Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA DAKSA

Mata Pelajaran : SLB TUNA DAKSA
Jenjang : SD
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA


Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA SLB TUNA DAKSA
00:00:00
Soal

1. Salah satu ciri PAKEM adalah...

pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
dominan menggunakan metode ceramah
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
Soal

2. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menilai
mencipta
Tidak ada jawaban
mensintesis
menganalisis
Soal

3. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

Tidak ada jawaban
produksi
pengembangan
perancangan
evaluasi
Soal

4. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala ordinal
Tidak ada jawaban
interval skor
angka
skala nominal
Soal

5. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Tidak ada jawaban
Refleksi
Konfirmasi
Eksplorasi
Elaborasi
Soal

6. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

Tidak ada jawaban
memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
Soal

7. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Pendekatan pembelajaran
Teknik pembelajaran
Metode pembelajaran
Tidak ada jawaban
Strategi pembelajaran
Soal

8. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

merumuskan tujuan penilaian
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
menguji coba butir instrumen
Soal

9. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
siswa aktif
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
Soal

10. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Soal

11. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
kunci jawaban
tes formatif
rangkuman
Tidak ada jawaban
Soal

12. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
Soal

13. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

fisik modul/LKS
bahasa
Tidak ada jawaban
keakuratan ilmu pengetahuan
ilustrasi
Soal

14. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
lembar soal
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
Soal

15. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Mahal
Tidak layak
Sulit
Soal

16. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Soal

17. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Tidak ada jawaban
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Soal

18. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
meringkas buku
memasangkan gambar dengan kata
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
Soal

19. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Menyanyi
Membaca
Menguasai
Tidak ada jawaban
Soal

20. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
Soal

21. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Persiapan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
Soal

22. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala penilaian diri sendiri
Tidak ada jawaban
skala sikap
lembar observasi
daftar pertanyaan
Soal

23. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Modul
Tidak ada jawaban
Surat kabar
Buku
Video
Soal

24. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Model
Mock up
Simulator
Tidak ada jawaban
Realia
Soal

25. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Realita
Foto
Tidak ada jawaban
Model
Gambar
Soal

26. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

evaluasi
Tidak ada jawaban
pengembangan
produksi
perancangan
Soal

27. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Prosedur menabung
Peristiwa gempa bumi
Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Soal

28. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Film
Video
Tidak ada jawaban
Radio
Soal

29. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian inti
Tidak ada jawaban
bagian akhir
bagian penutup
bagian awal
Soal

30. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
tertulis
kognitif
Tidak ada jawaban
afektif
Soal

31. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Strategi
Tujuan
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Materi
Soal

32. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Sumber referensi
Indikator
Identitas mata pelajaran
Soal

33. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Tidak ada jawaban
Biaya
Akses
Soal

34. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

portofolio
Tidak ada jawaban
kognisi
proyek
hasil karya
Soal

35. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

36. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
Soal

37. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Tidak ada jawaban
Saluran
Penerima
Sumber
Pesan
Soal

38. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan hiburan kepada siswa
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

39. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

40. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Objek
Penyaji
Permainan
Tidak ada jawaban
Interaktif
Soal

41. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat profesional
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat individual
Soal

42. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori belajar
Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Teori komunikasi
Soal

43. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi
kalibrasi
blue print
kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
Soal

44. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Soal

45. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemampuan media
Jumlah siswa
Kemudahan penggunaan
Tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

46. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
Soal

47. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Strategi
Tujuan
Materi
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Soal

48. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Analisis pembelajaran
Identifikasi masalah pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Soal

49. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
Tidak ada jawaban
Soal

50. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru memahami anak secara perorangan
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya