Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG BIMBINGAN KONSELING

KISI-KISI UP UKM PPG BIMBINGAN KONSELING

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG BIMBINGAN KONSELING

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai ilmu pendidikan dan landasan keilmuannya

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikansalah satu prinsip bimbingan dan konseling

Menguasai ilmu pendidikan dan landasan keilmuannya

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan landasan keilmuan pendidikan dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan proses pembelajaran.

Guru BK atau konselor dapat mengimplementasikan prinsip- prinsip pendidikan dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Menguasai landasan budaya dalam praksis pendidikan

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan landasan budaya dalam layanan bimbingan dan konseling

Mengaplikasikan kaidah-kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah dinamika perilaku manusia dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Mengaplikasikan kaidah-kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah mekanisme perubahan perilaku manusia dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Mengaplikasikan kaidah-kaidah kepribadian, individualitas dan perbedaan konseli terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah kepribadian konseli terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan

Mengaplikasikan kaidah-kaidah kepribadian, individualitas dan perbedaan konseli terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah individualitas dan perbedaan konseli terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan

Mengaplikasikan kaidah-kaidah keberbakatan terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah keberbakatan terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Mengaplikasikan kaidah-kaidah kesehatan mental terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikank aidah-kaidah kesehatan mental terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, nonformal dan informal

Guru BK atau konselor dapat menganalisis esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal.

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, nonformal dan informal

Guru BK atau konselor dapat menganalisis esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan nonformal

Mengaplikasikan kaidah-kaidah belajar terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah belajar terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan umum, kejuruan, keagamaan dan khusus

Guru BK atau konselor dapat menerapkan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan umum

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan umum, kejuruan, keagamaan dan khusus

Guru BK atau konselor dapat menerapkan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan kejuruan

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan umum, kejuruan, keagamaan dan khusus

Guru BK atau konselor dapat menerapkan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenis pendidikan keagamaan

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah serta pendidikan tinggi.

Guru BK atau konselor dapat menganalisis esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan dasar

Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah serta pendidikan tinggi.

Guru BK atau konselor dapat menganalisis esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan menengah

Mengaplikasikan kaidah-kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah perkembangan fisik peserta didik dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Mengaplikasikan kaidah-kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu terhadap sasaran pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya pendidikan.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan kaidah-kaidah perkembangan psikologis peserta didik dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Menguasai hakikat asesmen

Guru BK atau Konselor dapat menerapkan hakikat asesmen dalam bimbingan dan konseling

Memilih teknik asesmen, sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat menyiapkan berbagai teknik asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Memilih teknik asesmen, sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat memilih teknik asesmen sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling

Menyusun dan mengembangkan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat menerapkan prosedur penyusunan dan pengembangan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling

Menyusun dan mengembangkan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor terampil mengembangkan instrumen asesmen untuk keperluan bimbingan dan konseling

Mengadministrasikan asesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah konseli.

Guru BK atau konselor dapat menganalisisasesmen untuk mengungkapkan masalah-masalah konseli.

Memilih dan mengadministrasikan teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.

Guru BK atau konselor dapat memilih teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.

Memilih dan mengadministrasikan teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.

Guru BK atau konselor dapat menggunakanhasil asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli

Memilih dan mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan

Guru BK atau konselor dapat memilih instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan

Memilih dan mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan

Guru BK atau konselor dapat menggunakanalat asesmen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan

Mengakses data dokumentasi tentang konseli dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat mengakses data dokumentasi tentang konseli dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Menggunakan hasil asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan tepat

Guru BK atau konselor dapat menggunakan hasil asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan tepat

Menampilkan tanggung jawab profesional dalam praktik asesmen

Guru BK atau konselor dapat menampilkan tanggung jawab profesional dalam praktik asesmen

Mengaplikasikan hakikat pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan bimbingan dan konseling.

Mengaplikasikan arah profesi bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan arah profesi bimbingan dan konseling.

Mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan bimbingan dan konseling.

Mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.

Mengaplikasikan pendekatan/model/jenis pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan pendekatan /model bimbingan dan konseling.

Mengaplikasikan pendekatan/model/jenis pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan berbagai layanan bimbingan dan konseling

Mengaplikasikan dalam praktik, format pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling. individual.

Mengaplikasikan dalam praktik, format pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling kelompok.

