Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs

Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs

Petunjuk Teknis

» bahasa arab mts

Mata Pelajaran : bahasa arab mts
Jenjang : SMP MTs
Soal : Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs

Soal Pedagogik PPG Bahasa Arab MTs bahasa arab mts


KERJAKAN SOAL


1.
Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut ...
 Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
 Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
 Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
 Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
 Menurunkan standar ketuntasan belajar
2.
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
 SKL
 Silabus
 Silabus dan RPP
 Lembar penilaian
 RPP
3.
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....
 Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
 Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
 Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
 Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
 Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
4.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelaj aran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek ...
 Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
 Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
 Pengembangan kurikulum
 berkomunikasi pada peserta didik
 Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
5.
Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah ....
 Evaluasi diagnostik
 Evaluasi sumatif
 Evaluasi penempatan
 Evaluasi selektif
 Evaluasi formatif
6.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .....
 diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
 Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
 Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
 Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
 Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
7.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor ...
 Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
 Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
 Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
 Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
 Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru
8.
Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ......
 Project based learning
 Discovery learning
 Inquiry learning
 Kooperatif
 Problem based learning
9.
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
 Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
 Membuat konkrit konsep yang abstrak
 Menampilkan obyek yang sulit diamati
 Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
 Menampilkan objek yang terlalu besar
10.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah.....
 Kontruktivisme
 Humanistik
 Sibernetik
 Behaviorisme
 Kognitif
11.
Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan ...
 Logis matematis
 Naturalis
 Kinestetis
 Verbal linguistic
 Visual spasial
12.
Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelaj aran yang sudah dipelaj ari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ..
 Memberikan acuan
 Meningkatkan motivasi
 Memberikan bimbingan
 Membuat kaitan
 Melaksanakan tes awal
13.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ...
 Behaviorisme
 Sibernetik
 Humannistik
 Kognitif
 Konstruktivisme
14.
Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu ....
 Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
 Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
 Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
 Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
 Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
15.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ..........
 Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
 Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
 Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
 Diberikan bahan ajar berupa modul
 Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
16.
Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah ...
 Pedoman observasi
 Pedoman wawancara
 Tes hasil belajar
 Tes tulis
 Kuesioner
17.
Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran .......
 Projek based learning
 Problem Based Learning
 Inquiry learning
 Kontektual
 Discovery Learning
18.
Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali ....
 Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
 Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
 Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
 Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah
 Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
19.
Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ...
 Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
 Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
 Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
 Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
 Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
20.
Model pembelaj aran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ....
 Problem Solving
 Kontektual
 Picture and Picture
 Inquiry
 Role Playing
21.
Dalam mempersiapkan pembelaj aran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ....
 Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci
 Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
 RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
 RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
 Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
22.
Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk ...
 Penilaian diri
 Peniaian portofolio
 Peniaian kinerja
 Penilaian proyek
 Penilaian antar teman
23.
Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah ....
 Rumusan masalah yang harus didiskusikan
 Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
 Ruang yang tersedia
 Motivasi belajar siswa
 Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
24.
Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
 Kurikulum dan silabus
 Karateristik siswa
 Kemampuan awal siswa
 Buku sumber yang digunakan
 Indikator pencapaian kompetensi
25.
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena ...
 Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.
 Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.
 Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
 Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
 Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.

Soal SMP MTs

Soal Pedagogik PPG UKG Bahasa Indonesia

Latihan Soal Pedagogik PPG Bahasa Indonesia ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya SMP

Simulasi Soal Pedagogik PPG UKG Prakarya ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya

Soal Pedagogik PPG UKG Seni Budaya ...Baca selengkapnya...
a