Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Petunjuk Teknis

» TEKNIK OTOTRONIK SMK

Mata Pelajaran : TEKNIK OTOTRONIK SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK


Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK TEKNIK OTOTRONIK SMK
00:00:00
Soal

1. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian penutup
bagian inti
bagian akhir
bagian awal
Tidak ada jawaban
Soal

2. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Strategi pembelajaran
Teknik pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Soal

3. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
perancangan
evaluasi
pengembangan
produksi
Soal

4. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Tidak ada jawaban
Membaca
Menguasai
Menyanyi
Soal

5. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

pelaksanaan praktek
penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
Soal

6. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Tidak ada jawaban
guru sebagai fasilitator
Soal

7. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pelaksanaan
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Tindak lanjut
Persiapan
Soal

8. Apa arti guru reflektif?

Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Soal

9. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru memahami anak secara perorangan
guru tidak memberikan umpan balik
Tidak ada jawaban
Soal

10. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
Tidak ada jawaban
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
berisi kolom untuk menjawab soal
Soal

11. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

Tidak ada jawaban
metode pembejaran bervariasi
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
Soal

12. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Tidak ada jawaban
Teori belajar
Teori pembelajaran
Soal

13. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Soal

14. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

15. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Foto
Model
Tidak ada jawaban
Realita
Gambar
Soal

16. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Modul
Buku
Video
Surat kabar
Tidak ada jawaban
Soal

17. Fungsi bahan ajar modul/LKS

Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Soal

18. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Tidak ada jawaban
Audio
Film
Video
Radio
Soal

19. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Akses
Kecepatan
Biaya
Soal

20. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal
Soal

21. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Simulator
Model
Realia
Mock up
Soal

22. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
merupakan alat motivasi belajar
memperbanyak halaman LKS
mengulangi isi buku pelajaran
Soal

23. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

merumuskan tujuan penilaian
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
membuat kisi-kisi
Tidak ada jawaban
menguji coba butir instrumen
Soal

24. Salah satu ciri PAKEM adalah...

sumber belajar utama adalah buku paket
pembelajaran berpusat pada guru
lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
Soal

25. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Evaluasi
Tujuan
Strategi
Tidak ada jawaban
Soal

26. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
memasangkan gambar dengan kata
meringkas buku
menjawab soal-soal
melakukan percobaan
Soal

27. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Tidak ada jawaban
Refleksi
Elaborasi
Eksplorasi
Konfirmasi
Soal

28. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

angka
skala ordinal
skala nominal
Tidak ada jawaban
interval skor
Soal

29. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

tertulis
psikomotorik
kognitif
afektif
Tidak ada jawaban
Soal

30. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
lembar observasi
daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
Tidak ada jawaban
Soal

31. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
Tidak ada jawaban
perancangan
pengembangan
evaluasi
Soal

32. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

Tidak ada jawaban
PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat profesional
PTK bersifat individual
PTK bersifat klasikal
Soal

33. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

kunci jawaban
tes formatif
rangkuman
uraian materi
Tidak ada jawaban
Soal

34. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

Tidak ada jawaban
kalibrasi
kisi-kisi cetak baru
blue print
kisi-kisi
Soal

35. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

menganalisis
mensintesis
mencipta
menilai
Tidak ada jawaban
Soal

36. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Tidak ada jawaban
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

37. Kriteria utama dalam memilih media:

Tujuan pembelajaran
Jumlah siswa
Tidak ada jawaban
Kemampuan media
Kemudahan penggunaan
Soal

38. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
bahasa
keakuratan ilmu pengetahuan
ilustrasi
fisik modul/LKS
Soal

39. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

mudah dipahami siswa
tersedia tipe tugas atau latihan
Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
sesuai dengan silabus dan RPP
Soal

40. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

portofolio
kognisi
Tidak ada jawaban
hasil karya
proyek
Soal

41. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Saluran
Sumber
Pesan
Penerima
Tidak ada jawaban
Soal

42. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Sumber referensi
Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Indikator
Identitas mata pelajaran
Soal

43. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

pembelajaran bermakna
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
siswa kurang dapat bekerja sama
motivasi belajar anak meningkat
Soal

44. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Tidak ada jawaban
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Analisis kurikulum
Identifikasi masalah pembelajaran
Soal

45. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Evaluasi
Materi
Tujuan
Strategi
Soal

46. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Prosedur menabung
Peristiwa gempa bumi
Hukum Archimedes
Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Soal

47. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menentukan tujuan penilaian
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
Soal

48. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Tidak ada jawaban
Permainan
Interaktif
Objek
Penyaji
Soal

49. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Tidak ada jawaban
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

50. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Tidak ada jawaban
Mahal
Menyita waktu
Tidak layak
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya