Soal PPG Fiqih MTs

Soal PPG Fiqih MTs

Petunjuk Teknis

» Fiqih MTs

Mata Pelajaran : Fiqih MTs
Jenjang : SMP MTs
Soal : Soal PPG Fiqih MTs

Soal PPG Fiqih MTs Fiqih MTs


KERJAKAN SOAL


1.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
 melaksanakan pembelajaran di kelas
 memberdayakan sumber belajar
 mengelola interaksi pembelajaran
2.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk keluarnya objek
 untuk menampilkan objek
 untuk menggerakkan objek
3.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 Intelengensi
 biologis
 kepribadian
 pengetahuan
4.
Bacaan takbir pada rakaat pertama sholat idul fitri sebanyak ...  kali
 9
 5
 7
 6
5.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 humble
 respect
 audible
 clarity
6.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 Picture and Picture
 Inquiry
 Kontektual
 Problem Solving
 Role Playing
7.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
 jawaban a, b, dan c benar
8.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
9.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
10.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Massa
 Nonverbal
 Verbal
 Kelompok
11.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
12.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 lingkungan (setting)
 peralatan (device)
 bahan (material)
 pesan (message)
13.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
14.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Ruang yang tersedia
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
 Motivasi belajar siswa
15.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 model yang dmenggunakan model-model terkini
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
 metode yang menggunakan multimedia
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
16.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 penyalur pesan
 perantara guru
 pengantar guru dan peserta didik
 pengantar proses pembelajaran
17.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
18.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 verbal
 nonverbal
 Massa
 kelompok
19.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
20.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 pembelajaran dapat bermakna ganda
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
 guru lebih santai karena terbantu
21.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 Membuat kaitan
 Memberikan bimbingan
 Melaksanakan tes awal
 Memberikan acuan
 Meningkatkan motivasi
22.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 menentukan materi pokok
 merumuskan tujuan pembelajaran
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
 menentukan media dan sumber belajar
23.
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
24.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
25.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 satu arah
 nonverbal
 verbal
 personal
26.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
27.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
28.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
29.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 menyimpan hasil rekaman
 menjalankan hasil rekaman
 memulai rekaman
 menghentikan rekaman
30.
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 media
 decoding
 noise
 message
31.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Operator
 Tools
 Symbols
 Structures
32.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
33.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
 membuat indikator soal
34.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
35.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
 disusun secara logis dan sistematis
36.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Behaviorisme
 Humanisme
 Kognitivisme
 Konstruktivisme
37.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
38.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk mengolah gambar
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
 untuk membuat film
 untuk mendengarkan musik
39.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Word
 Microsoft Excel
 Microsoft Acces
 Microsoft PowerPoint
40.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
  sistematis
 terintegrasi
 berkelanjutan
 logis
41.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 RAM
 DOS
 Procesor Pentium Intel
 Hard disk
42.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
 Untuk mengusai kompetensi sosial
 Untuk menguasai kompetensi professional
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
43.
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
44.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik tab Format
 klik gambar
 klik ikon Crop
 klik ikon Picture
45.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
46.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar jika dibiasakan
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
47.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
48.
Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik idividu maupun kelompok. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan ....
 Inquiry
 Saintifik
 Berbasis proyek
 Discovery
 Berbasis masalah
49.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
50.
Tujuan PTK adalah ...
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar

Soal SMP MTs

Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Latihan Soal Pedagogik PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Simulasi Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs

Soal Pedagogik PPG UKG bahasa arab ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG Akidah Akhlak MTs

Soal Pedagogik PPG UKG bahasa arab ...Baca selengkapnya...
a