Soal PPG Pedagogik Umum SMP

Soal PPG Pedagogik Umum SMP

Petunjuk Teknis

» Pedagogik

Mata Pelajaran : Pedagogik
Jenjang : SMP MTs
Soal : Soal PPG Pedagogik Umum SMP

Soal PPG Pedagogik Umum SMP Pedagogik


KERJAKAN SOAL


1.
Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu ....
 Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
 Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
 Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
 Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
 Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
2.
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ...
 Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.
 Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
 Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
 Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
 Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.
3.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...
 Sibernetik
 Kognitif
 Konstruktivisme
 Humannistik
 Behaviorisme
4.
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
5.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .....
 Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
 Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
 Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
 diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
 Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
6.
Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah ....
 Motivasi belajar siswa
 Ruang yang tersedia
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
7.
Dalam mempersiapkan pembelaj aran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ....
 RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
 Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
 Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci
 Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
 RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
8.
Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelaj aran yang sudah dipelaj ari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ..
 Membuat kaitan
 Melaksanakan tes awal
 Memberikan acuan
 Memberikan bimbingan
 Meningkatkan motivasi
9.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ..........
 Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
 Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
 Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
 Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
 Diberikan bahan ajar berupa modul
10.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah.....
 Humanistik
 Sibernetik
 Behaviorisme
 Kontruktivisme
 Kognitif
11.
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
 Silabus dan RPP
 RPP
 SKL
 Silabus
 Lembar penilaian
12.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelaj aran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek ...
 berkomunikasi pada peserta didik
 Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
 Pengembangan kurikulum
 Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
 Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
13.
Model pembelaj aran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ....
 Inquiry
 Picture and Picture
 Role Playing
 Kontektual
 Problem Solving
14.
Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
 Buku sumber yang digunakan
 Kemampuan awal siswa
 Indikator pencapaian kompetensi
 Kurikulum dan silabus
 Karateristik siswa
15.
Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk ...
 Peniaian kinerja
 Peniaian portofolio
 Penilaian diri
 Penilaian antar teman
 Penilaian proyek

Soal SMP MTs

Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Latihan Soal Pedagogik PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Simulasi Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs

Soal Pedagogik PPG UKG bahasa arab ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG Akidah Akhlak MTs

Soal Pedagogik PPG UKG bahasa arab ...Baca selengkapnya...
a