Soal PPG Fiqih MI

Soal PPG Fiqih MI

Petunjuk Teknis

» Fiqih MI

Mata Pelajaran : Fiqih MI
Jenjang : SD MI
Soal : Soal PPG Fiqih MI

Soal PPG Fiqih MI Fiqih MI


KERJAKAN SOAL


1.
Kegiatan-kegiatan berikut yang sesuai dalam pelaksanaan refleksi guru yang ingin memperoleh gambaran keberhasilan mengajarnya adalah ...
 mencermati kembali kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ia berikan di kelas
 mengidentifikasi kelemahan RPP yang telah dibuat
 menanyakan pandangan guru lain terhadap kualitas instrumen penilaian yang akan digunakan
 mereview tugas-tugas yang telah diberikan kepada siswa
2.
Langkah untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja Excel adalah ....
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Column Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format as Table -> Row Width
 sorot range -> tab Home -> grup Cells -> Format -> Row Height
3.
Kurikulum harus mampu mengembangkan sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan akan datang. Pernyataan tersebut dalam kurikulum termasuk dalam peranan ...
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
4.
Banyak variasi dalam mendefinisikan media tetapi ada persamaan pengertian, yaitu ....
 perantara guru
 penyalur pesan
 pengantar guru dan peserta didik
 pengantar proses pembelajaran
5.
Ibu Guru menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.
Komunikasi yang diberikan ibu Guru kepada siswa tersebut merupakan komunikasi....
 verbal
 Massa
 kelompok
 nonverbal
6.
Metode Penelitian memuat ...
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, perhitungan siklus, teknik pengolahan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, data dan sumber data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
 prosedur penelitian, setting penelitian, prosedur siklus, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, instrumen penelitian, indikator keberhasilan
7.
Implikasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ....
 Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik
 Anak akan belajar jika selalu diperintah
 Anak akan belajar jika dibiasakan
 Anak akan belajar jika diberikan motivasi
8.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah ....
 sesuai dengan herarki konsep materi pembelajaran
 menunjukkan kegiatan siswa dan materi
 jawaban a, b, dan c benar
 memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan
9.
Berikut ini merupakan prinsip refleksi pembelajaran, kecuali ...
 sistematis
 logis
 terintegrasi
 berkelanjutan
10.
Berikut merupakan manfaat refleksi pembelajaran bagi guru, kecuali …
 membantu guru menguji efektifitas praktik pembelajaran yang dilaksanakannya
 mengembangkan kesadaran guru tentang perpektif, keyakinan, dan nilainilai yang dapat mendorong siswa belajar lebih baik
 mengembangkan kepekaan profesional guru terhadap belajar siswa sekaligus pengembangan profesinya
 mendukung guru dalam merancang hasil belajar optimal dari siswa
11.
Aliran dari teori belajar yang memandang belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman adalah ....
 Kognitivisme
 Humanisme
 Konstruktivisme
 Behaviorisme
12.
Ibu Lolita ingin menerapkan strategi pembelajaran "berpusat pada siswa" (student-centered oriented) dengan pendekatan saintifik. Deskriptor dari kompetensi yang hendak dicapai ialah mampu menuliskan teks prosedur.Di antara kegiatan-kegiatan di bawah ini, manakah yang mencerminkan kegiatan langkah mengomunikasikan dari materi di atas ....
 Siswa secara kelompok menampilkan hasil kerja analisis ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" di majalah dinding (atau dipapan pajang) Siswa saling menanggapi hasil karya teman. Siswa saling menilai hasil karya teman,
 Siswa membaca dan mengamati model teks prosedur yang berjudul "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" dengan teliti dan bertanggung jawab. Siswa memperhatikan ciri, struktur,dan kaidah teks prosedur yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah.
 Siswa secara mandiri menyusun pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan teks prosedur kompeks yang dibacanya. Siswa membentuk pasangan. Setelah itu, secara bergiliran menyampaikan pertanyan kepada pasangannya.Bila pasangannya tidak mampu menjawab, siswa menyampaikan pertanyaan kepada guru.
 Siswa bertanya jawab dan berdiskusi merumuskan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?" Siswa secara kelompok merumuskan dan menuliskan simpulan ciri, struktur, dan kaidah teks prosedur kompleks "Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?"
13.
Di Microsoft Powerpoint pada kotak dialog Record Sound digunakan untuk ....
 memulai rekaman
 menjalankan hasil rekaman
 menyimpan hasil rekaman
 menghentikan rekaman
14.
 Saat pembelajaran diskusi kelompok. Peserta didik diminta untuk menyampaikan gagasan dan komentar dengan kalimat yang runtun dan lafal yang jelas. Tugas guru adalah menilai peserta didik dengan teknik pengamatan terhadap gagasan dan komentar peserta didik. Rancangan evaluasi yang dibuat guru adalah rambu-rambu penilaan proses pembelajaran dengan aspek-aspek ....
 Kelancaran kalimat, kualitas gagasan, ejaan dan tanda baca
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, keruntutan kalimat, kejelasan lafal
 Isi gagasan, kesesuaian gagasan, kalimat efektif dan tanda baca
 Intonasi, tempo, kalmat efektif dan ejaan yang benar
15.
Jihad melawan hawa nafsu dapat dilakukan dengan, kecuali ....
 Belajar
 Bersabar
 Mengamalkan ilmu
 Bekerja tanpa istirahat
16.
Setiap aspirasi yang masuk akan ditampung yang kemudian dimusyawarahkan sebelum diputuskan, merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan ....
 Kedaulatan rakyat
 Kesatuan
 Kerukunan rakyat
 Persatuan
17.
Berikut ini merupakan komponen hardware dari komputer, kecuali ...
 RAM
 DOS
 Hard disk
 Procesor Pentium Intel
18.
Semua atau sebagian mujtahid tidak menyatakan pendapat dengan jelas dan tegas, tetapi mereka berdiam diri saja atau tidak memberikan reaksi terhadap suatu ketentuan hukum yang telah dikemukakan mujtahid lain yang hidup di masanya, merupakan macam ijma' ...
 Sukuti
 Sharih
 Dzanni
 Qath'i
19.
Kemampuan komunikasi yang efektif yang sesuai kondisi psikologi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ....
 sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan mereka
 dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan
 tidak menawarkan hadiah bila mereka berbuat baik atau benar
 berikan kesan bahwa Anda berada dalam tim yang sama
20.
Berikut yang bukan termasuk pertimbangan dalam memilih jenis TIK/program komputer yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah ...
 keselarasan dengan karakteristik materi pembelajaran
 keterbatasan sarana dan prasarana dalam kelas
 ketepatan dengan tujuan pembelajaran
 keselarasan dengan karakteristik sasaran atau siswa
21.
Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu .....
 
 Pilihan jawaban harus homogen dan logis
 Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
 Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
 Soal harus sesuai dengan indikator
 Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
22.
Isi kurikulum harus memenuhi kriteria kegunaan, artinya bahwa isi kurikulum harus ...
 Motivasi belajar siswa
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Ruang yang tersedia
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
23.
Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas satu dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu ....
 clarity
 respect
 humble
 audible
24.
Untuk memangkas tepi gambar yang telah kita sisipkan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah ...
 klik ikon Crop
 klik ikon Picture
 klik tab Format
 klik gambar
25.
Fasilitas yang dipilih untuk mendapatkan template yang diperlukan ketika bekerja menggunakan Equation adalah ....
 Symbols
 Operator
 Structures
 Tools
26.
Dalam sebuah proses pembelajaran, perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila ....
 bahan pelajaran dirasakan sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa
 bahan pelajaran merupakan materi yang mutakhir
 metode yang menggunakan multimedia
 model yang dmenggunakan model-model terkini
27.
Kegunaan RPP adalah sebagai pedoman bagi guru untuk ....
 memberdayakan sumber belajar
 melaksanakan pembelajaran di kelas
 mengelola interaksi pembelajaran
 melakukan penilaian hasil belajar siswa
28.
Fungsi dari efek animasi Emphasis adalah ....
 untuk menggerakkan objek
 untuk memberi penekanan pada objek
 untuk menampilkan objek
 untuk keluarnya objek
29.
Pak Joko memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Joko kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Joko mengacungkan jempol.
Pujian seperti yang dilakukan Pak Joko kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi...
 verbal
 nonverbal
 personal
 satu arah
30.
Salah satu prinsip yang harus diterapkan dalam pemilihan isi pendidikan adalah materi pelajaran harus ....
 bervariasi sesuai kegiatan pembelajaran
 disusun secara logis dan sistematis
 sesuai dengan perbedaan individual siswa
 sesuai dengan persepsi orang tua dan masyarakat tentang kebutuhan
31.
Berikut ini yang tidak termasuk fungsi hadis terhadap Al Qur'an adalah ....
 Menjelaskan
 Menguatkan
 Menyamarkan
 Menetapkan
32.
Para siswa kelas 2 SD belajar di dalam kelas. Mereka menerima materi pelajaran dengan tema "Keluargaku" yang disampaikan oleh guru. Pesan yang diterima oleh para siswa tersebut dalam proses komunikasi merupakan unsur....
 message
 noise
 decoding
 media
33.
Salah satu tujuan guru atau pendidik mempelajari teori belajar adalah ....
 Untuk menguasai kompetensi pedagogis
 Untuk mengusai kompetensi sosial
 Untuk menguasai kompetensi professional
 Terampil mengajarkan teori belajar kepada siswanya
34.
Pak amir pemilik modal memberikan modal pada Udin untuk dikelola dan hasilnya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama. ini adalah contoh ......
 Muhasabah
 Musallamah
 Mubahalah
 Mudharabah
35.
Kurikulum bagi guru berfungsi sebagai pedoman dalam ....
 Melaksanakan tes awal
 Memberikan acuan
 Memberikan bimbingan
 Meningkatkan motivasi
 Membuat kaitan
36.
Kajian Pustaka memuat ...
 landasan teori, penelitian yang relevan, kerangka pikir, hipotesis
 landasan teori, peneilitian yang relevan, hipotesis, kerangka teori
 landasan teori, kajian pustaka, penelitian yang relevan, hipotesis
 landasan pikir, penelitian yang relevan, kerangka teori, hipotesis
37.
Pembelajaran remedial dilakukan guru untuk membantu peserta didik dalam beberapa hal, kecuali ....
 memperbaiki sikap belajar yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang optimal
 memperluas wawasan tentang konsep yang telah dipelajari
 memahami kesulitan belajar yang dihadapi
 mengatasi kesulitan dengan memperbaiki cara belajar
38.
Pembelajaran klasikal cenderung mengabaikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara para siswa. Untuk itu jika guru menggunakan pembelajaran klasikal hendaknya ....
 Picture and Picture
 Kontektual
 Problem Solving
 Role Playing
 Inquiry
39.
Istilah "perlu bimbingan" pada deskripsi rapor pengetahuan, diberikan apabila siswa ....
 nilainya rata-rata baik pada semua kompetensi
 merupakan nilai terendah diantara beberapa nilai ulangan
 mendapatkan nilai di bawah ketuntasan belajar
 tidak ada yang menonjol pada kompetensi dasar yang diujikan
40.
Tujuan PTK adalah ...
 mendiagnosis kesulitan belajar siswa
 mengetahui efektivitas suatu metode pembelajaran
 mendiskripsikan upaya memperbaiki proses belajar mengajar
 melakukan perbaikan proses pembelajaran di kelas
41.
Fungsi dari Winamp adalah ...
 untuk membuat film
 untuk mendengarkan musik
 untuk mengolah gambar
 untuk memutar film yang termuat dalam CD
42.
Bagian Pendahuluan Laporan PTK secara urut terdiri dari ...
 latar belakang masalh, rumusan masalah, manfaat, pembiayaan
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, kerangka pikir
 latar belakang masalah, rumusan masalah, seting penilitian, definisi operasional
 latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat, definisi operasional
43.
Fungsi utama indikator adalah untuk ....
 merumuskan bentuk dan jenis penilaian
 merumuskan tujuan pembelajaran
 menentukan media dan sumber belajar
 menentukan materi pokok
44.
Buku paket, video, film, bola dunia, grafik, CD interaktif termasuk jenis sumber belajar ....
 peralatan (device)
 lingkungan (setting)
 pesan (message)
 bahan (material)
45.
