Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK

Petunjuk Teknis

» Pekerjaan Sosial SMK

Mata Pelajaran : Pekerjaan Sosial SMK
Jenjang : SMK
Soal : Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK


Soal Pretes PPG UKG Pekerjaan Sosial SMK Pekerjaan Sosial SMK
00:00:00
Soal

1. Kriteria utama dalam memilih media:

Kemudahan penggunaan
Jumlah siswa
Tujuan pembelajaran
Tidak ada jawaban
Kemampuan media
Soal

2. Jika tujuan pembelajaran adalah siswa mampu mendeskripsikan komponen mesin kendaraan, dengan situasi laboratorium otomotif maka media yang dipilih:

Gambar
Model
Realita
Tidak ada jawaban
Foto
Soal

3. Media yang dapat dengan mudah membangkitkan efek emosi:

Audio
Tidak ada jawaban
Film
Video
Radio
Soal

4. Sarana untuk mendeskripsikan proporsi soal

kisi-kisi cetak baru
Tidak ada jawaban
kalibrasi
blue print
kisi-kisi
Soal

5. Scrabble, puzzle tergolong media pembelajaran:

Penyaji
Interaktif
Permainan
Tidak ada jawaban
Objek
Soal

6. Apa yang dimaksud dengan kolaborasi dalam PTK?

Kerjasama antara peneliti PTK atasan
Kerjasama antara peneliti PTK dengan dosen
Kerjasama antara peneliti PTK dengan pembimbing
Kerjasama antara peneliti PTK dengan teman sejawat atau teman yang lebih senior
Tidak ada jawaban
Soal

7. Prinsip mengembangkan isi modul/LKS kecuali:

keakuratan ilmu pengetahuan
bahasa
Tidak ada jawaban
fisik modul/LKS
ilustrasi
Soal

8. Syarat-syarat penulisan LKS , kecuali:

Tidak ada jawaban
sesuai dengan silabus dan RPP
tersedia tipe tugas atau latihan
mudah dipahami siswa
alur penyajian tidak sistematis
Soal

9. Aspek penilaian siswa yang berhubungan dengan kinerja praktek di laboratorium dengan kinerja praktek:

pelaksanaan praktek
penulisan laporan praktek
Tidak ada jawaban
persiapan alat dan bahan
memelihara kebersihan ruang laboratorium
Soal

10. Apa arti guru reflektif?

Tidak ada jawaban
Guru tidak berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaranyang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang tahu kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan tidak berusaha untuk memperbaiki.
Guru yang selalu berusaha menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilakukan, dan berusaha untuk memperbaiki.
Soal

11. Teori ilmiah yang melandasi desain silabus dan RPP yang berkaitan dengan proses belajar...

Teori pembelajaran
Tidak ada jawaban
Teori belajar
Teori komunikasi
Teori analisis peserta didik
Soal

12. Manakah yang tergolong materi fakta ?

Hukum Archimedes
Ciri-ciri makhluk hidup
Tidak ada jawaban
Prosedur menabung
Peristiwa gempa bumi
Soal

13. Bagian penting dalam LKS yang membedakan antara LKS satu dan lainnya adalah:

bagian penutup
bagian akhir
Tidak ada jawaban
bagian inti
bagian awal
Soal

14. Langkah pertama merencanakan penilaian hasil belajar

menentukan tujuan penilaian
Tidak ada jawaban
membuat kisi-kisi
mengidentifikasi hasil belajar
menuliskan draft butir instrumen
Soal

15. Komponen silabus dan RPP yang bukan komponen pengembangan:

Alokasi waktu
Tidak ada jawaban
Identitas mata pelajaran
Sumber referensi
Indikator
Soal

16. Tes objektif seperti pilihan ganda dikategorikan metode penilaian:

psikomotorik
kognitif
tertulis
afektif
Tidak ada jawaban
Soal

17. Manakah bahan ajar yang lengkap dan dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran ?

Video
Modul
Buku
Surat kabar
Tidak ada jawaban
Soal

18. Bukan deskripsi lembar soal tes uraian yang akan dikerjakan siswa:

berisi petunjuk pengerjaan soal
berisi alokasi waktu pengerjaan soal
berisi pertanyaan terbuka
Tidak ada jawaban
berisi kolom untuk menjawab soal
Soal

19. Perangkat penilaian yang diberikan kepada siswa pada saat pelaksanaan tes tertulis, kecuali:

lembar soal
kisi-kisi instrumen penilaian
lembar jawaban
Tidak ada jawaban
lembar soal dan lembar jawaban
Soal

20. Mengapa hasil PTK tidak dapat digeneralisasi?

PTK bersifat kontekstual
PTK bersifat klasikal
PTK bersifat profesional
PTK bersifat individual
Tidak ada jawaban
Soal

21. Kriteria penilaian hasil belajar A, B, C, D atau E diperoleh dari standar skor berbentuk:

skala ordinal
interval skor
angka
skala nominal
Tidak ada jawaban
Soal

22. Variasi kegiatan belajar yang merupakan ciri isi LKS kecuali:

Tidak ada jawaban
meringkas buku
menjawab soal-soal
memasangkan gambar dengan kata
melakukan percobaan
Soal