Mengaplikasikan dalam praktik, format pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikanpelayanan bimbingan dan konselingklasikal

Menganalisis kebutuhan konseli

Guru BK atau konselor dapat menganalisis kebutuhan konseli

Menyusun program bimbingan dan konseling yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan

Guru BK atau konselor dapat menyusun program bimbingan dan konseling yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan

Menyusun rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat menyusun rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling

Merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat merencanakan sarana penyelenggaraan program bimbingan dan konseling

Merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat merencanakan biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling

Melaksanakan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat melaksanakan program bimbingan dan konseling.

Melaksanakan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

Memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal, dan sosial konseli

Guru BK atau konselor dapat menunjukkanperkembangan akademik konseli

Memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal, dan sosial konseli

Guru BK atau konselor dapat menunjukkanperkembangan karier konseli

Memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal, dan sosial konseli

Guru BK atau konselor dapat menunjukkanperkembangan personal konseli

Memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal, dan sosial konseli

Guru BK atau konselor dapat menjunjukkan perkembangan sosial konseli

Mengelola sarana dan biaya program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat mengelola sarana program bimbingan dan konseling

Mengelola sarana dan biaya program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat mengelola biaya program bimbingan dan konseling

Melakukan evaluasi hasil, proses, dan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat melakukan evaluasi hasil pelayanan bimbingan dan konseling

Melakukan evaluasi hasil, proses, dan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat melakukan evaluasi proses pelayanan bimbingan dan konseling

Melakukan evaluasi hasil, proses, dan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat melakukan evaluasi program bimbingan dan konseling

Melakukan penyesuaian proses pelayanan bimbingan dan konseling.

Guru BK atau konselor dapat melakukan penyesuaian proses pelayanan bimbingan dan konseling.

Menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling kepada pihak terkait

Guru BK atau konselor dapat menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling kepada pihak terkait

Menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program bimbingan dan konseling

Memahami dan mengelola kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional.

Guru BK atau konselor dapat mengelola kekuatan pribadi dan profesional.

Memahami dan mengelola kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional.

Guru BK atau konselor dapat mengelola keterbatasan pribadi dan profesional.

Menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional konselor

Guru BK atau konselor dapat menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan profesional konselor

Menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional konselor

Guru BK atau konselor dapat menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kode etik profesional konselor

Mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah konseli.

Guru BK atau konselor dapat menjaga keseimbangan objektivitas-subyektivitas dalam melihat masalah konseli

Mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah konseli.

Guru BK atau konselor dapat menjaga kondisi empati agar tidak larut dengan masalah konseli.

Melaksanakan referal sesuai dengan keperluan

Guru BK atau konselor dapat mengaplikasikan prosedur referral

Melaksanakan referal sesuai dengan keperluan

Guru BK atau konselor dapat melaksanakan referal sesuai dengan keperluan

Peduli terhadap identitas profesional dan pengembangan profesi

Guru BK atau konselor peduli terhadap identitas profesional

Peduli terhadap identitas profesional dan pengembangan profesi

Guru BK atau konselor peduli terhadap pengembangan profesi

Mendahulukan kepentingan konseli daripada kepentingan pribadi konselor

Guru BK atau konselor mendahulukan kepentingan konseli daripada kepentingan pribadi konselor

Menjaga kerahasiaan konseli

Guru BK atau konselor menjaga kerahasiaan konseli

Memahami berbagai jenis dan metode penelitian

Guru BK atau Konselor dapat menerapkan konsep dasar penelitian

Memahami berbagai jenis dan metode penelitian

Guru BK atau konselor dapat membandingkan jenis-jenis penelitian

Memahami berbagai jenis dan metode penelitian

Guru BK atau konselor dapat membandingkan berbagai metode penelitian

Mampu merancang penelitian bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat merancang penelitian bimbingan dan konseling

Melaksaanakan penelitian bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat melaksanakan penelitian bimbingan dan konseling

Melaksaanakan penelitian bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat melaporkan penelitian bimbingan dan konseling

Memanfaatkan hasil penelitian dalam bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling

Guru BK atau konselor dapat menyusunhasil penelitian dalam bimbingan dan konseling dalam bentuk artikel jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PAUD

KISI-KISI UP UKM PPG PAUD

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESEN...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PELAYARAN KAPAL NIAGA

KISI-KISI UP UKM PPG PELAYARAN KAPAL NIAGA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PELAYARAN KAPAL NIAGA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Menguasai mater...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG BISNIS DAN PEMASARAN

KISI-KISI UP UKM PPG BISNIS DAN PEMASARAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG BISNIS DAN PEMASARAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...