Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG BISNIS DAN PEMASARAN

KISI-KISI UP UKM PPG BISNIS DAN PEMASARAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG BISNIS DAN PEMASARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat mendiskusikan kategori produk dan membedakan produk berdasarkan karakteristiknya

Menguasai karaktersitik peserta didik terkait aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dalam bidang Bisnis dan Pemasaran

Menjelaskan karakteristik yang dimiliki peserta didik, baik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran bidang bisnis dan pemasaran

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep dan karakteristik bisnis ritel secara dapat mengevaluasi tren dalam bisnis ritel

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

 

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta memahami konsep positioning suatu produk dan dapat menganalisis praktik-praktik positioning oleh perusahaan

Menguasai karaktersitik peserta didik terkait aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dalam bidang Bisnis dan Pemasaran

Menganalisis potensi peserta didik berdasarkan tingkat emosional dan intelektual dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran bidang bisnis dan pemasaran

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam bidang bisnis dan pemasaran

Menganalisis karakteristik dan potensi peserta didik kaitannya dengan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang bisnis dan pemasaran

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam bidang bisnis dan pemasaran

Menganalisis berbagai kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran bidang bisnis dan pemasaran

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam bidang bisnis dan pemasaran

Menerapkan pendekatan pembelajaran ilmiah/saintifik, strategi, model pembelajaran (inquiry/discoveryl, Problem based learning, Project based learning), metode, dan teknik pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa, teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan bidang pendidikan dan pembelajaran untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran bisnis dan pemasaran

Menyajikan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran bisnis dan pemasaran, peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi tersebut.

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan bidang pendidikan dan pembelajaran untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran bisnis dan pemasaran

Menyajikan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam pembelajaran bisnis dan pemasaran

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan bidang pendidikan dan pembelajaran untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran bisnis dan pemasaran

Disajikan permasalahan yang muncul di kelas pada saat pembelajaran tentang bisnis dan pemasarasn berlangsung, peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan.

Menguasai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran bisnis dan pemasaran

Menganalisis keterkaitan antara tujuan pembelajaran bidang bisnis dan pemasaran dengan sistem teknologi informasi yang tepat digunakan pada berbagai bidang kehidupan manusia

Menguasai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran bisnis dan pemasaran

Menerapkan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan sumber belajar bidang Bisnis dan pemasaran

Menguasai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran bisnis dan pemasaran

Disajikan kasus tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengatasi permasalahan di bidang bisnis dan pemasaran

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan khususnya terkait dengan kurikulum pembelajaran bisnis dan pemasaran

Menyajikan prinsip- prinsip dan tujuan pengembangan kurikulum untuk kompetensi bisnis dan pemasaran yang sesuai dengan peraturan perundangan pendidikan

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran bisnis dan pemasaran meliputi:

Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran bisnis dan pemasaran; Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran bisnis dan pemasaran; Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi lulusan pembelajaran bisnis dan pemasaran, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran bisnis dan pemasaran meliputi:

Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran bisnis dan pemasaran; Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran bisnis dan pemasaran; Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar pembelajaran bisnis dan pemasaran, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu melaksanakan pembelajaran bisnis dan pemasaran sesuai dengan prinsip prinsip pembalajaran yang mendidik dalam suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner)

Menyajikan hasil identifikasi potensi diri peserta didik, untuk menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang .

Mampu melaksanakan pembelajaran bisnis dan pemasaran sesuai dengan prinsip prinsip pembalajaran yang mendidik dalam suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner)

Memecahkan masalah yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran bisnis dan pemasaran untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri baik dikelas, di labolatorium dan lapangan

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, serta menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bisnis dan pemasaran

Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar pengelolaan Bisnis Ritel agar peserta dapat memahami dan membuat berbagai paket promosi penjualan yang dikaitkan dengan peristiwa tertentu, misalnya hari raya dan tahun baru

Mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi serta melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran bisnis dan pemasaran

Publikasi hasil penilaian dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar pembelajaran bidang bisnis dan pemasaran

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Menyajikan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran bisnis dan pemasaran untuk kepentingan peningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Mampu berkomunikasi dan berinteraksi yang efektif, empatik dan santun dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat baik secara lisan maupun tulisan kaitannya dengan pembelajaran bisnis dan pemasaran

Disajikan kasus tentang permasalahan pembelajaran di kelas maupuan dalam kegiatan praktik, agar peserta didik dapat melakukan komunikasi yang efektif, empatik dan santun dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat baik secara lisan maupun tulisan

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat mendiskusikan tahap-tahap pengembangan produk dan menjelaskan hirarki produk

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

 

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat menjelaskan saluran distribusi dan menganalisis praktik-praktik saluran distribusi termutakhir

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami konsep harga dan menjelaskan jenis- jenis penetapan harga produk

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami konsep dan karakteristik pasar tradisional sehingga dapat mendiskusikan kelebihan dan kekurangan dari pasar tradisional

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

 

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami dan menjelaskan tujuan dari kegiatan promosi

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat menjelaskan konsep dan praktiki bauran pemasaran jasa

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat mengenali dan mendiskusikan aspek-aspek dari sebuah merek

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat mengelompokkan merek-merek asing dan merek- merek aseli Indonesia

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis segmentasi

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep media sosial, mengidentifikasi jenis-jenis media sosial, dan mengevaluasi praktik-praktik bisnis dan pemasaran yang menggunakan media sosial

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta mampu mengidentifikasi dan membedakan lingkungan bisnis

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami dan mengategorisasikan media

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat mendiskusikan manfaat kemasan dan megidentifikasi hal-hal apa saja yang umumnya dalam label kemasan

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami dan menganalisis produk-produk dan industri kreatif serta lembaga yang menaunginya

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami perilaku konsumen, mengidentifikasi, dan memetakan faktor-faktor yang yang mempengaruhi perilaku konsumen

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat menjelaskan jenis-jenis transaksi daring, teknologi yang mendukung, dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen bertransaksi daring

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami pengertian dan aplikasi pemasaran di berbagai sektor industri

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat menguasai seluk beluk tentang riset bisnis ritel dan mempraktikannya

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep periklanan, mengidentifikasi media yang digunakan untuk periklanan, dan mengevaluasi iklan

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep promosi penjualan, mengidentifikasi media yang digunakan untuk promosi penjualan, dan mengenali praktik-praktik promosi penjualan

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep pemasaran langsung dan penjualan pribadi, mengidentifikasi media yang digunakan untuk pemasaran langsung dan penjualan pribadi, dan mengevaluasi praktik-praktik pemasaran langsung dan penjualan pribadi

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep getok tular, mengidentifikasi media yang digunakan untuk getok tular, dan mengevaluasi praktik-praktik getok tular

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

 

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami konsep toko daring, mengidentifikasi jenis-jenis toko daring, dan mengevaluasi praktik-praktik toko daring

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Mampu menganalisis hubungan dengan pelanggan

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat menjelaskan, mengevaluasi, dan merekomendasikan hasil dari analisis pasar

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami dan menganalisis personal selling

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Daring dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

Peserta dapat memahami dan menganalisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel

Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya

Peserta mampu menerapkan prosedur pencatatan transaksi pada bukti penjualan tunai dan kredit

Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya

Peserta mampu menerapkan prosedur pencatatan transaksi bukti penerimaan dan pengeluaran kas

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta dapat memahami dan mampu menjelaskan tentang hal- hal yang berhubungan dengan transaksi penjualan

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Peserta mampu memahami hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi bisnis

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Mampu menganalisis pengembangan usaha

Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya

Peserta mampu menerapkan prosedur rapat dan menerapkan prosedur interview

Menghasilkan lulusan SMK yang memiliki keahlian sesuai sesuai dengan Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran pada level 2 KKNI dengan kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran

Mampu memahami SOP administrasi transaksi

Menghasilkan lulusan SMK yang memiliki keahlian sesuai sesuai dengan Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran pada level 2 KKNI dengan kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran

Mampu memahami dan menganalisis alur transaksi, prosedur pencatatan bukti transaksi, dokumen transaksi pembelian dan penjualan

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

 

Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya

Peserta mampu memahami dan mendiskusikan atribut produk, manfaat atribut produk, kualitas produk, dimensi kualitas produk, dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kualitas produk

Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya

Mampu menganalisis produk dan pelayanan, menerapkan negosiasi bisnis

Setiap guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran wajib menguasai pengetahuan minimal setara dengan pengetahuan yang dikuasai oleh lulusan program Diploma Tiga Manajemen Pemasaran, atau Administrasi Bisnis, dan Pengetahuan pedukung lainnya yang setara dengan level 4 KKNI.

Mampu menganalisis kebutuhan sumber daya manusia perusahaan

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Pembahasan Soal UP PPG Penjas

Pembahasan Soal UP PPG Penjas

Berikut Pembahasan Soal UP PPG Penjas, Guru menerapkan aturan disiplin kelas, peserta didik yang terlambat lebih dari lima menit dihukum lari keliling lapangan sepakbola sebanyak 4 kali. Pengelolaa...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG SENI BUDAYA

KISI-KISI UP UKM PPG SENI BUDAYA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG SENI BUDAYA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Geografi

Kisi Kisi PPG Geografi

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Geografi No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian Indikator Esensial 1...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PJOK

KISI-KISI UP UKM PPG PJOK

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ...Baca selengkapnya...

Soal dan Materi Pengayaan PPKN

Soal dan Materi Pengayaan PPKN

Berikut Soal dan Materi Pengayaan PPKN, 1. Kurikulum mata pelajaran PPKn memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewa...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...