Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Petunjuk Teknis

» TEKNIK OTOTRONIK SMK

Mata Pelajaran : TEKNIK OTOTRONIK SMK
Jenjang : SMK MAK
Soal : Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK

Soal Pretes PPG UKG TEKNIK OTOTRONIK SMK TEKNIK OTOTRONIK SMK


KERJAKAN SOAL


1.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 Massa
 verbal
 kelompok
 nonverbal
2.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
3.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
4.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 menjalankan hasil rekaman
 menghentikan rekaman
 memulai rekaman
 menyimpan hasil rekaman
5.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 kritis
 konservatif
 evaluatif
 kreatif
6.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
7.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
8.
Perhatikan KD berikut!
KD 3.4. Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Berdasarkan KD tersebut, untuk pemahaman peserta didik rumusan indikator yang tepat adalah....
 Membaca teks dongeng dengan nyaring
 Siswa menyebutkan ciria-ciri kondisi alam dengan tepat
 Menyebutkan kondisi alam dalam teks dongeng
 Siswa dapat menuliskan ciri-ciri kondisi alam dalam teks dongeng
9.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk menampilkan objek
 untuk keluarnya objek
 untuk menggerakkan objek
10.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 satu arah
 verbal
 personal
 nonverbal
11.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
12.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 audible
 respect
 clarity
 humble
13.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
14.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 pengetahuan
 kepribadian
 Intelengensi
 biologis
15.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
 untuk mengolah gambar
 untuk mendengarkan musik
 untuk membuat film
16.
Tujuan PTK adalah ...
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
17.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
18.
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 message
 noise
 media
 decoding
19.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 pesan (message)
 lingkungan (setting)
 peralatan (device)
 bahan (material)
20.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
 merumuskan tujuan pembelajaran
 menentukan materi pokok
 menentukan media dan sumber belajar
21.
Perhatikan KD berikut!
KD. 3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
Berdasarkan KD tersebut, bu Deti merumuskan indikator pembelajaran, berikut ini indikator yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah ....
 Mengidentifikasi jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
 Membedakan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
 Mengidentifikasi jenis-jenis metamorfosis
 Mengamati jenis hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna
22.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar jika dibiasakan
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
23.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Operator
 Tools
 Symbols
 Structures
24.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
25.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Acces
 Microsoft Word
 Microsoft PowerPoint
 Microsoft Excel
26.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
27.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Kelompok
 Massa
 Verbal
 Nonverbal
28.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
 bermanfaat bagi kehidupan
 sesuai dengan minat siswa
 memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi
29.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
30.
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
31.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
 membuat indikator soal
32.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
33.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
 disusun secara logis dan sistematis
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
34.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
35.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 pengantar guru dan peserta didik
 perantara guru
 penyalur pesan
 pengantar proses pembelajaran
36.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
37.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
 metode yang menggunakan multimedia
 model yang dmenggunakan model-model terkini
38.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Humanisme
 Konstruktivisme
 Kognitivisme
 Behaviorisme
39.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 RAM
 DOS
 Procesor Pentium Intel
 Hard disk
40.
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
41.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 mengelola interaksi pembelajaran
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
 melaksanakan pembelajaran di kelas
 memberdayakan sumber belajar
42.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 memberikan tugas yang disesuaikan dengan tuntutan materi ajar
 melaksanakan pembelajaran masing-masing individu secara berbeda-beda
 menggunakan metode, model atau strategi pembelajaran yang bervariasi
 melaksanakan pengayaan bagi semua siswa, terutama pada siswa yang sudah menguasai bahan pelajaran
43.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
  sistematis
 berkelanjutan
 logis
 terintegrasi
44.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Untuk mengusai kompetensi sosial
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
 Untuk menguasai kompetensi professional
45.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 melaksanakan proses belajar mengajar
 memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah
 membimbing anak belajar di rumah
 melaksanakan supervisi atau pengawasan
46.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
 jawaban a, b, dan c benar
47.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 pembelajaran dapat bermakna ganda
 guru lebih santai karena terbantu
48.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik gambar
 klik tab Format
 klik ikon Picture
 klik ikon Crop
49.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
50.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa

Soal SMK MAK

Soal PPG Fiqih MAK

Soal PPG UKG Fiqih MAK ...Baca selengkapnya...

Soal PPG Matematika SMK MAK

Latihan Soal PPG Matematika SMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal PPG Sejarah SMK MAK

Latihan Soal PPG Sejarah SMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal PPG PPKN SMK MAK

Latihan Soal PPG PPKN SMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal UP PPG Bahasa Inggris SMK MAK

Latihan Soal UP PPG Bahasa Inggris SMK MAK ...Baca selengkapnya...
a