Soal Postest Penguatan KS SMA

Soal Postest Penguatan KS SMA

Petunjuk Teknis

» Penguatan Kepala Sekolah SMA

Mata Pelajaran : Penguatan Kepala Sekolah SMA
Jenjang : SMA
Soal : Soal Postest Penguatan KS SMA

Soal Postest Penguatan KS SMA Penguatan Kepala Sekolah SMA


KERJAKAN SOAL


1.
Sekolah perlu mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar. Untuk mewujudkan hal tersebut kepala sekolah menyelenggarakan Sistem Informasi Manajemen berbasis internet. Data yang diperoleh dari teknologi informasi tersebut dapat digunakan untuk ....
 menyediakan media pembelajaran yang siap digunakan untuk proses pembelajaran.
 melatih warga sekolah dalam mengoperasikan teknologi informasi.
 mengakses data dan/informasi pendidikan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
 mengecek kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi.
2.
Tahap pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan muatan lokal pada satuan pendidikan adalah....
 penentuan tingkat satuan pendidikan yang sesuai untuk setiap kompetensi dasar
 analisis konteks lingkungan alam, sosial, dan/atau budaya
 identifikasi muatan lokal,
 perumusan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal
3.
Kepala sekolah selalu menyampaikan informasi secara objektif dan kontinyu tentang perkembangan sekolahnya kepada orang tua dan instansi terkait secara resmi. Hal ini dilakukan agar masyarakat merespon dan turut berpartisipasi dalam memberikan dukungan terhadap program-program sekolah. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut dikaitkan dengan kemitraan sekolah adalah ...
 manfaat kemitraan sekolah
 jenis kegiatan kemitraan sekolah
 faktor pendukung kemitraan sekolah
 asas kerja kemitraan sekolah dengan masyarakat.
4.
Hasil indentifikasi masalah proses pembelajaran di sekolah X adalah sebagai berikut - Guru A mengajar di 5 kelas rata-rata hasil belajarnya sangat rendah (dibawah KKM) sebanyak 50 % - Guru B mengajar di 4 kelas, khusus untuk 2 kelas hasil belajarnya rendah (dibawah KKM) sebanyak 25 % - Guru C mengajar di 4 kelas rata-rata siswa yang pernah bertanya atau mengemukakan pendapat sangat rendah (10%) - Guru D mengajar di kelas 6 kelas, khusus untuk satu kelas tertentu minat belajarnya rendah (25%) Berdasarkan data tersebut, teknik supervisi yang paling tepat dilaksanakan oleh kepala sekolah adalah....
 penelitian tindakan kelas untuk guru D
 kunjungan kelas untuk guru A
 observasi kelas untuk guru B
 kunjungan antar kelas untuk guru C
5.
Peminatan pada SMA/MA memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sesuai dengan minat, bakat dan/atau kemampuan akademik dalam sekelompok mata pelajaran keilmuan. Pernyataan di atas tercantum dalam Permendikbud No. 64 Tahun 2014 pasal 2 ayat (1) sebagai....
 tujuan peminatan SMA/MA
 tujuan peminatan akademik
 tujuan peminatan jenjang SMK/MAK
 tujuan peminatan kejuruan
6.
Implementasi program pengembangan sekolah senantiasa berimplikasi pada perubahan yang harus dialami oleh semua warga maupun berbagai pihak terkait. Awal dari perubahan yang sukses biasanya adalah pemimpin yang menunjukkan kepercayaan diri, terampil, dan dapat dipercaya. Sebagai seorang pimpinan, harus dapat mengidentifikasi kekhawatiran orang-orang yang akan terkena dampak pengembangan sekolah Berdasarkan ilustrasi di atas, sebagai kepala sekolah harus menjadi ....
 inspirasi dan motivasi dalam melakukan pembinaan untuk warganya
 inspirasi, memberi motivasi dalam melakukan perubahan
 pembimbing dan Pembina yang handal.
 inspirasi dan memberi motivasi dalam melalukan perubahan yang akan, sedang dan telah terjadi.
7.
Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya. Selaku kepala sekolah sikap yang akan dilakukan berkaitan dengan perubahan yaitu....
 menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur
 memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan
 merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung
 melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat
8.
SMP Negeri 1 kota X sudah tergolong sekolah yang maju dengan akreditasi A. Sekolah ini sudah melakukan kemitraan dengan beberapa lembaga maupun instansi yang sangat membantu perkembangan sekolah. Diantaranya adalah dengan Ikatan Alumni, dinas kesehatan, dinas kebersihan, dinas kehutanan, kepolisian, RRI, TVRI dll. Invormasi ini selalu disampaikan oleh kepala sekolah bersama komite kepada orangtua peserta didik baru di awal tahun ajaran dalam rapat pertemuan dengan orangtua peserta didik baru. Penyampaian invormasi yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah termasuk kegiatan... .
 Internal direct art
 Internal Indirect art
 Eksternal direct art
 Eksternal Indirect art
9.
Komponen RPP Kurikulum 2013 menurut lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 meliputi ....
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar.
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar.
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar.
 identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/sub tema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, penilaian hasil belajar
10.
KTSP Sekolah A telah ditandatangani oleh Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/ Kabupaten/Kota. Sekolah tersebut bermaksud menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang kurang sesuai dengan kondisi kekinian. Untuk memecahkan masalah tersebut kepala sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan....
 memerintahkan wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada.
 menugaskan kepada tim penyusun KTSP untuk segera merevisi KTSP sesuai kekurangan yang ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna
 membentuk tim monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehingga diperoleh informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP pada tahun berikutnya.
 menugaskan kepada tim penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dan segera dibenahi kekurangan yang ada
11.
Setiap akhir tahun ajaran Pak Nardi sebagai kepala sekolah selalu melihat kembali program yang sudah dilaksanakan. Melihat mana yang sudah tercapai dan mana yang belum. Beliau juga selalu melaporkan hasilnya kepada semua warga sekolah baik internal maupun eksternal sesuai kenyataannya tanpa ditutup tutupi. Dari apa yang dilaporkan pak Nardi selalu meminta saran dan masukan dari semua warga sekolah. Apa yang dilakukan pak Nardi adalah ... .
 melaksanakan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
 merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
 menggali kemitraan dalam pengembangan sekolah
 menggali bentuk dukungan masyarakat.
12.
Sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut adalah ....
 sekolah mengadakan In House Training (IHT) tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya.
 membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan pembelajaran kontekstual.
 menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya.
 Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran
13.
Dalam rangka membekali keterampilan peserta didik, sekolah melaksanakan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan melibatkan tenaga ahli, sehingga peserta didik dapat memiliki ketrampilan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja. Kerja sama yang dilakukan sekolah ini adalah upaya untuk mewujudkan ....
 pengembangan sekolah sebagai pusat pembelajaran
 kemitraan dalam pengembangan sekolah.
 pengembangan sekolah sebagai pusat pendidikan
 pengembangan sekolah sebagai organisasi pembelajar
14.
Penilaian autentik merupakan kegiatan yang harus mencerminkan ....
 masalah dunia sekolah
 data dan fakta
 sikap, pengetahuan dan keterampilan
 masalah dunia nyata
15.
Dalam kaitan dengan penilaian hasil belajar, perumusan tujuan pembelajaran yang baik memiliki sifat....
 memungkinkan untuk diamati dan diukur
 sesuai dengan indikator.
 merupakan bukti hasil belajar
 merupakan pengembangan dari SK dan KD
16.
Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup....
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 2 (dua) indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
 satu kompetensi dasar yang terdiri atas 2 (dua) indikator untuk 2 (kali) kali pertemuan
17.
Tahap pertama yang harus dilakukan dalam mengembangkan muatan lokal pada satuan pendidikan adalah....
 perumusan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal
 penentuan tingkat satuan pendidikan yang sesuai untuk setiap kompetensi dasar.
 identifikasi muatan lokal,
 analisis konteks lingkungan alam, sosial, dan/atau budaya
18.
Kondisi sekolah B sangat memprihatinkan. Jumlah tenaga pengajar yang sangat terbatas, tenaga administrasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan jumlahnya, semangat belajar peserta didik yang sangat rendah meskipun faktor pendukung lainnya sudah memenuhi SPM, mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran berjalan tersendat-sendat Berdasarkan fakta tersebut, sekolah B harus ....
 menggali sumber daya dari pemangku kepentingan khusunya aspek pendidik dan tenaga kependidikan.
 menggali sumber daya yang lengkap.
 menggali sumber daya terutama tenaga kependidikan.
 menggali sumber daya khususnya kepala sekolah yang berkompeten
19.
Berikut adalah komponen KTSP yang disajikan secara acak. a. tujuan, b. misi, c. visi, d. muatan, e. Silabus f. RPP g. pengaturan beban belajar, dan h. kalender pendidikan Urutan komponen isi dokumen 1 KTSP berdasarkan Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 adalah....
 c, b, a, d, g, h
 c, b, a, e, f, d
 a, c, d, f, g, h
 a, b, c, d, e, f
20.
Dalam Kurikulum 2006 TIK merupakan pelajaran sendiri sedangkan dalam kurikulum 2013 TIK merupakan sarana pembelajaran, dipergunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran lain. Oleh karena itu, dalam memenuhi kebutuhan beban kerja guru TIK maka yang yang harus dilakukan guru TIK pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam implementasi Kurikulum 2013 di antaranya adalah....
 guru TIK paling sedikit melaksanakan pembimbingan untuk 150 (seratus lima puluh) peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan
 guru TIK paling sedikit melaksanakan pembimbingan untuk 125 (seratus dua puluh lima) peserta didik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan
 guru TIK paling sedikit melaksanakan pembimbingan untuk 200 (dua ratus) pesertadidik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan
 guru TIK paling sedikit melaksanakan pembimbingan untuk 100 (seratus) pesertadidik per tahun pada 1 (satu) atau lebih satuan pendidikan
21.
Pengembangan silabus mengacu pada prinsip-prinsip.....
 ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, menyeluruh, kontekstual dan fleksibel
 ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, actual dan kontekstual, fleksibel dan menyeluruh.
 ilmiah, relevan, sistematis, actual, memadai, menyeluruh, fleksibel, akuntabel dan konstektual.
 aktual dan kontekstuaal , fleksibel, menyeluruh, relevan, akuntabel dan sistematis
22.
Rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus dinamakan ....
 Program semester
 Strategi pembelajaran
 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 Model Pembelajaran
23.
Proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
 Mengamati, menanya, menalar, mensosialisasikan, mencipta
 Mengamati,menanya,mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengomunikasikan
 Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mensosialisasikan, mengembangkan
 Mengamati, menanya, menalar, mengembangkan, mencipta.
24.
Desain Induk Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib dalam konteks Kurikulum 2013, pada dasarnya berwujud proses aktualisasi dan penguatan capaian pembelajaran Kurikulum 2013. Secara programatik, Ektrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan diorganisasikan dalam berbagai model, yaitu model model blok, model aktualisasi, dan reguler di Gugus Depan. Sekolah melakukan dengan model blok, maka seyogyanya dilakukan sebagai berikut ....
 Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka di dalam Gugus Depan, pelaksanaan kegiatan diatur oleh masing-masing Gugus Depan.
 Diikuti oleh seluruh siswa, dilaksanakan setiap satu minggu satu kali dan Setiap satu kali kegiatan dilaksanakan selama 120 menit.
 Diikuti oleh seluruh siswa, dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran, Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Untuk SD/MI dilaksanakan selama 18 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 36 Jam.
 Diikuti oleh seluruh siswa, dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran, Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Untuk SD/MI dilaksanakan selama 20 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 40 Jam.
25.
Komponen RPPH meliputi antara lain ....
 tema/sub tema/subsub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), indikator pencapaian perkembangan, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
 tema/sub tema/subsub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), indikator pencapaian perkembangan,tujuan pembelajaran, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
 tema/sub tema/sub-sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup),kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator pencapaian perkembangan, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
 tema/sub tema/sub-sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup),kompetensi Inti, Tujuan pembelajaran, indikator pencapaian perkembangan, penilaian perkembangan anak, serta media dan sumber belajar.
26.
Dalam rangka melaksanakan kemitraan sekolah dengan masyarakat, dan agar semua warga sekolahnya mengetahui tentang aktifitas dan prestasi, maka Sekolah A menerbitkan buletin, memasang iklan dan membuat pemberitahuan khusus melalui media massa, serta mengadakan kegiatan pentas seni. Hal ini termasuk kemitraan sekolah dengan masyarakat untuk jenis kegiatan.... .
 eksternal indirect act
 internal direct act
 eksternal direct act
 internal indirect act
27.
Komponen Silabus kurikulum tahun 2006 meliputi ....
 Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, dan Alokasi Waktu
 Standar Kompetensi, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar
 Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar
 Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Sumber Belajar
28.
Perhatikan dan analisis nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat di lingkungan sekolah Saudara!. Apa yang akan Saudara lakukan sebagai kepala sekolah terhadap nilai-nilai sosial budaya masyarakat yang telah Saudara analisis tadi saat melakukan pengembangan kurikulum secara berkelanjutan?
 Merencanakan nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan
 Mengidentifikasi nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan
 Mempelajari nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan.
 Mengimplementasikan nilai-nilai sosial dan budaya yang terkait kearifan lokal sebagai salah satu keunggulan sekolah dalam pengembangan kurikulum secara berkelanjutan
29.
Komponen program yang ada dalam Pedoman Bimbingan dan Konseling secara keseluruhan dikemas dalam empat komponen layanan. Dari 5 komponen yang disajikan berikut, a) layanan dasar, b) layanan peminatan dan perencanaan individual, c) layanan responsif, dan d) dukungan system e) dukungan kepala sekolah Urutan empat komponen layanan Bimbingan dan Konseling yang benar adalah....
 b, d, e, a
 b, c, d, e
 a, b, c, d
 a, b, d, e
30.
Komponen silabus Kurikulum 2013 berisi....
 Standar kompetensi, Kompetensi dasar, dan materi pembelajaran
 Standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar
 Kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran
 Kompetensi Inti, kompetensi dasar, dan kegiatan pembelajaran
31.
Kegiatan pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal pelajaran. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah ...
 tidak mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa.
 mengabulkan permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa
 tidak mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting
 mengabulkan permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban belajar siswa.
32.
Di bawah ini hal yang harus dipertimbangkan dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang ketercapaian kompetensi dasar saat menyusun RPP adalah....
 kebermanfaatan bagi peserta didik, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
 relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, serta alokasi waktu
 intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik, latar belakang orang tua
 prestasi akademik siswa, relevansi dengan karakteristik daerah,dan struktur keilmuan
33.
Guna meningkatkan motivasi peserta didik dalam PBM, sekolah mendatangkan dokter, polisi, bidan, tokoh agama, dll. dalam proses pembelajaran. Berdasarkan deskripsi tersebut, sesungguhnya sekolah sedang melakukan ....
 kemitraan dengan masyarakat
 perencanaan yang sistematis
 peningkatan prestasi peserta didik
 kemitraan dengan dunia usaha
34.
Untuk mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar di sekolah, diperlukan kepemimpinan organisasi yang kuat, sistem organisasi yang mantap, komitmen individu warga sekolah, penciptaan budaya belajar/budaya sekolah, memperpendek sistem birokrasi, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personil. Dalam rapat dengan dewan guru, kepala sekolah meminta kepada semua personil sekolah agar bisa hadir di sekolah lebih awal dari jam masuk sekolah, selalu menjadi teladan bagi peserta didik, selalu bertegur sapa dan bersalaman dengan peserta didik sebelum masuk kelas, serta melaksanakan pembelajaran yang membuat peserta didik aktif. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah dalam rangka mengembangkan ...
 melaksanakan tugas rutinitas sebagai kepala sekolah.
 dukungan warga sekolah
 kemitraan sekolah dengan masyarakat
 budaya sekolah
35.
Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, pihak sekolah mengundang para orang tua peserta didik untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan lomba, dan mengunjungi museum. Salah satu lomba yang dilakukan adalah pesan berantai yang diikuti oleh setiap kelompok sepuluh orang yang terdiri dari lima peserta didik beserta orang tuanya. Kegiatan ini termasuk tahapan pengelolaan mitra kerja sekolah... .
 mengimplementasikan kemitraan
 membangun visi bersama
 membangun kemitraan
 memulai kemitraan
36.
Berdasarkan kebijakan pemerintah daerah, setiap sekolah wajib menerima siswa yang berkebutuhan khusus (ABK), padahal Sekolah A tidak memiliki fasilitas khusus bagi ABK begitupun dengan tenaga pengajarnya. Selain itu KTSP Sekolah A yang telah disusun sebelumnya tidak memiliki program bagi ABK, menurut Saudara apa yang harus dilakukan?
 Menerima ABK tanpa memperhatikan kemampuan sekolah dengan kondisi seadanya.
 Memohon kepada Dinas pendidikan untuk melengkapi fasilitas bagi ABK termasuk pengadaan gurunya.
 Merekrut guru khusus dengan biaya ditangung oleh orang tua ABK, walaupun tidak semua orang tua ABK mampu.
 Memusyawarahkan dengan Komite Sekolah untuk mendapatkan solusi terbaik bagi sekolah dan ABK.
37.
Kepala sekolah sedang mencatat dan menganalisis tentang kekuatan dan kelemahan dari warga sekolahnya, di antaranya kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua. Kemudian berfikir bagaimana cara memanfaatkan keempat komponen warga sekolah tersebut. Yang sedang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah
 melakukan eksplorasi strategi kemitraan sekolah
 melakukan refleksi tarhadap kondisi kemitraan sekolahnya
 membuat rencana program pengembangan kemitraan sekolah
 menganalisis hasil kemitraan sekolahnya
38.
Dalam mengkaji Standar kompetensi dan kompetensi dasar perlu memperhatikan halhal sebagai barikut ....
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan KD dalam dan antar mata pelajaran.
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan KD dalam mata pelajaran.
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan Indikator dalam mata pelajaran.
 urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu, keterkaitan antara SK dan Indikator antar mata pelajaran.
39.
Sekolah X pada jenjang pendidikan tertentu di Kabupaten Bandung Barat menentukan mata pelajaran membatik motif tangkuban perahu sebagai mata pelajaran muatan lokal satuan pendidikan. Menurut Anda perpaduan jenis muatan lokal apa pada sekolah tersebut sekolah tersebut yang dapat menumbuhkan suatu kecakapan hidup?
 Perpaduan antara budaya lokal, kewirausahaan dan lingkungan hidup
 Perpaduan antara budaya lokal, kewirausahaan dan pravokasional
 Perpaduan antara budaya lokal, pravokasional dan lingkungan hidup
 Perpaduan antara kewirausahaan, pravokasional dan lingkungan hidup
40.
Dalam KTSP, kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah, di dalam KTSP kegiatan ini merupakan kegiatan....
 pengembangan diri
 kecakapan hidup
 pengembangan keunggulan lokal
 pendidikan karakter
41.
Pak Rudi baru saja dimutasikan sebagai kepala sekolah yang di tugaskan di sekolah Y yang terletak di tengah-tengah kota. Empat tahun yang lalu pak Rudi sebagai guru di sekolah ini dan diangkat menjadi kepala sekolah di sekolah lain. Sekolah ini memiliki jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang sesui SNP, serta sarana dan prasarana yang memadai. Dalam kenyataaanya hasil ujian nasional siswanya masih di bawah rata-rata kota. Dari data penerimaan peserta didik baru peminatnya juga menurun. Beliau merasa heran karena dulunya ini sekolah yang pavorit. Dari data guru ternyata 70 % guru adalah pindahan dari sekolah lain 30 % adalah temantemannya dulu. Pak Rudi ingin mengembangkan sekolah ini agar minimal dapat mengembalikan prestasi sekolah ini seperti pada saat dia masih jadi guru di sekolah tersebut. Menurut Bapak/Ibu komponen apa yang harus menjadi prioritas pengembangan? ....
 layanan khusus
 pendidik dan tenaga kependidikan.
 keuangan dan pembiayaan
 sarana dan prasarana
42.
Kepala sekolah perlu menjadi inspirasi, memberi motivasi, dan membimbing warga sekolah dan pihak-pihak terkait untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang akan, sedang, dan telah terjadi. Setiap program pengembangan sekolah akan membawa individu dalam organisasi pada posisi transisi. Berdasarkan ilustrasi tersebuat adalah salah satu ....
 program kemitraan sekolah dengan steak holder
 program membuat jejaring dengan pihak terkait
 implementasi program pengembangan sekolah
 program pengembangan sekolah
43.
Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam kenyataan yang sering kita lihat umumnya kemitraan yang yang dilakukan oleh sekolah kepada masyarakat selalu berhubungan dengan uang. Sesungguhnya banyak bentuk kemitraan yang dapat dilakukan oleh sekolah yang bukan uang terutama yang mendukung penyelenggaraan proses pendidikan. Di bawah ini yang bukan merupakan bentuk cara kemitraan adalah ....
 mengundang tokoh agama untuk memberikan ceramah pada peringatan hari besar keagamaan
 mengundang pelukis untuk mengajarkan pada siswa tentang dasar-dasar melukis
 mengundang penerbit buku untuk menyiapkan bus yang akan digunakan study tour bagi guru- guru
 mengundang pihak kepolisian untuk menjelaskan tentang tata tertib lalu lintas
44.
Semua mata pelajaran yang terdapat pada satu Kelompok Peminatan wajib diikuti oleh peserta didik. Selain mengikuti seluruh mata pelajaran di Kelompok Peminatan, setiap peserta didik harus mengikuti matapelajaran tertentu untuk lintas minat dan/atau pendalaman minat sebanyak 6 jam pelajaran di Kelas X dan 4 jam pelajaran di Kelas XI dan XII. Mata pelajaran lintas minat yang dipilih sebaiknya tetap dari Kelas X sampai dengan XII. Di Kelas X, jumlah jam pelajaran pilihan antar kelompok peminatan per minggu 6 jam pelajaran, dapat diambil dengan pilihan sebagai berikut....
 Dua mata pelajaran (masing-masing 4 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan, atau Satu mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan.
 Dua mata pelajaran (masing-masing 2 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan, atau Satu mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan.
 Dua mata pelajaran (masing-masing 3 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan Pilihan, atau Satu mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan Pilihan. Khusus yang mengambil pilihan Kelompok Peminatan Bahasa dan Budaya, dua mata pelajaran lintas minat dapat diambil dari Kelompok Peminatan Pilihan.
 Dua mata pelajaran (masing-masing 3 jam pelajaran) dari satu Kelompok Peminatan yang sama di luar Kelompok Peminatan pilihan, atau dua mata pelajaran di masingmasing Kelompok Peminatan di luar Kelompok Peminatan pilihan.
45.
Pada ulangan harian pertama kelas XI-3 ada 6 siswa dari 36 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas, hal yang akan dilakukan oleh Saudara selaku kepala sekolah adalah....
 mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel
 membiarkan guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
 membiarkan guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP
 menegur guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan dalam melakukan penilaian
46.
Untuk mengatasi kondisi sekolah yang sebagian sarana prasarananya mengalami rusak berat, Kepala Sekolah berusaha mengembangkan sekolah dengan menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan, BUMN, BUMD juga perseorangan. Hasil yang didapatkan menunjukkan perubahan yang sangat signifikan, kemampuan sekolah tersebut menunjukkan kemampuan dalam....
 membangun kemitraannya dengan pemerintah pusat dan daerah.
 membangun kemitraannya dengan berbagai pihak dalam aspek sarana dan prasarana
 membangun kemitraannya dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas pendidikan
 membangun kemitraannya dengan berbagai pihak.
47.
Untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan, dilakukan upaya antara lain : mencari dukungan dana dan barang jadi, pembuatan taman, pengadaan tong sampah dan tempat penampungan sampah sementara dan merelief dinding, menanam bunga dan jenis tanaman lainnya. Upaya yang dilakukan oleh sekolah tersebut, adalah ....
 menggali bentuk dukungan masyarakat/stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
 menggali dukungan moral dari berbagai pihak kepentingan
 menggali bentuk dukungan masyarakat
 menggali dukungan moral dalam penyelenggaraan pendidikan
48.
Yang bukan merupakan Prinsip penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah....
 mengembangkan kemandirian belajar
 memperhatikan perbedaan individu peserta didik
 berbasis konten
 berorientasi kekinian
49.
Seorang guru melakukan penilaian berdasarkan kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara berkesinambungan atau catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka guru tersebut melakukan penilaian dengan teknik....
 pengamatan atau observasi
 portofolio
 penilaian hasil karya
 pencatatan anekdot
50.
Urutan prinsip pengembangan KTSP berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014....
 Berpusat pada potensi, menyeluruh dan berkesinambungan, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang, belajar sepanjang hayat.
 Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang, menyeluruh dan berkesinambungan, dan Belajar sepanjang hayat
 Berpusat pada potensi, belajar sepanjang hayat, menyeluruh dan berkesinambungan, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang.
 Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang, Belajar sepanjang hayat, Menyeluruh dan berkesinambungan

Soal SMA

Soal Postest Penguatan KS SMA

Latihan Soal Postest Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes Penguatan KS SMA

Soal Pretes Penguatan KS SMA ...Baca selengkapnya...

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi

Soal Pedagogik PPG UKG Biologi ...Baca selengkapnya...

Soal UP PPG UKG Biologi SMA MA

Latihan Soal PPG UKG Mapel Biologi SMA MA ...Baca selengkapnya...

Soal Latihan UP PPG PPKN

Latihan Soal Uji Pengetahuan (UP) PPG PPKN ...Baca selengkapnya...
a