Soal UP PPG Bahasa Indonesia SMA MA

Soal UP PPG Bahasa Indonesia SMA MA

Petunjuk Teknis

» Bahasa Indonesia SMA MA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia SMA MA
Jenjang : SMA MA
Soal : Soal UP PPG Bahasa Indonesia SMA MA

Soal UP PPG Bahasa Indonesia SMA MA Bahasa Indonesia SMA MA


KERJAKAN SOAL


1.
Gajah memiliki belalai panjang, yang merupakan modifi kasi dari bibir bagian atas dan hidung, telinganya besar dan melebar. Gajah jantan memiliki sepasang gading yang memanjang ke depan, sedangkan gajah betina pada umumnya tidak memiliki gading. Kulitnya tidak banyak ditumbuhi oleh rambut. Warna kulitnya abu-abu atau hitam.
Gajah hidup berkelompok yang dipimpin oleh gajah betina paling tua, jumlah kelompok 10-30 ekor. Mereka hidup berpindah, migrasi dari tempat satu ke tempat lainnya untuk melakukan kegiatan mencari sumber pakan dan kawin. Gajah merupakan jenis mamalia besar yang mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia sehingga dapat kita jumpai gajah sebagai pekerja di penebangan perkebunan.
Paragraf di atas berisi deskripsi .....
 Teknis
 Objektif
 Ekspositoris
 Subjektif
 Sugestif
2.
Ibu membeli sayur-sayuran di pasar tradisional.
Kalimat manakah yang berpola sama dengan kalimat di atas?
 Burung-burung bersahutan di pagi hari.
 Anak-anak bermain dengan gembira di lapangan.
 Langit malam ini bertaburan bintang-bintang.
 Para petani menanam padi di pagi hari.
 Paman bercukur menggunakan pisau cukur.
3.
Pak Hartono melaksanakan kegiatan inti pembelajaran menulis teks berita dengan kegiatan berikut.
1). Bertanya jawab tentang berita dalam kehidupan
2). Ramu pendapat tentang tujuan pengarang menulis berita
3). Membaca beragam contoh-contoh berita
4). Menelaah struktur dan aspek kebahasaan berita
5). Membimbing siswa menulis berita
6). Meminta siswa menulis berita secara mandiri
Dalam pembelajarannya Bu Dina menerapkan pendekatan .....
 Kontekstual
 Berbasis lingkungan
 Berbasis teks
 Berbasis proyek
 Berbasis masalah
4.
Berikut langkah kegiatan pembelajaran pada KD menyajikan puisi rakyat yang dilakukan seorang guru Bahasa Indonesia.
1). Menugaskan siswa membuat puisi rakyat secara mandiri
2). Mendiskusikan isi puisi rakyat yang dibaca
3). Membimbing siswa memilih ide puisi rakyat
4). Mendiskusikan ciri dan bahasa dalam puisi rakyat
5). Mempresentasikan pantun yang telah dibuat siswa
6). Menyajikan musikalisasi pantun dan syair
7). Saling mengomentari karya teman
Langkah yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah ......
 2 dan 4
 4 dan 5
 1 dan 4
 2 dan 3
 6 dan 7
5.
(1) Musim kemarau pada tahun ini adalah kemarau terparah dalam kurun sepuluh tahun terakhir. (2) Selama enam bulan banyak sawah gagal panen di desa kami. (3) Hujan tidak turun selama enam bulan mengakibatkan tanah dan sumber air menjadi kering. (4) Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi akan turun pada bulan depan. (5) Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau yang biasa karena terjadi selama tujuh bulan. (6) Sedangkan menurut data yang disampaikan oleh BMKG, tahun lalu kemarau hanya terjadi selama lima bulan.
Kalimat yang tidak mendukung argumen adalah kalimat ......
 4
 6
 5
 2
 3
6.
Banjir termasuk dalam salah satu gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia dan dapat menimbulkan kerusakan. Dalam pengertian sederhana, banjir adalah luapan air dalam jumlah besar yang menerjang dan menggenangi suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut masuk ke kawasan pemukiman yang dihuni manusia akibat sungai tidak mampu lagi menampungnya. Suatu daerah disebut banjir jika air dalam jumlah banyak menutupi sebagian besar daerah yang luas. Secara hidrologis, ada dua defi nisi tentang "banjir", yakni setiap aliran air yang merusak harta benda, ternak ,dan tanaman; dan setiap kondisi permukaan (level) air yang melebihi batas normal.
Kutipan teks eksplanasi di atas berisi .......
 Interpretasi tentang konsep banjir.
 Penyampaian fakta tentang banjir.
 Penjelasan penyebab banjir.
 Pernyataan umum tentang banjir.
 Pemaparan dampak banjir.
7.
Pak Endik adalah guru Bahasa Indonesia yang sedang merencanakan pembelajar an dengan kompetensi dasar menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Ma te ri yang sesuai untuk KD tersebut adalah ....
 Penentuan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
 Langkah menulis kerangka teks laporan hasil observasi
 Makna kata dan istilah pada teks laporan hasil observasi
 Uraian struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
 Langkah menulis teks laporan hasil observasi secara utuh
8.
Pada kalimat manakah terdapat penggunaan tanda baca yang salah?
 Ayahnya bukan pegawai bank, melainkan manajer di salah satu perusahaan swasta.
 Dia sangat pandai bergaul di kampus, tetapi sangat diam jika di dalam rumah.
 Anita tidak mau kuliah lagi, karena diejek oleh teman-temannya.
 Eh, tahukah kau dari mana suara teriakan 'tolong' barusan?
 Aku hanya membawa beberapa alat tulis, tas, dan buku-buku.
9.
Bu Nunik membelajarkan kompetensi dasar memerankan fabel.
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan langkah berikut!
1). Membaca fabel
2). Mendiskusikan garis besar isi cerita
3). Mendiskusikan ciri dan struktur fabel
4). Membagi peran tiap-tiap siswa
5). Mempresentasikan cara memerankan fabel yang baik
6). Memerankan fabel secara kelompok
7). Saling mengomentari penampilan
Langkah yang tidak sesuai untuk mencapai kompetensi tersebut adalah .....
 2 dan 6
 3 dan 7
 3 dan 4
 3 dan 6
 3 dan 5
10.
Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.
Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin. Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia, karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
Manakah rangkuman teks di atas yang paling tepat?
 
 Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin. Karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia.
 Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia.
 Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter dan diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia.
 Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.
 Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia, karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia.
11.
Seorang guru bahasa Indonesia menjelaskan bahwa kalimat terdiri atas modalitas dan proposisi. Modalitas adalah ........
Aliran linguistik yang digunakan guru tersebut adalah aliran ....
 Preskriptif
 Struktural
 Transformasi
 Fungsional
 Deskriptif

Soal SMA MA

Soal Postest Penguatan KS SMA

Latihan Soal Postest Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi ...Baca selengkapnya...

Soal UP PPG UKG Biologi SMA MA

Latihan Soal PPG UKG Mapel Biologi SMA MA ...Baca selengkapnya...

Soal Latihan UP PPG PPKN

Latihan Soal Uji Pengetahuan (UP) PPG PPKN ...Baca selengkapnya...
a