Soal Postest Penguatan Kepala Sekolah SD

Soal Postest Penguatan Kepala Sekolah SD

Petunjuk Teknis

» Penguatan Kepala Sekolah SD

Mata Pelajaran : Penguatan Kepala Sekolah SD
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Postest Penguatan Kepala Sekolah SD

Soal Postest Penguatan Kepala Sekolah SD Penguatan Kepala Sekolah SD


KERJAKAN SOAL


1.
Berikut ini media yang paling cocok digunakan dalam penyampaian informasi berupa perubahan jadwal kegiatan yang harus dilakukan esok harinya/segera adalah ....
 facebook
 web/blog
 e-mail
 telepon seluler
2.
Pernyataan manakah yang tepat mengenai pelaksanaan penilaian kinerja guru?
3.
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki 4 standar kompetensi antara lain; kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Berikut ini yang termasuk kompetensi pedagogik adalah.....
 menguasai bidang yang diajarkan
 menguasai berbagai teknik dalam pembelajaran
 berkomunikasi dengan kepala sekolah, teman sejawat, orang tua, masyarakat, dan peserta didik secara santun
 menghormati kepada kepala sekolah, teman sejawat, orang tua dan peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut
4.
Dalam melaksanakan tata tertib sekolah, guru dan karyawan SD XY, setiap mengawali pekerjaan dan pulang, selalu diawali dan diakhiri dengan berdoa bersama di ruang guru yang dipimpin oleh guru piket, namun ada salah satu guru yang tidak dapat mengikutinya, karena pada setiap pagi selalu saja terlambat datang sehingga langsung masuk ke kelas untuk mengawali pelajarannya. Sebagai kepala sekolah yang profesional maka tindakan apa yang anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut ?
 Meminta guru tersebut untuk selalu mentaati tata tertib, dan menyuruh untuk datang tidak terlambat sehingga dapat mengikuti doa bersama pada setiap mengawali dan mengakhiri pekerjaan.
 Memanggil guru yang terlambat dan menegurnya karena tidak mentaati tata tertib, dan menyuruh untuk mengikuti berdoa bersama walaupun terlambat.
 Meminta guru tersebut untuk menghadap, mentaati tata tertib, dan mengikuti berdoa bersama setiap terlambat.
 Meminta guru tersebut untuk menghadap di waktu tidak mengajar, mendengarkan alasan keterlambatannya dan mengajak mentaati tata tertib mengikuti doa bersama pada setiap mengawali dan mengakhiri pekerjaan.
5.
Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, Pendidikan Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib bagi seluruh peserta didik. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan dalam 3 (tiga) model, yaitu ......
 model blok, model aktualisasi, dan model reguler
 model blok, model suka rela dan model reguler
 model reguler, model aktualisasi dan model wajib
 model latihan rutin, model reguler dan model aktualisasi
6.
Dalam pasal 212 ayat (6) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 menyebutkan bahwa seseorang yang mengangkat, menempatkan, memindahkan, atau memberhentikan Pendidik atau tenaga kependidikan yang bertentangan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 175 tanpa alasan yang sah, dikenai sanksi administratif berupa ....
 penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, pembebasan dari jabatan, pemberhentian tidak dengan hormat
 penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat
 teguran tertulis, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, dan/atau pemberhentian dengan tidak hormat dari jabatannya
 teguran tertulis, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, dan/atau pemberhentian dengan tidak hormat dari jabatannya
7.
Jumlah peserta didik Sekolah Harapan 750 orang, Beban studi peserta didik untuk seluruh mata pelajaran 40 jam perminggu (menurut kurikulum yang diberlakukan), Besar kelas rata-rata 36 orang, dan Beban mengajar guru perminggu 24 jam. Guru yang ada 30 orang, yang akan pensiun 2 orang, yang akan pindah atau keluar 1 orang dan yang diberikan izin untuk meneruskan studi 3 orang. Berapa kekurangan guru dari sekolah Harapan tersebut?
 6 guru
 5 guru
 10 guru
 11 guru
8.
Ibu Melati adalah kepala sekolah XY di Kota Bukit Mamiri. Pengelolaan administrasi sekolahnya sangat rapi. Semua arsip-arsip tentang kurikulum pembelajaran, kesiswaan, dan persuratan tertata rapi. Data guru dan tenaga administrasi pun ditata dengan baik. Suatu hari kepala sekolah kedatangan tamu orang tua siswa kelas VIII. Ia ingin mengetahui perkembangan prestasi anaknya khususnya perolehan nilai semua mata pelajaran yang diikuti dan kedisiplinan dalam kehadiran di sekolah. Ibu Melati segera menuju ruang TU dan meminta bantuan kepada petugas TU untuk mencari data yang diminta orang tua siswa tersebut. Petugas TU mencari data nilai siswa dan data kehadiran siswa di kelompok Kelas VIII. Ternyata ada data nilai yang tidak lengkap. Rupanya guru matematika dan bahasa indonesia belum menyetorkan nilai. Begitu pun data absensi siswa sama sekali tidak.ada. Cukup lama petugas TU mencari data-data yang diinginkan oleh orang tua siswa. Ia mencarinya di kelompok lain barangkali terselip. Pada akhirnya petugas TU menyerahkan data kepada kepala sekolah seadanya. Data-data tersebut diserahkan kepada orang tua siswa. Tentunya ia kecewa karena keinginannya untuk mengetahui perkembangan prestasi dan kedisiplinan anaknya tidak terlaksana. Sebagai kepala sekolah, ibu Melati sebaiknya mengetahui dan memahami tentang....
 tugas dan fungsi petugas tata usaha
 kelengkapan semua data
 tempat penyimpanan semua data siswa
 pentingnya sistem administrasi sekolah
9.
Dalam penerimaan peserta didik baru, sekolah harus menyusun mekanisme yang bersifat terbuka melalui beragam media agar dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru untuk menghindari penyimpangan yang mungkin terjadi. Salah satu cara yang banyak dipakai akhir-akhir ini adalah dengan daring (media online) atau internet. Berikut ini yang bukan merupakan keuntungan penggunaan internet atau daring (media online) untuk menjamin mekanisme PPDB yang terbuka adalah ......
 Internet atau daring (media online) dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh masyarakat luas dimanapun berada dan dapat memberikan informasi tentang PPDB yang dibutuhkan
 internet atau daring (media online) mampu menyediakan informasi yang akurat tentang siapa calon peserta didik baru yang diterima sejak hari pertama sampai terakhir
 Internet atau daring (media online) merupakan media yang transparan karena dapat diakses oleh masyarakat luas secara terbuka
 internet atau daring (media online) mampu memberikan kemudahan layanan, menjamin objektivitas, akuntabel, akurat, mudah, dan cepat
10.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, menyebutkan bahwa guru dalam pengelolaan pembelajaran dipersyaratkan menguasai.... kompetensi yang dikelompokkan ke dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
11.
Erni Yunita, S.Pd adalah guru BK di sebuah sekolah SMK Semarang. Apabila rekap nilai PK Guru memperoleh 54, maka nilai PK Guru dalam skala 100 adalah ....
12.
Perhatikan kasus berikut: Di Sekolah AA, setiap menjelang kenaikan kelas sering terjadi permasalahan dalam pengolahan nilai. Meskipun tanggal pembagian rapor semakin dekat, masih ada guru mata pelajaran yang belum menyerahkan nilai akhir peserta didik kepada wali kelas. Karena keterbatasan waktu, ada beberapa guru yang akhirnya asal-asalan membuat nilai karena nilai tidak tercatat dengan tertib pada daftar nilai. kasus di atas, menunjukkan bahwa salah satu pelaksanaan administrasi sekolah belum baik, yaitu administrasi....
 kurikulum
 pendidik dan tenaga kependidikan
 konseling dan bimbingan karier
 kesiswaan
13.
