Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA GRAHITA

Mata Pelajaran : SLB TUNA GRAHITA
Jenjang : SD
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA


Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA SLB TUNA GRAHITA
00:00:00
Soal

1. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Video
Film
Radio
Audio
Tidak ada jawaban
Soal

2. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
siswa kurang dapat bekerja sama
guru menjadi kreatif
Soal

3. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
persiapan alat dan bahan
pelaksanaan praktek
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
Soal

4. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

tes formatif
Tidak ada jawaban
kunci jawaban
uraian materi
rangkuman
Soal

5. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Tidak ada jawaban
Menyanyi
Menjawab
Menguasai
Membaca
Soal

6. Salah satu ciri PAKEM adalah...

Tidak ada jawaban
dominan menggunakan metode ceramah
sumber belajar utama adalah buku paket
lingkungan sebagai sumber belajar
pembelajaran berpusat pada guru
Soal

7. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian akhir
bagian awal
bagian inti
bagian penutup
Tidak ada jawaban
Soal

8. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

proyek
hasil karya
Tidak ada jawaban
portofolio
kognisi
Soal

9. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
Tidak ada jawaban
tertulis
kognitif
afektif
Soal

10. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Strategi
Tujuan
Soal

11. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

siswa aktif
metode pembejaran bervariasi
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Soal

12. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
skala sikap
Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
Soal

13. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Sulit
Mahal
Menyita waktu
Tidak layak
Soal

14. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

pengembangan
produksi
perancangan
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

15. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Materi
Tidak ada jawaban
Strategi
Tujuan
Evaluasi
Soal

16. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru aktif
Tidak ada jawaban
guru sebagai fasilitator
Soal

17. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tidak ada jawaban
Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Pelaksanaan
Persiapan
Soal

18. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
pengembangan
evaluasi
Tidak ada jawaban
perancangan
Soal

19. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
Tidak ada jawaban
bahasa
ilustrasi
Soal

20. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

21. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Tidak ada jawaban
Kemampuan media
Soal

22. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menganalisis
Tidak ada jawaban
mencipta
menilai
mensintesis
Soal

23. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

memasangkan gambar dengan kata
menjawab soal-soal
Tidak ada jawaban
meringkas buku
melakukan percobaan
Soal

24. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Indikator
Sumber referensi
Soal

25. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Akses
Tidak ada jawaban
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Biaya
Soal

26. Fungsi bahan ajar modul/LKS

Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Soal

27. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Eksplorasi
Refleksi
Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Soal

28. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
sesuai dengan silabus dan RPP
Soal

29. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Soal

30. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Peristiwa gempa bumi
Soal

31. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kalibrasi
kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
blue print
Tidak ada jawaban
Soal

32. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
merupakan alat motivasi belajar
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
Soal

33. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
Tidak ada jawaban
guru memahami anak secara perorangan
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Soal

34. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Gambar
Tidak ada jawaban
Model
Realita
Foto
Soal

35. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

36. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Tidak ada jawaban
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Soal

37. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

mengidentifikasi tujuan pembelajaran
menguji coba butir instrumen
Tidak ada jawaban
merumuskan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
Soal

38. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
Soal

39. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Teknik pembelajaran
Strategi pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Soal

40. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Tidak ada jawaban
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Soal

41. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Realia
Model
Mock up
Simulator
Tidak ada jawaban
Soal

42. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori belajar
Soal

43. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Tidak ada jawaban
Pesan
Penerima
Saluran
Soal

44. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Penyaji
Tidak ada jawaban
Interaktif
Objek
Permainan
Soal

45. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
skala nominal
Tidak ada jawaban
interval skor
skala ordinal
Soal

46. Apa arti guru reflektif?

Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

47. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat profesional
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
Tidak ada jawaban
Soal

48. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Modul
Tidak ada jawaban
Video
Surat kabar
Buku
Soal

49. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

mengidentifikasi hasil belajar
Tidak ada jawaban
menentukan tujuan penilaian
membuat kisi-kisi
menuliskan draft butir instrumen
Soal

50. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal dan lembar jawaban
lembar soal
Tidak ada jawaban
lembar jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya