Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Petunjuk Teknis

» TEKNIK OTOTRONIK SMK

Mata Pelajaran : TEKNIK OTOTRONIK SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK


Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK TEKNIK OTOTRONIK SMK
00:00:00
Soal

1. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi kolom untuk menjawab soal
berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Tidak ada jawaban
Soal

2. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori belajar
Teori pembelajaran
Teori komunikasi
Tidak ada jawaban
Teori analisis peserta didik
Soal

3. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Permainan
Objek
Penyaji
Interaktif
Tidak ada jawaban
Soal

4. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

memasangkan gambar dengan kata
menjawab soal-soal
meringkas buku
melakukan percobaan
Tidak ada jawaban
Soal

5. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

hasil karya
kognisi
proyek
Tidak ada jawaban
portofolio
Soal

6. Salah satu ciri PAKEM adalah...

lingkungan sebagai sumber belajar
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
pembelajaran berpusat pada guru
sumber belajar utama adalah buku paket
Soal

7. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Tidak ada jawaban
Strategi
Evaluasi
Tujuan
Materi
Soal

8. Apa arti guru reflektif?

Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Tidak ada jawaban
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

9. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Jumlah siswa
Tidak ada jawaban
Tujuan pembelajaran
Kemampuan media
Soal

10. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Tidak ada jawaban
Soal

11. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

keakuratan ilmu pengetahuan
ilustrasi
fisik modul/LKS
Tidak ada jawaban
bahasa
Soal

12. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Tidak ada jawaban
Soal

13. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

merupakan alat motivasi belajar
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
memperbanyak halaman LKS
Tidak ada jawaban
mengulangi isi buku pelajaran
Soal

14. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

skala penilaian diri sendiri
daftar pertanyaan
skala sikap
Tidak ada jawaban
lembar observasi
Soal

15. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Materi
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Tujuan
Strategi
Soal

16. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Surat kabar
Buku
Tidak ada jawaban
Modul
Soal

17. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Sulit
Tidak ada jawaban
Tidak layak
Menyita waktu
Mahal
Soal

18. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi masalah pembelajaran
Analisis kurikulum
Tidak ada jawaban
Identifikasi kebutuhan
Analisis pembelajaran
Soal

19. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala ordinal
interval skor
angka
skala nominal
Tidak ada jawaban
Soal

20. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Hukum Archimedes
Peristiwa gempa bumi
Prosedur menabung
Tidak ada jawaban
Ciri-ciri makhluk hidup
Soal

21. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
Tidak ada jawaban
untuk mengisi waktu luang siswa
Soal

22. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Biaya
Kemudahan penggunaan
Kecepatan
Akses
Tidak ada jawaban
Soal

23. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

merumuskan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
menguji coba butir instrumen
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
Soal

24. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan hiburan kepada siswa
Tidak ada jawaban
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Soal

25. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

kognitif
Tidak ada jawaban
psikomotorik
tertulis
afektif
Soal

26. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Pesan
Saluran
Sumber
Tidak ada jawaban
Penerima
Soal

27. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

blue print
kisi-kisi
kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
kalibrasi
Soal

28. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Eksplorasi
Tidak ada jawaban
Refleksi
Konfirmasi
Elaborasi
Soal

29. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

Tidak ada jawaban
kunci jawaban
tes formatif
uraian materi
rangkuman
Soal

30. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat profesional
PTK bersifat kontekstual
Tidak ada jawaban
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat individual
Soal

31. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Model
Realia
Tidak ada jawaban
Simulator
Mock up
Soal

32. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

Tidak ada jawaban
evaluasi
produksi
pengembangan
perancangan
Soal

33. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Identitas mata pelajaran
Indikator
Alokasi waktu
Sumber referensi
Tidak ada jawaban
Soal

34. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mencipta
mensintesis
menganalisis
Tidak ada jawaban
menilai
Soal

35. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

Tidak ada jawaban
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
jawaban siswa harus sama dengan guru
siswa aktif
metode pembejaran bervariasi
Soal

36. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

kisi-kisi instrumen penilaian
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
lembar jawaban
lembar soal
Soal

37. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
Soal

38. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Film
Audio
Video
Tidak ada jawaban
Radio
Soal

39. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Model
Foto
Gambar
Realita
Tidak ada jawaban
Soal

40. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

perancangan
pengembangan
produksi
Tidak ada jawaban
evaluasi
Soal

41. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Teknik pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Strategi pembelajaran
Soal

42. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru memahami anak secara perorangan
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
Tidak ada jawaban
guru tidak memberikan umpan balik
Soal

43. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

pelaksanaan praktek
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
penulisan laporan praktek
memelihara kebersihan ruang laboratorium
Soal

44. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian awal
bagian inti
bagian akhir
Tidak ada jawaban
bagian penutup
Soal

45. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Menguasai
Menyanyi
Tidak ada jawaban
Membaca
Soal

46. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 41 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 14 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Nomor 41 Tahun 2007
Soal

47. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pertanyaan yang diajukan guru tertutup
pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
guru aktif
Tidak ada jawaban
Soal

48. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Tindak lanjut
Pelaksanaan
Tidak ada jawaban
Pengumpulan bahan
Persiapan
Soal

49. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

siswa kurang dapat bekerja sama
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
Tidak ada jawaban
Soal

50. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

mudah dipahami siswa
sesuai dengan silabus dan RPP
alur penyajian tidak sistematis
Tidak ada jawaban
tersedia tipe tugas atau latihan
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya