Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA DAKSA

Mata Pelajaran : SLB TUNA DAKSA
Jenjang : SD
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA


Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA DAKSA SLB TUNA DAKSA
00:00:00
Soal

1. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
sumber belajar utama adalah buku paket
lingkungan sebagai sumber belajar
pembelajaran berpusat pada guru
Tidak ada jawaban
Soal

2. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian penutup
bagian akhir
bagian inti
Tidak ada jawaban
Soal

3. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Objek
Tidak ada jawaban
Interaktif
Permainan
Penyaji
Soal

4. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
persiapan alat dan bahan
pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

5. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Sumber referensi
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Soal

6. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Eksplorasi
Konfirmasi
Elaborasi
Refleksi
Tidak ada jawaban
Soal

7. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

8. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru tidak memberikan umpan balik
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

9. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

Tidak ada jawaban
kisi-kisi
blue print
kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
Soal

10. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Buku
Video
Tidak ada jawaban
Surat kabar
Modul
Soal

11. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Strategi
Tujuan
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Materi
Soal

12. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat profesional
Soal

13. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
menjawab soal-soal
meringkas buku
memasangkan gambar dengan kata
Soal

14. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Tidak ada jawaban
Teori pembelajaran
Soal

15. Apa arti guru reflektif?

Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

16. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Soal

17. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Menyita waktu
Tidak layak
Tidak ada jawaban
Mahal
Sulit
Soal

18. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

19. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
menguji coba butir instrumen
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
Soal

20. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
Soal

21. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
Soal

22. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Model
Tidak ada jawaban
Simulator
Mock up
Soal

23. Kriteria utama dalam memilih media:

Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Jumlah siswa
Soal

24. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Soal

25. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

produksi
evaluasi
pengembangan
perancangan
Tidak ada jawaban
Soal

26. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

ilustrasi
fisik modul/LKS
keakuratan ilmu pengetahuan
Tidak ada jawaban
bahasa
Soal

27. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Soal

28. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Soal

29. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Strategi
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Soal

30. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

motivasi belajar anak meningkat
Tidak ada jawaban
pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
guru menjadi kreatif
Soal

31. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

32. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Persiapan
Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
Soal

33. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

Tidak ada jawaban
kognitif
tertulis
afektif
psikomotorik
Soal

34. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
Tidak ada jawaban
guru sebagai fasilitator
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Soal

35. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Video
Film
Radio
Audio
Tidak ada jawaban
Soal

36. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
Tidak ada jawaban
Soal

37. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Peristiwa gempa bumi
Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Soal

38. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
memperbanyak halaman LKS
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Soal

39. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Membaca
Tidak ada jawaban
Menguasai
Menjawab
Menyanyi
Soal

40. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

lembar observasi
skala sikap
Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
Soal

41. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

portofolio
kognisi
Tidak ada jawaban
proyek
hasil karya
Soal

42. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Gambar
Foto
Tidak ada jawaban
Realita
Soal

43. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
skala ordinal
Tidak ada jawaban
interval skor
skala nominal
Soal

44. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Tidak ada jawaban
Akses
Biaya
Soal

45. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menganalisis
mencipta
menilai
Tidak ada jawaban
mensintesis
Soal

46. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

perancangan
produksi
pengembangan
evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

47. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
Soal

48. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Tidak ada jawaban
Sumber
Saluran
Pesan
Penerima
Soal

49. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
kunci jawaban
Tidak ada jawaban
rangkuman
tes formatif
Soal

50. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Pendekatan pembelajaran
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya