Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA

Petunjuk Teknis

» SLB TUNA GRAHITA

Mata Pelajaran : SLB TUNA GRAHITA
Jenjang : SD
Soal : Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA


Soal Pretes PPG UKG SLB TUNA GRAHITA SLB TUNA GRAHITA
00:00:00
Soal

1. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kecepatan
Biaya
Kemudahan penggunaan
Akses
Tidak ada jawaban
Soal

2. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Mock up
Model
Realia
Simulator
Soal

3. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala ordinal
skala nominal
angka
Tidak ada jawaban
interval skor
Soal

4. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tindak lanjut
Pelaksanaan
Persiapan
Tidak ada jawaban
Pengumpulan bahan
Soal

5. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Tidak ada jawaban
Menguasai
Membaca
Menyanyi
Soal

6. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Tidak layak
Sulit
Menyita waktu
Mahal
Tidak ada jawaban
Soal

7. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

Tidak ada jawaban
daftar pertanyaan
skala sikap
skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
Soal

8. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
Tidak ada jawaban
Soal

9. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

10. Kriteria utama dalam memilih media:

Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Soal

11. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
kalibrasi
Tidak ada jawaban
blue print
kisi-kisi
Soal

12. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
menjawab soal-soal
melakukan percobaan
meringkas buku
memasangkan gambar dengan kata
Soal

13. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
memperbanyak halaman LKS
mengulangi isi buku pelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

14. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tidak ada jawaban
Materi
Strategi
Evaluasi
Tujuan
Soal

15. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

Tidak ada jawaban
motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
guru menjadi kreatif
siswa kurang dapat bekerja sama
Soal

16. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis pembelajaran
Tidak ada jawaban
Identifikasi kebutuhan
Soal

17. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Tidak ada jawaban
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

18. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Tidak ada jawaban
Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Metode pembelajaran
Soal

19. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
Soal

20. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

pengembangan
produksi
Tidak ada jawaban
evaluasi
perancangan
Soal

21. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menentukan tujuan penilaian
menuliskan draft butir instrumen
mengidentifikasi hasil belajar
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
Soal

22. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Penerima
Pesan
Tidak ada jawaban
Sumber
Saluran
Soal

23. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mencipta
mensintesis
Tidak ada jawaban
menganalisis
menilai
Soal

24. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

kunci jawaban
rangkuman
uraian materi
tes formatif
Tidak ada jawaban
Soal

25. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

kognisi
proyek
Tidak ada jawaban
portofolio
hasil karya
Soal

26. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Buku
Surat kabar
Tidak ada jawaban
Modul
Soal

27. Salah satu ciri PAKEM adalah...

Tidak ada jawaban
pembelajaran berpusat pada guru
sumber belajar utama adalah buku paket
lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
Soal

28. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian penutup
bagian akhir
bagian inti
Tidak ada jawaban
Soal

29. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Radio
Film
Video
Tidak ada jawaban
Soal

30. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
sesuai dengan silabus dan RPP
alur penyajian tidak sistematis
mudah dipahami siswa
Soal

31. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

ilustrasi
Tidak ada jawaban
keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
bahasa
Soal

32. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

metode pembejaran bervariasi
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
jawaban siswa harus sama dengan guru
siswa aktif
Tidak ada jawaban
Soal

33. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Model
Tidak ada jawaban
Realita
Gambar
Soal

34. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
Soal

35. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Refleksi
Elaborasi
Eksplorasi
Tidak ada jawaban
Konfirmasi
Soal

36. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
produksi
perancangan
evaluasi
pengembangan
Soal

37. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
lembar soal
lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
Soal

38. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru sebagai fasilitator
guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Soal

39. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Memberikan hiburan kepada siswa
Soal

40. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
Soal

41. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Tidak ada jawaban
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Soal

42. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Soal

43. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Tidak ada jawaban
Penyaji
Objek
Permainan
Soal

44. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
persiapan alat dan bahan
Tidak ada jawaban
penulisan laporan praktek
pelaksanaan praktek
Soal

45. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Indikator
Identitas mata pelajaran
Soal

46. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Soal

47. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Soal

48. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

tertulis
psikomotorik
Tidak ada jawaban
kognitif
afektif
Soal

49. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Strategi
Tidak ada jawaban
Tujuan
Materi
Evaluasi
Soal

50. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori belajar
Teori analisis peserta didik
Tidak ada jawaban
Teori pembelajaran
Teori komunikasi
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya