Soal Pretes PPG UKG Matematika

Soal Pretes PPG UKG Matematika

Petunjuk Teknis

» Matematika

Mata Pelajaran : Matematika
Jenjang : SMP MTs
Soal : Soal Pretes PPG UKG Matematika

Soal Pretes PPG UKG Matematika Matematika


KERJAKAN SOAL


1.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
2.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
3.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
4.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 pengantar guru dan peserta didik
 pengantar proses pembelajaran
 perantara guru
 penyalur pesan
5.
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
6.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 lingkungan (setting)
 peralatan (device)
 bahan (material)
 pesan (message)
7.
Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif.
Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah ...
 Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
 Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
 Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
 Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
 Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
8.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
9.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
  sistematis
 berkelanjutan
 terintegrasi
 logis
10.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
 memberdayakan sumber belajar
 mengelola interaksi pembelajaran
 melaksanakan pembelajaran di kelas
11.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
12.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 jawaban a, b, dan c benar
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
13.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
14.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 menentukan media dan sumber belajar
 merumuskan tujuan pembelajaran
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
 menentukan materi pokok
15.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Tools
 Structures
 Symbols
 Operator
16.
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 decoding
 message
 noise
 media
17.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
18.
Tujuan PTK adalah ...
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
19.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 kelompok
 nonverbal
 Massa
 verbal
20.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 nonverbal
 satu arah
 personal
 verbal
21.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Excel
 Microsoft PowerPoint
 Microsoft Acces
 Microsoft Word
22.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
23.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
24.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
 menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi
 melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
 memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
25.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
 guru lebih santai karena terbantu
 pembelajaran dapat bermakna ganda
26.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
 Untuk menguasai kompetensi professional
 Untuk mengusai kompetensi sosial
27.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 sesuai dengan minat siswa
 sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
 bermanfaat bagi kehidupan
 memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
28.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 Procesor Pentium Intel
 Hard disk
 RAM
 DOS
29.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk keluarnya objek
 untuk menggerakkan objek
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk menampilkan objek
30.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Behaviorisme
 Konstruktivisme
 Humanisme
 Kognitivisme
31.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 clarity
 humble
 respect
 audible
32.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 Intelengensi
 pengetahuan
 biologis
 kepribadian
33.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
 metode yang menggunakan multimedia
 model yang dmenggunakan model-model terkini
34.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 melaksanakan supervisi atau pengawasan
 memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
 membimbing anak belajar di rumah
 melaksanakan proses belajar mengajar
35.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
 disusun secara logis dan sistematis
36.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
 membuat indikator soal
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
37.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
38.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
39.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik tab Format
 klik gambar
 klik ikon Crop
 klik ikon Picture
40.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar jika dibiasakan
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
41.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
 untuk membuat film
 untuk mengolah gambar
 untuk mendengarkan musik
42.
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
43.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
44.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
45.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 menyimpan hasil rekaman
 memulai rekaman
 menghentikan rekaman
 menjalankan hasil rekaman
46.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Verbal
 Massa
 Nonverbal
 Kelompok
47.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
48.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 kritis
 kreatif
 evaluatif
 konservatif
49.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis

Soal SMP MTs

Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Latihan Soal Pedagogik PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Simulasi Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs

Soal Pedagogik PPG UKG bahasa arab ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG Akidah Akhlak MTs

Soal Pedagogik PPG UKG bahasa arab ...Baca selengkapnya...
a