Dalam pembelajaran yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut untuk berperan sebagai pengamat artinya guru hendaknya ...
 menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif
 mengembangkan dan memelihara suasana belajar yang kondusif
 memberikan arah dan membimbing siswa untuk menguasai kompetensi
 memberi kebebasan yang bertanggung jawab kepada siswa dalam belajar
46.
Khilafah sebagai salah satu cara untuk menata kehidupan di dunia, tidak benar jika khilafah dimanfaatkan sebagai cara untuk  .....
 Mendirikan negara baru di atas negara yang sah
 Mencapai kebahagiaan lahir dan batin
 Membentuk suatu masyarakat yang makmur
 Menjaga stabilitas negara dan kehormatan agama
47.
Komunikasi yang disampaikan melalui media televisi disebut komunikasi ....
 Kelompok
 Nonverbal
 Verbal
 Massa
48.
Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ....
 proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 hasil proses belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
 proses dan hasil belajar belajar yang diharapkan dicapai peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
49.
Salah satu manfaat media dalam pembelajaranadalah ....
 guru lebih santai karena terbantu
 dapat menjadikan pelajaran menjadi lebih luas
 dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkret
 pembelajaran dapat bermakna ganda
50.
Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali ...
 Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
 Memperbaiki program pembelajaran
 Mengadministrasikan hasil penilaian
 Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
 Menyusun laporan hasil penilaian
51.
Menurut Teori humanistik, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia, sehingga tujuan utama para pendidik adalah ....
 membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain
 menjadikan dirinya menjadi manusia yang berguna bagi orang lain
 membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
 membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik
52.
Ketika mencari ketetapan dan tidak ditemukan pada Al Qur'an dan Hadis maka ketetapan boleh diambil dari .....
 Kesepakatan teman
 Kesepakatan saudara
 Kesepakatan mujtahid
 Kesepakatan keluarga
53.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan butir instrumen hasil belajar adalah ....
 menentukan kompetensi atau indikator yang hendak diukur
 membuat indikator soal
 diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa
 mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
54.
Mengqiyaskan budak perempuan dengan budak laki-laki dalam menerima separuh hukuman, merupakan contoh qiyas ....
 Musawi
 Aulawi
 Adna
 Khafi
55.
Seorang guru akan menunjukkan bangun ruang balok dengan memperjelas atau menekankan bagian-bagian balok seperti: sisi, rusuk, diagonal ruang, diagonal sisi, bidang diagonal dengan animasi. Sofware yang dapat digunakan adalah ...
 Microsoft Excel
 Microsoft Acces
 Microsoft Word
 Microsoft PowerPoint
56.
Upaya menghindari riba bisa dilakukan dengan jalan ...
 Meraup bunga
 Kredit
 Musyabahah
 Mudharabah
57.
Kelumpuhan organ bicara dapat menimbulkan kelainan-kelainan bunyi yang yang dihasilkan karena pada rahang, bibir, dan gigi mengalami masalah, baik dibawa sejak lahir atau kecelakaan. Hal tersebut dapat memengaruhi kelancaran komunikasi yang disebut faktor .......
 pengetahuan
 biologis
 Intelengensi
 kepribadian
58.
Dalam penetapannya mujtahid tidak dapat menetapkan hukum seorang diri, karena ijma' dianggap sah jika hasil disepakati oleh ......
 Mujtahid zaman dulu
 Mujtahid masa kini
 Mujtahid dunia modern
 Mujtahid dunia Islam
59.
Dibawah ini merupakan pernyataan hipotesis yang sesuai dengan PTK ...
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI mengalami peningkatan hasil bealajar siswa kelas V SD Jayabangsa dibandingkan pembelajaran konvesional
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Jayabangsa
 Pembelajaran dengan kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas V SD Jayabangsa
60.
Seorang guru tidak hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Ia harus mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik untuk semangat belajar. Penampilan guru juga harus menarik dan bersikap empatik terhadap peserta didik. Begitu juga dalam bertutur kata, seorang guru harus memberi contoh bahasa yang santun. Saat di kelas, guru dapat melakukan tindakan untuk menarik perhatian. Misalnya, dengan memberikan pujian atau tanda tertentu, seperti tepuk tangan atau menghentakkan papan tulis, berkeliling ruangan atau berbicara dengan irama. Bisa juga guru memulai pelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang membangkitkan minat peserta didik terhadap topik yang dibicarakan. Di akhir pembelajaran guru mengajak peserta didiknya menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami peserta didik. Mereka bisa menuliskan dalam secarik kertas, kemudian membacakannya.
Manakah kegiatan peserta didik dalam refleksi pembelajaran ....
 Siswa bertanya kepada guru perihal pelajaran yang lalu
 Siswa mengikuti instruksi guru pada saat guru memberikan tugas
 Siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dialami.
 Siswa berbahasa yang santun saat interaksi kepada guru

Soal SD MI

Soal Pedagogik PPG Aqidah Akhlak MI

Soal Pedagogik PPG UKG Aqidah Akhlak ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG SKI MI

Soal Pedagogik PPG UKG SKI ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI

Soal Pedagogik PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG Penjaskes SD MI

Latihan Soal PPG UKG Penjaskes SD MI ...Baca selengkapnya...

Soal PPG UKG IPA SD

Latihan Soal PPG UKG IPA SD ...Baca selengkapnya...
a