Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia

Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia

Petunjuk Teknis

» Bahasa Indonesia

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia


Soal Pretes PPG UKG Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
00:00:00
Soal

1. Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....

Anak akan belajar jika selalu diperintah
Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
Anak akan belajar jika diberikan motivasi
Anak akan belajar jika dibiasakan
Soal

2. Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....

memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi
melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
Soal

3. Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....

melakukan penilaian hasil belajar siswa
melaksanakan pembelajaran di kelas
memberdayakan sumber belajar
mengelola interaksi pembelajaran
Soal

4. Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....

noise
message
decoding
media
Soal

5. Fungsi dari Winamp adalah ...

untuk memutar film yang termuat dalam CD
untuk membuat film
untuk mengolah gambar
untuk mendengarkan musik
Soal

6. Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....

Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
Soal

7. Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....

berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
Soal

8. Perhatikan KD berikut!
KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah....

Membaca teks dongeng dengan nyaring
Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat
Siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
Soal

9. Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...

berkelanjutan
terintegrasi
logis
sistematis
Soal

10. Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....

kelompok
nonverbal
Massa
verbal
Soal

11. Metode Penelitian memuat ...

prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
Soal

12. Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....

tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
Soal

13.  Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....

Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
Soal

14. Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...

klik gambar
klik ikon Crop
klik tab Format
klik ikon Picture
Soal

15. Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...

keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
ketepatan dengan tujuan pembelajaran
Soal

16. Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....

untuk keluarnya objek
untuk memberi penekanan pada objek
untuk menggerakkan objek
untuk menampilkan objek
Soal

17. Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...

latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
Soal

18. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....

menunjukkan kegiatan siswa dan materi
jawaban a, b, dan c benar
memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
Soal

19. Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....

Konstruktivisme
Kognitivisme
Behaviorisme
Humanisme
Soal

20. Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....

sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
Soal

21. Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....

bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
disusun secara logis dan sistematis
sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
sesuai dengan perbedaan individual siswa
Soal

22. Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...

evaluatif
konservatif
kritis
kreatif
Soal

23. Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....

menjalankan hasil rekaman
menyimpan hasil rekaman
menghentikan rekaman
memulai rekaman
Soal

24. Perhatikan KD berikut!
KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah ....

Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
Mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
Mengamati jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
Soal

25. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....

proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
Soal

26. Fungsi utama indikator adalah untuk ....

merumuskan tujuan pembelajaran
menentukan materi pokok
menentukan media dan sumber belajar
merumuskan bentuk dan jenis penilaian
Soal

27. Tujuan PTK adalah ...

mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
mendiagnosis kesulitan belajar siswa
Soal

28. Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......

kepribadian
pengetahuan
biologis
Intelengensi
Soal

29. Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...

Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
Soal

30. Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....

membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
Soal

31. Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....

dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
pembelajaran dapat bermakna ganda
dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
guru lebih santai karena terbantu
Soal

32. Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....

lingkungan (setting)
peralatan (device)
pesan (message)
bahan (material)
Soal

33. Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....

clarity
humble
respect
audible
Soal

34. Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …

mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
Soal

35. Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....

memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
membimbing anak belajar di rumah
melaksanakan proses belajar mengajar
melaksanakan supervisi atau pengawasan
Soal

36. Kajian Pustaka memuat ...

landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
Soal

37. Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....

memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
memahami kesulitan belajar yang dihadapi
Soal

38. Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...

mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
Soal

39. Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....

Tools
Structures
Symbols
Operator
Soal

40. Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...

Microsoft Acces
Microsoft Word
Microsoft Excel
Microsoft PowerPoint
Soal

41. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....

mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
membuat indikator soal
menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
Soal

42. Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....

Untuk mengusai kompetensi sosial
Untuk menguasai kompetensi pedagogis
Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
Untuk menguasai kompetensi professional
Soal

43. Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....

Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
Soal

44. Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....

model yang dmenggunakan model-model terkini
bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
metode yang menggunakan multimedia
bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
Soal

45. Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...

DOS
Hard disk
Procesor Pentium Intel
RAM
Soal

46. Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....

Kelompok
Nonverbal
Massa
Verbal
Soal

47. Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...

bermanfaat bagi kehidupan
sesuai dengan minat siswa
memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
Soal

48. Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...

nonverbal
satu arah
personal
verbal
Soal

49. Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...

menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
Soal

50. Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....

perantara guru
pengantar proses pembelajaran
penyalur pesan
pengantar guru dan peserta didik
Soal Ujian
ID Ujian :
Nama:
Soal Sebelumnya Soal yang pertama Proses Ujian Navigasi Soal Kecilkan ukuran font Normalkan ukuran font Besarkan ukuran font Soal nomer terakhir Soal selanjutnya