Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Petunjuk Teknis

» Penguatan KS Kepala Sekolah SMA

Mata Pelajaran : Penguatan KS Kepala Sekolah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA Penguatan KS Kepala Sekolah SMA


KERJAKAN SOAL


1.
Di sebuah sekolah ditemukan fenomena sebagai berikut, 1. Ada seorang guru BK/BP yang memiliki pengalaman membimbing peserta didik lebih dari 10 tahun. 2. Sekolah memiliki ruangan khusus yang dapat digunakan untuk memberikan bimbingan pada peserta didik. 3. Guru BK/BP memiliki program kegiatan pada setiap tahunnya. 4. Sekolah memiliki buku-buku terkait dengan masalah bimbingan konseling/bimbingan penyuluhan peserta didik. Berdasarkan fenomena di atas, maka tindakan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah...
 mengembangkan prosedur dan kebijakan bagi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK tersebut.
 menjadi supervisor yang bertanggungjawab terhadap kelancaran pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
 mengelola penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, sehingga pelaksanaannya sesuai tujuan.
 menjadi administrator yang bertangungjawab terhadap kelancaran pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
2.
Seorang kepala sekolah akan menetapkan KKM pada satuan pendidikan di awal tahun pelajaran, sebaiknya kepala sekolah tersebut memperhatikan ....
 Asesmen (melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu), Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar) dan Stakeholder sekolah (orang tua dan dunia usaha)
 Asesmen (melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu), Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar) dan Kemampuan daya dukung (berorientasi pada sumber belajar)
 Intake (Kemampuan rata-rata peserta didik), Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar) dan Kemampuan daya dukung (berorientasi pada sumber belajar)
 Intake (Kemampuan rata-rata peserta didik), Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar) dan Stakeholder sekolah (orang tua dan dunia usaha)
3.
Sekolah akan melakukan kegiatan lesson study berbasis sekolah. Untuk menjamin kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, maka kepala sekolah perlu konfirmasi terhadap aspek-aspek berikut ini, kecuali....
 pemahaman pengertian dan implementasi lesson study pada guru yang akan mengikuti kegiatan.
 komposisi dan jumlah guru yang akan mengikuti kegiatan.
 narasumber sebagai pendamping kegiatan lesson study.
 jumlah sekolah yang ada di wilayah sekitar.
4.
Pembina kegiatan ekstrakurikuler di sebuah sekolah, ingin menyeleksi siswa yang betul-betul berminat pada kegiatan yang diampunya. Guru pembina kebingungan dalam menyeleksi minat peserta didiknya. Sebagai kepala sekolah Saudara harus memberikan saran pada guru pembina tersebut tentang aspek-aspek yang perlu dicermati sebagai tolok ukur seleksi minat. Aspek yang saudara sarankan adalah...
 perhatian, intelegensi, dan motivasi.
 intelegensi, motivasi, persepsi.
 perasaan, intelegensi, dan motivasi.
 partisipasi, perhatian, dan perasaan.
5.
Standarisasi pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu, dan bertujuan untuk ....
 menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.
 menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk integritas bangsa yang bermartabat.
 menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan peradaban bangsa yang bermartabat.
 menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, negara serta agama.
6.
Sekolah A akan mengembangan anak didik yang berkarakter. Untuk membantu mewujutkan salah satu karakter bangsa pada peserta didik sekolah adalah dengan mendirikan layanan khusus. Sebagai kepala sekolah, saran layanan khusus yang mungkin dikembangkan di sekolah tersebut adalah...
 perpustakaan .
 bimbingan dan konseling.
 kantin kejujuran.
 koperasi sekolah.
7.
Dengan terbitnya PP yang mengatur tentang standar nasional pendidikan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, sehingga tujuan pendidikan nasional yang diamanatkan dalam konstitusi bisa....
 tercapai di seluruh wilayah provinsi Republik Indonesia.
 tercapai di seluruh wilayah kabupaten Republik Indonesia.
 tercapai di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.
 tercapai di seluruh wilayah kotamadya Republik Indonesia.
8.
Di sekolah perlu dibentuk unit layanan khusus koperasi sekolah. Saudara sebagai kepala sekolah mempunyai andil yang sangat besar dalam mengambil keputusan tersebut. Alasan yang digunakan untuk membentuk layanan khusus koperasi sekolah adalah sebagai berikut, kecuali....
 Sekolah memiliki guru pembimbing usaha koperasi sekolah.
 Peserta didik perlu belajar usaha kecil-kecilan, dan berlatih organisasi.
 Memiliki anggaran dasar dan rumah tangga koperasi sekolah.
 Dapat dengan nyata memberikan keuntungan ekonomi pada pengelola.
9.
Sekolahan memiliki program IHT untuk peningkatan guru dalam penguasaan metodologi pembelajaran. Untuk menjamin efektifitas kegiatan tersebut harus dilakukan monitoring dengan prinsip....
 dilakukan oleh kepala sekolah pada proposal dan laporan kegiatan IHT.
 dilakukan oleh tim audit mutu internal pada program dan laporan IHT.
 dilakukan oleh kepala sekolah ketika pembentukan pengurus, dan kegiatan IHT.
 dilakukan oleh tim audit mutu internal ketika pembentukan pengurus, dan pelaksanan IHT.
10.
Di sebuah sekolah keberadaan media pembelajaran mencukupi. Akan tetapi dalam pemanfaatan untuk pembelajaran, belum optimal. Banyak guru mengajar dengan ceramah dan hanya menggunakan papan tulis sebagai alat bantunya. Jika Saudara sebagai kepala sekolah tersebut yang akan dilakukan pertama kali adalah....
 mengikutkan guru-guru dalam kegiatan MGMP/KKG untuk mendalami penggunaan media pembelajaran.
 mendatangkan tutor untuk melatih guru-guru yang belum dapat menggunakan media pembelajaran.
 mengadakan media pembelajaran baru yang berbasis pada teknologi, informasi dan komunikasi.
 menginstruksikan pada guru-guru untuk menganalisis ketersediaan media dengan kebutuhan dalam pembelajaran.
11.
Kepala sekolah Bintang ingin memberikan pengarahan kepada guru-guru terkait langkah-langkah penetapan KKM. Urutan langkah-langkah yang benar yang harus disampaikan kepala sekolah dalam penetapan KKM adalah ....
 Tentukan kriteria pengukuran KKM, Tentukan rentang nilai kriteria KKM, Tentukan skor kriteria KKM, Tentukan rumus menghitung KKM, dan Prosedur pencarian KKM.
 Tentukan kriteria pengukuran KKM, Tentukan rentang nilai kriteria KKM, Tentukan rumus menghitung KKM, Tentukan skor kriteria KKM, dan Prosedur pencarian KKM.
 Tentukan kriteria pengukuran KKM, Tentukan rumus menghitung KKM, Tentukan rentang nilai kriteria KKM, Tentukan skor kriteria KKM, dan Prosedur pencarian KKM
 Tentukan kriteria pengukuran KKM, Tentukan skor kriteria KKM, Tentukan rentang nilai kriteria KKM, Tentukan rumus menghitung KKM, dan Prosedur pencarian KKM.
12.
Sebuah sekolah mempunyai jumlah rombel sebanyak 9 dengan masing-masing rombel terdiri dari 30 orang (menurut SNP jumlah 1 rombel maksimal berisi 32 peserta didik). Peserta didik pria berjumlah 130 orang dan wanita 140 wanita orang. Jumlah ruang kelas telah sesuai jumlah rombel tetapi 2 buah ruang kelas rusak ringan tapi masih dapat digunakan. Sekolah tersebut memiliki 2 jamban khusus siswa pria dan 4 jamban khusus siswa wanita yang kondisinya selalu kotor dan ada beberapa bagian yang rusak. Menurut SNP, setiap 40 siswa pria dan 30 siswa wanita masing-masing harus terdapat sebuah jamban. Sekolah tersebut juga telah memiliki perpustakaan yang telah sesuai standar tetapi buku-buku banyak yang berdebu dan jarang dibaca. Ruang laboratorium telah tersedia sesuai standar tetapi peralatan laboratorium banyak yang tidak berfungsi karena jarang dipakai penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan peralatan labaroratorium tersebut, selain itu tidak dicatat pada buku inventaris. Kepala sekolah tersebut kemudian melakukan analisis konteks untuk memenuhi standar sarana dan prasarana sekolahnya. Untuk pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sifatnya sementara sebaiknya dilakukan dengan cara .....
 menyewa
 membuat sendiri.
 penukaran
 membeli
13.
Hasil supervisi disekolah A diperoleh data sebagai berikut, No Aspek Kompetensi Skor Rerata % Guru Kriteria Baik 1. Perencanaan pembelajaran a. Penetapan kompetensi 3,4 60 b. Penetapan metode pembelajaran 3,0 50 c. Penetapan langkah pembelajaran 3,0 50 d. Penetapan sumber belajar peserta didik 3,8 64 e. Penetapan penilaian 2,9 48 2. Pelaksanaan Pembelajaran a. Kegiatan Pendahuluan 3,4 60 b. Kegiatan inti 3,2 55 c. Kegiatan penutup 3,6 70 Berdasarkan data tersebut, maka usaha dalam peningkatan kompetensi yang harus segera dilakukan di sekolah tersebut adalah....
 IHT tentang penetapan kompetensi pembelajaran
 IHT tentang alat dan sumber pembelajaran.
 IHT tentang metodologi pembelajaran
 IHT tentang penilaian pembelajaran
14.
Sebuah sekolah telah menentukan KKM setiap mata pelajaran, dengan rata-rata KKM sebesar 70. Tahun berikutnya berdasarkan hasil pengalaman sebelumnya KKM masingmasing mata pelajaran dinaikkan menjadi 75, ternyata sebagian besar peserta didik tidak dapat mencapai KKM 75, hanya 30% dari seluruh siswa yang dapat mencapai KKM 75, disebabkan rata-rata kemampuan akademis mereka berdasarkan hasil tes masuk rendah. Berdasarkan hal tersebut, yang harus dilakukan sekolah adalah....
 memberikan tes hasil belajar dengan butir soal yang mudah
 melakukan program bimbingan belajar agar prestasi peserta didik meningkat.
 menurunkan KKM sesuai dengan kemampuan peserta didik.
 memberikan tugas lain agar dapat meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik
15.
Kepala sekolah perlu menjamin bahwa guru layanan bimbingan konseling/bimbingan penyuluhan dapat bertugas dengan baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh kepala sekolah dalam mensupervisi guru layanan bimbingan dan konseling adalah sebagai berikut, kecuali....
 kemampuan memberikan informasi pada peserta didik tentang program bimbingan.
 kemampuan guru dalam mendeteksi kesulitan peserta didik dan mengumpulkan informasi siswa.
 kemampuan menjadi penghubung sekolah dengan orang tua, dan mata pelajaran dengan pekerjaan.
 kemampuan memberikan sangsi dan hukuman terhadap jenis pelanggaran peserta didik.
16.
Peraturan Pemerintah mengenai standar pendidikan nasional memuat delapan standar yaitu: 1) standar isi, 2) standar proses, 3) standar kompetensi lulusan, 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan, dan 8) standar penilaian pendidikan. Dari 8 standar pendidikan nasional tersebut yang membahas mengenai mutu lulusan adalah ....
 standar pendidik dan tenaga kependidikan
 standar kompetensi lulusan
 standar sarana dan prasarana
 standar pengelolaan
17.
Diterbitkankannya Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Standar nasional pendidikan ini dimaksudkan untuk....
 menyamakan kualitas minimal pendidikan di seluruh wilayah Republik Indonesia dari Sabang hingga Merauke, sebagai respon dari tidak meratanya kualitas pendidikan disebabkan sebaran dan jumlah penduduk yang sangat luas
 menyamakan kualitas minimal pendidikan di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke, sebagai respon dari tidak meratanya kualitas pendidikan disebabkan sebaran dan jumlah penduduk yang sangat luas
 menyamakan kualitas minimal pendidikan di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia, sebagai respon dari tidak meratanya kualitas pendidikan disebabkan sebaran dan jumlah penduduk yang sangat luas.
 menyamakan kualitas minimal pendidikan di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia dari Sabang hingga Merauke, sebagai respon dari tidak meratanya kualitas pendidikan disebabkan sebaran dan jumlah penduduk yang sangat luas
18.
Hasil supervisi pada sebuah sekolah, kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran, menerapkan model pembelajaran, dan menerapkan metode pembelajaran, 50 % termasuk berkemampuan kurang. Sebagai kepala sekolah perlu segera mengambil tindakan untuk peningkatan kompetensi guru tersebut. Tindakan yang paling efektif dilakukan adalah...
 melengkapi koleksi perpustakan dengan buku-buku yang membahas pendekatan, model, dan metode pembelajaran.
 mengirimkan guru-guru tersebut untuk mengikuti diklat di lembaga diklat dengan menggunakan anggaran dari komite sekolah.
 melakukan lesson study berbasis sekolah untuk guru yang berkompetensi rendah meskipun mapelnya berbeda-beda.
 melakukan in house training pada semua guru yang ada di sekolah tersebut pada awal semester.
19.
Motivasi dalam kegiatan belajar mengajar sangat menentukan hasil belajar, oleh sebab itu guru perlu menyadari fungsi dan keberadaan motivasi belajar pada peserta didiknya. Sebagai kepala sekolah Saudara perlu memberikan penjelasan kepada guru tentang fungsi motivasi. Dari pernyataan berikut mana yang semestinya tidak disampaikan...
 fungsi hukuman, yaitu menggunakan hukuman sebagai sesuatu perangsang yang ingin peserta didik hindari atau berusaha menghindari diri.
 fungsi insentif, yaitu pemberian hadiah kepada peserta didik yang berprestasi agar motivasi tumbuh berkelanjutan.
 fungsi harapan, yaitu harapan keberhasilan atau kegagalan peserta didik dalam mencapai tujuan instruksional dengan menguraikan secara kongkrit kepada siswa apa yang harus ia lakukan.
 fungsi membangkitkan, yaitu kesiapan atau perhatian umum peserta didik yang diusahakan oleh guru untuk mengikut sertakan siswa dalam belajar.
20.
Salah satu syarat yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan sarana dan prasarana pendidikan Sekolah adalah unsur realistis, yang berarti rencana tersebut .....
 memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.
 dapat dilaksanakan
 bersifat luwes atau fleksibel.
 disepakati oleh unsur-unsur yang terlibat.
21.
Dalam usaha penjaminan pada keterlaksanaan program layanan khusus di sekolah, kepala sekolah perlu melakukan monitoring. Untuk layanan khusus koperasi sekolah, monitoring yang perlu dilakukan oleh kepala sekolah adalah pada kegiatan-kegiatan berikut, kecuali ...
 proses operasional koperasi sekolah.
 proses pembelian barang dan jasa yang akan dijual di sekolah.
 laporan tutup tahun koperasi sekolah.
 pembentukan pengurus koperasi sekolah.
22.
Menurut Maslow ada lima jenjang kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan 1) fisik (makan, minum), 2) kebutuhan mendapatkan perlindungan, 3) kebutuhan kasih sayang, 4) kebutuhan mendapatkan pengakuan diri. Sebagai kepala sekolah Saudara harus dapat memberikan jaminan kebutuhan peserta didik terpenuhi. Kegiatan di sekolah yang perlu diciptakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah...
 kegiatan umum klasik atau kontemporer yang terakomodasi dan dapat diikuti oleh semua peserta didik.
 kegiatan umum kontemporer yang memerlukan pendanaan sedikit dan diikuti oleh semua peserta didik.
 kegiatan spesifik klasik yang dapat diikuti oleh sekelompok peserta didik yang berminat dan berbakat.
 kegiatan spesifik kontemporer yang dapat diikuti oleh sekelompok peserta didik yang berminat dan berbakat.
23.
Permasalahan yang sering dihadapi dalam perencanaan sarana dan prasarana pendidikan sekolah adalah .....
 terjadinya penghematan dana yang tidak perlu
 penggunaan sarana yang efisien
 terbatasnya dana yang tersedia
 pembelian barang dengan tepat guna
24.
Pada saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa, terdapat 3 siswa yang nilai Ujian Nasionalnya baik, tetapi nilai ujian sekolah rendah dan terdapat nilai satu mata pelajaran sangat rendah. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah ....
 menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik.
 meluluskan 3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujian sekolah.
 menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah.
 memerintahkan guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilai agar siswa tersebut lulus sekolah.
25.
Ditemukan hasil pengukuran intelegensi peserta didik pada sebuah sekolah sebagai berikut, No Dimensi Intelegensi Kategori % 1. Kecerdasan numerik Tinggi ke atas 80 2. Pemahaman verbal Tinggi ke atas 80 3. Kecepatan perceptual Tinggi ke atas 80 4. Penalaran induktif Tinggi ke atas 90 5. Penalaran deduktif Tinggi ke atas 70 7. Visual ruang Tinggi ke atas 60 8. Ingatan Tinggi ke atas 65 Berdasarkan data di atas, Saudara harus merancang ekstrakurikuler di sekolah tersebut. Berdasarkan urutan prioritasnya kegiatan ekstrakurikuler yang Saudara sarankan adalah...
 KIR, Jurnalis, Band.
 drum band, KIR, Jurnalis.
 paduan suara, jurnalis, KIR.
 paduan suara, Band, jurnalis.
26.
Diantara fungsi adanya pentingnya penetapan KKM pada satuan pendidikan yang benar di bawah ini adalah....
 untuk prasyarat penetapan kemampuan siswa, mengetahui ketercapaian pembelajaran satu atau lebih kompetensi Dasar, sebagai tolak ukur ketercapaian hasil belajar siswa dalam penentuan kenaikan kelas, dan tolak ukur dalam penentuan ketercapain hasil belajar.
 untuk penetapan kemampuan siswa, membantu ketercapaian pembelajaran satu atau lebih kompetensi dasar, sebagai prasyarat ketercapaian hasil belajar siswa dalam penentuan kenaikan kelas, dan tolak ukur dalam penentuan ketercapain hasil belajar.
 untuk penetapan kemampuan siswa, mengetahui ketercapaian pembelajaran satu atau lebih kompetensi dasar, sebagai tolak ukur ketercapaian hasil belajar siswa dalam penentuan kenaikan kelas, dan tolak ukur dalam penentuan ketercapain hasil belajar.
 untuk prasyarat penetapan kemampuan siswa, mengetahui ketercapaian pembelajaran satu atau lebih kompetensi dasar, sebagai tolak ukur ketercapaian hasil belajar siswa dalam penentuan kenaikan kelas, dan tolak ukur dalam penentuan prasarat ketercapain hasil belajar.
27.
Belajar adalah merupakan proses aktif untuk membangunkan pengetahuan, ide-ide konstruktif, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Dengan demikian dalam belajar membutuhkan lingkungan yang kondusif. Sebagai kepala sekolah perlu menciptakan lingkungan dengan kriteria sebagai berikut kecuali...
 adanya sarana gedung persekolahan nyaman, tersedia semua multimedia pembelajaran, sarana pebelajaran yang berbasis teknologi, komunikasi, dan informasi.
 adanya perhatian dan kepercayaan peserta didik, ketulusan dan keadilan,serta kepercayaan orang tua terhadap sekolah.
 memiliki komitmen untuk mendukung semua usaha peserta didik agar sukses melalui kebijakan dan peraturan sekolah yang melibatkan partisipasi peserta.
 adanya kurikulum menantang dan terarah, dengan kegiatan isu menarik, dengan panduan perilaku, dan membangun kerja sama dengan komunitas
28.