Setiap sekolah diwajibkan mengimplementasikan prinsip-prinsip perlindungan anak. Masing-masing sekolah membuat peraturan atau tata tertib MPLS bagi peserta didik baru. Menurut Saudara, hal berikut yang tidak sesuai dengan prinsip perlindungan anak adalah ......
 peserta didik baru yang tidak dapat mengikuti kegiatan karena alasan tertentu dimohon memberikan surat dari orang tua
 peserta didik baru yang datang terlambat diwajibkan mengumpulkan tanda tangan senior atau kakak kelas sejumlah 50 tanda tangan
 peserta didik baru diwajibkan memakai seragam TK untuk 3 hari pertama masuk sekolah dan belum memakai seragam SD
 peserta didik baru diwajibkan datang ke sekolah tepat waktu dan mengikuti semua kegiatan MPLS
14.
Panitia penerimaan peserta didik baru terdiri dari ....
 penanggung jawab, ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, penanggung jawab IT dan seksi seksi
 penanggung jawab, ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, pembantu umum, dan seksi seksi
 ketua pelaksana, sekretaris, bendahara, penanggung jawab IT, pembantu umum dan seksi seksi
 ketua, sekretaris, bendahara, pembantu umum, anggota,seksi pendaftaran dan seksi seleksi
15.
Sistem informasi membantu para manajer dan pimpinan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mendapatkan gambaran mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Informasi yang didapatkan merupakan bahan masukan penting bagi manajer dalam pengambilan keputusan. Dalam proses perencanaan sistem informasi ada beberapa aspek yang harus di pahami oleh seorang pengambil keputusan, yaitu Ide, desain, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, dan tindak lanjut. Dari wacana tersebut di atas, yang dimaksud bahan perencanaan sistem informasi pengembangan Ide yaitu....
 memeriksa apakah perubahan yang terjadi sesuai dengan tujuan semula
 untuk mengetahui pentingnya perubahan
 menerapkan desain ke dalam sistem
 melaksanakan perubahan sesuai dengan hasil evaluasi yang ada.
16.
Penanaman nilai-nilai sikap spiritual diintergrasikan dalam pembelajaran, dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri. Tujuan penanaman nilai nilai sikap spiritual adalah....
 menanamkan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnik, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
 menanamkan sikap dan perilaku untuk selalu melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara dan Tuhan yang maha esa
 menanamkan sikap dan perilaku patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
 menanamkan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya memperbaiki kerusakan alam
17.
Hakikat pembangunan tim didasarkan atas ....
 pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
 kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
 pengambilan keputusan yang aman
 kerjasama fungsional dan kerja sama peran
18.
Ibu Melati adalah kepala sekolah XY di Kota Bukit Mamiri. Pengelolaan administrasi sekolahnya sangat rapi. Semua arsip-arsip tentang kurikulum pembelajaran, kesiswaan, dan persuratan tertata rapi. Data guru dan tenaga administrasi pun ditata dengan baik. Suatu hari kepala sekolah kedatangan tamu orang tua siswa kelas VIII. Ia ingin mengetahui perkembangan prestasi anaknya khususnya perolehan nilai semua mata pelajaran yang diikuti dan kedisiplinan dalam kehadiran di sekolah. Ibu Melati segera menuju ruang TU dan meminta bantuan kepada petugas TU untuk mencari data yang diminta orang tua siswa tersebut. Petugas TU mencari data nilai siswa dan data kehadiran siswa di kelompok Kelas VIII. Ternyata ada data nilai yang tidak lengkap. Rupanya guru matematika dan bahasa indonesia belum menyetorkan nilai. Begitu pun data absensi siswa sama sekali tidak.ada. Cukup lama petugas TU mencari data-data yang diinginkan oleh orang tua siswa. Ia mencarinya di kelompok lain barangkali terselip. Pada akhirnya petugas TU menyerahkan data kepada kepala sekolah seadanya. Data-data tersebut diserahkan kepada orang tua siswa. Tentunya ia kecewa karena keinginannya untuk mengetahui perkembangan prestasi dan kedisiplinan anaknya tidak terlaksana. Jika semua data yang diminta oleh orang tua siswa lengkap, maka...
 Kepala sekolah mengetahui guru-guru dan petugas TU bekerja dengan baik dan benar
 Kepala sekolah dapat menyampaikan informasi dan mengambil keputusan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan oleh orang tua siswa
 Kepala sekolah bersama petugas TU mengetahui bahwa guru-guru melaporkan kemajuan siswa tepat waktu
 Kepala sekolah bersama dengan orang tua siswa mengetahui tentang prestasi dan kedisiplinan anaknya
19.
Saudara adalah Kepala Sekolah Dasar. Salah satu kriteria penerimaan peserta didik baru di sekolah yang Saudara pimpin adalah seleksi administrasi. Salah satu pendaftar di sekolah yang Saudara pimpin sudah berusia 7 tahun, memiliki minat dan kemampuan yang bagus berdasarkan angket yang diisi orang tua dan data rapor dari taman kanakkanak dan tinggal dekat sekolah. Namun anak tersebut tidak memenuhi salah satu syarat di kelengkapan administrasi. Tindakan Saudara terhadap peserta didik tersebut adalah ...
 memberi kesempatan kepada anak tersebut untuk melengkapi kekurangan administrasi sampai batas terakhir pendaftaran peserta didik baru
 merekomendasikan anak tersebut untuk mendaftar di sekolah lain yang dapat mengakomodasi kekurangan administrasi dalam pendaftaran
 menolak anak tersebut dan menerima calon peserta didik lain yang lebih potensial dan memenuhi semua persyaratan administrasi
 menerima anak tersebut dan meminta melengkapi kelengkapan admnistrasi setelah diterima
20.
Di bawah ini adalah usaha-usaha yang kurang tepat dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga kependidikan sekolah, yaitu .....
 memutasi tenaga kependidikan yang melanggar disiplin
 memberi peringatan ringan yang melanggar etika profesi
 menyelenggarakan kegiatan workshop peningkatan kompetensi
 mengirim tenaga administrasi untuk mengikuti pelatihan
21.
Program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dibuat berdasarkan hasil .....
 eveluasi diri guru atau penilaian kinerja guru
 pemetaan pendidikan dan tenaga kependidikan
 kesepakatan guru di sekolah dengan organisasi profesi seperti KKG/MGMP
 analisis konteks kebutuhan sekolah
22.
Berikut ini media yang paling cocok digunakan dalam penyampaian informasi sekolah berupa hasil belajar siswa berupa angka dan grafiknya, bakat dan minat siswa dan diagram tingkat kedisiplinan siswa yang dapat diakses semua orangtua siswa kapanpun dan dimanapun adalah ....
 web/blog dan telepon seluler
 email dan facebook
 web/blog dan facebook
 telepon seluler dan email
23.
Yang dimaksud dengan tenaga kependidikan dalam peraturan/perundangan yang berlaku selama ini adalah .....
 guru, tenaga administrasi, tenaga laboratorium dan perpustakaan
 guru, pengelola satuan pendidikan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, tenaga administrasi, tenaga kebersihan dan keamanan
 pengelola satuan pendidikan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, tenaga administrasi, tenaga kebersihan dan keamanan
 guru, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan administrasi
24.
Tempat dimana orang-orang melakukan proses belajar secara individual maupun bersama dalam rangka meningkatkan diri dan mengembangkan organisasi disebut ....
 Struktur Pembelajaran
 Pembelajaran Organisasi
 Pengembangan Pembelajar
 Organisasi Pembelajar
25.
Kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri di sekolah didasarkan pada antara lain angket minat peserta didik, analisis sumberdaya dan pemenuhan sumber daya. Di sekolah yang Saudara pimpin terdapat 20 peserta didik yang memilih kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional, sedangkan sekolah yang Saudara pimpin tidak memilki guru tari. Langkah yang akan Saudara ambil untuk mengatasi masalah tersebut adalah ......
 memberi ekstrakurikuler tari bagi 20 siswa yang memilih tari tradisional dengan memberi tugas guru yang ada di sekolah sebagai pengampunya
 mengirimkan 20 peserta didik yang memilih ekstrakurikuler tari tradisional ke sekolah lain yang memiliki guru tari
 memberi ekstrakurikuler tari bagi 20 peserta didik yang memilih tari tradisional dengan mengundang guru tari ke sekolah untuk menjadi pengampu
 mengarahkan 20 peserta didik yang memilih ekstrakurikuler tari tradisional untuk pindah ke ekstrakurikuler yang lain
26.
Berikut ini yang bukan merupakan tujuan penggunaan teknologi informasi sebagai media penyampaian informasi sekolah adalah ...
 Sebagai sarana komunikasi antara sekolah, orang tua, siswa, dan urusan pribadi kepala sekolah tanpa batasan waktu
 Sebagai sarana komunikasi antara sekolah, orang tua, siswa, masyarakat tanpa batasan waktu
 Mempermudah orangtua dalam memonitor perkembangan anak di sekolah
 Menjadi promosi untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat
27.
Pelaksanaan pendidikan kepramukaan yang berupa kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal adalah merupakan bentuk pendidikan kepramukaan ....
 model blok
 model aktualisasi
 model aktualisasi dan regular
 model reguler
28.
Penyusunan program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan pada tahun pelajaran baru dilakukan dengan ....
 mengkaji ulang program pengelolaan yang lama, melakukan evaluasi seleksi dan merencanakan program pengelolaan baru
 mengkaji ulang program pengelolaan yang lama dan memetakan pendidik dan tenaga kependidikan
 mengkaji ulang program pengelolaan yang lama, merencanakan program pengelolaan baru dan memetakan pendidik dan tenaga kependidikan
 melakukan evaluasi seleksi, mengkaji ulang program yang lama dan memetakan pendidik dan tenaga kependidikan
29.
Sebagai suatu sistem, sekolah terdiri atas komponen-kompenen yang saling terkait dan saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan. Instrumental dan environmental input lainnya harus dapat didayagunakan seefektif mungkin dalam proses transformasi, untuk menghasilkan output berupa peserta didik yang memiliki seperangkat nilai, sikap, pengetahuan serta keterampilan baru. Untuk mendayagunakan semua sumber daya tersebut, diperlukan administrasi pengelolaan sekolah yang baik. Kewajiban Kepala Sekolah dalam menunjang hal tersebut meliputi...
 menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis.
 memberikan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas dan hak atas hasil kekayaan intelektual.
 mengembangkan pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan mutu.
 memberikan kesempatan warga sekolah untuk menggunakan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan tugas.
30.
Ibu Melati adalah kepala sekolah XY di Kota Bukit Mamiri. Pengelolaan administrasi sekolahnya sangat rapi. Semua arsip-arsip tentang kurikulum pembelajaran, kesiswaan, dan persuratan tertata rapi. Data guru dan tenaga administrasi pun ditata dengan baik. Suatu hari kepala sekolah kedatangan tamu orang tua siswa kelas VIII. Ia ingin mengetahui perkembangan prestasi anaknya khususnya perolehan nilai semua mata pelajaran yang diikuti dan kedisiplinan dalam kehadiran di sekolah. Ibu Melati segera menuju ruang TU dan meminta bantuan kepada petugas TU untuk mencari data yang diminta orang tua siswa tersebut. Petugas TU mencari data nilai siswa dan data kehadiran siswa di kelompok Kelas VIII. Ternyata ada data nilai yang tidak lengkap. Rupanya guru matematika dan bahasa indonesia belum menyetorkan nilai. Begitu pun data absensi siswa sama sekali tidak.ada. Cukup lama petugas TU mencari data-data yang diinginkan oleh orang tua siswa. Ia mencarinya di kelompok lain barangkali terselip. Pada akhirnya petugas TU menyerahkan data kepada kepala sekolah seadanya. Data-data tersebut diserahkan kepada orang tua siswa. Tentunya ia kecewa karena keinginannya untuk mengetahui perkembangan prestasi dan kedisiplinan anaknya tidak terlaksana. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh Ibu Melati adalah...
 meminta kepada guru-guru agar mengumpulkan nilai dan data kehadiran tepat waktu
 menata ulang tata letak arsip-arsip yang ada di ruang TU
 mengangkat seorang petugas TU untuk mengelola administrasi sekolah
 mengkaji ulang pengelolaan administrasi sekolah yang sedang berjalan
31.
Heri Setiono, S.Pd adalah guru Bahasa Indonesia dengan golongan IV/a mengajar 24 jam. Nilai PK Guru yang diperoleh 49, maka nilai angka kredit yang diperoleh dari PK Guru adalah....
32.
Seorang guru SD golongan ruang IV/a mengajar 6 jam per minggu dan diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Jika ia mendapat nilai 45 dari hasil PK sebagai guru dan mendapat nilai 15 sebagai kepala sekolah, berapa angka kredit sub unsur pembelajaran dan tugas tambahan masing-masing adalah ....
33.
Sistem informasi membantu para manajer dan pimpinan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mendapatkan gambaran mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Informasi yang didapatkan merupakan bahan masukan penting bagi manajer dalam pengambilan keputusan. Dalam proses perencanaan sistem informasi ada beberapa aspek yang harus di pahami oleh seorang pengambil keputusan, yaitu Ide, desain, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, dan tindak lanjut. Mengacu kepada wacana, yang dimaksud bahan perencanaan sistem informasi pengembangan kontrol yaitu....
 untuk megetahui perlunya adanya perubahan.
 merancang cara pemecahannya permasalahan
 menerapkan desain ke dalam sistem.
 memeriksa apakah tingkat pelaksanaan sesuai dengan design
34.
Anda harus melakukan penilaian kinerja terhadap guru-guru, yaitu guru mata pelajaran yang merangkap sebagai (1) wali kelas (2) ketua panitia Ulangan Akhir Semester (3) kepala perpustakaan (4) ketua pengembang kurikulum dan (5) guru bimbingan dan konseling, maka instrumen penilaian kinerja yang digunakan adalah instrumen ....
 Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran, Instrumen Pelaksanaan Pembimbingan dan Instrumen Pelaksanaan Tugas Tambahan
 Instrumen Pelaksanaan Pembimbingan dan Instrumen Pelaksanaan Tugas Tambahan
 Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran, Instrumen Pelaksanaan Pembimbingan, Instrumen Pelaksanaan Tugas Tambahan
 Instrumen Pelaksanaan Wali Kelas, Instrumen Pelaksanaan Ulangan Akhir, Instruen Pelaksanaan Perpustakaan, Instrumen Pengembang Kurikulum dan Instrumen Pelaksanaan Pembimbingan
35.
Sistem informasi membantu para manajer dan pimpinan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mendapatkan gambaran mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Informasi yang didapatkan merupakan bahan masukan penting bagi manajer dalam pengambilan keputusan. Dalam proses perencanaan sistem informasi ada beberapa aspek yang harus di pahami oleh seorang pengambil keputusan, yaitu Ide, desain, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, dan tindak lanjut. Mengacu kepada wacana, yang dimaksud bahan perencanaan sistem informasi pengembangan tindak lanjut yaitu....
 Memeriksa apakah tingkat pelaksanaan sesuai dengan design
 Menerapkan disign ke dalam sistem
 Melakukan perbaikan dan pengembangan sesuai dengan hasil evaluasi
 Memeriksa apakah perubahan yang terjadi sesuai dengan tujuan semula
36.
Dimensi kepemimpinan mencakup antara lain ....
 mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayaka
 memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti
 memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
 membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
37.
Pada kegiatan MPLS dikenalkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Peserta didik baru nantinya dapat mengikuti ekstrakurikuler yang sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Pernyataan berikut yang tidak termasuk kegiatan pengenalan ekstrakurikuler di sekolah adalah ......
 pertunjukan dan penampilan bakat oleh peserta didik baru pada akhir MPLS
 penampilan keterampilan terbaik oleh peserta ekstrakurikuler kelas diatasnya
 pengisian angket ekstrakurikuler di sekolah oleh peserta didik baru
 penjelasan kegiatan ekstra kurikuler oleh guru atau pengampu ekstrakurikuler
38.
Setiap orang mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan layanan pendidikan, tetapi tidak secara otomatis mereka dapat diterima di suatu lembaga pendidikan seperti sekolah. Sekolah adalah lembaga penyelenggara pendidikan yang memiliki keterbatasan dalam PPDB. Pernyataan berikut yang tidak merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh sekolah dalam PPDB adalah ......
 daya tampung kelas baru berdasarkan analisis kebutuhan
 jumlah peserta didik tinggal kelas di kelas II
 kriteria peserta didik yang dapat diterima di kelas I
 anggaran, sarana prasarana, dan tenaga kependidikan yang tersedia
39.
Seorang kepala sekolah memberi tugas kepada guru pengampu pendidikan kepramukaan yang mengajar Bahasa Indonesia untuk mengintegrasikan nilai sikap spiritual dan sikap sosial ke dalam kegiatan pendidikan kepramukaan. Guru tersebut merancang kegiatan pendidikan kepramukaan untuk mengintegrasikan sikap percaya diri dan peduli lingkungan. Menurut saudara rancangan kegiatan berikut yang paling tepat untuk mengintegrasikan nilai sikap dimaksud, yaitu ......
 peserta didik diminta membersihkan halaman sekolah, menuliskan dalam sebuah teks dan mempresentasikannya
 peserta didik diminta membuang sampah di tempatnya dan merawat tanaman bunga di halaman sekolah
 peserta didik diminta menanam pohon di sekolah dan diminta merawatnya secara kelompok setiap minggu
 peserta didik diminta menulis sebuah karangan tentang lingkungan dan mempesentasikannya di depan teman-teman
40.
Sri Endang, M.Pd adalah guru matematika mengajar 30 jam. Hasil rekap nilai PK Guru adalah 51, maka sebutan dan NPK nya adalah ....
41.
Saudara dapat melakukan benchmarking sebelum melaksanakan penempatan peserta didik baru di sekolah yang Saudara pimpin. Manfaat dari benchmarking adalah ......
 menemukan praktik-praktik yang baik di sekolah lain dan menerapkannya di sekolah sendiri sesuai kondisi dan kemampuan sebagai upaya untuk mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan sekolah
 melihat keunggulan-keunggulan atau praktik yang baik sekolah lain untuk membandingkannya dengan kelemahan-kelemahan sekolah sendiri
 menerapkan keunggulan-keunggulan sekolah lain di sekolah sendiri untuk meningkatkan kualitas pendidikan
 melaksanakan upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan mengunjungi sekolah di dalam dan luar negeri untuk melihat keunggulan-keunggulannya atau praktik-praktik terbaiknya
42.
Ibu Melati adalah kepala sekolah XY di Kota Bukit Mamiri. Pengelolaan administrasi sekolahnya sangat rapi. Semua arsip-arsip tentang kurikulum pembelajaran, kesiswaan, dan persuratan tertata rapi. Data guru dan tenaga administrasi pun ditata dengan baik. Suatu hari kepala sekolah kedatangan tamu orang tua siswa kelas VIII. Ia ingin mengetahui perkembangan prestasi anaknya khususnya perolehan nilai semua mata pelajaran yang diikuti dan kedisiplinan dalam kehadiran di sekolah. Ibu Melati segera menuju ruang TU dan meminta bantuan kepada petugas TU untuk mencari data yang diminta orang tua siswa tersebut. Petugas TU mencari data nilai siswa dan data kehadiran siswa di kelompok Kelas VIII. Ternyata ada data nilai yang tidak lengkap. Rupanya guru matematika dan bahasa indonesia belum menyetorkan nilai. Begitu pun data absensi siswa sama sekali tidak.ada. Cukup lama petugas TU mencari data-data yang diinginkan oleh orang tua siswa. Ia mencarinya di kelompok lain barangkali terselip. Pada akhirnya petugas TU menyerahkan data kepada kepala sekolah seadanya. Data-data tersebut diserahkan kepada orang tua siswa. Tentunya ia kecewa karena keinginannya untuk mengetahui perkembangan prestasi dan kedisiplinan anaknya tidak terlaksana. Untuk memudahkan penemuan data-data yang diperlukan oleh orang tua siswa atau pemangku kepentingan lainnya, sebaiknya kepala sekolah melakukan hal-hal sebagai berikut, kecuali...
 mengundang tenaga ahli untuk membantu membuat sistem informasi sekolah
 menugaskan staf tu untuk mengikuti diklat pengelolaan administrasi sekolah
 membeli aplikasi pengelolaan administrasi sekolah
 membuat rencana pembuatan sistem informasi sekolah
43.
Sekolah yang Saudara pimpin membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada awal tahun ajaran ini. Analisis daya tampung sekolah yang Saudara pimpin menunjukkan bahwa sekolah yang Saudara pimpin mampu menerima 56 peserta didik dalam 2 rombongan belajar masing-masing 28 peserta didik. Peraturan PPDB telah disosialisasikan kepada masyakarat luas. Ternyata ada salah satu pendaftar yang memiliki kebutuhan khusus yaitu kurang pendengaran dan hal itu diketahui pada saat pendaftaran. Dilihat dari kriteria yang lain yang telah ditentukan, peserta didik tersebut memenuhi kriteria. Saudara dan panitia PPDB menyikapi hal tersebut ......
 menolak peserta didik tersebut karena sekolah belum memiliki fasilitas dan guru yang mampu melayani anak berkebutuhan khusus tersebut
 menolak peserta didik tersebut dengan menyarankan peserta didik tersebut mendaftar di sekolah luar biasa
 menerima peserta didik tersebut dengan memberi tahu bahwa sekolah akan melayani peserta didik tersebut sama dengan layanan bagi siswa yang lain
 menerima peserta didik tersebut dengan menyiapkan layanan khusus seperti bekerja sama dengan guru luar biasa
44.
Pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan hendaknya berdasar pada prinsip-prinsip di bawah ini, kecuali....
 kegiatan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan.
 Dirintisdan diarahkan untuk mendidik dan melatih seseorang sebelum maupun sesudah menduduki jabatan/posisi
 berorientasi pada perubahan tingkah laku dalam rangka peningkatan kemampuan profesional dan untuk teknis pelaksanaan tugas harian sesuai posisi masing-masing.
 dilaksanakan untuk mendorong meningkatnya kontribusi setiap individu terhadap sekolah.
45.
Sekolah Harapan Bangsa memiliki 3 orang tenaga administrasi sekolah PNS bernama Melati, Dadali, dan Mawar yang berpangkat sama yaitu Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d terhitung mulai 1 April 2014. Melati diangkat jadi PNS sejak tahun 1 Oktober 2002. Dadali diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil sejak tanggal 1 April 2000, sedangkan Mawar diangkat sejak 1 April 1994. Manakah daftar urut kepangkatan yang benar sesuai peraturan yang berlaku?
46.
Yang tidak termasuk tahapan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler pilihan yaitu ......
 identifikasi kebutuhan, potensi, dan minat peserta didik
 pengiriman peserta ekstrakurikuler ke berbagai lomba
 penyusunan program kegiatan ekstrakurikuler
 analisis dan pemenuhan sumber daya yang diperlukan
47.
Penempatan peserta didik yang tepat dilaksanakan oleh sekolah akan memberikan manfaat sebagai berikut ......
 membantu peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan bakat dan minatnya dalam merencanakan masa depannya selama di sekolah
 membantu peserta didik menemukan potensi diri, bakat minat, kondisi diri dan berkembang secara alami dalam mengambil keputusan terhadap masa depannya
 membantu peserta didik memilih mata pelajaran-mata pelajaran yang diminatinya untuk merencanakan masa depannya setelah tamat dari sekolah
 membantu peserta didik mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk mendapatkan nilai-nilai yang optimal dalam pembelajaran di sekolah
48.
Aspek-aspek yang menjadi dasar dalam memetakan pendidik dan tenaga kependidikan, yaitu ....
 integritas, kualifikasi akademik dan penilaian kinerja
 kompetensi, kualifikasi akademik dan integritas
 integritas, kualifikasi akademik dan skill (keterampilan).
 kinerja, kualifikasi akademik dan profesionalitas.
49.
Bu Tuti seorang guru Bahasa Inggris. Pada pembelajaran speaking, Bu Tuti meminta peserta didik membuat tulisan teks deskripsi tentang tempat wisata di daerah lingkungan sekolah dalam kelompok. Kemudian masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan ke depan dan peserta didik di kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan komentar. Sikap sosial yang diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu ......
 bertanggung jawab, gotong royong, cinta tanah air dan peduli
 kerja sama, cinta tanah air, menghargai orang lain dan responsif
 kerjasama, percaya diri, menghargai orang lain dan jujur
 jujur, peduli, bertanggung jawab dan proaktif
50.
Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian aktivitas yang integral, bersangkut-paut dengan masalah ....
 perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
 perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
 perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
 perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
51.
Sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor .....
 25 tahun 2008
 27 tahun 2009
 70 tahun 2009
 24 tahun 2008
52.
Jumlah siswa yang tidak lulus di suatu sekolah pada tiga tahun terakhir selalu meningkat, tindakan yang tepat yang akan saudara lakukan sebagai kepala sekolah adalah.... 1. membuat program kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan prestasi siswa 2. membuat program kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru 3. melengkapi koleksi buku yang relevan dengan mata pelajaran yang di UN kan di perpustakaan 4. mewajibkan siswa untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah Pernyataan yang benar adalah ...
 1, 3 dan 4
 1, 2 dan 4
 1, 2 dan 3
 2, 3 dan 4
53.
Sekolah Super IT adalah salah satu Sekolah terkenal di Kabupaten Blogger. Semua administrasi sekolah dikelola dengan menggunakan teknologi informasi (TI). Sistem informasi sekolah (SIS) telah berjalan dengan baik. Informasi tentang kemajuan siswa, kurikulum pembelajaran, sarpras, data guru dan tenaga tata usaha dapat dengan mudah diakses oleh pemangku kepentingan. Dinas Pendidikan dengan mudah dan cepat dapat memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Sekolah (UAS), dan informasi lainnya. Dunia Usaha dan Dunia Industri dapat mengetahui prestasi siswa dalam berbagai bidang. Satu hal yang belum memanfaatkan kecanggihan TI di sekolah tersebut adalah sebagian guru masih menggunakan cara manual dalam mengelola nilai siswa, padahal operator sekolah telah menyediakan SIS untuk penilaian. Hal ini mengakibatkan terlambatnya wali kelas mengisi rapor dan menentukan kenaikan kelas. Berikut adalah manfaat Sistem Informasi Sekolah bagi Dinas Pendidikan dalam melaksanakan aktifitasnya, kecuali....
 Mempermudah pengontrolan suatu kegiatan yang sedang dilaksanakan di sekolah.
 Menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran di kelas
 Mempercepat penerimaan berbagai laporan tentang pelaksanaan kegiatan di sekolah
 Mengetahui perkembangan informasi tentang program dan kegiatan sekolah,
54.
Untuk menumbuhkan semangat meningkatkan budaya mutu di lingkungan sekolah adalah dengan cara ....
 melakukan rapat evaluasi
 peningkatan kualitas kehidupan beragama
 memberikan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
 memiliki target mutu yang tinggi
55.
Sekolah Menengah Atas X mulai tahun ajaran 2014/2015 telah mulai memanfaatkan Sistem Informasi Sekolah. Setelah berjalan sekitar satu tahun, dilakukan evaluasi untuk melihat perubahan apa yang ditimbulkan dengan penerapan SIS ini. Berdasarkan hasil evaluasi tampak berbagai manfaat yang diperoleh oleh berbagai pihak terkait. Salah satu manfaat yang bisa didapat oleh pihak dinas pendidikan, yaitu:
 Mempercepat penerimaan berbagai laporan tentang pelaksanaan kegiatan di sekolah
 menerima lebih cepat informasi tentang nilai tiap mata pelajaran
 mengetahui bagian-bagian yang bisa menjadi kerjasama
 menigkatkan produktivitas dalam mengolah kata, angka, gambar, video, suara, data statistik, perancangan, dan pemrograman
56.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang diantaranya adalah bahwa sekolah harus memiliki visi yang tujuannya agar sekolah .....
 menjadi sekolah yang lingkungannya kondusif dan mudah dikenal dengan masyarakat
 mampu mengembangkan kurikulum baik secara nasional maupun internasional
 mampu dikenal masyarakat melalui prestasi akademik dan non akademik
 secara bersama-sama mampu meraih cita-cita secara periodik, sistematis, dan terencana
57.
Penempatan kepala sekolah di daerah, dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan terbatas, dan sarana-prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah harus ....
 menyusun visi, misi, tujuan, membuat program, dan struktur organisasi sekolah
 memahami keadaan, semua guru dan TU diikutsertakan pelatihan agar terjadi peningkatan kompetensinya.
 menyusun struktur organisasi, menguraikan tugas dan fungsi (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan
 semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dengan baik
58.
Pengangkatan, penempatan, pemindahan, dan pemberhentian pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan dalam rangka akses....
 masyarakat atas pelayanan pendidikan yang terjangkau oleh masyarakat luas; mutu dan daya saing lembaga yang mampu mencapai prestasi ditingkat regional dan nasional serta adanya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.
 masyarakat atas pelayanan pendidikan yang merata ; mutu daya saing sesuai kebutuhan
 atas pelayanan pendidikan yang mencukupi, merata dan terjangkau; mutu dan daya saing pendidikan
 perluasan dan pemerataan akses pendidikan serta peningkatan mutu, daya saing, dan relevansi pendidikan
59.
