Soal Postest Penguatan KS SMK

Soal Postest Penguatan KS SMK

Petunjuk Teknis

» Penguatan Kepala Sekolah SMK

Mata Pelajaran : Penguatan Kepala Sekolah SMK
Jenjang : SMK MAK
Soal : Soal Postest Penguatan KS SMK

Soal Postest Penguatan KS SMK Penguatan Kepala Sekolah SMK


KERJAKAN SOAL


1.
Hasil monev dari kegiatan Identifikasi tantangan nyata/kesenjangan antara Kondisi Pendidikan saat ini terhadap kondisi pendidikan masa datang sebagai berikut: No. Aspek Saat ini Masa datang Besar tantangan 1 Akademik Rt.UN 7,45 Rt.UN 7,75 0,30 Maka tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah yang menjadi prioritas dalam RKAS adalah ....
 menyusun program ekstra kurikuler
 menyusun program remidial teaching
 menyusun program pelajaran tambahan
 menyusun program workshop bagi guru
2.
Perbedaan antara RKJM dan RKAS adalah ....
 RKJM memuat seluruh program kerja selama empat tahun dan RKAS adalah bagian RKJM yang memuat seluruh program dan kegiatan selama setahun beserta anggarannya
 RKJM memuat seluruh program dan kegiatan sekolah dengan anggaran yang dibutuhkan dan RKAS berisi rangkaian kegiatan selama setahun.
 RKJM memuat seluruh program kerja selama empat tahun dan merupakan bagian dari RKAS yang memuat seluruh program dan kegiatan selama setahun beserta anggarannya
 RKJM memuat seluruh program kerja selama lima tahun dan bagian dari RKAS yang memuat seluruh program dan kegiatan selama setahun beserta anggarannya
3.
Penghitungan dan penentuan besaran biaya/harga kegiatan dalam RKAS akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, hal ini disebabkan oleh ....
 mengacu pada Permendiknas No.19 tahun 2007 serta pembayaran kewajiban pajak
 mengacu pada kebijakan Sekolah dan Komite serta pembayaran kewajiban pajak
 mengacu pada kebutuhan dan prioritas setiap sekolah serta pembayaran kewajiban pajak
 mengacu pada besaran plafon yang berlaku serta pembayaran kewajiban pajak
4.
Perbedaan Deskripsi Hasil Analisis Konteks yang dicantumkan dalam RKAS dibanding dengan yang dicantumkan dalam RKJM adalah ....
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu empat tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu satu tahun
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu empat tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu empat tahun
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu satu tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu empat tahun
 Deskripsi Hasil Analisis Konteks dalam RKJM dalam kurun waktu satu tahun, dan dalam RKAS dalam kurun waktu satu tahun
5.
Diantara beberapa tujuan sekolah ada yang spesifik yang disesuikan dengan jenjang sekolahnya. Berikut ini yang merupakan contoh rumusan tujuan sekolah SMA adalah ....
 mengadakan layanan publik berupa informasi kegiatan di sekolah yang berbasis ict.
 menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, dan berwawasan wiyata mandala.
 menyiapkan peserta didik untuk masuk ke Perguruan tinggi yang diinginkan baik di dalam maupun di luar negeri.
 mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berakhlak, kreatif, berprestasi, berwawasan iptek dan lingkungan.
6.
Dalam menyusun rencana pelaksanaan program sekolah perlu mempertimbangkan beberapa hal agar dapat berlangsung efisien dan efektif. Hal-hal tersebut adalah ....
 juklak, juknis, pedoman dan borang evaluasi
 kelompok kerja, pengarah TIM, dan penanggung jawab
 alokasi waktu, ketersediaan dana, SDM dan fasilitas
 kiat, cara, teknik dan strategi evaluasi
7.
Pak Rahman, seorang kepala sekolah akan menyusun rencana kerja sekolah. Salah satu hal penting yang ingin diketahui oleh pak Rahman adalah ingin mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sekolah agar rencana kerja tersebut sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan ....
 membandingkan kondisi sekolah saat ini dengan kondisi sekolah yang diharapkan
 membandingkan harapan warga sekolah dengan kondisi sekolah saat ini
 membandingkan hasil analisis konteks dengan hasil laporan EDS
 membandingkan capaian prestasi sekolah dengan tujuan sekolah yang direncanakan.
8.
Sebelum sekolah menyusun rencana kerja sekolah yang tertuang dalam RKJM maupun RKAS, sekolah melakukan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Dengan EDS ini sekolah akan mendapatkan gambaran tentang ....
 seberapa jauh sekolah mencapai tujuan yang telah ditetapkan
 seberapa banyak sekolah mencapai indikator-indikator visi dan misi sekolah
 seberapa lengkap sekolah mencapai SNP dan SPM
 seberapa banyak SDM (guru dan tenaga kependidikan) terlibat dalam mencapai tujuan sekolah
9.
Pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang konsep penilaian ketercapaian Sasaran Kerja Pegawai?
 Aspek biaya dapat diisi berdasarkan perhitungan rencana anggaran dan kegiatan sekolah yang dibuat bersama kepala sekolah dan tim pengembang sekolah
 Salah satu aspek yang ada dalam formulir penilaian ketercapaian SKP adalah bukti fisik
 Penandatanganan hasil penilaian capaian SKP dilakukan oleh pejabat penilai pada formulir penilaian ketercapain SKP
 Penilaian ketercapaian SKP dapat dilakukan 6 bulan satu kali (per semester)
10.
Untuk mengembangkan budaya kerja positif di sekolah memerlukan perjuangan yang harus berkelanjutan. Komunikasi memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan budaya positif di sekolah. Secara umum langkah-langkah pengembangan budaya positif di sekolah dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.... 1 . penerapan secara terbatas (area atau substansi) 2. sosialisasi dan pemahaman 3. evaluasi penerapan 4 . pembentukan komitmen Urutan yang benar dari tahapan tersebut adalah
 1, 2, 4, 3
 2, 4, 1, 3
 2, 1, 4, 3
 4, 2. 1, 3
11.
Saat mengajar guru selalu memperlihatkan kemampuan mengajarnya dengan mentrasfer materi secara utuh tanpa memperhatikan aktivitas peserta didiknya. Guru menjelaskan secara rinci, dan peserta didik hanya memperhatikan dengan sungguhsungguh. Peserta didik secara konseptual memahami materi secara utuh. Kegiatan pembelajaran tersebut, adalah ....
 kebiasaan guru menggunakan CBSA.
 kebiasaan guru aktif peserta didik pasif
 kebiasaan guru aktif peserta didik aktif
 kebiasaan guru pasif peserta didik aktif
12.
Sekolah A selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam menyambut hari-hari besar nasional. Di antaranya kegiatan bakti masyarakat, khitanan masal, lomba akademik dan nonakademik. Kegiatan yang paling menonjol adalah kegiatan khitanan masal. Peserta didik menyumbangkan sebagian hartanya untuk kegiatan khitanan masal melalui mata pelajaran Pendidikan Agama dan PKn. Dana yang terkumpul sepenuhnya dikelola oleh para peserta didik melalui OSIS. Sekolah tersebut, melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan ....
 kegiatan ekstrakurikuler
 pembiasaan positif
 kegiatan keagamaan.
 kegiatan intrakurikuler
13.
Data hasil analisis kondisi pendidikan saat ini dengan kondisi pendidikan masa datang suatu sekolah menunjukkan terdapat kesenjangan dalam Standar Proses yang cukup tajam, maka sekolah perlu meningkatkan kualitas SDM khususnya guru yang meliputi ....
 Persiapan pembelajaran, persyaratan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pengawasan pembelajaran
 persiapan pembelajaran, persyaratan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian pembelajaran
 persiapan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian pembelajaran
 persyaratan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan penilaian pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran
14.
Aspek-aspek yang perlu dijabarkan dalam perencanaan pengawasan dan evaluasi adalah ....
 program kurikulum, kesiswaan, sarpras dan humas
 program pengawasan, evaluasi diri, evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, serta akreditasi sekolah
 program monev, peningkatan pendidik dan tenaga kependidikan, serta pemenuhan sarpras
 program perpustakaan, pengelolaan laboratorium, dan pemanfaatan sarpras
15.
Langkah awal yang seharusnya dilakukan kepala dan tim pengembang sekolah ketika melakukan review terhadap RKAS adalah ....
 mengidentifikasi rincian program/kegiatan yang telah terlaksana pada tahun berjalan
 memeriksa apakah setiap SNP dalam RKAS telah memuat rincian program/kegiatan
 mencermati apakah RKAS telah mencantumkan delapan SNP
 mengidentifikasi rincian program/kegiatan yang sedang dilaksanakan pada tahun berjalan
16.
Budaya sekolah dipandang sebagai eksistensi suatu sekolah yang terbentuk dari hasil saling mempengaruhi antara tiga faktor berikut ini. Faktor yang tidak mempengaruhi adalah....
 kebijakan kepala sekolah.
 norma - norma budaya sekolah
 sikap dan kepercayaan orang yang berada di sekolah dan lingkungan luar sekolah
 hubungan antar individu di dalam sekolah
17.
Penilaian Prestasi Kerja harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau penilaian subyektif pribadi dari pejabat penilai terhadap guru, kepala sekolah, guru yang diberi tugas tambahan, dan tenaga kependidikan lain yang dinilai. Uraian ini merupakan prinsip penilaian prestasi kerja yang ....
 obyektif
 transparan
 akuntabel
 parrtisipatif
18.
Berikut ini adalah rumusan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah 1. Pada tahun 2018, semua warga sekolah dapat memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi sesuai dengan bidang tugas masing-masing 2. Pembelajaran dalam rangka menyiapkan sarana pemenuhan kompetensi peserta didik 3. Berprestasi, menguasai iptek, beriman dan taqwa 4. Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik yang kompetitif Urutan yang benar untuk visi, misi dan tujuan adalah ....
 3, 2, 1.
 3, 4, 2
 3, 4, 1
 3, 1, 4
19.
Dalam hasil analisis konteks kondisi sekolah saat ini daya saing lulusan terdapat data hanya sekitar 39% siswa lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi, maka sekolah akan menetapkan program untuk meningkatkan ....
 prestasi akademik siswa
 prestasi nonakademik siswa
 motivasi belajar siswa
 motivasi guru dalam pembelajaran
20.
Seorang guru sedang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, peserta didik bekerja dalam bentuk kelompok-kelompok. Kegiatan ini dapat mewujudkan kemampuan potensial peserta didik dan juga menerapkan budaya sekolah yang kurang positif di antaranya ....
 kejujuran
 kebersamaan
 membangun komunikasi
 menunjukkan kemampuan individu.
21.
Komponen-komponen inti RKJM yang juga menjadi komponen RKAS adalah ....
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, visi, monitoring evaluasi
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, visi/misi, monitoring evaluasi
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, monitoring evaluasi
 analisis strategis, Identifikasi tantangan nyata, visi/misi, tujuan, monitoring evaluasi
22.
Dalam perencanaan program dan penganggaran pencapaian target sekolah harus mengacu pada acuan yang telah ditetapkan. Dalam Permendikbud No.23 tahun 2013 tentang Perubahan atas Permendiknas No.15 tahun 2010 adalah ....
 SPM (Standar Pelayanan Minimal)
 SNP (Standar Nasional pendidikan)
 ketiganya.
 EDS (Evaluasi Diri Sekolah)
23.
Pak Rahman adalah kepala sekolah, telah selesai menyusun laporan pelaksanaan supervisi akademik guru-gurunya semester ini. Hasil analisisnya adalah bahwa 60% guru belum menganalisis hasil ulangan yang dilakukan. Selanjutnya hasil supervisi ini dijadikan dasar menyusun program kegiatan tindak lanjutnya yang akan dimasukkan dalam RKAS yaitu ....
 menyusun program remidial teaching
 menyusun program ekstra kurikuler.
 menyusun program pelajaran tambahan
 menyusun program workshop bagi guru
24.
Berdasarkan hasil analisis kondisi nyata sekolah saat ini dibandingkan dengan kondisi sekolah yang akan datang, terdapat kesenjangan nyata pada Standar Kompetensi Lulusan. Maka usaha yang harus dilakukan sekolah adalah berusaha meningkatkan prestasi siswa dalam bidang ....
 akademik dan non akademik
 olah raga dan kesenian
 akademik dan olah raga
 akademik dan kesenian
25.
Guru menginstruksikan kepada peserta didiknya dalam melakukan evaluasi haruslah bekerja sendiri dengan penuh tanggung jawab. Pernyataan di atas, adalah Guru .....
 mengaitkan budaya sekolah yang baik meliputi budaya jujur
 membuat komitmen tentang kejujuran.
 mengaitkan PBM dengan kejujuran
 melaksanakan budaya sekolah
26.
Di sekolah Y memberlakukan peraturan bagi peserta didiknya setiap pagi sebelum belajar dimulai harus mengaji selama sepuluh menit. Peserta didik yang tidak melaksanakan kegiatan tersebut akan diberi sanksi dengan membaca/mengaji dua kali lipat dari yang seharusnya dilakukan. Pada hari ini ada dua orang peserta didik laki laki yang tidak mengaji tetapi guru yang sedang mengajar tidak memberikan sanksi kepada peserta didik tersebut. Berdasarkan kasus ini berarti guru tersebut, ....
 belum tahu sama sekali tentang susunan visi sekolah
 tidak peduli terhadap visi sekolah.
 tidak tahu tentang visi sekolah
 belum memahami tentang visi sekolah
27.
Merumuskan rencana pelaksanaan program, rencana pemantauan dan evaluasi dalam RKS/RKJM lebih mengarah pada ....
 jadwal, pelaksana dan penanggung jawab yang jelas untuk melaksanakannya
 alokasi waktu, alokasi dana dan SDM pelaksana
 alokasi dana, SDM dan perangkat kerja yang dibutuhkan
 kiat, cara, teknik, dan atau strategi yang jitu, efisien, efektif, dan layak untuk dilaksanakan
28.
Tujuan melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah adalah untuk ....
 mengetahui tingkat ketercapaian kegiatan
 mengetahui tingkat keterserapan anggaran
 mengetahui kendala-kendala yang terjadi
 mengetahui tingkat efektifitas kegiatan
29.
Komponen RKJM dan RKAS terdiri dari ....
 analisis lingkungan, identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
 analisis hasil EDS, Identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
 analisis SWOT, identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
 identifikasi tantangan, visi sekolah, misi sekolah, tujuan sekolah, program strategis, strategi pelaksanaan, hasil yang diharapkan, monitoring dan pembiayaan
30.
Kita dapat melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah dengan cara ....
 mendata seluruh realisasi pelaksanaan program kegiatan dan anggaran dalam RKAS
 membandingkan antara tujuan sekolah dengan rencana program kegiatan dan anggaran dalam RKAS
 menganalisis tingkat ketercapaian program kegiatan dan anggaran dalam RKAS
 membandingkan antara kegiatan dan anggaran yang tercantum dalam RKAS dengan realisasi program kegiatan dan anggaran
31.
Sekolah Z mempunyai visi -Cerdas, Mandiri, dan Berakhlak Mulia-. Untuk mencapai visi tersebut, sekolah membuat misi yang sesuai. Di bawah ini misi yang tidak sesuai adalah ....
 mengembangkan potensi peserta didik secara utuh sesuai kecerdasannya.
 mengembangkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
 meningkatkan sarana-prasarana pendidikan di atas standar pelayanan minimal
 menumbuhkembangkan kemandirian dalam melaksanakan pendidikan/ pembelajaran sesuai dengan SNP.
32.
Guru setelah melaksanakan proses belajar mengajar, memberikan tugas kepada peserta didiknya tugas mandiri tidak terstruktur yakni, Peserta didik disuruh mewawancarai pihak kepolisian tentang kenakalan remaja dalam penyalahgunaan obat terlarang. Teknis penyebaran tugas diserahkan sepenuhnya kepada peserta didik dengan dipimpin oleh ketua kelasnya. Guru tersebut, memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk menumbuhkan iklim ....
 budaya kejujuran.
 budaya kemandirian.
 yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas kemandirian.
 budaya kreativitas.
33.
Hasil analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman suatu sekolah menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan yang nyata antara kondisi nyata dan kondisi yang diharapkan. Data ini penting bagi sekolah tersebut untuk ....
 mengetahui apa permasalahan dan alternatif penyelesaiaannya
 mengetahui kesulitan yang dialami sekolah
 membandingkan kondisi sekolah dengan sekolah lain
 membandingkan tingkat kesulitan antar SNP
34.
Pak Arju seorang kepala sekolah yang akan melakukan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di sekolahnya. Arah dari pelaksanaan evaluasi kinerja yang dilakukan diarahkan untuk mengetahui ....
 kesesuaian penugasan dengan ijazah dan keseimbangan beban tugas
 kesesuaian penugasan dengan keahlian dan keseimbangan beban tugas
 kesesuaian penugasan dengan ijasah dan keseimbangan tugas tambahan
 kesesuaian penugasan dengan keahlian dan keseimbangan tugas tambahan
35.
Pada akhir tahun ajaran kepala sekolah mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan pembelajaran tahun berjalan. Ada beberapa usulan untuk membangun sekolah. Usulan tersebut adalah, 1. Pak Agus mengusulkan perbaikan gerbang sekolah sebagai -wajah- sekolah 2. Pak Budi mengusulkan pagar belakang sekolah untuk ditinggikan agar keamanan sekolah terjamin 3. Ibu Cicih sebagai pembina perpustakaan sekolah mengusulkan penambahan buku perpustakaan terutama buku materi pembelajaran IPA dan IPS 4. Ibu Erna sebagai wakasek kesiswaan mengusulkan pengadaan pakaian seragam drum band baru Sebagai kepala sekolah, kegiatan yang akan diprioritaskan dalam menyusun RKAS tahun depan adalah ....
 kegiatan 2
 kegiatan 4
 kegiatan 1
 kegiatan 3
36.
Prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sekolah/madrasah berdasarkan UU RI Nomor 20 Tahun 2003 ....
 akuntabilitas publik, efisensi, validitas, transparansi
 akuntabilitas publik, efektifitas, keadilan, transparansi
 akuntabilitas publik, efisensi, keadilan, transparansi
 akuntabilitas publik, efisensi, efektifitas, transparansi
37.
Berikut ini adalah pernyataan tentang visi, bahwa visi merupakan sarana untuk I. Mengkomunikasikan alasan keberadaan lembaga dalam arti tujuan dan tugas pokok, II. Memperlihatkan framework hubungan antara lembaga dengan stakeholders (sumber daya manusia lembaga, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait), III. Menyatakan sasaran utama kinerja lembaga dalam arti pertumbuhan dan perkembangan. IV. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh sekolah bersangkutan. Pernyataan yang benar adalah ....
 I, III, IV
 II, III, IV.
 I, II, IV
 I, II, III
38.
Penyusunan RKAS perubahan hasil tindak lanjut melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah, dengan harus mempertimbangkan keterlaksanaan SNP terutama ....
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar penilaian
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar Pembiayaan
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar Pengelolaan
 Standar Isi, Standar Kompetensi lulusan, Standar Proses dan Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan
39.
Tahap pertama untuk menyusun perencanaan evaluasi program sekolah adalah menentukan komponen perencanaan sekolah yang akan dievaluasi, komponen tersebut terdiri dari ....
 Rencana Kerja Sekolah, Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana Kerja Tahunan, dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah
 Rencana Kerja Sekolah, Pelaksanaan RKS, Pengawasan dan Evaluasi, Kepemimpinan Sekolah dan Sistem Informasi Manajemen Sekolah
 RKS, RKJM, RKT, RKAS serta Rencana bidang Kurikulum, Kesiswaan, Sarpras dan Humas
 Rencana Kerja bidang Kurikulum, bidang Kesiswaan, bidang Sarana Prasaran Sekolah dan Hubungan Masyarakat
40.
Budaya sekolah harus dapat mempengaruhi jalannya pembelajaran yang positif bagi peserta didik. Berikut ini kegiatan yang merupakan cara untuk mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik adalah ....
 peserta didik membuat hasil karya sesuai bakatnya
 kerja bakti di sekolah
 peserta didik diikutsertakan dalam kegiatan porseni.
 kerja kelompok di dalam kelas
41.
Di sebuah sekolah, ada siswa yang sering tidak masuk dan suka berkelahi. Kepala sekolah sudah berusaha membina siswa tersebut melalui pembina OSIS, serta tim Bimbingan dan Konseling. Tetapi usaha tersebut belum membuahkan hasil yang positif. Langkah terbaik berikutnya yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk membina siswa tersebut adalah ....
 meminta wali kelas untuk melakukan pendekatan persuasif secara individual kepada siswa tersebut.
 memberi hukuman kepada siswa tersebut di hadapan siswa lain saat upacara sekolah, agar dia jera.
 mengkomunikasikan hal tersebut kepada orang tua siswa dengan melayangkan surat panggilan.
 memanggil siswa tersebut dan memberitahukan kepadanya bahwa tindakkannya merusak citra sekola
42.
Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi dalam RKAS dapat dilakukan melalui ....
 langsung oleh kepala sekolah dan dapat mendelegasikan kepada guru senior
 supervisi, monitoring, evaluasi, dan pelaporan
 membentuk TIM yang diberi tugas untuk melaksanakan, memantau dan mengevaluasi RKAS
 pengumuman, rapat dewan guru, keterlibatan guru, dan keterlibatan warga sekolah
43.
Dalam mewujudkan sekolah yang bermutu baik akademik atau nonakademik, sekolah melaksanakan budaya membaca minimal dua jam perhari untuk seluruh warga sekolah Kegiatan membaca dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah, dan peserta didik wajib melaporkan isi hasil dari membaca yang telah dilakukan dalam bentuk tertulis sesuai dengan materi yang dibacanya. Kebiasaan yang dilakukan oleh warga sekolah ini, mempunyai makna untuk memotivasi ....
 tumbuhnya iklim budaya membaca.
 peserta didik bersaing dalam belajar
 peserta didik berpartisifasi aktif dalam belajar
 peserta didik berprestasi
44.
Perhatikan pernyataan di bawah ini: (1) Selalu dapat menyelesaikan tugas pelayanan sebaik-baiknya dengan sikap sopan dan sangat memuaskan baik untuk pelayanan internal mapun eksternal organisasi. (2) Pada umumnya dalam melaksanakan tugas bersifat jujur, ikhlas dan tidak pernah menyalahgunakan wewenang serta berani menanggung resiko dari tindakan yang dilakukannya. (3) Selalu bertindak tegas dan tidak memihak, memberikan teladan yang baik, kemampuan menggerakkan tim kerja untuk mencapai kinerja yang tinggi, mampu menggugah semangat dan menggerakkan bawahan dalam melaksanakan tugas serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. (4) Pada umumnya mentaati peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang berlaku dengan rasa tanggung jawab dan selalu mentaati ketentuan jam kerja serta mampu menyimpan dan/atau memelihara barang-barang milik negara yang dipercayakan kepadanya dengan sebaik-baiknya. Pernyataan di atas merupakan indikator dalam penilaian perilaku kerja pegawai. Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan indikator perilaku kerja untuk aspek integritas?
 Pernyataan (1)
 Pernyataan (4)
 Pernyataan (2)
 Pernyataan (3)
45.
Salah satu bentuk publikasi Laporan penggunaan keuangan dana BOS, menurut Permendikbud No.76 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS, BAB III Bagian E tentang Tim Manajemen BOS, poin 3.g adalah melalui ....
 media cetak
 media elektronik
 papan pengumuman
 buku laporan keuangan sekolah
46.
Setelah kita melakukan evaluasi kegiatan dan anggaran sekolah, hasilnya akan kita gunakan untuk melakukan perubahan/revisi RKAS. Langkah pertama untuk menyusun RKAS perubahan ini adalah ....
 menetapkan bentuk kegiatan program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
 menetapkan prioritas program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
 menetapkan tujuan program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
 menetapkan penanggung jawab program kegiatan dan anggaran dengan mempertimbangkan keterlaksanaan SNP
47.
Manfaat identifikasi budaya kerja yang baik di sekolah adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang. Yang bukan merupakan manfaat budaya kerja efektif,antara lain ....
 menunjukkan bahwa kita memiliki kompetensi
 membangun komunikasi yang lebih baik
 meningkatkan jiwa gotong royong
 saling terbuka satu sama lain.

Soal SMK MAK

Soal Postest Penguatan KS SMK

Latihan Soal Postest Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes Penguatan KS SMK

Soal Pretes Penguatan KS SMK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi Tekstil

Latihan Soal PPG UKG Teknologi TekstilSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi Penangkapan Ikan

Latihan Soal PPG UKG Teknologi Penangkapan IkanSMK MAK ...Baca selengkapnya...

Soal Pretes PPG UKG Teknologi dan Produksi Perikanan Budidaya

Latihan Soal PPG UKG Teknologi dan Produksi Perikanan BudidayaSMK MAK ...Baca selengkapnya...
a