Pembina kegiatan ekstrakurikuler di sebuah sekolah, ingin menyeleksi peserta didik yang betul-betul berbakat pada kegiatan yang diampunya. Guru pembina kebingungan dalam menyeleksi bakat peserta didiknya. Sebagai kepala sekolah Saudara harus memberikan saran pada guru pembina tersebut tentang aspek-aspek yang perlu dicermati sebagai tolok ukur seleksi bakat. Aspek yang saudara sarankan adalah...
 pengikatan diri terhadap tugas, intelegensi, dan motivasi.
 kreativitas, intelegensi, dan motivasi.
 intelegensi, kreatifitas, dan pengikatan diri terhadap tugas.
 intelegensi, motivasi, persepsi.
29.
Sebuah sekolah mempunyai jumlah rombel sebanyak 9 dengan masing-masing rombel terdiri dari 30 orang (menurut SNP jumlah 1 rombel maksimal berisi 32 peserta didik). Peserta didik pria berjumlah 130 orang dan wanita 140 wanita orang. Jumlah ruang kelas telah sesuai jumlah rombel tetapi 2 buah ruang kelas rusak ringan tapi masih dapat digunakan. Sekolah tersebut memiliki 2 jamban khusus siswa pria dan 4 jamban khusus siswa wanita yang kondisinya selalu kotor dan ada beberapa bagian yang rusak. Menurut SNP, setiap 40 siswa pria dan 30 siswa wanita masing-masing harus terdapat sebuah jamban. Sekolah tersebut juga telah memiliki perpustakaan yang telah sesuai standar tetapi buku-buku banyak yang berdebu dan jarang dibaca. Ruang laboratorium telah tersedia sesuai standar tetapi peralatan laboratorium banyak yang tidak berfungsi karena jarang dipakai penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan peralatan labaroratorium tersebut, selain itu tidak dicatat pada buku inventaris. Kepala sekolah tersebut kemudian melakukan analisis konteks untuk memenuhi standar sarana dan prasarana sekolahnya.Berdasarkan hasil analisis konteks, sarana dan prasarana yang belum memenuhi SNP adalah...
 satu buah jamban siswa pria dan satu buah jamban siswa wanita
 dua ruang kelas baru dan perbaikan ruang perpustakaan
 satu buah buku inventaris peralatan laboratorium
 pengadaan alat-alat laboratorium dan buku perpustakaan
30.
Di sebuah sekolah ditemukan seorang guru baru yang masih kurang menguasai prinsip dan implementasi penilaian pembelajaran. Tindakan yang paling tepat dilakukan oleh kepala sekolah menghadapi kondisi tersebut adalah....
 menugaskan guru tersebut mengikuti kegiatan diklat yang dilakukan oleh lembaga diklat.
 memberikan tugas pada guru tersebut untuk mengikuti kegiatan KKG/ MGMP
 menginstruksikan kepada guru mapel sejenis di sekolah untuk melakukan lesson study berbasis sekolah.
 melakukan in hause trainning di sekolah tentang penilaian pembelajaran.
31.
Disebuah sekolah memiliki sarana memadai, lebih-lebih laboratorium sekolah. Kegiatan praktikum dapat dilakukan oleh semua peserta didik. Suatu hal yang menjadi ironis adalah pelaporan hasil praktikum belum dapat memadai. Sebagai seorang kepala sekolah melihat kondisi seperti itu, maka langkah yang harus ditempuh adalah...
 melakukan IHT pada semua pendidik di sekolah untuk berlatih membimbing penulisan karya tulis ilmiah pada peserta didik.
 memberikan keyakinan kepada seluruh warga sekolah bahwa sekolahnya adalah lembaga terbaik yang selalu menciptakan lulusan berkualitas.
 observasi kelas untuk mengetahui kemampuan guru dalam proses belajar mengajar di semua kelas.
 memberikan instruksi pada semua guru agar membiasakan peserta didiknya menyelesaikan tugas menggunakan sarana perpustakaan.
32.
Penjaminan standar mutu lulusan mengacu kepada kriteria ketuntasan minimal yang memperhatikan tiga aspek, yaitu ....
 Kompleksitas, integritas dan intake siswa
 Kompleksitas, fleksibilitas dan integritas
 Kompleksitas, sarana prasarana dan fleksibilitas
 Kompleksitas, daya dukung dan intake siswa
33.
Berdasarkan tes intelegensi di sebuah sekolah ditemukan variasi kecerdasan. Dimensi pengukuran intelegensi meliputi, 1. Kecerdasan numerik. 2. Pemahaman verbal. 3. Kecepatan perseptual. 4. Penalaran induktif 5. Penalaran deduktif 6. Visual ruang 7. Ingatan. Jika seorang guru akan mengelompokkan peserta didik untuk pembelajaran dengan model discovery-inquiry, maka saran yang akan saudara berikan adalah...
 kelompok belajar dengan jumlah gasal dan dengan dimensi intelegensi yang heterogen.
 kelompok belajar dengan jumlah gasal dan dimensi intelegensi yang homogen.
 satu kelompok belajar maksimal 4 orang dengan dimensi intelegensi yang homogen.
 satu kelompok belajar maksimal 4 orang, dengan dimensi intelegensi yang heterogen.
34.
Hasil supervisi oleh pengawas sekolah pada guru-guru di sekolah A dinyatakan iklim belajar sekolah tersebut kurang kondusif untuk pembelajaran. Berdasarkan data tersebut, maka aspek yang perlu ditata kembali pada sekolah tersebut adalah....
 ekologi, sosial, sistem sosial, dan budaya sekolah.
 motivasi belajar peserta didik, dan kompetesi guru.
 kompetensi guru, sarpras, dan media pembelajaran.
 metodologi pembelajaran, lingkungan sekolah, dan sarana pembelajaran.
35.
Ada beberapa komponen yang diperlukan dalam sebuah program kegiatan. Jika Saudara akan menyarankan guru membuat program pengembangan pembelajaran berbasis TIK, maka aspek yang harus diperhatikan oleh guru secara hirarkis adalah...
 tujuan, indikator keberhasilan, sasaran, langkah kegiatan, pembiayaan, dan monitoring dan evaluasi
 judul, tujuan, indikator keberhasilan, langkah kegiatan, pembiayaan, penanggungjawab, dan monitoring dan evaluasi
 judul, tujuan, indikator keberhasilan, sasaran, langkah kegiatan, pembiayaan, dan penanggungjawab.
 tujuan, sasaran, indikator keberhasilan, langkah kegiatan, pembiayaan, penanggungjawab, dan monitoring dan evaluasi
36.
Sebagai kepala sekolah harus mempunyai peta kompetensi pedagogis tenaga pendidik yang ada. Pemetaan kompetensi yang akurat jika kepala sekolah melakukan hal-hal sebagai berikut, kecuali...
 mengkonfirmasikan skor rerata hasil supervisi akademik dengan kriteria kemampuan guru menyusun RPP dan melakukan pembelajaran.
 melakukan supervisi akademik pada semua tenaga pendidik yang ada.
 menetapkan kompetensi pedagogik tenaga pendidik dengan mengkorelasikan hasil belajar peserta didiknya.
 melakukan analisis terhadap hasil supervisi akademik pada semua tenaga pendidik yang ada.
37.
Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar. Salah satu diantaranya ialah standar isi yang digunakan sebagai pijakan untuk menentukan ....
 jumlah siswa pada tiap rombongan belajar.
 lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi.
 sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
 prosedur kegiatan pembelajaran
38.
Hasil UN/US tahun lalu di sebuah sekolah nilai rerata sekolah di bawah rerata kabupaten/kota. Sekolah akan melaksanakan tambahan jam belajar untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Ada beberapa aspek yang perlu dipahami pada kegiatan tambahan jam belajar tersebut, antara lain, 1. Tujuan kegiatan. 2. Judul kegiatan. 3. Sasaran kegiatan. 4. Indikator keberhasilan. 5. Langkah kegiatan. 6. Pembiayaan. Jika sekolah akan menyusun program kegiatan tersebut, maka urutan prioritasnya adalah....
 2, 1, 3, 4, 5, 6
 1, 2, 3, 4, 5, 6
 1, 2, 4, 3, 5, 6
 2, 1, 4, 3, 5, 6
39.
Sebuah sekolah mempunyai jumlah rombel sebanyak 9 dengan masing-masing rombel terdiri dari 30 orang (menurut SNP jumlah 1 rombel maksimal berisi 32 peserta didik). Peserta didik pria berjumlah 130 orang dan wanita 140 wanita orang. Jumlah ruang kelas telah sesuai jumlah rombel tetapi 2 buah ruang kelas rusak ringan tapi masih dapat digunakan. Sekolah tersebut memiliki 2 jamban khusus siswa pria dan 4 jamban khusus siswa wanita yang kondisinya selalu kotor dan ada beberapa bagian yang rusak. Menurut SNP, setiap 40 siswa pria dan 30 siswa wanita masing-masing harus terdapat sebuah jamban. Sekolah tersebut juga telah memiliki perpustakaan yang telah sesuai standar tetapi buku-buku banyak yang berdebu dan jarang dibaca. Ruang laboratorium telah tersedia sesuai standar tetapi peralatan laboratorium banyak yang tidak berfungsi karena jarang dipakai penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan peralatan labaroratorium tersebut, selain itu tidak dicatat pada buku inventaris. Kepala sekolah tersebut kemudian melakukan analisis konteks untuk memenuhi standar sarana dan prasarana sekolahnya. Program pemenuhan/penyesuaian yang harus dilakukan dalam jangka pendek yang merupakan skala prioritas adalah program pengadaan ....
 perbaikan ruang kelas yang rusak
 peralatan laboratorium
 jamban khusus siswa pria 1 buah.
 lemari perpustakaan
40.
Pengelolaan sarana dan prasarana merupakan usaha kepala sekolah untuk melengkapi perlengkapan/fasilitas yang dibutuhkan untuk kelancaran kegiatan sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah berkewajiban memenuhi kebutuhan sekolah. Sebagai fasilitator, kepala sekolah mengetahui betul kebutuhan sekolah yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan. Namun demikian, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan tekhnologi menjadikan kepala sekolah tidak mungkin memenuhi segala keperluan sekolah,oleh karena itu informasi dari setiap bawahannya yang memerlukan fasilitas sangat diperlukan. Yang terpenting dalam hal ini adalah kepala sekolah selalu siap untuk menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk kepentingan pendidikan. Fasilitas tersebut bukan hanya berbentuk fisik, tetapi juga dapat berupa nonfisik, misalnya kesempatan guru untuk mengikuti training/latihan. Sebagai fungsi kepala sekolah, maka fasilitas fisik atau sarana sekolah yang perlu diadministrasikan adalah...
 ruangan kelas, ruang guru, perabot kantor TU, perabot laboratorium, perpustakaan, ruangan praktik, alat pelajaran, media pendidikan lainnya.
 ruangan kelas, ruang penjaga sekolah, perabot kantor TU, perabot laboratorium, perpustakaan, ruangan praktik, alat pelajaran, dan media pendidikan lainnya.
 ruangan kelas, perabot kantor TU, perabot laboratorium, perpustakaan, ruangan praktik, alat pelajaran, dan media pendidikan lainnya.
 ruangan kelas, ruang kepala sekolah, perabot kantor TU, perabot laboratorium, perpustakaan, ruangan praktik, alat pelajaran, dan media pendidikan lainnya.
41.
Sebagai kepala sekolah, Saudara menghadapi permasalahan tentang sarana dan prasarana sekolah yang kondisinya sudah memprihatinkan, selain usianya sudah tua juga jumlahnya kurang memadai baik untuk keperluan praktek dan proses pembelajaran maupun untuk kegiatan intra dan ekstrakurikuler. Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menyusun perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana adalah .
 Identifikasi dan menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.
 Pemecahan permasalahan sarana dan prasarana.
 Mengadakan seleksi kebutuhan sarana dan prasarana.
 Merencanakan anggaran pengadaan sarana dan prasarana.
42.
McDonald menyatakan motivasi berprestasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya efek atau reaksi untuk mencapai tujuan. Sebagai kepala sekolah Saudara perlu memberikan penjelasan pada guru-guru di sekolah tentang motivasi berprestasi peserta didik. Dari pernyataan berikut mana yang tidak perlu disampaikan pada guru di sekolah....
 motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan, yang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terdorong oleh adanya unsur tujuan.
 motivasi ditandai dengan munculnya rasa, afeksi seseorang, terkait dengan persoalan-persoalan kejiwaan afeksi dan emosi yang dapat menimbulkan tingkah laku manusia.
 motivasi tidak akan selalu tetap dan bisa untuk berubah, karena merupakan unsur bawaan yang bersifat genetik.
 motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia, dimana penampakannya akan menyangkut pada kegiatan fisik manusia.
43.
Manfaat yang dapat diperoleh dengan dilakukannya perencanaan kebutuhan sarana dan parsarana adalah ...
 Membantu dalam menetapkan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan.
 Semuanya benar
 Dapat dijadikan sebagai suatu pedoman atau dasar untuk melakukan pengawasan dan pengendalian dalamsuatu kegiatan.
 Menghilangkan ketidakpastian dari kegiatan yang akan dilakukan.
44.
Layanan khusus usaha kesehatan sekolah, sangat diperlukan oleh sekolah. Agar keberadaannya dapat terjamin, maka kepala sekolah harus melakukan evaluasi pada layanan khusus tersebut, yaitu terhadap hal-hal sebagai berikut, kecuali...
 outcome, berupa ketercapaian program usaha kesehatan sekolah setelah pelaksanaan.
 konteks, berupa semua hal di luar sistem yang terkait dengan usaha kesehatan sekolah.
 input usaha kesehatan sekolah berupa sarana dan kelengkapan operasionalnya.
 proses, berupa penanganan pada pertolongan pertama pada kecelakaan peserta didik.
45.
Secara makro, era global adalah tantangan untuk merebut keunggulan kompetitif sumber daya manusia antar bangsa. Tantangan ini seharusnya dimanfaatkan oleh penyelenggara pendidikan sebagai peluang untuk menyiapkan kualitas bangsa melalui pendidikan yang terarah. Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan saat ini baru berada pada taraf kemampuan menggembangkan kemampuan kognitif. Karena itu pendidikan seharusnya mampu ....
 membangun etos kerja, integritas bangsa dan wawasan nusantara untuk menghadapi masalah-masalah yang nyata
 membangun etos kerja, kompetensi dan lapangan kerja untuk menghadapi masalahmasalah yang nyata.
 membangun etos kerja, wawasan dan percaya diri untuk menghadapi masalahmasalah yang nyata
 membangun etos kerja, jati diri dan percaya diri untuk menghadapi masalah-masalah yang nyata.
46.
Analisis potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik perlu dilakukan untuk penetapan kegiatan tindak lanjut yang perlu dikembangkan. Aspek yang perlu dipertimbangkan keberadaanya di sekolah Saudara adalah...
 sarana, legalitas, SDM, dan solusi.
 legalitas, SDM, Sarana, dan kegiatan.
 kegiatan, sarana, kendala, dan SDM.
 SDM, sarana, kendala, dan solusi.
47.
Ketika melakukan supervisi akademik pada seorang guru, kepala sekolah menemukan kondisi kelas dengan ciri, 1. Beberapa peserta didik ngantuk, dan bahkan ada yang tidur. 2. Beberapa peserta didik bermain-main dengan teman dekatnya ketika guru megajar. 3. Beberapa peserta didik mengerjakan PR dari guru lain. 4. Beberapa peserta didik memperhatikan guru mengajar. Terkait dengan fenomena ketika supervisi akademik tersebut, maka kelemahan yang ada pada guru tersebut adalah...
 tidak mampu mengelola kelas ketika pembelajaran.
 tidak menguasai pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang menarik.
 tidak mampu menggunakan media pembelajaran yang bersifat interaktif.
 tidak memahami makna dari standar proses pendidikan.
48.
Sebuah sekolah mempunyai jumlah rombel sebanyak 9 dengan masing-masing rombel terdiri dari 30 orang (menurut SNP jumlah 1 rombel maksimal berisi 32 peserta didik). Peserta didik pria berjumlah 130 orang dan wanita 140 wanita orang. Jumlah ruang kelas telah sesuai jumlah rombel tetapi 2 buah ruang kelas rusak ringan tapi masih dapat digunakan. Sekolah tersebut memiliki 2 jamban khusus siswa pria dan 4 jamban khusus siswa wanita yang kondisinya selalu kotor dan ada beberapa bagian yang rusak. Menurut SNP, setiap 40 siswa pria dan 30 siswa wanita masing-masing harus terdapat sebuah jamban. Sekolah tersebut juga telah memiliki perpustakaan yang telah sesuai standar tetapi buku-buku banyak yang berdebu dan jarang dibaca. Ruang laboratorium telah tersedia sesuai standar tetapi peralatan laboratorium banyak yang tidak berfungsi karena jarang dipakai penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan peralatan labaroratorium tersebut, selain itu tidak dicatat pada buku inventaris. Kepala sekolah tersebut kemudian melakukan analisis konteks untuk memenuhi standar sarana dan prasarana sekolahnya. Setelah melakukan analisis konteks, menyeleksi kebutuhan sarana dan prasarana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, maka Kepala Sekolah tersebut memilih skala prioritas yang dituangkan dalam ... .
 Profil Sekolah
 Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
 Rencana Kerja Sekolah (RKS)
 Rencana Kerja Tahunan (RKT)
49.
Evaluasi pada Layanan khusus perpustakaan sekolah perlu dilakukan oleh auditor internal sekolah. Kepala sekolah perlu memahami makna pada evaluasi tersebut. Adapun tujuan dari evaluasi ini adalah agar sekolah dapat mengetahui...
 ketercapaian program perpustakaan.
 di akhir tahun jumlah koleksi buku yang tersedia di perpustakaan sekolah.
 proses layanan pinjaman oleh petugas di perpustakaan sekolah.
 kuantitas peserta didik yang memanfaatkan perpustakaan sekolah setiap hari.
50.
Perencanaan merupakan rincian fungsi perencanaan yang mempertimbangkan faktor kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam menentukan kebutuhan maka diperlukan beberapa data dasar, di antaranya adalah .....
 jumlah,rekondisi, dan korelasi
 jumlah, distribusi, dan rekondisi
 korelasi, distribusi, dan rekondisi
 jumlah, korelasi, dan distribusi

Soal SMA

Soal Postest Penguatan KS SMA

Latihan Soal Postest Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi ...Baca selengkapnya...

Soal UP PPG UKG Biologi SMA MA

Latihan Soal PPG UKG Mapel Biologi SMA MA ...Baca selengkapnya...

Soal Latihan UP PPG PPKN

Latihan Soal Uji Pengetahuan (UP) PPG PPKN ...Baca selengkapnya...
a