Salah satu kegiatan pada MPLS adalah mengenal lingkungan sekolah. Tahun lalu, di sekolah yang menjadi lokasi benchmarking, dilaksanakan kegiatan pengenalan sekolah dengan membawa peserta didik ke lokasi secara langsung ke semua bagian sekolah. Saudara tahun ini memiliki 56 peserta didik baru dan sekolah yang Saudara pimpin memiliki luas 1 hektar dengan bangunan yang cukup luas dan terpisah-pisah. Hal yang paling efektif untuk dilakukan di sekolah yang Saudara pimpin adalah ......
 seluruh peserta didik dibawa ke lokasi secara langsung dan dipandu oleh senior kakak kelas atau panitia penerimaan peserta didik baru
 pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan melalui presentasi di aula dengan menggunakan gambar dan denah bangunan sekolah
 diberikan presentasi tentang lingkungan sekolah kemudian peserta didik dibawa ke lokasi dalam beberapa kelompok dengan tujuan yang berbeda dan berurutan
 peserta didik diberi tugas individu berupa observasi untuk mengenal lingkungan sekolah dan membuat laporan tentang lingkungan sekolah berdasarkan hasil observasinya
60.
Jika guru tidak memanfaatkan TIK dalam pengolahan nilai, maka....
 Pengolahan nilai dapat dilakukan dengan cepat
 Guru tidak mengalami kesulitan untuk mengentry nilai ke dalam komputer
 kemungkinan kesalahan pengolahan nilai lebih besar
 Guru mudah mengolah nilai dan hasilnya cepat diperoleh
61.
Sistem informasi membantu para manajer dan pimpinan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mendapatkan gambaran mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Informasi yang didapatkan merupakan bahan masukan penting bagi manajer dalam pengambilan keputusan. Dalam proses perencanaan sistem informasi ada beberapa aspek yang harus di pahami oleh seorang pengambil keputusan, yaitu Ide, desain, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, dan tindak lanjut. Mengacu kepada wacana, yang dimaksud bahan perencanaan sistem informasi pengembangan desain yaitu....
 untuk megetahui perlunya adanya perubahan.
 menerapkan desain ke dalam sistem.
 merancang cara pemecahan masalah
 memeriksa apakah tingkat pelaksanaan sesuai dengan desain
62.
Pendidikan budaya dan karakter bangsa mencakup banyak nilai-nilai luhur yang harus ditanamkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Salah satu nilai yang ditanamkan adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnik, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. Nilai yang dimaksud adalah ......
 religius
 cinta damai
 demokratis
 toleran
63.
Sistem informasi membantu para manajer dan pimpinan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mendapatkan gambaran mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Informasi yang didapatkan merupakan bahan masukan penting bagi manajer dalam pengambilan keputusan. Dalam proses perencanaan sistem informasi ada beberapa aspek yang harus di pahami oleh seorang pengambil keputusan, yaitu Ide, desain, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, dan tindak lanjut. Mengacu kepada wacana, yang dimaksud bahan perencanaan sistem informasi pengembangan pelaksanaan yaitu....
 menerapkan disign ke dalam sistem.
 untuk megetahui perlunya adanya perubahan.
 merancang cara pemecahannya permasalahan
 memeriksa apakah tingkat pelaksanaan sesuai dengan desain
64.
Sekolah Super IT adalah salah satu Sekolah terkenal di Kabupaten Blogger. Semua administrasi sekolah dikelola dengan menggunakan teknologi informasi (TI). Sistem informasi sekolah (SIS) telah berjalan dengan baik. Informasi tentang kemajuan siswa, kurikulum pembelajaran, sarpras, data guru dan tenaga tata usaha dapat dengan mudah diakses oleh pemangku kepentingan. Dinas Pendidikan dengan mudah dan cepat dapat memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Sekolah (UAS), dan informasi lainnya. Dunia Usaha dan Dunia Industri dapat mengetahui prestasi siswa dalam berbagai bidang. Satu hal yang belum memanfaatkan kecanggihan TI di sekolah tersebut adalah sebagian guru masih menggunakan cara manual dalam mengelola nilai siswa, padahal operator sekolah telah menyediakan SIS untuk penilaian. Hal ini mengakibatkan terlambatnya wali kelas mengisi rapor dan menentukan kenaikan kelas. Hal hal yang harus dilakukan oleh Kepala Sekolah adalah....
 mencari tahu alasan guru yang belum menggunakan SIS
 menyelenggarakan pelatihan penggunaan SIS untuk seluruh warga sekolah
 menugaskan operator untuk melatih guru yang belum menggunakan SIS
 menugaskan guru sejawat untuk melatih guru yang belum menggunakan SIS
65.
Dalam pengelolaan tugas, memberikan instruksi dan petunjuk pelaksanaan administrasi kepegawaian merupakan wewenang Kepala Tenaga Administrasi sekolah yang meliputi...
 memastikan kebenaran dan ketepatan laporan
 meminta dan memberi data serta laporan tugas dari bawahannya
 memberi tugas dan memberi petunjuk pelaksanaan pekerjaan
 mengkondisikan kebenaran dan ketepatan rencana program tata usaha
66.
Pendidikan karakter di sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan ....
 diintegrasikan dalam mata pelajaran, ekstrakurikuler dan pengembangan diri
 diintegrasikan dalam ekstrakurikuler dan pengembangan diri setelah pelajaran
 disampaikan dan diajarkan secara terpisah sebagai kompetensi inti
 disampaikan dan diajarkan secara terpisah sebagai kompetensi dasar
67.
Sekolah Negeri XY memiliki 3 orang guru baru hasil seleksi/rekruitmen pemerintah daerah. Ketiga orang guru tersebut berasal dari sekolah swasta yang berbeda, dimana mereka telah mengajar lebih dari 5 tahun. Sebagai Kepala Sekolah, langkah apa yang akan Saudara lakukan terhadap mereka di awal masa kerja mereka di sekolah Saudara?
 Saya akan menugaskan guru senior untuk mendampingi mereka dalam menjalankan tugas keguruan di sekolah baru ini.
 Saya akan menempatan mereka terlebih dahulu di bagian administrasi karena jam mengajar sudah terisi oleh guru yang sudah ada.
 Saya tidak akan memberi jam mengajar kepada mereka terlebih dahulu sampai mereka menjadi PNS penuh
 Saya akan langsung menugaskan mereka mengajar di kelas karena mereka sudah berpengalaman mengajar di sekolah lama
68.
Sekolah yang Saudara pimpin menetapkan kriteria peserta didik baru yang bisa diterima dan Saudara sudah mensosialisasikan kriteria tersebut kepada masyarakat luas. Salah satu calon peserta didik baru adalah anak seorang pejabat di daerah Saudara. Dilihat dari kriteria yang telah ditentukan anak pejabat tersebut tidak memenuhi salah satu kriteria yang telah ditentukan. Saudara menyikapi hal tersebut dengan ......
 menolak anak pejabat tersebut dan menyarankan untuk mutasi ke sekolah yang saya pimpin setelah satu semester
 menerima anak pejabat tersebut karena bagaimanapun juga sekolah yang saya pimpin ada di wilayah kekuasaannya
 menolak anak pejabat tersebut dengan alasan tidak memenuhi salah satu kriteria dan merekomendasikan ke sekolah yang lebih sesuai
 menerima anak pejabat tersebut dengan memberikan syarat untuk memberikan bantuan khusus sebagai kompensasi ke sekolah
69.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan mencakup tiga hal yaitu, pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Sebagai kepala sekolah, Saudara mempunyai tugas untuk mengelola dan menfasilitasi kegiatan-kegiatan pengembangan keprofesian guru. Jika Saudara menyelenggarakan lokakarya dengan tujuan untuk menyusun bahan/perangkat pembelajaran, maka kegiatan lokakarya tersebut merupakan bagian dari ....
 kegiatan pengembangan diri
 kegiatan penulisan karya inovatif
 kegiatan kolektif guru
 kegiatan publikasi ilmiah.
70.
Setelah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah harus menyusun laporan. Hal-hal yang harus dicantumkan dalam laporan tersebut adalah ....
 program kerja PPDB, hasil rapat koordinasi, pembiayaan, penyelarasan program kerja sesuai juknis, dan hasil PPDB
 program kerja PPDB, hasil rapat koordinasi, analisis daya tampung, penyelarasan program kerja sesuai juknis, dan hasil PPDB
 program kerja PPDB, hasil rapat koordinasi, analisis daya tampung, penyelarasan program kerja sesuai juknis, dan kriteria PPDB
 program kerja PPDB, hasil rapat koordinasi, kriteria PPDB, penyelarasan program kerja sesuai juknis, dan hasil PPDB
71.
Pernyataan berikut ini merupakan langkah pertama dalam proses pengambilan keputusan yang bersifat rutin, yaitu...
 melakukan proses eksekusi atau pelaksanaan
 pengumpulan informasi tentang apa yang akan dikerjakan untuk diteruskan pada pengambil keputusan
 penentuan pilihan mengenai kegiatan yang akan dilakukan
 pemberian kewenangan berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan
72.
Sekolah Super IT adalah salah satu Sekolah terkenal di Kabupaten Blogger. Semua administrasi sekolah dikelola dengan menggunakan teknologi informasi (TI). Sistem informasi sekolah (SIS) telah berjalan dengan baik. Informasi tentang kemajuan siswa, kurikulum pembelajaran, sarpras, data guru dan tenaga tata usaha dapat dengan mudah diakses oleh pemangku kepentingan. Dinas Pendidikan dengan mudah dan cepat dapat memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Sekolah (UAS), dan informasi lainnya. Dunia Usaha dan Dunia Industri dapat mengetahui prestasi siswa dalam berbagai bidang. Satu hal yang belum memanfaatkan kecanggihan TI di sekolah tersebut adalah sebagian guru masih menggunakan cara manual dalam mengelola nilai siswa, padahal operator sekolah telah menyediakan SIS untuk penilaian. Hal ini mengakibatkan terlambatnya wali kelas mengisi rapor dan menentukan kenaikan kelas. Berikut ini adalah manfaat menggunakan Sistem Informasi Sekolah, 1. sebagai sarana informasi sekolah dalam mendukung penyusunan program 2. sebagai sarana informasi sekolah dalam pengambilan keputusan 3. sebagai sarana informasi sekolah dalam meningkatkan produktivitas sekolah 4. sebagai sarana informasi sekolah dalam berkomunikasi Pernyataan yang benar adalah ....
 1, 2, 3 dan 4
 2, 3 dan 4
 1, 3 dan 4
 1, 2 dan 4
73.
Hj. Supriatun, S.Pd adalah Guru Pendidikan Agama Islam dengan golongan ruang III/b dan mengajar 12 jam per minggu yang diberi tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah. Hasil penilaian PK Guru mendapat nilai 48 dan sebagai wakil kepala sekolah mendapat nilai 18. Maka angka kredit yang diperoleh pada tahun tersebut adalah ....
74.
Sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam perancangan SIS, dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. SDM yang termasuk kelompok sekunder adalah....
 penyedia data
 programmer
 machine operator
 analisis sistem
75.
Sumberdaya manusia di sekolah yang tidak terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar tetapi berperan dalam mendukung kelancaran proses pembelajaran dan administrasi sekolah adalah Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Berdasarkan ruang lingkupnya TAS terdiri dari...
 kepala tenaga administrasi sekolah, pelaksana urusan administrasi sekolah, petugas layanan khusus.
 kepala tenaga administrasi sekolah,pelaksana urusan administrasi, petugas perpustakaan.
 kepala tata usaha, bendahara, pelaksana urusan administrasi persuratan.
 kepala tenaga administrasi sekolah, pelaksana urusan administrasi persuratan dan kearsipan, bendahara.
76.
Jumlah peserta didik Sekolah Harapan 750 orang, Beban studi peserta didik untuk seluruh mata pelajaran 40 jam perminggu (menurut kurikulum yang diberlakukan), Besar kelas rata-rata 36 orang, dan Beban mengajar guru perminggu 24 jam. Menurut kebijakan, berapa jumlah guru yang dibutuhkan untuk melayani 750 peserta didik?
 28 guru
 29 guru
 35 guru
 34 guru
77.
Manfaat SIS berbasis TIK bagi kepala sekolah sebagai pemimpin adalah untuk....
 sarana untuk pengambilan keputusan, mengumumkan kebijakan sekolah, dan pengarahan-pengarahan
 pedoman, struktur organisasi, pelaksanaan kegiatan, kesiswaan, kepegawaian, sarana dan prasarana, keuangan, budaya, dan humas
 program pengawasan, evaluasi diri, KTSP, pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, dan akreditasi
 penyusunan visi, misi, tujuan, dan rencana kerja
78.
Stakeholders (pemangku kepentingan) yang paling tepat untuk dilibatkan dalam kegiatan mengkaji ulang program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah adalah ....
 pendidik, tenaga kependidikan dan dinas pendidikan/yayasan
 pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga administrasi
 pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik
 pendidik, tenaga kependidikan dan komite sekolah
79.
Dalam penempatan peserta didik baru, sekolah harus memastikan bahwa tidak ada peserta didik yang merasa dimarjinalkan atau diistimewakan. Oleh karena itu penempatan peserta didik baru harus mempertimbangkan faktor-faktor tertentu. Berikut adalah aspek yang kurang diperhitungkan sebagai bahan pertimbangan, yaitu ......
 kondisi fisik peserta didik
 jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan
 bakat dan minat peserta didik
 kondisi ekonomi orang tua
80.
Setelah pengumuman penerimaan peserta didik baru, sekolah melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. Berikut yang bukan merupakan materi MPLS yaitu ......
 kewajiban peserta didik baru terhadap senior dalam kegiatan ekstrakurikuler
 interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya
 adaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya
 cara belajar efektif
81.
Berdasarkan pengamatan dan hasil supervisi kepala Sekolah, ditemukan pula 16 orang guru memiliki kinerja yang kurang memuaskan, diantaranya tidak pernah menyerahkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, mengajar dengan gaya ceramah, dan tidak mampu mengoperasikan komputer serta jarang memanfaatkan media dalam pembelajaran. Guru-guru tersebut belum pernah mendapatkan pembinaan terkait dengan kemampuan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran. Agar kepala sekolah dapat menemukan tindakan-tindakan dalam memperbaiki program pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan hendaknya melakukan kegiatan ....
 pelatihan dan pengembangan
 menciptakan mutu lingkungan kerja
 riset tenaga pendidik dan kependidikan
 perundingan dan kesepakatan
82.
Salah satu kegiatan dalam MPLS adalah pengenalan peraturan dan tata tertib peserta didik di sekolah. Sebuah yang sekolah memiliki peserta didik baru sejumlah 84 orang yang terbagi menjadi 3 rombongan belajar. Sekolah tersebut belum memiliki aula. Kegiatan berikut paling tepat untuk mengenalkan peraturan dan tata tertib peserta didik, yaitu ......
 pengenalan dan penjelasan secara detail tentang peraturan dan tata tertib peserta didik diberikan dengan apel di lapangan sekolah dan kepala sekolah yang menyampaikannya
 pengenalan peraturan dan tata tertib peserta didik di sekolah diberikan secara tertulis dengan memberikan teks kepada masing masing peserta didik baru
 pengenalan dan penjelasan peraturan dan tata tertib peserta didik diberikan di masing masing ruang kelas oleh guru yang diberi tugas dan peserta didik diminta memberikan pendapat serta usulan tentang peraturan dan tata tertib peserta didik
 pengenalan peraturan dan tata tertib peserta didik diberikan kepada orang tua peserta didik baru dan orang tua diminta memahami serta menyampaikan kepada putra putrinya di rumah dan memantaunya
83.
Pemetaan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan sebagai bahan rujukan untuk ....
 penugasan dan penghargaan pendidik dan tenaga kependidikan
 penempatan dan penghargaan pendidik dan tenaga kependidikan
 penempatan dan penugasan pendidik dan tenaga kependidikan
 pemetaan dan penghargaan pendidik dan tenaga kependidikan
84.
Hasil penilaian kinerja guru dapat digunakan untuk hal-hal di bawah ini. Pernyataan manakah yang kurang tepat dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja guru tersebut?
85.
Menurut Permenneg PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Kegiatan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, menyusun dan melaksanakan program dan pengayaan terhadap peserta didik, disebut....
 pengembangan keprofesian berkelanjutan
 metode pembelajaran
 kegiatan pembelajaran
 kegiatan bimbingan peserta didik
86.
Peran kepala sekolah sebagai pemimpin dalam suatu organisasi (sekolah) sangat besar khususnya dalam bidang informasi. Untuk itu seorang pemimpin harus memiliki banyak keahlian. Ada dua keahlian mendasar yang harus dikuasai oleh pemimpin, yaitu:
 keahlian gadget (piranti) dan keahlian pemecahan masalah
 keahlian informasi dan keahlian pemecahan masalah
 keahlian teknologi dan keahlian pemecahan masalah
 keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah
87.
Proses Penilaian Kinerja Guru dilakukan melalui empat tahapan, yaitu ....
 persiapan, pengamatan, penilaian dan pelaporan
 persiapan, pelaksanaan, pelaporan dan penilaian
 persiapan, pelaksanaan, penilaian dan pelaporan
 persiapan, penilaian, pelaksanaan dan pelaporan
88.
Sistem informasi membantu para manajer dan pimpinan perusahaan atau organisasi tertentu untuk mendapatkan gambaran mengenai perusahaan atau organisasi tersebut. Informasi yang didapatkan merupakan bahan masukan penting bagi manajer dalam pengambilan keputusan. Dalam proses perencanaan sistem informasi ada beberapa aspek yang harus di pahami oleh seorang pengambil keputusan, yaitu Ide, desain, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, dan tindak lanjut.. Mengacu kepada wacana, yang dimaksud bahan perencanaan sistem informasi pengembangan evaluasi yaitu....
 memeriksa apakah tingkat pelaksanaan sistem yang direncanakan sesuai desain
 menerapkan disain ke dalam sistem
 memeriksa sejauh mana sistem informasi yang diterapkan dapat membantu pengambilan keputusan
 merancang cara pemecahan masalah
89.
Dalam menganalisis kebutuhan pendidik di sekolah, data-data yang paling tepat dijadikan sebagai acuan adalah ....
 jumlah peserta didik, jumlah jam pelajaran, beban mengajar pendidik, jumlah peserta didik dalam satu kelas, jumlah pendidik yang ada, jumlah pendidik yang akan pensiun/berhenti/meningggalkan jabatan keguruan
 jumlah jam pelajaran, pendidik yang ada, jumlah peserta didik, beban mengajar pendidik, jumlah ruang kelas
 jumlah peserta didik, jumlah jam pelajaran, pendidik yang ada, pendidik yang akan pensiun/berhenti/meninggalkan jabatan keguruan
 jumlah peserta didik, jumlah jam pelajaran, beban mengajar pendidik, jumlah peserta didik dalam satu kelas, pendidik yang ada, pendidik yang akan pensiun/berhenti/meningggalkan jabatan keguruan, jumlah ruang kelas;
90.
Penjelasan mengenai tanggung jawab pendidik dan tenaga kependidikan, pengangkatan, pembinaan karir, promosi dan penghargaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dijelaskan dalam peraturan/perundangan di bawah ini, yaitu....
 Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
 Permendiknas RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Adminsitrasi Sekolah/Madrasah
 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar Di Kabupaten/Kota
 Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
91.
Pernyataan berikut yang tidak benar adalah .....
 Penerimaan peserta didik baru dengan kriteria acuan patokan menyeleksi peserta didik didasarkan atas patokan-patokan yang telah ditentukan sebelumnya. Sekolah membuat patokan bagi calon peserta didik dengan kemampuan minimal setingkat mana yang dapat diterima di sekolah tersebut. Konsekuensi dari kriteria acuan patokan adalah semua peserta didik yang memenuhi persyaratan berapapun jumlahnya harus diterima.
 Penerimaan peserta didik baru dengan kriteria acuan norma (norm criterian referenced), didasarkan atas keseluruhan prestasi calon peserta didik yang mengikuti seleksi. Dalam hal ini sekolah menetapkan kriteria penerimaan berdasarkan keseluruhan seleksi administrasi calon peserta didik.
 Penerimaan peserta didik baru berdasarkan atas daya tampung sekolah ditentukan oleh berapa jumlah daya tampungnya, atau berapa calon peserta didik baru yang akan diterima. Setelah sekolah menentukan, kemudian merangking umur peserta didik baru mulai dari usia tertinggi sampai dengan usia paling rendah.
 Penerimaan peserta didik baru dengan kriteria acuan patokan dimana sekolah menentukan patokan terlebih dahulu memiliki konsekuensi tidak mungkin kekurangan peserta didik baru karena sebagian besar calon peserta didik baru memnuhi persyaratan patokan yang telah ditentukan.
92.
Seorang guru melakukan kegiatan di Kelompok Kerja Guru (KKG)/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), diseminasi hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di KKG/MGMP, dan penyusunan modul -Pembelajaran IPA Inovatif- yang digunakan di sekolahnya. Dengan demikian, guru tersebut melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) berupa ..
 pengembangan diri dan publikasi ilmiah
 publikasi Ilmiah
 karya Inovatif
 pengembangan diri
93.
Kualifikasi umum kepala sekolah adalah sebagai berikut, kecuali ....
 memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun untuk semua jenjang sekolah baik SD/MI maupun Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA)
 memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bagi non PNS disetarakan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.
 memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau non kependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi
 pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun
94.
Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan prinsip Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)?
 Guru harus memperlihatkan peningkatan kompetensi setelah PKB agar tidak mendapat sanksi
 Setiap guru berhak mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri secara teratur, sistematis, dan berkelanjutan.
 Sekolah wajib menyediakan kesempatan kepada guru untuk melaksanakan PKB dengan cara mengurangi jam mengajar
 PKB merupakan bagian integral dari tugas guru sehari-hari
95.
Peserta didik baru dikenalkan pada pelayanan bimbingan dan konseling sekolah. Dengan layanan pembimbingan dan konseling sekolah peserta didik akan memahami hal-hal sebagai berikut, kecuali ......
 pemahaman keluarga dan lingkungan
 penyaluran pilihan pendidikan, pekerjaan, dan karir
 penyesuaian diri dengan diri sendiri dan lingkungan
 pengembangan potensi optimal
a