Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG GEOMATIKA DAN SPASIAL

KISI-KISI UP UKM PPG GEOMATIKA DAN SPASIAL

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG GEOMATIKA DAN SPASIAL

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mampu melaksanakan pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner)

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner)

Mampu melaksanakan pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar konsep dasar query data dan tampilan SIG menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan indikator kompetensi Pengukuran menggunakan GPS, peserta dapat menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan hasil penilaian teknik pengukuran dan perhitungan pada pekerjaan survei dan pemetaan pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, peserta dapat menentukan cara peningkatan kuallitas pembeajaran.

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran teknik pengukuran dan perhitungan pada pekerjaan survei dan pemetaan, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran pengukuran kadastral, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif.

Mampu memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran perangkat lunak pada Sistem Informasi Geografis (SIG), peserta dapat menentukan rancangan pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik dengan memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial kultural, emosional, dan intelektual.

Mampu memahami Pengantar Survei Pemetaan

Peserta dapat menerapkan perhitungan konversi satuan sudut

Mampu memahami Pengantar Survei Pemetaan

Peserta dapat menerapkan rumus matematika untuk Teknik Geomatika dan Geospasial

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Teknik Geomatika dan Geospasial, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK), minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar Konsep Dasar Penginderaan Jauh, peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai

Mampu membuat gambar konstruksi

Peserta dapat menjelaskan peralatan serta kelengkapan gambar teknik sesuai fungsi dan penggunaannya

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Teknik Geomatika dan Geospasial, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK), minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang Teknik Geomatika dan Geospasial

Peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar berupa objek kajian konsep dan dasar-dasar perhitungan pada pekerjaan pengukuran dan pemetaan dengan tingkat perkembangan siswa

Mampu membuat gambar konstruksi

Peserta dapat membedakan jenis garis berdasarkan bentuk dan fungsinya

Mampu menjelaskan Komponen Peta

Peserta dapat menjelaskan skala peta

Mampu menjelaskan Komponen Peta

Peserta dapat menjelaskan komponen peta

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Teknik Geomatika dan Geospasial, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK), minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan narasi tentang kompetensi inti konsep teknik pengukuran dan perhitungan pada pekerjaan survei dan pemetaan, peserta dapat menentukan kompetensi dasar yang gayut dengan kompetensi inti

Mampu menerapkan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3).

Peserta dapat menjelaskan prosedur dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Teknik Geomatika dan Geospasial, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK), minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan narasi tentang kompetensi dasar pembelajaran konsep pengukuran dan perhitungan topografi, peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut.

Mampu memahami konsep dasar perhitungan pada pengukuran dan pekerjaan survei pemetaan

Peserta dapat menerapkan konsep perhitungan data hasil Pengukuran Sipat Datar Memanjang

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Teknik Geomatika dan Geospasial, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK), minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan kompetensi dasar tentang konsep dasar Sistem Informasi Geografis (SIG), peserta dapat menganalisis pengetahuan prosedural dalam pemanfaatannya dalam kehidupan

Mampu memahami konsep dasar perhitungan pada pengukuran dan pekerjaan survei pemetaan

Peserta dapat menjelaskan perhitungan koordinat dari hasil pengukuran

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan Teknik Geomatika dan Geospasial, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK), minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan narasi tentang tujuan pembelajaran konsep fotogrametri,

peserta dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem teknologi yang ada dalam berbagai bidang pekerjaan.

Mampu memahami konsep teknik pengukuran dan perhitungan pada pekerjaan survei dan pemetaan

Peserta dapat menganalisis prosedur Pengukuran dan Perhitungan Galian dan Timbunan

Mampu memahami konsep teknik pengukuran dan perhitungan pada pekerjaan survei dan pemetaan

Peserta dapat menjelaskan Peta kontur

Menguasai metode dan teknik penelitian untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajarannya

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran teknik penggunaan alat survei, peserta dapat menentukan cara pemecahan yang tepat

Menguasai metode dan teknik penelitian untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajarannya

Disajikan permasalahan yang muncul di suatu kelas pada saat pembelajaran tentang komponen dan legenda peta, peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian.

Menguasai metode dan teknik penelitian untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajarannya

Peserta dapat menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja pada praktik Teknik Geomatika dan Geospasial berdasarkan karakteristik medan pengukuran.

Mampu memahami konsep pengukuran Topografi

Peserta dapat menjelaskan Konsep Pegukuran Topografi

Mampu memahami konsep pengukuran Topografi

Peserta dapat menjelaskan perhitungan dalam pemetaan topografi

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajarannya

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran perhitungan RAB pekerjaan survei dan pemetaan, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Mampu memahami konsep dan cara perhitungan pada pekerjaan survei bidang teknik sipil

Peserta dapat menjelaskan berbagai jenis pekerjaan survei dibidang teknik sipil

Mampu memahami konsep dan cara perhitungan pada pekerjaan survei bidang teknik sipil

Peserta dapat menjelaskan pekerjaan pematokan pada pekerjaan survei dibidang Teknik Sipil

Mampu memahami teknik penggunaan alat survei

Peserta dapat menjelaskan cara pengukuran menggunakan alat ukur penyipat datar

Mampu memahami teknik penggunaan alat survei

Peserta dapat menjelaskan cara pengukuran menggunakan alat ukur theodolit

Mampu melakukan pengukuran kadastral

Peserta dapat menjelaskan teknik pengukuran kadastral

Mampu menjelaskan konsep pengukuran secara fotogrametris

Peserta dapat menjelaskan konsep pemetaan secara fotogrametris

Mampu menjelaskan konsep pengukuran secara fotogrametris

Peserta dapat menjelaskan peralatan pada pemetaan fotogrametris

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan rumusan kompetensi sumber data spasial dan data non spasial, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu melakukan pengukuran menggunakan GPS

Peserta dapat menjelaskan jenis GPS

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan rumusan kompetensi dasar konsep dan cara perhitungan pada pekerjaan survei bidang teknik sipil, peserta dapat menentukan jenis media atau sumber belajar yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu melakukan pengukuran menggunakan GPS

Peserta dapat mengevaluasi pengukuran dengan GPS Geodetik

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran Teknik Geomatika dan Geospasial

Disajikan rumusan kompetensi dasar langkah-langkah mendapatkan data hasil penginderaan jauh, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu memahami konsep penyusunan Rencana dan Anggaran Biaya (RAB)

Peserta dapat menjelaskan metode perhitungan dalam RAB pekerjaan survei pemetaan

Mampu memahami metode perhitungan RAB pekerjaan survei dan pemetaan

Peserta dapat menjelaskan perhitungan RAB pekerjaan survei pemetaan

Mampu memahami jenis data Spasial, dan Non Spasial

Peserta dapat menjelaskan manfaat Data Spasial

Mampu memahami jenis data Spasial, dan Non Spasial

Peserta dapat menjelaskan perbedaan Data Spasial dan Non Spasial

Mampu memahami sumber data spasial dan non spasial

Peserta dapat menjelaskan sumber data spasial dan non spasial

Mampu memahami sumber data spasial dan non spasial

Peserta dapat menjelaskan pengambilan data spasial

Mampu memahami Konsep Dasar Penginderaan Jauh

Peseta dapat menjelaskan wahana yang digunakan pada Pengindaraan Jauh

Mampu memahami Konsep Dasar Penginderaan Jauh

Peserta dapat menjelaskan Sistem Penginderaan Jauh

Mampu memahami langkah pengambilan data penginderaan jauh

Peserta dapat menjelaskan unsur interprestasi citra dalam pekerjaan pemetaan menggunakan foto udara

Mampu memahami langkah pengambilan data penginderaan jauh

Peserta dapat menjelaskan manfaat penginderaan jauh dalam berbagai bidang

Mampu memahami Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis (SIG)

Peserta dapat memahami pengertian Sistem Informasi Geografis

Mampu memahami Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis (SIG)

Peserta dapat mengevaluasi penggunaan Sisitem Informasi Geografis

Mampu memahami Perangkat Lunak Pada Sistem Informasi Geografis

Peserta dapat menjelaskan cara kerja perangkat lunak Sistem Informasi Geografis

Mampu memahami Perangkat Lunak Pada Sistem Informasi Geografis

Peserta dapat menjelaskan cara input data dalam Sistem Informasi Geografis

Mampu menjelaskan Konsep Query Data dan Layout Peta

Peserta dapat menjelaskan query data dalam SIG

Mampu menjelaskan Konsep Query Data dan Layout Peta

Peserta dapat menjelaskan cara membuat layout peta dalam SIG

Mampu menjelaskan Konsep Dasar Geoprocessing

Peserta dapat menjelaskan konsep Geoprocessing

Mampu menjelaskan Konsep Query Data dan Layout Peta

Peserta dapat menjelaskan informasi tambahan yang harus ada pada peta hasil layout dalam SIG

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Berikut Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TOPIK 1. PERENCANAAN PROGRAM PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Kegiatan 1. Merefleksikan pentingnya pengelolaan P...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG  TIK

KISI-KISI UP UKM PPG TIK

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIK...Baca selengkapnya...

Materi Modul PPG Seni Budaya

Materi Modul PPG Seni Budaya

Berikut Modul Materi PPG Seni Budaya 1 Teori Musik, download 2 teknik vokal, download 3 direksi, download 4 Teknik-Teknik Bermain Gitar, download ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JAWA

KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JAWA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA JAWA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Geografi

Kisi Kisi PPG Geografi

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Geografi No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian Indikator Esensial 1...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...