Soal PPG Pedagogik Umum SMA MA

Soal PPG Pedagogik Umum SMA MA

Petunjuk Teknis

» Pedagogik

Mata Pelajaran : Pedagogik
Jenjang : SMA MA
Soal : Soal PPG Pedagogik Umum SMA MA

Soal PPG Pedagogik Umum SMA MA Pedagogik


KERJAKAN SOAL


1.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .....
 Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
 diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
 Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
 Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
 Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
2.
Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu ....
 Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
 Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
 Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
 Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
 Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
3.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ..........
 Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
 Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
 Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
 Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
 Diberikan bahan ajar berupa modul
4.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah.....
 Humanistik
 Kontruktivisme
 Behaviorisme
 Kognitif
 Sibernetik
5.
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
 RPP
 SKL
 Silabus dan RPP
 Silabus
 Lembar penilaian
6.
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
7.
Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
 Indikator pencapaian kompetensi
 Karateristik siswa
 Kurikulum dan silabus
 Buku sumber yang digunakan
 Kemampuan awal siswa
8.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelaj aran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek ...
 Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
 Pengembangan kurikulum
 Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
 Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
 berkomunikasi pada peserta didik
9.
Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah ....
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Ruang yang tersedia
 Motivasi belajar siswa
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
10.
Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelaj aran yang sudah dipelaj ari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ..
 Memberikan acuan
 Memberikan bimbingan
 Membuat kaitan
 Melaksanakan tes awal
 Meningkatkan motivasi
11.
Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019 siswa dikelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru ......
 Project based learning
 Discovery
 Kontekstual
 Kooperatif
 Inqury
12.
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ...
 Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.
 Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.
 Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
 Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
 Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
13.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...
 Behaviorisme
 Kognitif
 Konstruktivisme
 Humannistik
 Sibernetik
14.
Model pembelaj aran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ....
 Role Playing
 Picture and Picture
 Problem Solving
 Inquiry
 Kontektual
15.
Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk ...
 Penilaian diri
 Penilaian antar teman
 Penilaian proyek
 Peniaian kinerja
 Peniaian portofolio
16.
Dalam mempersiapkan pembelaj aran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ....
 Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci
 RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
 RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
 Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
 Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

Soal SMA MA

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi ...Baca selengkapnya...

Soal UP PPG UKG Biologi SMA MA

Latihan Soal PPG UKG Mapel Biologi SMA MA ...Baca selengkapnya...

Soal Latihan UP PPG PPKN

Latihan Soal Uji Pengetahuan (UP) PPG PPKN ...Baca selengkapnya...

Soal UP PPG Bahasa Indonesia SMA MA

Latihan Soal UP (Uji Pengetahuan) PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...
a