Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA GRAHITA

Mata Pelajaran : SLB TUNA GRAHITA
Jenjang : SD
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA


Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA SLB TUNA GRAHITA
00:00:00
Soal

1. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

produksi
Tidak ada jawaban
perancangan
evaluasi
pengembangan
Soal

2. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tindak lanjut
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Persiapan
Pelaksanaan
Soal

3. Apa arti guru reflektif?

Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Soal

4. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Tidak ada jawaban
Alokasi waktu
Sumber referensi
Identitas mata pelajaran
Indikator
Soal

5. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menuliskan draft butir instrumen
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
Soal

6. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

merumuskan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
menguji coba butir instrumen
membuat kisi-kisi
Soal

7. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Tidak ada jawaban
Teori belajar
Teori pembelajaran
Teori analisis peserta didik
Teori komunikasi
Soal

8. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Refleksi
Elaborasi
Eksplorasi
Soal

9. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

bahasa
fisik modul/LKS
Tidak ada jawaban
ilustrasi
keakuratan ilmu pengetahuan
Soal

10. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Soal

11. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Buku
Modul
Tidak ada jawaban
Surat kabar
Soal

12. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Tidak ada jawaban
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Soal

13. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

menjawab soal-soal
Tidak ada jawaban
meringkas buku
melakukan percobaan
memasangkan gambar dengan kata
Soal

14. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk menambah waktu belajar siswa
Soal

15. Salah satu ciri PAKEM adalah...

dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
sumber belajar utama adalah buku paket
pembelajaran berpusat pada guru
Soal

16. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
sesuai dengan silabus dan RPP
Soal

17. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

kunci jawaban
tes formatif
uraian materi
Tidak ada jawaban
rangkuman
Soal

18. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru tidak memberikan umpan balik
guru memahami anak secara perorangan
Tidak ada jawaban
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Soal

19. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Tidak ada jawaban
guru aktif
guru sebagai fasilitator
Soal

20. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Penerima
Tidak ada jawaban
Saluran
Sumber
Pesan
Soal

21. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
mengulangi isi buku pelajaran
merupakan alat motivasi belajar
Soal

22. Kriteria utama dalam memilih media:

Jumlah siswa
Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Kemudahan penggunaan
Kemampuan media
Soal

23. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian inti
bagian penutup
Tidak ada jawaban
bagian akhir
Soal

24. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Tidak ada jawaban
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Meningkatkan perhatian siswa
Soal

25. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

Tidak ada jawaban
psikomotorik
kognitif
afektif
tertulis
Soal

26. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
lembar jawaban
Soal

27. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menguasai
Menyanyi
Membaca
Menjawab
Tidak ada jawaban
Soal

28. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
Soal

29. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Tidak ada jawaban
Gambar
Realita
Model
Foto
Soal

30. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Evaluasi
Tujuan
Strategi
Tidak ada jawaban
Materi
Soal

31. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

lembar observasi
daftar pertanyaan
Tidak ada jawaban
skala penilaian diri sendiri
skala sikap
Soal

32. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tujuan
Evaluasi
Tidak ada jawaban
Strategi
Materi
Soal

33. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kalibrasi
Tidak ada jawaban
kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
blue print
Soal

34. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

Tidak ada jawaban
proyek
portofolio
hasil karya
kognisi
Soal

35. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

Tidak ada jawaban
PTK bersifat profesional
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
Soal

36. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Mahal
Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Tidak layak
Sulit
Soal

37. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 14 Tahun 2005
Soal

38. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Soal

39. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

Tidak ada jawaban
memelihara kebersihan ruang laboratorium
penulisan laporan praktek
pelaksanaan praktek
persiapan alat dan bahan
Soal

40. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Soal

41. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Mock up
Tidak ada jawaban
Simulator
Model
Soal

42. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

siswa kurang dapat bekerja sama
guru menjadi kreatif
Tidak ada jawaban
pembelajaran bermakna
motivasi belajar anak meningkat
Soal

43. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Akses
Kecepatan
Biaya
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Soal

44. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

evaluasi
produksi
Tidak ada jawaban
pengembangan
perancangan
Soal

45. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Video
Radio
Audio
Tidak ada jawaban
Film
Soal

46. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
interval skor
skala nominal
Tidak ada jawaban
skala ordinal
Soal

47. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Identifikasi kebutuhan
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Identifikasi masalah pembelajaran
Soal

48. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Tidak ada jawaban
Penyaji
Objek
Permainan
Soal

49. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Soal

50. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
menganalisis
Tidak ada jawaban
mencipta
menilai
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya