Soal Pretest Penguatan Kepala Sekolah SD

Soal Pretest Penguatan Kepala Sekolah SD

Petunjuk Teknis

» Penguatan Kepala Sekolah SD

Mata Pelajaran : Penguatan Kepala Sekolah SD
Jenjang : SD MI
Soal : Soal Pretest Penguatan Kepala Sekolah SD

Soal Pretest Penguatan Kepala Sekolah SD Penguatan Kepala Sekolah SD


KERJAKAN SOAL


1.
Peminatan pada SMA/MA memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan. Pernyataan di atas tercantum dalam Permendikbud No. 64 Tahun 2014 pasal 2 ayat (1) sebagai....
 tujuan peminatan jenjang SMK/MAK
 tujuan peminatan SMA/MA
 tujuan peminatan akademik
 tujuan peminatan kejuruan
2.
Yang bukan merupakan Prinsip penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah....
 memperhatikan perbedaan individu peserta didik
 mengembangkan kemandirian belajar
 berorientasi kekinian
 berbasis konten
3.
Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup....
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 2 (dua) indikator untuk 2 (kali) kali pertemuan
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 2 (dua) indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
4.
Perbedaan antara RKJM dan RKAS adalah ....
 RKJM memuat seluruh program kerja selama lima tahun dan bagian dari RKAS yang memuat seluruh program dan kegiatan selama setahun beserta anggarannya
 RKJM memuat seluruh program dan kegiatan sekolah dengan anggaran yang dibutuhkan dan RKAS berisi rangkaian kegiatan selama setahun.
 RKJM memuat seluruh program kerja selama empat tahun dan RKAS adalah bagian RKJM yang memuat seluruh program dan kegiatan selama setahun beserta anggarannya
 RKJM memuat seluruh program kerja selama empat tahun dan merupakan bagian dari RKAS yang memuat seluruh program dan kegiatan selama setahun beserta anggarannya
5.
Dalam hasil analisis konteks kondisi sekolah saat ini daya saing lulusan terdapat data hanya sekitar 39% siswa lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi, maka sekolah akan menetapkan program untuk meningkatkan ....
 prestasi nonakademik siswa
 prestasi akademik siswa
 motivasi belajar siswa
 motivasi guru dalam pembelajaran
6.
Berikut ini adalah pernyataan tentang visi, bahwa visi merupakan sarana untuk I. Mengkomunikasikan alasan keberadaan lembaga dalam arti tujuan dan tugas pokok, II. Memperlihatkan framework hubungan antara lembaga dengan stakeholders (sumber daya manusia lembaga, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait), III. Menyatakan sasaran utama kinerja lembaga dalam arti pertumbuhan dan perkembangan. IV. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh sekolah bersangkutan. Pernyataan yang benar adalah ....
 I, III, IV
 II, III, IV.
 I, II, III
 I, II, IV
7.
Penilaian Prestasi Kerja harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau penilaian subyektif pribadi dari pejabat penilai terhadap guru, kepala sekolah, guru yang diberi tugas tambahan, dan tenaga kependidikan lain yang dinilai. Uraian ini merupakan prinsip penilaian prestasi kerja yang ....
 obyektif
 transparan
 akuntabel
 parrtisipatif
8.
Data hasil analisis kondisi pendidikan saat ini dengan kondisi pendidikan masa datang suatu sekolah menunjukkan terdapat kesenjangan dalam Standar Proses yang cukup tajam, maka sekolah perlu meningkatkan kualitas SDM khususnya guru yang meliputi ....
 Persiapan pembelajaran, persyaratan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pengawasan pembelajaran
 persiapan pembelajaran, persyaratan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian pembelajaran
 persyaratan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran
 persiapan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian pembelajaran
9.
Tahap pertama untuk menyusun perencanaan evaluasi program sekolah adalah menentukan komponen perencanaan sekolah yang akan dievaluasi, komponen tersebut terdiri dari ....
 Rencana Kerja Sekolah, Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana Kerja Tahunan, dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
 Rencana Kerja Sekolah, Pelaksanaan RKS, Pengawasan dan Evaluasi, Kepemimpinan Sekolah dan Sistem Informasi Manajemen Sekolah
 RKS, RKJM, RKT, RKAS serta Rencana bidang Kurikulum, Kesiswaan, Sarpras dan Humas
 Rencana Kerja bidang Kurikulum, bidang Kesiswaan, bidang Sarana Prasaran Sekolah dan Hubungan Masyarakat
10.
Prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sekolah/madrasah berdasarkan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 ....
 akuntabilitas publik, efektifitas, keadilan, transparansi
 akuntabilitas publik, efisensi, keadilan, transparansi
 akuntabilitas publik, efisensi, efektifitas, transparansi
 akuntabilitas publik, efisensi, validitas, transparansi
11.
Desain Induk Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib dalam konteks Kurikulum 2013, pada dasarnya berwujud proses aktualisasi dan penguatan capaian pembelajaran Kurikulum 2013. Secara programatik, Ektrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan diorganisasikan dalam berbagai model, yaitu model model blok, model aktualisasi, dan reguler di Gugus Depan. Sekolah melakukan dengan model blok, maka seyogyanya dilakukan sebagai berikut ....
 Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka di dalam Gugus Depan, pelaksanaan kegiatan diatur oleh masing-masing Gugus Depan.
 Diikuti oleh seluruh siswa, dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran, Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Untuk SD/MI dilaksanakan selama 20 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 40 Jam.
 Diikuti oleh seluruh siswa, dilaksanakan setiap satu minggu satu kali dan Setiap satu kali kegiatan dilaksanakan selama 120 menit.
 Diikuti oleh seluruh siswa, dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran, Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Untuk SD/MI dilaksanakan selama 18 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 36 Jam.
12.
Merumuskan rencana pelaksanaan program, rencana pemantauan dan evaluasi dalam RKS/RKJM lebih mengarah pada ....
 kiat, cara, teknik, dan atau strategi yang jitu, efisien, efektif, dan layak untuk dilaksanakan
 alokasi waktu, alokasi dana dan SDM pelaksana
 alokasi dana, SDM dan perangkat kerja yang dibutuhkan
 jadwal, pelaksana dan penanggung jawab yang jelas untuk melaksanakannya
13.
Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam kenyataan yang sering kita lihat umumnya kemitraan yang yang dilakukan oleh sekolah kepada masyarakat selalu berhubungan dengan uang. Sesungguhnya banyak bentuk kemitraan yang dapat dilakukan oleh sekolah yang bukan uang terutama yang mendukung penyelenggaraan proses pendidikan. Di bawah ini yang bukan merupakan bentuk cara kemitraan adalah ....
 mengundang penerbit buku untuk menyiapkan bus yang akan digunakan study tour bagi guru- guru
 mengundang pihak kepolisian untuk menjelaskan tentang tata tertib lalu lintas
 mengundang pelukis untuk mengajarkan pada siswa tentang dasar-dasar melukis
 mengundang tokoh agama untuk memberikan ceramah pada peringatan hari besar keagamaan
14.
Penghitungan dan penentuan besaran biaya/harga kegiatan dalam RKAS akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, hal ini disebabkan oleh ....
 mengacu pada kebijakan Sekolah dan Komite serta pembayaran kewajiban pajak
 mengacu pada Permendiknas No.19 tahun 2007 serta pembayaran kewajiban pajak
 mengacu pada kebutuhan dan prioritas setiap sekolah serta pembayaran kewajiban pajak
 mengacu pada besaran plafon yang berlaku serta pembayaran kewajiban pajak
15.
Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya. Selaku kepala sekolah sikap yang akan dilakukan berkaitan dengan perubahan yaitu....
 merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung
 menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur
 melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat
 memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan
16.
Dalam rangka melaksanakan kemitraan sekolah dengan masyarakat, dan agar semua warga sekolahnya mengetahui tentang aktifitas dan prestasi, maka Sekolah A menerbitkan buletin, memasang iklan dan membuat pemberitahuan khusus melalui media massa, serta mengadakan kegiatan pentas seni. Hal ini termasuk kemitraan sekolah dengan masyarakat untuk jenis kegiatan.... .
 internal indirect act
 eksternal direct act
 internal direct act
 eksternal indirect act
17.
Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, pihak sekolah mengundang para orang tua peserta didik untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan lomba, dan mengunjungi museum. Salah satu lomba yang dilakukan adalah pesan berantai yang diikuti oleh setiap kelompok sepuluh orang yang terdiri dari lima peserta didik beserta orang tuanya. Kegiatan ini termasuk tahapan pengelolaan mitra kerja sekolah... .
 mengimplementasikan kemitraan
 membangun visi bersama
 memulai kemitraan
 membangun kemitraan
18.
Budaya sekolah dipandang sebagai eksistensi suatu sekolah yang terbentuk dari hasil saling mempengaruhi antara tiga faktor berikut ini. Faktor yang tidak mempengaruhi adalah....
 sikap dan kepercayaan orang yang berada di sekolah dan lingkungan luar sekolah
 kebijakan kepala sekolah.
 hubungan antar individu di dalam sekolah
 norma - norma budaya sekolah
19.
Seorang guru sedang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, peserta didik bekerja dalam bentuk kelompok-kelompok. Kegiatan ini dapat mewujudkan kemampuan potensial peserta didik dan juga menerapkan budaya sekolah yang kurang positif di antaranya ....
 kebersamaan
 menunjukkan kemampuan individu.
 kejujuran
 membangun komunikasi
20.
Sekolah perlu mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar. Untuk mewujudkan hal tersebut kepala sekolah menyelenggarakan Sistem Informasi Manajemen berbasis internet. Data yang diperoleh dari teknologi informasi tersebut dapat digunakan untuk ....
 menyediakan media pembelajaran yang siap digunakan untuk proses pembelajaran.
 melatih warga sekolah dalam mengoperasikan teknologi informasi.
 mengecek kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi.
 mengakses data dan/informasi pendidikan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
21.
Komponen program yang ada dalam Pedoman Bimbingan dan Konseling secara keseluruhan dikemas dalam empat komponen layanan. Dari 5 komponen yang disajikan berikut, a) layanan dasar, b) layanan peminatan dan perencanaan individual, c) layanan responsif, dan d) dukungan system e) dukungan kepala sekolah Urutan empat komponen layanan Bimbingan dan Konseling yang benar adalah....
 a, b, c, d
 a, b, d, e
 b, c, d, e
 b, d, e, a
22.
Tahap pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan muatan lokal pada satuan pendidikan adalah....
 identifikasi muatan lokal,
 penentuan tingkat satuan pendidikan yang sesuai untuk setiap kompetensi dasar
 analisis konteks lingkungan alam, sosial, dan/atau budaya
 perumusan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal
23.
Seorang guru melakukan penilaian berdasarkan kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara berkesinambungan atau catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka guru tersebut melakukan penilaian dengan teknik....
 pengamatan atau observasi
 portofolio
 pencatatan anekdot
 penilaian hasil karya
24.
Tahap pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan muatan lokal pada satuan pendidikan adalah....
 analisis konteks lingkungan alam, sosial, dan/atau budaya
 penentuan tingkat satuan pendidikan yang sesuai untuk setiap kompetensi dasar.
 identifikasi muatan lokal,
 perumusan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal
25.
KTSP Sekolah A telah ditandatangani oleh Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/ Kabupaten/Kota. Sekolah tersebut bermaksud menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang kurang sesuai dengan kondisi kekinian. Untuk memecahkan masalah tersebut kepala sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan....
 menugaskan kepada tim penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dan segera dibenahi kekurangan yang ada
 membentuk tim monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehingga diperoleh informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP pada tahun berikutnya.
 memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada.
 menugaskan kepada tim penyusun KTSP untuk segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna
26.
Untuk mengatasi kondisi sekolah yang sebagian sarana prasarananya mengalami rusak berat, Kepala Sekolah berusaha mengembangkan sekolah dengan menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan, BUMN, BUMD juga perseorangan. Hasil yang didapatkan menunjukkan perubahan yang sangat signifikan, kemampuan sekolah tersebut menunjukkan kemampuan dalam....
 membangun kemitraannya dengan berbagai pihak dalam aspek sarana dan prasarana
 membangun kemitraannya dengan berbagai pihak.
 membangun kemitraannya dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas pendidikan
 membangun kemitraannya dengan pemerintah pusat dan daerah.
27.
Berdasarkan hasil analisis kondisi nyata sekolah saat ini dibandingkan dengan kondisi sekolah yang akan datang, terdapat kesenjangan nyata pada Standar Kompetensi Lulusan. Maka usaha yang harus dilakukan sekolah adalah berusaha meningkatkan prestasi siswa dalam bidang ....
 akademik dan olah raga
 olah raga dan kesenian
 akademik dan kesenian
 akademik dan non akademik
28.
Sekolah A selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam menyambut hari-hari besar nasional. Di antaranya kegiatan bakti masyarakat, khitanan masal, lomba akademik dan nonakademik. Kegiatan yang paling menonjol adalah kegiatan khitanan masal. Peserta didik menyumbangkan sebagian hartanya untuk kegiatan khitanan masal melalui mata pelajaran Pendidikan Agama dan PKn. Dana yang terkumpul sepenuhnya dikelola oleh para peserta didik melalui OSIS. Sekolah tersebut, melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan ....
 pembiasaan positif
 kegiatan ekstrakurikuler
 kegiatan intrakurikuler
 kegiatan keagamaan.
29.
Sekolah X pada jenjang pendidikan tertentu di Kabupaten Bandung Barat menentukan mata pelajaran membatik motif tangkuban perahu sebagai mata pelajaran muatan lokal satuan pendidikan. Menurut Anda perpaduan jenis muatan lokal apa pada sekolah tersebut sekolah tersebut yang dapat menumbuhkan suatu kecakapan hidup?
 Perpaduan antara kewirausahaan, pravokasional dan lingkungan hidup
 Perpaduan antara budaya lokal, kewirausahaan dan lingkungan hidup
 Perpaduan antara budaya lokal, kewirausahaan dan pravokasional
 Perpaduan antara budaya lokal, pravokasional dan lingkungan hidup
30.
Dalam mengkaji Standar kompetensi dan kompetensi dasar perlu memperhatikan halhal sebagai barikut ....
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan KD dalam dan antar mata pelajaran.
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan Indikator dalam mata pelajaran.
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan KD dalam mata pelajaran.
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan Indikator antar mata pelajaran.
31.
Pak Rahman, seorang kepala sekolah akan menyusun rencana kerja sekolah. Salah satu hal penting yang ingin diketahui oleh pak Rahman adalah ingin mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sekolah agar rencana kerja tersebut sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan ....
 membandingkan kondisi sekolah saat ini dengan kondisi sekolah yang diharapkan
 membandingkan capaian prestasi sekolah dengan tujuan sekolah yang direncanakan.
 membandingkan harapan warga sekolah dengan kondisi sekolah saat ini
 membandingkan hasil analisis konteks dengan hasil laporan EDS
32.
Setiap akhir tahun ajaran Pak Nardi sebagai kepala sekolah selalu melihat kembali program yang sudah dilaksanakan. Melihat mana yang sudah tercapai dan mana yang belum. Beliau juga selalu melaporkan hasilnya kepada semua warga sekolah baik internal maupun eksternal sesuai kenyataannya tanpa ditutup tutupi. Dari apa yang dilaporkan pak Nardi selalu meminta saran dan masukan dari semua warga sekolah. Apa yang dilakukan pak Nardi adalah ... .
 melaksanakan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
 merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
 menggali kemitraan dalam pengembangan sekolah
 menggali bentuk dukungan masyarakat.
33.
Berikut adalah komponen KTSP yang disajikan secara acak. a. tujuan, b. misi, c. visi, d. muatan, e. Silabus f. RPP g. pengaturan beban belajar, dan h. kalender pendidikan Urutan komponen isi dokumen 1 KTSP berdasarkan Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 adalah....
 c, b, a, d, g, h
 a, c, d, f, g, h
 c, b, a, e, f, d
 a, b, c, d, e, f
34.
Komponen Silabus kurikulum tahun 2006 meliputi ....
 Standar Kompetensi, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar
 Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, dan Alokasi Waktu
 Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar
 Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar
35.
Kepala sekolah selalu menyampaikan informasi secara objektif dan kontinyu tentang perkembangan sekolahnya kepada orang tua dan instansi terkait secara resmi. Hal ini dilakukan agar masyarakat merespon dan turut berpartisipasi dalam memberikan dukungan terhadap program-program sekolah. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut dikaitkan dengan kemitraan sekolah adalah ...
 manfaat kemitraan sekolah
 faktor pendukung kemitraan sekolah
 asas kerja kemitraan sekolah dengan masyarakat.
 jenis kegiatan kemitraan sekolah
36.
Sekolah Z mempunyai visi -Cerdas, Mandiri, dan Berakhlak Mulia-. Untuk mencapai visi tersebut, sekolah membuat misi yang sesuai. Di bawah ini misi yang tidak sesuai adalah ....
 mengembangkan potensi peserta didik secara utuh sesuai kecerdasannya.
 meningkatkan sarana-prasarana pendidikan di atas standar pelayanan minimal
 menumbuhkembangkan kemandirian dalam melaksanakan pendidikan/ pembelajaran sesuai dengan SNP.
 mengembangkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
37.
Salah satu bentuk publikasi Laporan penggunaan keuangan dana BOS, menurut Permendikbud No.76 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS, BAB III Bagian E tentang Tim Manajemen BOS, poin 3.g adalah melalui ....
 buku laporan keuangan sekolah
 papan pengumuman
 media cetak
 media elektronik
38.
Tujuan melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah adalah untuk ....
 mengetahui kendala-kendala yang terjadi
 mengetahui tingkat keterserapan anggaran
 mengetahui tingkat ketercapaian kegiatan
 mengetahui tingkat efektifitas kegiatan
39.
Komponen silabus Kurikulum 2013 berisi....
 Standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar
 Standar kompetensi, Kompetensi dasar, dan materi pembelajaran
 Kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran
 Kompetensi Inti, kompetensi dasar, dan kegiatan pembelajaran
40.
Dalam menyusun rencana pelaksanaan program sekolah perlu mempertimbangkan beberapa hal agar dapat berlangsung efisien dan efektif. Hal-hal tersebut adalah ....
 kiat, cara, teknik dan strategi evaluasi
 juklak, juknis, pedoman dan borang evaluasi
 kelompok kerja, pengarah TIM, dan penanggung jawab
 alokasi waktu, ketersediaan dana, SDM dan fasilitas
41.
Komponen RPP Kurikulum 2013 menurut lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 meliputi ....
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar.
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar.
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar.
42.
Implementasi program pengembangan sekolah senantiasa berimplikasi pada perubahan yang harus dialami oleh semua warga maupun berbagai pihak terkait. Awal dari perubahan yang sukses biasanya adalah pemimpin yang menunjukkan kepercayaan diri, terampil, dan dapat dipercaya. Sebagai seorang pimpinan, harus dapat mengidentifikasi kekhawatiran orang-orang yang akan terkena dampak pengembangan sekolah Berdasarkan ilustrasi di atas, sebagai kepala sekolah harus menjadi ....
 inspirasi, memberi motivasi dalam melakukan perubahan
 inspirasi dan memberi motivasi dalam melalukan perubahan yang akan, sedang dan telah terjadi.
 inspirasi dan motivasi dalam melakukan pembinaan untuk warganya
 pembimbing dan Pembina yang handal.
43.
Sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ....
 membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual.
 Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran
 sekolah mengadakan In House Training (IHT) tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya.
 menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya.
44.
Di bawah ini hal yang harus dipertimbangkan dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang ketercapaian kompetensi dasar saat menyusun RPP adalah....
 intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik, latar belakang orang tua
 kebermanfaatan bagi peserta didik, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
 prestasi akademik siswa, relevansi dengan karakteristik daerah,dan struktur keilmuan
 relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, serta alokasi waktu
45.
Setelah kita melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah, hasilnya akan kita gunakan untuk melakukan perubahan/revisi RKAS. Langkah pertama untuk menyusun RKAS perubahan ini adalah ....
 menetapkan tujuan program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
 menetapkan penanggung jawab program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
 menetapkan prioritas program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
 menetapkan bentuk kegiatan program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
46.
Dalam kaitan dengan penilaian hasil belajar, perumusan tujuan pembelajaran yang baik memiliki sifat....
 merupakan bukti hasil belajar
 memungkinkan untuk diamati dan diukur
 sesuai dengan indikator.
 merupakan pengembangan dari SK dan KD
47.
Kepala sekolah perlu menjadi inspirasi, memberi motivasi, dan membimbing warga sekolah dan pihak-pihak terkait untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang akan, sedang, dan telah terjadi. Setiap program pengembangan sekolah akan membawa individu dalam organisasi pada posisi transisi. Berdasarkan ilustrasi tersebuat adalah salah satu ....
 program membuat jejaring dengan pihak terkait
 implementasi program pengembangan sekolah
 program kemitraan sekolah dengan steak holder
 program pengembangan sekolah
48.
Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah ...
 tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting
 mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa.
 mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa
 tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa.
49.
Sebelum sekolah menyusun rencana kerja sekolah yang tertuang dalam RKJM maupun RKAS, sekolah melakukan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Dengan EDS ini sekolah akan mendapatkan gambaran tentang ....
 seberapa lengkap sekolah mencapai SNP dan SPM
 seberapa banyak SDM (guru dan tenaga kependidikan) terlibat dalam mencapai tujuan sekolah
 seberapa banyak sekolah mencapai indikator-indikator visi dan misi sekolah
 seberapa jauh sekolah mencapai tujuan yang telah ditetapkan
50.
Seorang guru memberikan bimbingan belajar kepada peserta didik dengan meminta imbalan yang telah ditentukan jumlahnya. Kepada peserta didik yang mengikuti bimbingan belajarnya, guru tersebut memberitahukan soal-soal yang akan digunakan untuk ulangan pada pertemuan yang akan datang sehingga siswa yang ikut bimbingan belajarnya mendapat nilai bagus. Tindakan yang paling tepat dilakukan oleh kepala sekolah bila menghadapi guru seperti ini adalah meminta guru tersebut agar....
 menghentikan bimbingan belajar yang dilakukannya, karena dia telah melanggar tupoksi yang terkait dengan guru.
 menghentikan bimbingan belajar yang dilakukannya, karena dia telah memeras siswa.
 menghentikan bimbingan belajar yang dilakukannya, karena dia telah merugikan guru lain.
 menghentikan bimbingan belajar yang dilakukannya, karena dia telah merusak nama baik sekolah.
51.
Diantara beberapa tujuan sekolah ada yang spesifik yang disesuikan dengan jenjang sekolahnya. Berikut ini yang merupakan contoh rumusan tujuan sekolah SMA adalah ....
 mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berakhlak, kreatif, berprestasi, berwawasan iptek dan lingkungan.
 menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, dan berwawasan wiyata mandala.
 menyiapkan peserta didik untuk masuk ke Perguruan tinggi yang diinginkan baik di dalam maupun di luar negeri.
 mengadakan layanan publik berupa informasi kegiatan di sekolah yang berbasis ict.
52.
Perhatikan pernyataan di bawah ini: (1) Selalu dapat menyelesaikan tugas pelayanan sebaik-baiknya dengan sikap sopan dan sangat memuaskan baik untuk pelayanan internal mapun eksternal organisasi. (2) Pada umumnya dalam melaksanakan tugas bersifat jujur, ikhlas dan tidak pernah menyalahgunakan wewenang serta berani menanggung resiko dari tindakan yang dilakukannya. (3) Selalu bertindak tegas dan tidak memihak, memberikan teladan yang baik, kemampuan menggerakkan tim kerja untuk mencapai kinerja yang tinggi, mampu menggugah semangat dan menggerakkan bawahan dalam melaksanakan tugas serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. (4) Pada umumnya mentaati peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang berlaku dengan rasa tanggung jawab dan selalu mentaati ketentuan jam kerja serta mampu menyimpan dan/atau memelihara barang-barang milik negara yang dipercayakan kepadanya dengan sebaik-baiknya. Pernyataan di atas merupakan indikator dalam penilaian perilaku kerja pegawai. Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan indikator perilaku kerja untuk aspek integritas?
 Pernyataan (4)
 Pernyataan (1)
 Pernyataan (2)
 Pernyataan (3)
53.
Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus dinamakan ....
 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 Program semester
 Strategi pembelajaran
 Model Pembelajaran
54.
Pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang konsep penilaian ketercapaian Sasaran Kerja Pegawai?
 Salah satu aspek yang ada dalam formulir penilaian ketercapaian SKP adalah bukti fisik
 Penilaian ketercapaian SKP dapat dilakukan 6 bulan satu kali (per semester)
 Aspek biaya dapat diisi berdasarkan perhitungan rencana anggaran dan kegiatan sekolah yang dibuat bersama kepala sekolah dan tim pengembang sekolah
 Penandatanganan hasil penilaian capaian SKP dilakukan oleh pejabat penilai pada formulir penilaian ketercapain SKP
55.
Dalam KTSP, kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah, di dalam KTSP kegiatan ini merupakan kegiatan....
 pengembangan keunggulan lokal
 pendidikan karakter
 pengembangan diri
 kecakapan hidup
56.
Hasil indentifikasi masalah proses pembelajaran di sekolah X adalah sebagai berikut - Guru A mengajar di 5 kelas rata-rata hasil belajarnya sangat rendah (dibawah KKM) sebanyak 50 % - Guru B mengajar di 4 kelas, khusus untuk 2 kelas hasil belajarnya rendah (dibawah KKM) sebanyak 25 % - Guru C mengajar di 4 kelas rata-rata siswa yang pernah bertanya atau mengemukakan pendapat sangat rendah (10%) - Guru D mengajar di kelas 6 kelas, khusus untuk satu kelas tertentu minat belajarnya rendah (25%) Berdasarkan data tersebut, teknik supervisi yang paling tepat dilaksanakan oleh kepala sekolah adalah....
 observasi kelas untuk guru B
 kunjungan antar kelas untuk guru C
 penelitian tindakan kelas untuk guru D
 kunjungan kelas untuk guru A
57.
Penyusunan RKAS perubahan hasil tindak lanjut melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah, dengan harus mempertimbangkan keterlaksanaan SNP terutama ....
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar penilaian
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar Pembiayaan
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar Pengelolaan
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan
58.
Hasil analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman suatu sekolah menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan yang nyata antara kondisi nyata dan kondisi yang diharapkan. Data ini penting bagi sekolah tersebut untuk ....
 membandingkan kondisi sekolah dengan sekolah lain
 mengetahui apa permasalahan dan alternatif penyelesaiaannya
 mengetahui kesulitan yang dialami sekolah
 membandingkan tingkat kesulitan antar SNP
59.
Di sekolah Y memberlakukan peraturan bagi peserta didiknya setiap pagi sebelum belajar dimulai harus mengaji selama sepuluh menit. Peserta didik yang tidak melaksanakan kegiatan tersebut akan diberi sanksi dengan membaca/mengaji dua kali lipat dari yang seharusnya dilakukan. Pada hari ini ada dua orang peserta didik laki laki yang tidak mengaji tetapi guru yang sedang mengajar tidak memberikan sanksi kepada peserta didik tersebut. Berdasarkan kasus ini berarti guru tersebut, ....
 tidak tahu tentang visi sekolah
 belum memahami tentang visi sekolah
 belum tahu sama sekali tentang susunan visi sekolah
 tidak peduli terhadap visi sekolah.
60.
Aspek-aspek yang perlu dijabarkan dalam perencanaan pengawasan dan evaluasi adalah ....
 program perpustakaan, pengelolaan laboratorium, dan pemanfaatan sarpras
 program monev, peningkatan pendidik dan tenaga kependidikan, serta pemenuhan sarpras
 program kurikulum, kesiswaan, sarpras dan humas
 program pengawasan, evaluasi diri, evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, serta akreditasi sekolah
61.
Pengembangan silabus mengacu pada prinsip-prinsip.....
 ilmiah, relevan, sistematis, actual, memadai, menyeluruh, fleksibel, akuntabel dan konstektual.
 aktual dan kontekstuaal , fleksibel, menyeluruh, relevan, akuntabel dan sistematis
 ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, actual dan kontekstual, fleksibel dan menyeluruh.
 ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, menyeluruh, kontekstual dan fleksibel
62.
Untuk mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar di sekolah, diperlukan kepemimpinan organisasi yang kuat, sistem organisasi yang mantap, komitmen individu warga sekolah, penciptaan budaya belajar/budaya sekolah, memperpendek sistem birokrasi, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personil. Dalam rapat dengan dewan guru, kepala sekolah meminta kepada semua personil sekolah agar bisa hadir di sekolah lebih awal dari jam masuk sekolah, selalu menjadi teladan bagi peserta didik, selalu bertegur sapa dan bersalaman dengan peserta didik sebelum masuk kelas, serta melaksanakan pembelajaran yang membuat peserta didik aktif. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah dalam rangka mengembangkan ...
 budaya sekolah
 melaksanakan tugas rutinitas sebagai kepala sekolah.
 dukungan warga sekolah
 kemitraan sekolah dengan masyarakat
63.
Berikut ini adalah rumusan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah 1. Pada tahun 2018, semua warga sekolah dapat memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi sesuai dengan bidang tugas masing-masing 2. Pembelajaran dalam rangka menyiapkan sarana pemenuhan kompetensi peserta didik 3. Berprestasi, menguasai iptek, beriman dan taqwa 4. Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik yang kompetitif Urutan yang benar untuk visi, misi dan tujuan adalah ....
 3, 4, 2
 3, 4, 1
 3, 1, 4
 3, 2, 1.
64.
Pada akhir tahun ajaran kepala sekolah mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan pembelajaran tahun berjalan. Ada beberapa usulan untuk membangun sekolah. Usulan tersebut adalah, 1. Pak Agus mengusulkan perbaikan gerbang sekolah sebagai -wajah- sekolah 2. Pak Budi mengusulkan pagar belakang sekolah untuk ditinggikan agar keamanan sekolah terjamin 3. Ibu Cicih sebagai pembina perpustakaan sekolah mengusulkan penambahan buku perpustakaan terutama buku materi pembelajaran IPA dan IPS 4. Ibu Erna sebagai wakasek kesiswaan mengusulkan pengadaan pakaian seragam drum band baru Sebagai kepala sekolah, kegiatan yang akan diprioritaskan dalam menyusun RKAS tahun depan adalah ....
 kegiatan 1
 kegiatan 2
 kegiatan 4
 kegiatan 3
65.
Komponen-komponen inti RKJM yang juga menjadi komponen RKAS adalah ....
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, visi, monitoring evaluasi
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, visi/misi, tujuan, monitoring evaluasi
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, visi/misi, monitoring evaluasi
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, monitoring evaluasi
66.
Pak Rahman adalah kepala sekolah, telah selesai menyusun laporan pelaksanaan supervisi akademik guru-gurunya semester ini. Hasil analisisnya adalah bahwa 60% guru belum menganalisis hasil ulangan yang dilakukan. Selanjutnya hasil supervisi ini dijadikan dasar menyusun program kegiatan tindak lanjutnya yang akan dimasukkan dalam RKAS yaitu ....
 menyusun program pelajaran tambahan
 menyusun program remidial teaching
 menyusun program ekstra kurikuler.
 menyusun program workshop bagi guru
67.
Dalam mewujudkan sekolah yang bermutu baik akademik atau nonakademik, sekolah melaksanakan budaya membaca minimal dua jam perhari untuk seluruh warga sekolah Kegiatan membaca dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah, dan peserta didik wajib melaporkan isi hasil dari membaca yang telah dilakukan dalam bentuk tertulis sesuai dengan materi yang dibacanya. Kebiasaan yang dilakukan oleh warga sekolah ini, mempunyai makna untuk memotivasi ....
 peserta didik berprestasi
 peserta didik bersaing dalam belajar
 tumbuhnya iklim budaya membaca.
 peserta didik berpartisifasi aktif dalam belajar
68.
Komponen RPPH meliputi antara lain ....
 tema/sub tema/sub-sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup),kompetensi Inti, Tujuan pembelajaran, indikator pencapaian perkembangan, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
 tema/sub tema/sub-sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup),kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator pencapaian perkembangan, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
 tema/sub tema/subsub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), indikator pencapaian perkembangan, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
 tema/sub tema/subsub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), indikator pencapaian perkembangan,tujuan pembelajaran, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
69.
Dalam rangka membekali keterampilan peserta didik, sekolah melaksanakan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan melibatkan tenaga ahli, sehingga peserta didik dapat memiliki ketrampilan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja. Kerja sama yang dilakukan sekolah ini adalah upaya untuk mewujudkan ....
 pengembangan sekolah sebagai pusat pendidikan
 pengembangan sekolah sebagai organisasi pembelajar
 pengembangan sekolah sebagai pusat pembelajaran
 kemitraan dalam pengembangan sekolah.
70.
Pak Arju seorang kepala sekolah yang akan melakukan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya. Arah dari pelaksanaan evaluasi kinerja yang dilakukan diarahkan untuk mengetahui ....
 kesesuaian penugasan dengan keahlian dan keseimbangan tugas tambahan
 kesesuaian penugasan dengan ijasah dan keseimbangan tugas tambahan
 kesesuaian penugasan dengan ijazah dan keseimbangan beban tugas
 kesesuaian penugasan dengan keahlian dan keseimbangan beban tugas
71.
Guru menginstruksikan kepada peserta didiknya dalam melakukan evaluasi haruslah bekerja sendiri dengan penuh tanggung jawab. Pernyataan di atas, adalah Guru .....
 melaksanakan budaya sekolah
 mengaitkan PBM dengan kejujuran
 mengaitkan budaya sekolah yang baik meliputi budaya jujur
 membuat komitmen tentang kejujuran.
72.
Di sebuah sekolah, ada siswa yang sering tidak masuk dan suka berkelahi. Kepala sekolah sudah berusaha membina siswa tersebut melalui pembina OSIS, serta tim Bimbingan dan Konseling. Tetapi usaha tersebut belum membuahkan hasil yang positif. Langkah terbaik berikutnya yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk membina siswa tersebut adalah ....
 memberi hukuman kepada siswa tersebut di hadapan siswa lain saat upacara sekolah, agar dia jera.
 mengkomunikasikan hal tersebut kepada orang tua siswa dengan melayangkan surat panggilan.
 meminta wali kelas untuk melakukan pendekatan persuasif secara individual kepada siswa tersebut.
 memanggil siswa tersebut dan memberitahukan kepadanya bahwa tindakkannya merusak citra sekola
73.
Hasil monev dari kegiatan Identifikasi tantangan nyata/kesenjangan antara Kondisi Pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan masa datang sebagai berikut: No. Aspek Saat ini Masa datang Besar tantangan 1 Akademik Rt.UN 7,45 Rt.UN 7,75 0,30 Maka tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah yang menjadi prioritas dalam RKAS adalah ....
 menyusun program ekstra kurikuler
 menyusun program pelajaran tambahan
 menyusun program workshop bagi guru
 menyusun program remidial teaching
74.
Kondisi sekolah B sangat memprihatinkan. Jumlah tenaga pengajar yang sangat terbatas, tenaga administrasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan jumlahnya, semangat belajar peserta didik yang sangat rendah meskipun faktor pendukung lainnya sudah memenuhi SPM, mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran berjalan tersendat-sendat Berdasarkan fakta tersebut, sekolah B harus ....
 menggali sumber daya terutama tenaga kependidikan.
 menggali sumber daya khususnya kepala sekolah yang berkompeten
 menggali sumber daya dari pemangku kepentingan khusunya aspek pendidik dan tenaga kependidikan.
 menggali sumber daya yang lengkap.
75.
Proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
 Mengamati, menanya, menalar, mensosialisasikan, mencipta
 Mengamati,menanya,mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan
 Mengamati, menanya, menalar, mengembangkan, mencipta.
 Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mensosialisasikan, mengembangkan
76.
Langkah awal yang seharusnya dilakukan kepala dan tim pengembang sekolah ketika melakukan review terhadap RKAS adalah ....
 mengidentifikasi rincian program/kegiatan yang sedang dilaksanakan pada tahun berjalan
 mengidentifikasi rincian program/kegiatan yang telah terlaksana pada tahun berjalan
 memeriksa apakah setiap SNP dalam RKAS telah memuat rincian program/kegiatan
 mencermati apakah RKAS telah mencantumkan delapan SNP
77.
Perhatikan dan analisis nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat di lingkungan sekolah Saudara!. Apa yang akan Saudara lakukan sebagai kepala sekolah terhadap nilai-nilai sosial budaya masyarakat yang telah Saudara analisis tadi saat melakukan pengembangan kurikulum secara berkelanjutan?
 Mempelajari nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan.
 Mengimplementasikan nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan
 Mengidentifikasi nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan
 Merencanakan nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan
78.
Perbedaan Deskripsi Hasil Analisis Konteks yang dicantumkan dalam RKAS dibanding dengan yang dicantumkan dalam RKJM adalah ....
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu satu tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu satu tahun
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu satu tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu empat tahun
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu empat tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu satu tahun
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu empat tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu empat tahun
79.
Guna meningkatkan motivasi peserta didik dalam PBM, sekolah mendatangkan dokter, polisi, bidan, tokoh agama, dll. dalam proses pembelajaran. Berdasarkan deskripsi tersebut, sesungguhnya sekolah sedang melakukan ....
 kemitraan dengan masyarakat
 peningkatan prestasi peserta didik
 perencanaan yang sistematis
 kemitraan dengan dunia usaha
80.
Kepala sekolah sedang mencatat dan menganalisis tentang kekuatan dan kelemahan dari warga sekolahnya, di antaranya kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua. Kemudian berfikir bagaimana cara memanfaatkan keempat komponen warga sekolah tersebut. Yang sedang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah
 membuat rencana program pengembangan kemitraan sekolah
 menganalisis hasil kemitraan sekolahnya
 melakukan eksplorasi strategi kemitraan sekolah
 melakukan refleksi tarhadap kondisi kemitraan sekolahnya
81.
Dalam perencanaan program dan penganggaran pencapaian target sekolah harus mengacu pada acuan yang telah ditetapkan. Dalam Permendikbud No.23 tahun 2013 tentang Perubahan atas Permendiknas No.15 tahun 2010 adalah ....
 ketiganya.
 SNP (Standar Nasional pendidikan)
 SPM (Standar Pelayanan Minimal)
 EDS (Evaluasi Diri Sekolah)
82.
Saat mengajar guru selalu memperlihatkan kemampuan mengajarnya dengan mentrasfer materi secara utuh tanpa memperhatikan aktivitas peserta didiknya. Guru menjelaskan secara rinci, dan peserta didik hanya memperhatikan dengan sungguhsungguh. Peserta didik secara konseptual memahami materi secara utuh. Kegiatan pembelajaran tersebut, adalah ....
 kebiasaan guru aktif peserta didik pasif
 kebiasaan guru pasif peserta didik aktif
 kebiasaan guru menggunakan CBSA.
 kebiasaan guru aktif peserta didik aktif
83.
Budaya sekolah harus dapat mempengaruhi jalannya pembelajaran yang positif bagi peserta didik. Berikut ini kegiatan yang merupakan cara untuk mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik adalah ....
 peserta didik membuat hasil karya sesuai bakatnya
 peserta didik diikutsertakan dalam kegiatan porseni.
 kerja kelompok di dalam kelas
 kerja bakti di sekolah
84.
Guru setelah melaksanakan proses belajar mengajar, memberikan tugas kepada peserta didiknya tugas mandiri tidak terstruktur yakni, Peserta didik disuruh mewawancarai pihak kepolisian tentang kenakalan remaja dalam penyalahgunaan obat terlarang. Teknis penyebaran tugas diserahkan sepenuhnya kepada peserta didik dengan dipimpin oleh ketua kelasnya. Guru tersebut, memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk menumbuhkan iklim ....
 yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas kemandirian.
 budaya kreativitas.
 budaya kejujuran.
 budaya kemandirian.
85.
Penilaian autentik merupakan kegiatan yang harus mencerminkan ....
 sikap, pengetahuan dan keterampilan
 data dan fakta
 masalah dunia sekolah
 masalah dunia nyata
86.
Untuk mengembangkan budaya kerja positif di sekolah memerlukan perjuangan yang harus berkelanjutan. Komunikasi memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan budaya positif di sekolah. Secara umum langkah-langkah pengembangan budaya positif di sekolah dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.... 1 . penerapan secara terbatas (area atau substansi) 2. sosialisasi dan pemahaman 3. evaluasi penerapan 4 . pembentukan komitmen Urutan yang benar dari tahapan tersebut adalah
 2, 1, 4, 3
 4, 2. 1, 3
 2, 4, 1, 3
 1, 2, 4, 3
87.
Berdasarkan kebijakan pemerintah daerah, setiap sekolah wajib menerima siswa yang berkebutuhan khusus (ABK), padahal Sekolah A tidak memiliki fasilitas khusus bagi ABK begitupun dengan tenaga pengajarnya. Selain itu KTSP Sekolah A yang telah disusun sebelumnya tidak memiliki program bagi ABK, menurut Saudara apa yang harus dilakukan?
 Memusyawarahkan dengan Komite Sekolah untuk mendapatkan solusi terbaik bagi sekolah dan ABK.
 Merekrut guru khusus dengan biaya ditangung oleh orang tua ABK, walaupun tidak semua orang tua ABK mampu.
 Menerima ABK tanpa memperhatikan kemampuan sekolah dengan kondisi seadanya.
 Memohon kepada Dinas pendidikan untuk melengkapi fasilitas bagi ABK termasuk pengadaan gurunya.
88.
Komponen RKJM dan RKAS terdiri dari ....
 identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
 analisis SWOT, identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
 analisis lingkungan, identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
 analisis hasil EDS, Identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
89.
Urutan prinsip pengembangan KTSP berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014....
 Berpusat pada potensi, belajar sepanjang hayat, menyeluruh dan berkesinambungan, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang.
 Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang, menyeluruh dan berkesinambungan, dan Belajar sepanjang hayat
 Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang, Belajar sepanjang hayat, Menyeluruh dan berkesinambungan
 Berpusat pada potensi, menyeluruh dan berkesinambungan, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang, belajar sepanjang hayat.
90.
Kita dapat melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah dengan cara ....
 membandingkan antara tujuan sekolah dengan rencana program kegiatan dan anggaran dalam RKAS
 menganalisis tingkat ketercapaian program kegiatan dan anggaran dalam RKAS
 membandingkan antara kegiatan dan anggaran yang tercantum dalam RKAS dengan realisasi program kegiatan dan anggaran
 mendata seluruh realisasi pelaksanaan program kegiatan dan anggaran dalam RKAS
91.
Semua mata pelajaran yang terdapat pada satu Kelompok Peminatan wajib diikuti oleh peserta didik. Selain mengikuti seluruh mata pelajaran di Kelompok Peminatan, setiap peserta didik harus mengikuti matapelajaran tertentu untuk lintas minat dan/atau pendalaman minat sebanyak 6 jam pelajaran di Kelas X dan 4 jam pelajaran di Kelas XI dan XII. Mata pelajaran lintas minat yang dipilih sebaiknya tetap dari Kelas X sampai dengan XII. Di Kelas X, jumlah jam pelajaran pilihan antar kelompok peminatan per minggu 6 jam pelajaran, dapat diambil dengan pilihan sebagai berikut....
 Dua mata pelajaran (masing-masing 3 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan Pilihan, atau Satu mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan Pilihan. Khusus yang mengambil pilihan Kelompok Peminatan Bahasa dan Budaya, dua mata pelajaran lintas minat dapat diambil dari Kelompok Peminatan Pilihan.
 Dua mata pelajaran (masing-masing 4 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan, atau Satu mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan.
 Dua mata pelajaran (masing-masing 3 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan, atau dua mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan.
 Dua mata pelajaran (masing-masing 2 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan, atau Satu mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan.
92.
Manfaat identifikasi budaya kerja yang baik di sekolah adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang. Yang bukan merupakan manfaat budaya kerja efektif,antara lain ....
 menunjukkan bahwa kita memiliki kompetensi
 saling terbuka satu sama lain.
 meningkatkan jiwa gotong royong
 membangun komunikasi yang lebih baik
93.
Untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan, dilakukan upaya antara lain : mencari dukungan dana dan barang jadi, pembuatan taman, pengadaan tong sampah dan tempat penampungan sampah sementara dan merelief dinding, menanam bunga dan jenis tanaman lainnya. Upaya yang dilakukan oleh sekolah tersebut, adalah ....
 menggali bentuk dukungan masyarakat
 menggali bentuk dukungan masyarakat/stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
 menggali dukungan moral dalam penyelenggaraan pendidikan
 menggali dukungan moral dari berbagai pihak kepentingan
94.
Pak Rudi baru saja dimutasikan sebagai kepala sekolah yang di tugaskan di sekolah Y yang terletak di tengah-tengah kota. Empat tahun yang lalu pak Rudi sebagai guru di sekolah ini dan diangkat menjadi kepala sekolah di sekolah lain. Sekolah ini memiliki jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang sesui SNP, serta sarana dan prasarana yang memadai. Dalam kenyataaanya hasil ujian nasional siswanya masih di bawah rata-rata kota. Dari data penerimaan peserta didik baru peminatnya juga menurun. Beliau merasa heran karena dulunya ini sekolah yang pavorit. Dari data guru ternyata 70 % guru adalah pindahan dari sekolah lain 30 % adalah temantemannya dulu. Pak Rudi ingin mengembangkan sekolah ini agar minimal dapat mengembalikan prestasi sekolah ini seperti pada saat dia masih jadi guru di sekolah tersebut. Menurut Bapak/Ibu komponen apa yang harus menjadi prioritas pengembangan? ....
 keuangan dan pembiayaan
 layanan khusus
 sarana dan prasarana
 pendidik dan tenaga kependidikan.
95.
Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dalam RKAS dapat dilakukan melalui ....
 supervisi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan
 pengumuman, rapat dewan guru, keterlibatan guru, dan keterlibatan warga sekolah
 langsung oleh kepala sekolah dan dapat mendelegasikan kepada guru senior
 membentuk TIM yang diberi tugas untuk melaksanakan, memantau dan mengevaluasi RKAS
96.
Pada ulangan harian pertama kelas XI-3 ada 6 siswa dari 36 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas, hal yang akan dilakukan oleh Saudara selaku kepala sekolah adalah....
 membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
 menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian
 mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel
 membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
a