Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia SMP

Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia SMP

Petunjuk Teknis

» Bahasa Indonesia SMP

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia SMP
Jenjang : SMP
Soal : Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia SMP


Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia SMP Bahasa Indonesia SMP
00:00:00
Soal

1. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....

sesuai dengan perbedaan individual siswa
bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
disusun secara logis dan sistematis
Soal

2. Fungsi utama indikator adalah untuk ....

merumuskan tujuan pembelajaran
merumuskan bentuk dan jenis penilaian
menentukan materi pokok
menentukan media dan sumber belajar
Soal

3. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...

menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
Soal

4. Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....

sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
Soal

5. Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....

untuk menggerakkan objek
untuk keluarnya objek
untuk memberi penekanan pada objek
untuk menampilkan objek
Soal

6. Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...

ketepatan dengan tujuan pembelajaran
keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
Soal

7. Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...

klik ikon Crop
klik tab Format
klik gambar
klik ikon Picture
Soal

8. Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....

memulai rekaman
menjalankan hasil rekaman
menyimpan hasil rekaman
menghentikan rekaman
Soal

9. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …

mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
Soal

10. Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...

Microsoft Excel
Microsoft Word
Microsoft Acces
Microsoft PowerPoint
Soal

11. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....

membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
Soal

12. Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....

memahami kesulitan belajar yang dihadapi
memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
Soal

13. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....

menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi
melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
Soal

14. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...

memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
Soal

15. Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......

biologis
pengetahuan
Intelengensi
kepribadian
Soal

16. Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...

latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
Soal

17. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....

membimbing anak belajar di rumah
melaksanakan supervisi atau pengawasan
memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
melaksanakan proses belajar mengajar
Soal

18. Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....

Structures
Operator
Symbols
Tools
Soal

19. Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....

Behaviorisme
Humanisme
Kognitivisme
Konstruktivisme
Soal

20. Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....

Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
Soal

21. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....

jawaban a, b, dan c benar
memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
menunjukkan kegiatan siswa dan materi
sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
Soal

22. Tujuan PTK adalah ...

mendiagnosis kesulitan belajar siswa
mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
Soal

23. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...

evaluatif
kritis
konservatif
kreatif
Soal

24. Perhatikan KD berikut!
KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah ....

Mengamati jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
Mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Soal

25. Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...

verbal
satu arah
personal
nonverbal
Soal

26. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...

logis
berkelanjutan
terintegrasi
sistematis
Soal

27. Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....

berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
Soal

28. Kajian Pustaka memuat ...

landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
Soal

29. Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...

Hard disk
RAM
DOS
Procesor Pentium Intel
Soal

30. Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....

Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
Soal

31. Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....

message
media
decoding
noise
Soal

32. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....

Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
Anak akan belajar jika dibiasakan
Anak akan belajar jika selalu diperintah
Anak akan belajar jika diberikan motivasi
Soal

33. Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....

mengelola interaksi pembelajaran
memberdayakan sumber belajar
melakukan penilaian hasil belajar siswa
melaksanakan pembelajaran di kelas
Soal

34. Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....

verbal
Massa
nonverbal
kelompok
Soal

35. Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....

Nonverbal
Verbal
Massa
Kelompok
Soal

36. Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....

guru lebih santai karena terbantu
dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
pembelajaran dapat bermakna ganda
dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
Soal

37. Perhatikan KD berikut!
KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah....

Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat
Siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
Membaca teks dongeng dengan nyaring
Soal

38. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....

diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
membuat indikator soal
menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
Soal

39. Metode Penelitian memuat ...

prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
Soal

40. Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....

penyalur pesan
perantara guru
pengantar guru dan peserta didik
pengantar proses pembelajaran
Soal

41. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....

proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
Soal

42. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....

bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
model yang dmenggunakan model-model terkini
bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
metode yang menggunakan multimedia
Soal

43. Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....

merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
Soal

44.  Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....

Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
Soal

45. Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....

clarity
respect
audible
humble
Soal

46. Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...

Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
Soal

47. Fungsi dari Winamp adalah ...

untuk mengolah gambar
untuk membuat film
untuk memutar film yang termuat dalam CD
untuk mendengarkan musik
Soal

48. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...

memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
bermanfaat bagi kehidupan
sesuai dengan minat siswa
sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
Soal

49. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....

pesan (message)
bahan (material)
lingkungan (setting)
peralatan (device)
Soal

50. Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....

Untuk menguasai kompetensi professional
Untuk menguasai kompetensi pedagogis
Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
Untuk mengusai kompetensi sosial
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya