal
lembar soal dan lembar jawaban
lembar jawaban
Soal

15. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
lembar observasi
Tidak ada jawaban
skala penilaian diri sendiri
daftar pertanyaan
Soal

16. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mencipta
mensintesis
menilai
menganalisis
Tidak ada jawaban
Soal

17. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Saluran
Tidak ada jawaban
Pesan
Penerima
Soal

18. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kecepatan
Kemudahan penggunaan
Akses
Tidak ada jawaban
Biaya
Soal

19. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

blue print
kalibrasi
kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
kisi-kisi
Soal

20. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
memperbanyak halaman LKS
merupakan alat motivasi belajar
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Soal

21. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Permainan
Tidak ada jawaban
Objek
Interaktif
Penyaji
Soal

22. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Surat kabar
Modul
Tidak ada jawaban
Buku
Soal

23. Kriteria utama dalam memilih media:

Tidak ada jawaban
Jumlah siswa
Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Soal

24. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Radio
Tidak ada jawaban
Film
Video
Soal

25. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
sesuai dengan silabus dan RPP
mudah dipahami siswa
Soal

26. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
afektif
tertulis
kognitif
Tidak ada jawaban
Soal

27. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi pertanyaan terbuka
Soal

28. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Simulator
Model
Tidak ada jawaban
Mock up
Realia
Soal

29. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
Soal

30. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

31. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

32. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

siswa aktif
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
Soal

33. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
Soal

34. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Tidak layak
Tidak ada jawaban
Mahal
Menyita waktu
Soal

35. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Strategi
Soal

36. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
penulisan laporan praktek
persiapan alat dan bahan
Tidak ada jawaban
pelaksanaan praktek
Soal

37. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

pengembangan
Tidak ada jawaban
perancangan
evaluasi
produksi
Soal

38. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Realita
Model
Gambar
Tidak ada jawaban
Soal

39. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menyanyi
Menguasai
Membaca
Tidak ada jawaban
Menjawab
Soal

40. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Tidak ada jawaban
Hukum Archimedes
Prosedur menabung
Soal

41. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat kontekstual
Soal

42. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala nominal
Tidak ada jawaban
skala ordinal
interval skor
angka
Soal

43. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Strategi pembelajaran
Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teknik pembelajaran
Soal

44. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
Soal

45. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

rangkuman
kunci jawaban
Tidak ada jawaban
uraian materi
tes formatif
Soal

46. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Soal

47. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

Tidak ada jawaban
bagian awal
bagian penutup
bagian akhir
bagian inti
Soal

48. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

fisik modul/LKS
ilustrasi
Tidak ada jawaban
keakuratan ilmu pengetahuan
bahasa
Soal

49. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan hiburan kepada siswa
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

50. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
memasangkan gambar dengan kata
meringkas buku
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya