Materi UKG GPO Kisi Kisi PPG - Kisi Kisi PPG Geografi
Kisi Kisi PPG Geografi
Bagikan ke WhatsApp
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Geografi
No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian Indikator Esensial |
|||
1. |
Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi |
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Menerapkan prinsip geografi |
2. |
Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi |
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Menentukan konsep dasar geografi yang tepat utk mengkaji gejala geosfer |
3. |
Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi |
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Menentukan tema analisis yang sesuai dengan gejala geografi yang terjadi |
4. |
Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi |
Mampu melakukan penelitian geografi |
Menentukan tahapan penelitian geografi |
5. |
Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi |
Mampu melakukan penelitian geografi |
Merumuskan permasalahan penelitian geografi |
6. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan |
Menunjukkan teori tentang dinamika kerak bumi |
7. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan |
Mengidentifikasi orde relief permukaan bumi |
8. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dipermukaan bumi |
Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh fenomena geosfer pada kehidupan dipermukaan bumi |
9. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dipermukaan bumi |
Menganalisis perubahan arah angin di Indonesia |
10. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dipermukaan bumi |
Menentukan perubahan suhu berdasar ketinggian |
11. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dipermukaan bumi |
Mengidentifikasi pengaruh dinamika atmosfer terhadap pertanian |
12. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan dipermukaan bumi |
Mengidentifikasi penyebab efek rumah kaca |
13. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfera |
Menganalisis kondisi hidrologis dengan aktivitas penduduk |
14. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfera |
Menghubungkan karakteristik DAS suatu wilayah dengan peristiwa alam yang ditimbulkan |
15. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfera |
Membandingkan hubungan pola aliran sungai dengan sedimentasi |
16. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfera |
Menghubungkan karakteristik relief suatu wilayah dengan ketersediaan air tanah |
17. |
Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam |
Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam kaitannya |
Menunjukan fenomena yang terjadi sebagai akibat rotasi dan revolusi bumi |
18. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi |
Menjelaskan jenis bencana alam |
19. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi |
Menunjukkan contoh adaptasi bencana sesuai karakteristik bencana alam |
20. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi |
Menganalisis kerentanan bencana suatu wilayah |
21. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan |
Menjelaskan karakteristik kependudukan di negara sedang berkembang |
22. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan |
Mengidentifikasi sumber data kependudukan |
23. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan |
Menghitung rasio komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin |
24. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan |
Menentukan penyelesaian masalah kependudukan |
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
25. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan |
Memprediksi perubahan penduduk di suatu wilayah |
26. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, pertambangan, industri, dan pariwisata |
Memberi contoh bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pengelolaan lingkungan pantai, dataran rendah/dataran tinggi |
27. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam bidang pertanian, pertambangan, industri, dan pariwisata |
Menunjukkan contoh bentuk-bentuk kearifan lokal dalam pemanfaatan sumberdaya alam bidang pertanian/ pertam bangan/industri/pariwisata |
28. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Mengevaluasi tindakan yang tepat dalam Pelestarian lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan yang berkelanjutan |
Menganalisis dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan sumber daya alam bidang pertambangan |
29. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah |
Menganalisis terjadinya interaksi desa dan kota |
30. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah |
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan desa/kota |
31. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah |
Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi persebaran desa/kota |
32. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah |
Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah |
33. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika litosfera. |
Menganalisis hubungan potensi geografi dan persebaran ketahanan pangan |
34. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif |
Mengidentifikasi potensi sumber daya alam terbarukan di Indonesia |
35. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif |
Menunjukkan pemanfaatan SDA yang sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan |
36. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim |
Menganalisisi sebaran vegetasi alamiah berdasarkan region |
37. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim |
Membandingkan karakteristik fauna antar wilayah |
38. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim |
Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi tanaman |
39. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim |
Mengidentifikasi ciri-ciri fauna diberbagai wilayah |
40. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya |
Mengklasifikasi Bahan tambang di Indonesia berdasar nilai strategisnya |
41. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya |
Mengidentifikasi lokasi bahan tambang |
42. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya |
Mengidentifikasi karakteristik mata pencaharian berdasarkan barang tambang |
43. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis sebaran barang tambang di Indonesia berdasarkan nilai strategisnya |
Memilih alternatif peningkatan produksi pertanian |
44. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan |
Menganalisis pengelolaan lingkungan |
45. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan |
Menunjukkan tindakan yang tepat dalam pemanfaatan sumber daya alam menggunakan teknologi tepat guna |
46. |
Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi |
Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan |
Menganalisis cara melakukan konservasi air/tanah/udara secara tepat |
47. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri |
Menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi |
Menjelaskan manfaat penginderaan jauh pada berbagai bidang |
48. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri |
Menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi |
Menganalisis unsur-unsur intepretasi pada suatu obyek |
49. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri |
Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana memvisualkan geosfer |
Menganalisis manfaat SIG pada berbagai bidang |
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
50. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri |
Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana |
Membedakan data spasial model data raster dan data vektor dalam aplikasi SIG |
51. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri |
Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana |
Menganalisis pemanfaatan SIG dalam perencanaan mitigasi bencana |
52. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana |
Menjelaskan komponen-komponen pada peta |
53. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana |
Menentukan skala peta dari jarak sebenarnya |
54. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana |
Menentukan jenis proyeksi yang digunakan pada peta |
55. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana |
Menjelaskan cara yang digunakan dalam menentukan arah dan lokasi |