23. Kriteria pertama pemilihan media yang berbasis teknologi komputer

Kemudahan penggunaan
Biaya
Tidak ada jawaban
Akses
Kecepatan
Soal

24. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik

Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan
Tidak ada jawaban
Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
Soal

25. Langkah-langkah pembelajaran dikembangkan berdasarkan:

Teknik pembelajaran
Tidak ada jawaban
Metode pembelajaran
Strategi pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
Soal

26. Bentuk kinerja siswa yang dapat dinilai, kecuali:

proyek
kognisi
portofolio
hasil karya
Tidak ada jawaban
Soal

27. Salah sati ciri pembelajaran yang berpusat pada guru adalah...

siswa aktif
jawaban siswa harus sama dengan guru
guru menciptakan pembelajaran yang menantang
Tidak ada jawaban
metode pembejaran bervariasi
Soal

28. Salah satu ciri PAKEM adalah...

sumber belajar utama adalah buku paket
lingkungan sebagai sumber belajar
pembelajaran berpusat pada guru
dominan menggunakan metode ceramah
Tidak ada jawaban
Soal

29. Penulisan modul/LKS diawali dengan tahap:

perancangan
produksi
pengembangan
evaluasi
Tidak ada jawaban
Soal

30. Prosedur memanfaatkan media kecuali:

Pengumpulan bahan
Tindak lanjut
Tidak ada jawaban
Persiapan
Pelaksanaan
Soal

31. Manfaat media pembelajaran kecuali:

Memberikan kesamaan persepsi materi pembelajaran
Meningkatkan perhatian siswa
Memberikan rangsangan pada indera siswa.
Memberikan hiburan kepada siswa
Tidak ada jawaban
Soal

32. Kegiatan inti pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP kecuali:

Elaborasi
Eksplorasi
Tidak ada jawaban
Refleksi
Konfirmasi
Soal

33. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat mengakibatkan...

siswa kurang dapat bekerja sama
Tidak ada jawaban
guru menjadi kreatif
motivasi belajar anak meningkat
pembelajaran bermakna
Soal

34. Tahap yang memerlukan tenaga khusus dalam masalah pencetakan:

produksi
Tidak ada jawaban
pengembangan
evaluasi
perancangan
Soal

35. Komponen media yang dibuat sendiri oleh guru, kecuali:

Tujuan
Evaluasi
Materi
Strategi
Tidak ada jawaban
Soal

36. Jenjang terakhir tujuan pembelajaran dan ranah yang telah direvisi.

mensintesis
menganalisis
Tidak ada jawaban
menilai
mencipta
Soal

37. Media yang merupakan objek pengganti, kecuali:

Tidak ada jawaban
Model
Mock up
Simulator
Realia
Soal

38. Fungsi bahan ajar modul/LKS

untuk menambah waktu belajar siswa
untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa
untuk mengisi waktu luang siswa
Tidak ada jawaban
Soal

39. Teknik penilaian hasil belajar untuk mengukur penguasaan kompetensi siswa secara alamiah, kecuali:

daftar pertanyaan
skala penilaian diri sendiri
lembar observasi
skala sikap
Tidak ada jawaban
Soal

40. Fungsi rangkuman materi pada bagian pendahuluan LKS ...

Tidak ada jawaban
memperbanyak halaman LKS
mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan kegiatan belajar siswa
mengulangi isi buku pelajaran
merupakan alat motivasi belajar
Soal

41. Media pembelajaran dalam sistem komunikasi merupakan komponen:

Sumber
Tidak ada jawaban
Saluran
Pesan
Penerima
Soal

42. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah...

pembelajaran lebih cenderung secara klasikal
guru sebagai fasilitator
guru aktif
Tidak ada jawaban
pertanyaan yang diajukan guru tertutup
Soal

43. Mengapa pendekatan statistik jarang digunakan dalam PTK?

Mahal
Tidak layak
Sulit
Tidak ada jawaban
Menyita waktu
Soal

44. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah..

guru tidak memberikan umpan balik
menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar
Tidak ada jawaban
guru memahami anak secara perorangan
Soal

45. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator harus menggunakan kata kerja yang bersifat operasional, kecuali:

Menjawab
Menyanyi
Tidak ada jawaban
Membaca
Menguasai
Soal

46. Komponen latihan pada modul diletakkan setelah komponen:

tes formatif
rangkuman
kunci jawaban
uraian materi
Tidak ada jawaban
Soal

47. Penulisan butir instrumen pada tahap keempat setelah kegiatan:

Tidak ada jawaban
mengidentifikasi tujuan pembelajaran
merumuskan tujuan penilaian
menguji coba butir instrumen
membuat kisi-kisi
Soal

48. Pengembangan Silabus dan penyusunan RPP merupakan dokumen pengembangan KTSP sesuai PerMenDikNas.

Nomor 14 Tahun 2005
Nomor 14 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2007
Nomor 41 Tahun 2005
Tidak ada jawaban
Soal

49. Komponen pertama Pengembangan Silabus dan RPP ...

Materi
Strategi
Tujuan
Tidak ada jawaban
Evaluasi
Soal

50. Perumusan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dapat memiliki keterkaitan dan kesesuaian bila dikembangkan melalui:

Identifikasi kebutuhan
Analisis kurikulum
Analisis pembelajaran
Identifikasi masalah pembelajaran
Tidak ada jawaban
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya