Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Berikut KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif mengenai keprofesian guru agribisnis produksi tanaman

Disajikan narasi tentang profesi guru, peserta menganalisis prinsip dan konsep profesi keguruan berdasarkan peraturan perundang-undangan dalam narasi tersebut

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep TPACK (tecnho-pedagogical content knowledge) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian

Disajikan narasi tentang kegiatan dalam mata pelajaran kultur jaringan, peserta dapat menentukan model, metode atau strategi yang digunakan untuk mendukung siswa menguasai materi pembelajaran

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan narasi sarana dan prasaran yang dimiliki Laboratorium dan karakteristik materi ajar, peserta dapat menerapkan model, metode pembelajaran dan asesmen yang sesuai

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan narasi tentang materi budidaya tanaman pangan dan hortikultura, peserta dapat menentukan kesesuaian materi ajar dengan tingkat perkembangan dan lingkungan siswa

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan narasi tentang kompetensi dasar agribisnis tanaman hortikultura/pangan/perkebunan, peserta dapat menentukan materi yang berhubungan dengan kompetensi dasar

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan narasi tentang kompetensi inti yang harus dimiliki siswa SMK Pertanian, peserta dapat menyusun kompetensi dasar untuk mata pelajaran budidaya tanaman pangan dan hortikultura

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan materi pokok dalam silabus mata pelajaran tertentu dan kondisi sarana prasaran, peserta dapat menentukan media pembelajaran yang tepat

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan narasi tentang capaian pembelajaran mata pelajaran tertentu, peserta menentukan materi pokok kegiatan pembelajaran yang tepat

menerapkan penelitian pendidikan dalam menjalani profesi guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman.

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran siswa, peserta dapat menentukan judul penelitian tindakan kelas dengan tepat

menerapkan penelitian pendidikan dalam menjalani profesi guru untuk peningkatan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman.

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran siswa, peserta dapat menyusun tujuan dan hipotesis penelitian tindakan kelas dengan tepat

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan agribisnis produksi tanaman

Disajikan narasi tentang karakteristik lahan untuk konversi lahan pertanian organik, peserta dapat mengumpulkan data tentang suatu lahan dari berbagai sumber media pembelajaran. dengan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan agribisnis produksi tanaman

Disajikan narasi tentang karakteristik lahan untuk konversi lahan pertanian organik Peserta dapat mengevaluasi media pembelajaran yang digunakan untuk konversi lahan

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif

Disajikan narasi tentang konsep pemasaran. Peserta dapat menerapkan TIK pada media pembelajaran tentang bauran pemasaran hasil pertanian

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif

Disajikan narasi tentang pentingnya merencanakan strategi pemasaran Peserta dapat menggunakan TIK untuk merancang berbagai model strategi pemasaran.

Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Studi kasus tentang penerapan budidaya tanaman organik oleh petani. peserta dapat mengkreasikan materi ajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan prinsip-prinsip pertanan organik

Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Disajikan narasi tujuan pembelajaran tentang penerapan budidaya tanaman secara organik. Peserta dapat merancang evaluasi materi ajar sesuai dengan kebutuhan tujuan pembelajaran.

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran mengenai lingkungan produk pertanian., peserta dapat menyusun sintaks pembelajaran dalam melakukan audit lingkungan internal dan eksternal dari produk pertanian

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran dalam suatu RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

peserta dapat merancang indikator yang digunakan pada pelaksanaan pembelajaran audit lingkungan.

Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman

Disajikan kasus tentang berbagai usaha produksi tanaman dan profil usaha yang berhasil dan belum berhasil. peserta dapat menyusun berbagai kriteria yang tepat dan sistematis untuk melakukan penilaian pada kasus tersebut

Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran agribisnis produksi tanaman

Peserta dapat melakukan evaluasi penilaian untuk menganilisis faktor resiko dalam usaha pertanian

Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menetapkan jenis komoditas tanaman yang akan ditanam berdasarkan syarat tumbuh tanaman dengan tepat

Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu memilih cara olah tanah sesuai komoditas terpilih berbasis kesesuaian lahan dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara vegetative alami dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalis perbanyakan tanaman secara vegetative buatan dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara konjugasi, isogami, dan anisogami dengan tepat

Membuat rencana produksi tanaman tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu memilih pola tanam yang tepat untuk komoditas yang akan di tanam dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis perbanyakan tanaman secara kultur jaringan dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis prinsip-prinsip pembiakan generatif dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis prosedur kerja persemaian tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu merancang kebutuhan sarana produksi untuk kegiatan agribisnis tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman serealia dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman umbi- umbian dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis penanaman tanaman hortikultura dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menghitung kebutuhan air tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta dapat menghitung kebutuhan pupuk tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menentukan jenis gulma penting dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Perserta mampu mengendalikan gulma dengan berbagai cara secara tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menentukani jenis hama dan penyakit pada tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menentukan gejala serangan hama dan penyakit tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman dengan berbagai cara secara tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu mengevaluasi Kriteria panen tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menentukan pascapanen tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menerapkan prinsip-prinsip pemuliaan tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menerapkan prosedur pemuliaan tanaman dengan tepat

Mengelola kegiatan produksi tanaman (hortikultura/pangan)

Peserta mampu menganalisis taman dan elemen taman dengan tepat

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu menerapkan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan di dataran tinggi

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu menerapkan persyaratan tumbuh tanaman perkebunan di dataran rendah

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu mengelola kesuburan tanah pada tanaman perkebunan

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu menerapkan penanaman tanaman perkebunan

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu menerapkan Pemangkasan tanaman perkebunan dengan tepat

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu menganalisis pengendalian hama dan penyakit dan gulma pada tanaman perkebunan

Mampu mengelola kegiatan Produksi Tanaman Perkebunan dan kegiatan pengelolaan perkebunan

Peserta mampu Mengevaluasi penggunaan metode panen dan pasca panen pada tanaman perkebunan

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu merancang jenis komoditas dalam budidaya tanaman berdasarkan potensi geografis

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu merancang jenis komoditas dalam budidaya tanaman berdasarkan kesesuaian persyaratan teknis

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu merencanakan strategi pemasaran STP (Segmenting Targetting Positioning) dengan tepat

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu menentukan bauran pemasaran produk pertanian dengan tepat

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu menerapkan pengadaan Sumberdaya manusia

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu merencanakan metode pengembangan Sumberdaya manusia

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu mengaplikasikan metode analisis jabatan dalam pengadaan lapangan kerja

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu merancang strategi untuk meningkatkan kinerja bisnis dengan tepat

Mampu menganalisis, merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan Agiribisnis Produksi Tanaman

Peserta mampu Membuat laporan laba-rugi usaha produksi tanaman dengan tepat

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu menilai potensi dan peluang penerapan pertanian organik

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu menjelaskan standar lahan yang digunakan pada sistem pertanian secara organik.

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu menjelaskan standar sumber air yang digunakan pada sistem pertanian secara organik

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu merancang strategi pemupukan pada pertanian secara organik

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu merancang strategi pengendalian HPT pada pertanian secara organik

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu mengukur sistem pengelolaan panen dan pascapanen pertanian secara organik sesuai standar operasional prosedur dengan tepat

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu menganalisis sistem ekologi tanaman dalam budidaya tanaman

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu merekonstruksi pola pelestarian lingkungan dan pembangunan berwawasan lingkungan

Mampu melakukan penilaian potensi penerapan pertanian organik dan merancang strategi pembangunan berwawasan lingkungan yang berbasis ekologi

Peserta mampu merancang sistem dan menerapkan pemanfaatan limbah pertanian

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Modul Materi PPG PJOK

Modul Materi PPG PJOK

Berikut Modul Materi PPG PJOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SERTA BELAJAR GERAK DALAM PEMBELAJARAN PJOK 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, Download 2. Belajar Motorik...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Berikut KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Capaian Pembelajaran Indikator Esensial Menguraikan klasifikasi komoditas has...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMA

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMA

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMA sebagai berikut NO deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMK

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMK

Berikut Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMK NO deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Tunadaksa

Kisi Kisi Pretest UKG Tunadaksa

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Mata PelajaranTunadaksa No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...