Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Petunjuk Teknis

» TEKNIK OTOTRONIK SMK

Mata Pelajaran : TEKNIK OTOTRONIK SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK


Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK TEKNIK OTOTRONIK SMK
00:00:00
Soal

1. Kriteria utama dalam memilih media:

Jumlah siswa
Kemudahan penggunaan
Tidak ada jawaban
Kemampuan media
Tujuan pembelajaran
Soal

2. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

guru menjadi kreatif
pembelajaran bermakna
motivasi belajar anak meningkat
siswa kurang dapat bekerja sama
Tidak ada jawaban
Soal

3. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Interaktif
Penyaji
Objek
Tidak ada jawaban
Permainan
Soal

4. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

Tidak ada jawaban
evaluasi
perancangan
pengembangan
produksi
Soal

5. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
psikomotorik
afektif
Tidak ada jawaban
tertulis
Soal

6. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

melakukan percobaan
menjawab soal-soal
Tidak ada jawaban
meringkas buku
memasangkan gambar dengan kata
Soal

7. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Tidak ada jawaban
Peristiwa gempa bumi
Hukum Archimedes
Prosedur menabung
Ciri-ciri makhluk hidup
Soal

8. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

merupakan alat motivasi belajar
mengulangi isi buku pelajaran
Tidak ada jawaban
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
Soal

9. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Tidak ada jawaban
Gambar
Model
Realita
Foto
Soal

10. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tujuan
Strategi
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Materi
Soal

11. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Metode pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Strategi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teknik pembelajaran
Soal

12. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Teori belajar
Soal

13. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

hasil karya
proyek
kognisi
Tidak ada jawaban
portofolio
Soal

14. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Menyita waktu
Tidak ada jawaban
Mahal
Tidak layak
Soal

15. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Tidak ada jawaban
Pesan
Sumber
Penerima
Saluran
Soal

16. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat individual
PTK bersifat profesional
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
Soal

17. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menguasai
Menjawab
Tidak ada jawaban
Membaca
Menyanyi
Soal

18. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Tidak ada jawaban
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Soal

19. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

bahasa
keakuratan ilmu pengetahuan
fisik modul/LKS
ilustrasi
Tidak ada jawaban
Soal

20. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Model
Simulator
Realia
Mock up
Soal

21. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

uraian materi
kunci jawaban
rangkuman
tes formatif
Tidak ada jawaban
Soal

22. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
Tidak ada jawaban
bagian inti
bagian akhir
bagian penutup
Soal

23. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala sikap
skala penilaian diri sendiri
daftar pertanyaan
lembar observasi
Tidak ada jawaban
Soal

24. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk menambah waktu belajar siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Soal

25. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

Tidak ada jawaban
mencipta
menganalisis
mensintesis
menilai
Soal

26. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Tidak ada jawaban
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Soal

27. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

membuat kisi-kisi
menentukan tujuan penilaian
menuliskan draft butir instrumen
mengidentifikasi hasil belajar
Tidak ada jawaban
Soal

28. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Modul
Tidak ada jawaban
Video
Buku
Surat kabar
Soal

29. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Evaluasi
Tidak ada jawaban
Strategi
Materi
Tujuan
Soal

30. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan hiburan kepada siswa
Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Tidak ada jawaban
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

31. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Indikator
Identitas mata pelajaran
Tidak ada jawaban
Alokasi waktu
Sumber referensi
Soal

32. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Identifikasi kebutuhan
Identifikasi masalah pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal

33. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

membuat kisi-kisi
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
Tidak ada jawaban
Soal

34. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
blue print
kisi-kisi
Tidak ada jawaban
kalibrasi
Soal

35. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
jawaban siswa harus sama dengan guru
metode pembejaran bervariasi
siswa aktif
Soal

36. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Radio
Audio
Film
Video
Tidak ada jawaban
Soal

37. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

Tidak ada jawaban
interval skor
skala nominal
skala ordinal
angka
Soal

38. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
evaluasi
produksi
pengembangan
Tidak ada jawaban
Soal

39. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

memelihara kebersihan ruang laboratorium
pelaksanaan praktek
persiapan alat dan bahan
Tidak ada jawaban
penulisan laporan praktek
Soal

40. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Tidak ada jawaban
Soal

41. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Akses
Tidak ada jawaban
Biaya
Kecepatan
Kemudahan penggunaan
Soal

42. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

sesuai dengan silabus dan RPP
Tidak ada jawaban
alur penyajian tidak sistematis
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
Soal

43. Salah satu ciri PAKEM adalah...

pembelajaran berpusat pada guru
dominan menggunakan metode ceramah
sumber belajar utama adalah buku paket
Tidak ada jawaban
lingkungan sebagai sumber belajar
Soal

44. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi kolom untuk menjawab soal
Tidak ada jawaban
berisi pertanyaan terbuka
berisi petunjuk pengerjaan soal
Soal

45. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
guru tidak memberikan umpan balik
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Tidak ada jawaban
guru memahami anak secara perorangan
Soal

46. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Soal

47. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

guru aktif
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
guru sebagai fasilitator
Soal

48. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar soal dan lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar jawaban
Soal

49. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Refleksi
Konfirmasi
Tidak ada jawaban
Eksplorasi
Soal

50. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pelaksanaan
Persiapan
Tindak lanjut
Pengumpulan bahan
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya