Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JERMAN
KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JERMAN
Bagikan ke WhatsApp
Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)
KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JERMAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
INDIKATOR ESENSIAL |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu tujuan dan materi pembelajaran. peserta dapat menentukan teknik pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu tema pembelajaran. Peserta dapat menentukan materi ajar yang sesuai dengan prinsip perkembangan siswa. |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu narasi tentang proses pembelajaran bahasa Jerman dengan situasi siswa yang sedang belajar. Peserta mampu menentukan pendekatan pembelajaran yang akan digunakan. |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu narasi tentang materi pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Peserta mampu menentukan strategi pembelajaran. |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu narasi tentang hasil belajar siswa. Peserta mampu menentukan tindak lanjut pembelajaran sesuai hasil belajar |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu tema pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi. Peserta mampu menentukan instrumen evaluasi akhir pembelajaran |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu Capaian Pembelajaran. Peserta dapat menentukan indikator pencapaian kompetensi. |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu narasi hasil observasi proses pembelajaran dihubungkan dengan hasil belajar. Peserta mampu menentukan media yang sesuai sebagai solusi hasil observasi. |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan satu narasi pembelajaran mendidik, yakni beberapa aplikasi pembelajaran Bahasa Jerman. Peserta mampu menentukan aplikasi yang sesuai dengan keterampilan berbahasa tertentu (mendengar, menulis, membaca, berbicara) |
Menguasai pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip teknik dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman. |
Disajikan narasi permasalahan tentang pembelajaran bahasa Jerman. Peserta mampu memutuskan langkah yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Peserta mampu menentukan aspek yang diketahui pada instrumen penelitian awal, sebagai identifikasi kebutuhan |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan tema dan tujuan pembelajaran. Peserta mampu menyusun materi yang sesuai. |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan tema, tujuan pembelajaran, dan indikator. Peserta mampu menyusun kegiatan pembelajaran sesuai tema, tujuan, dan indikator pembelajaran. |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan Tujuan Pembelajaran dan Indikator. Peserta dapat mengembangkan materi pembelajaran. |
|
|
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan materi, tujuan dan indikator pembelajaran. Peserta mampu mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif agar tujuan pembelajaran tercapai |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan Indikator Pencapaian Kompetensi. Peserta mampu menyusun instrumen penilaian sesuai Indikator |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan hasil belajar siswa. Peserta mampu mengevaluasi pembelajaran |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan narasi tentang permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran. Peserta mampu menyusun instrumen penelitian terkait masalah tersebut. |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan narasi kegiatan pembelajaran. Peserta mampu menetapkan narasi tersebut termasuk ke tahapan penelitian tindakan kelas |
Merancang, mengembangkan, dan mengaplikasikan pengetahuan faktual konseptual dan prosedural tentang prinsip, teknik, dan integrasi antara pengetahuan pendidikan bahasa Jerman, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, strategi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, prinsip-prinsip pembelajaran, media pembelajaran dan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Jerman; |
Disajikan satu narasi tentang hasil observasi pada penelitian tindakan kelas. Peserta mampu menulis kalimat sebagai laporan penelitian |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat, satu induk kalimat dan satu anak kalimat sesuai tema Sport. Peserta mampu menggabungkan dua kalimat dengan menggunakan konjungsi yang tepat |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf sesuai tema Soprt. Peserta mampu menentukan pokok pikiran paragraf tersebut |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan teks dalam satu paragraf terkait tema Frenseher und Film. Peserta mampu menjawab pertanyaan tentang teks |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat sesuai tema Fernseher und Film. Peserta mampu menggunakan kata kerja refleksi dalam kalimat |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat dengan menggunakan kata kerja PrAnteritum. Peserta mampu menulis kembali kalimat dengan merubah kata kerja PrAnteritum menjadi kata benda. |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf dongeng bahasa Jerman. Peserta mampu menyimpulkan nilai didik dari dongeng tersebut |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat dengan menggunakan kata sifat. Peserta mampu merubah kalimat dengan menggunakan kata sifat sebagai kata benda |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu bait lagu dalam bahasa Jerman. Peserta mampu menemukan informasi rinci dari satu bait lagu tersebut |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu menggabungkan kalimat tersebut dengan menggunakan Infinitiv mit zu. |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu narasi cerita. Peserta mampu mengomentari cerita yang disajikan |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu menggabungkan dua kalimat tersebut dengan menggunakan konjungsi alasan yang tepat |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf terkait tema Beziehung. Peserta mampu menemukan pokok pikiran paragraf tersebut. |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat langsung. Peserta mampu membuat kalimat tidak langsung berdasar kalimat tersebut |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan empat sampai enam kalimat terkait tema Familienleben. Peserta mampu menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi satu paragraf |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan 6 sampai 8 kata. Peserta mampu menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat dengan menggunakan Reflexive Verben |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf terkait tema Hochzeit und die Trennung. Peserta mampu menentukan informasi global paragraf tersebut. |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat aktif. Peserta mampu menyusun kalimat tersebut menjadi kalimat passiv |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan empat kalimat. Peserta mampu menyusun kalimat- kalimat tersebut manjadi satu paragraf terkait tema Computer |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu menghubungkan dua kalimat tersebut dengan menggunakan kata a€redamita€ |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan gambar dan teks tentang penemuan. Peserta mampu menjawab nama benda tersebut. |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat dalam bentuk Aktiv PrAnsens. Peserta mampu merubah kalimat tersebut ke dalam Passiv PrAnteritum |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan paragraf terkait tema. Peserta mampu menemukan ide pokok paragraf tersebut |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat dengan menggunakan kata sifat. Peserta mampu menambahkan deklinasi pada kata sifat di awal kata benda |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf terkait tema. Peserta mampu menentukan judul yang tepat sesuai paragraf |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu menggabungkan dua kalimat tersebut dengan menggunakan um..zu. |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan empat kalimat. Peserta mampu menyusun kalimat- kalimat tersebut menjadi satu jalan cerita yang tepat |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu menggabungkan dua kalimat dengan menggunakan kata sambung a€redassa€ |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf. Peserta mampu menentukan isi pokok paragraf |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat yang membutuhkan dua kata sambung sekaligus. Peserta mampu mengisi kata sambung yang tepat |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf cerita terkait tema. Peserta mampu menentukan pernyataan yang tepat sesuai isi cerita |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan kalimat aktif. Peserta mampu mengubah kalimat aktif menjadi kalimat passiv |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu iklan tertulis. Peserta mampu menemukan informasi penting dari iklan |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu kalimat dengan menggunakan kata sifat. Peserta mampu menambahkan deklinasi pada kata sifat sesuai kasus |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf terkait tema. Peserta mampu menjawab pertanyaan tentang teks |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu menggabungkan dua kalimat dengan menggunakan kata depan yang diikuti Genitiv |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf terkait tema Klima. Peserta mampu menemukan informasi rinci dalam teks |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat secara acak. Peserta mampu mengabungkan dua kalimat tersebut dengan menggunakan doppelkonjunktion je ..desto |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu pemberitahuan atau ramalan tentang keadaan cuaca. Peserta mampu menemukan informasi utama pemberitahuan atau ramalan cuaca |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu narasi terkait teks. Peserta mampu menuliskan narasi tersebut ke dalam bentuk Futur |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu narasi terkait teks. Peserta mampu menuliskan narasi tersebut ke dalam bentuk Futur |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu paragraf terkait tema. Peserta mampu menemukan informasi utama tentang tema |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu cerita terdiri dari beberapa kalimat. Peserta mampu membentuk kalimat-kalimat tersebut ke dalam bentuk PrAnteritum |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu cerita dalam satu paragraf. Peserta mampu menjawab pertanyaan tentang paragraf |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu cerita dalam satu paragraf. Peserta mampu menjawab pertanyaan tentang paragraf |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu cerita yang terdiri dari dua atau tiga kalimat. Peserta mampu merubah kalimat tersebut dalam bentuk Plusquamperfekt |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu pargaraf terkait tema. Peserta mampu menemukan pokok pikiran paragraf tersebut |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan kalimat dengan menggunakan kata benda. Peserta mampu merubah kalimat tersebut dengan menggunakan Possessivartikel |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu gambar yang berisi beberapa generasi. Peserta mampu menulis cerita singkat tentang gambar |
Memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek kebahasaan dalam Bahasa Jerman (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan dua kalimat. Peserta mampu mengurutkan dua kalimat dengan menggunakan kata zuerst..danach.. |
Menguasai Bahasa Jerman lisan dan tulis, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik, wacana, sosiolinguistik dan strategis) |
Disajikan satu gambar yang mengacu ke masa depan, atau angan-angan. Peserta mampu menuliskan cerita gambar. |

