Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG GEOLOGI PERTAMBANGAN

KISI-KISI UP UKM PPG GEOLOGI PERTAMBANGAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG GEOLOGI PERTAMBANGAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mampu menelaah jenis-jenis batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Disajikan data, gambar atau narasi tentang jenis-jenis batuan. Peserta mampu memilih jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya

Mampu menelaah jenis-jenis batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Peserta mampu menyimpulkan siklus terbentuknya jenis batuan

Mampu menelaah jenis-jenis batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Peserta dapat mengklasifikasikan batuan beku, sedimen, dan metamorf berdasarkan kriteria yang ada

Mampu menafsirkan karakteristik batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Peserta dapat menentukan karakteristik batuan beku

Mampu menafsirkan karakteristik batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Peserta dapat menentukan karakteristik batuan sedimen

Mampu menafsirkan karakteristik batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Peserta dapat menentukan karakteristik batuan metamorf

Mampu menelaah jenis-jenis mineral

Disajikan data, narasi atau gambar tentang berbagai mineral pada batuan. Peserta mampu menentukan deskripsi mineral tertentu pada batuan

Mampu menelaah jenis-jenis mineral

Peserta mampu membandingkan sifat fisik berbagai mineral yang terdapat pada batuan

Mampu menelaah jenis-jenis mineral

Peserta mampu menyimpulkan jenis a€“jenis mineral yang ada pada suatu jenis batuan

Mampu menafsirkan karakteristik mineral

Peserta mampu menegaskan konsep mineralogi dan proses pembentukan mineral

Mampu menafsirkan karakteristik mineral

Peserta dapat menelaah mineral pembentuk batuan

Mampu menafsirkan karakteristik mineral

Peserta dapat menerapkan cara dan pendeskripsian mineral

Mampu menafsirkan karakteristik mineral

Peserta mampu menganalisis keterdapatan mineral dalam batuan

Mampu menelaah peta geologi yang berhubungan dengan struktur geologi

Peserta dapat menentukan keterdapatan struktur geologi dalam peta geologi

Mampu menganalisis gaya-gaya geologi struktur

Peserta dapat menetapkan gaya gaya yang mengakibatkan terjadinya deformasi pada batuan

Mampu menganalisis gaya-gaya geologi struktur

Peserta dapat menentukan adanya tegasan pembeda pada geologi struktur

Mampu menelaah jenis-jenis struktur geologi

Peserta dapat menentukan struktur primer dan sekunder

Mampu menelaah jenis-jenis struktur geologi

Peserta dapat menentukan struktur lipatan

Mampu menelaah jenis-jenis struktur geologi

Peserta dapat menentukan jenis-jenis kekar (rekahan)

Mampu menelaah jenis-jenis struktur geologi

Peserta dapat menentukan jenis-jenis sesar

Mampu menelaah jenis-jenis struktur geologi

Peserta dapat menentukan bidang perlapisan

Mampu menganalisis kedudukan dan orientasi struktur geologi

Peserta dapat menelaahkedudukan dan orientasi struktur geologi

Mampu menganalisis kedudukan dan orientasi struktur geologi

Peserta dapat menentukan potensi dan jenis kelongsoran massa batuan

Mampu menghitung Kerangka Kontrol Vertikal

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran dengan menggunakan metode Sipat Datar

Mampu menghitung Kerangka Kontrol Vertikal

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran menggunakan metode Trigoniometris

Mampu menghitung Kerangka Kontrol Horizontal

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran menggunakan metode Poligon

Mampu menghitung Kerangka Kontrol Horizontal

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran untuk menentukan luasan lahan

Mampu mengukur titik-titik detail

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran menggunakan metode Offset

Mampu mengukur titik-titik detail

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran menggunakan metode Tachymetri

Mampu membuat peta situasi

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran untuk pembuatan garis kontur

Mampu membuat peta situasi

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran guna membuat proyeksi peta

Mampu membuat peta situasi

Peserta dapat mengolah data hasil pengukuran guna menghitung volume bahan tambang

Mampu membuat peta geologi

Peserta dapat menelaah peta geologi untuk menetapkan simbol struktur geologi

Mampu membuat peta geologi

Disajikan data, narasi atau simbol struktur geologi. Peserta dapat mengaplikasikan simbol geologi pada peta geologi

Mampu membuat peta geologi

Peserta dapat membuat sajian peta geologi berdasarkan standar yang berlaku

Menganalisis Peta Pola Jurus dan Kemiringan Batuan

Peserta mampu menganalisis pola jurus dan kemiringan batuan

Menganalisis Peta Pola Jurus dan Kemiringan Batuan

Peserta dapat membuat peta pola jurus dan kemiringan batuan

Menganalisis Peta Pola Jurus dan Kemiringan Batuan

Peserta dapat menentukan kedudukan lapisan batuan

Menganalisis Peta Pola Jurus dan Kemiringan Batuan

Peserta dapat menegaskan hubungan kedudukan lapisan dan topografi

Membuat penampang geologi

Peserta dapat menentukan gambaran penampang geologi

Membuat penampang geologi

Disajikan data simulasi tentang hasil penyelidikan . Peserta dapat membuat penampang geologi berdasarkan data yang ada.

Membuat penampang geologi

Peserta dapat menyusun data dari lapangan untuk membuat penampang geologi

Membuat penampang geologi

Peserta dapat membuat rancangan profil/penampang geologi

Menganalisis peta geologi

Peserta dapat menegaskan pentingnya Analisis Peta Geologi

Menganalisis peta geologi

Disajikan peta geologi yang memuat cebakan bijih tambang. Peserta dapat menelaah simbol-simbol cebakan pada Peta dan menetapkan jenis bahan tambang yang ada di suatu wilayah

Menganalisis peta geologi

Disajikan data dan narasi cebakan tambang. Peserta dapat membuat simulasi pada peta dan membuat laporan peta geologi

Mampu mengintepretasikan data geologi dan menganalisis pekerjaan eksplorasi dan peralatannya

Peserta dapat menelaah data geologi untuk menentukan pekerjaan eksplorasi

Mampu mengintepretasikan data geologi dan menganalisis pekerjaan eksplorasi dan peralatannya

Peserta dapat menentukan jenis alat yang digunakan untuk pekerjaan eksplorasi

Mampu merinci, mengevaluasi dan mengintepretasi data/ informasi geologi baik manual, digital maupun Citra satelit.

Disajikan narasi, data atau gambar yang memuat informasi geologis manual atau digital. Peserta dapat memilah, mengevaluasi dan menganalisis data tersebut untuk keperluan eksplorasi

Mampu merinci, mengevaluasi dan mengintepretasi data/ informasi geologi baik manual, digital maupun Citra satelit.

Disajikan data atau gambar dari Citra satelit tentang informasi geologi, peserta dapat menyimpulkan manfaat data tersebut untuk kepentingan eksplorasi

Mampu merinci Peralatan pemboran, tahapan pemboran inti, non inti dan air

Peserta dapat mengurutkan tahapan pemboran inti dan non inti dan jenis peralatan yang diperlukan

Mampu merinci Peralatan pemboran, tahapan pemboran inti, non inti dan air

Peserta dapat mengurutkan tahapan pemboran air dan peralatan yang diperlukan

Mampu menganalisis kendala teknis, non teknis, dan perawatan peralatan

Peserta dapat menganalisis kendala teknis dan non teknis saat pengeboran

Mampu menganalisis kendala teknis, non teknis, dan perawatan peralatan

Peserta dapat mengurutkan tahapan standar perawatan alat pemboran

Mampu menganalisis pemilihan metode penambangan terbuka

Peserta dapat mendeskripsikan metode penambangan terbuka

Mampu menganalisis pemilihan metode penambangan terbuka

Peserta dapat menegaskan hubungan antara metoda penambangan yang dipilih dengan jenis endapan bijih yang akan ditambang

Mampu menganalisis pemilihan metode penambangan bawah tanah

Peserta mampu mengurutkan tahapan sistem penambangan bawah tanah

Mampu menganalisis pemilihan metode penambangan bawah tanah

Peserta mampu menegaskan hubungan antara sistem atau metode penambangan yang dipilih dengan karakteristik endapan bijih yang akan ditambang.

Mampu memahami dan mengaplikasikan K3 lingkungan pertambangan

Peserta mampu menerapkan K3 pada daerah tambang dan lingkungannya

Mampu memahami reklamasi bekas tambang

Peserta mampu mengurutkan tahapan pelaksanaan kegiatan reklamasi bekas tambang

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan geologi pertambangan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge atau TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang geologi pertambangan

Peserta dapat medeskripsikan model pembelajaran yang sesuai untuk menjelakan materi tentang jenis dan karaktersitik batuan

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan geologi pertambangan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge atau TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang geologi pertambangan

Peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar jenis dan karakteristik mineral dengan tingkat perkembangan siswa SMK

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan geologi pertambangan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge atau TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang geologi pertambangan

Peserta dapat menentukan kompetensi dasar yang gayut dengan kompetensi inti materi peta geologi

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan geologi pertambangan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge atau TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang geologi pertambangan

Peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar pembelajaran Gaya a€“ gaya geologi struktur

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan geologi pertambangan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge atau TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang geologi pertambangan

Peserta didik dapat menganalisis pengetahuan prosedural dalam pengukuruan vertikal dan horisontal

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan geologi pertambangan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge atau TPACK) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang geologi pertambangan

Peserta dapat menjelaskan mekanisme kerja dalam sistem penambangan terbuka

menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran geologi pertambangan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Peserta dapat menentukan cara pemecahan permasalahan pembelajaran analisis peta pola jurus dan kemiringan batuan

menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran geologi pertambangan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan

menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di industri pertambangan

Peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus penambangan

menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di industri pertambangan

Peserta dapat menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di area penambangan terbuka, berdasarkan karakteristik kecelakaan dan jenis alat yang digunakan dalam mengatasi kecelakaan

menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Peserta dapat menjelaskan konsep dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran geologi pertambangan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran geologi pertambangan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran geologi pertambangan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Peserta mampu membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan kompetensi pembelajaran geologi pertambangan

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran geologi pertambangan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran geologi pertambangan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran geologi pertambangan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Peserta dapat menentukan jenis media atau sumber belajar yang tepat untuk rumusan pembelajaran geologi pertambangan.

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran geologi pertambangan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran geologi pertambangan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran geologi pertambangan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Peserta mampu menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan kompetensi dasar mata pelajaran geologi pertambangan

mampu melaksanakan pembelajaran geologi pertambangan yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, dan luar ruang

Peserta mampu menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang

mampu melaksanakan pembelajaran geologi pertambangan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peserta mampu menerapkan contoh kreatif sajian materi pembuatan peta geologi atau peta topografi menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat.

mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Peserta mampu menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran pemetaan topografi atau pemetaan geologi

mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

peserta dapat menentukan rumusan indikator kompetensi yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran pemetaan topografi atau pemetaan geologi.

mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran geologi pertambangan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Peserta mampu menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran geologi pertambangan

mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Modul dan Materi PPG Tematik PGSD

Modul dan Materi PPG Tematik PGSD

Berikut Materi atau Modul PPG Tematik untuk PGSD I. Karakteristik Peserta Didik SD dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik Materi Utama Materi Penunjang II. Teori Belajar dan Implem...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Ekonomi SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Ekonomi SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Ekonomi SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Meng...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN

Berikut KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PERIKANAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Sosiologi SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Sosiologi SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Sosiologi SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Me...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Bahasa Jawa

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Bahasa Jawa

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Bahasa Jawa No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...