Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mengaplikasikan kesehatan dan keselamatan kerja di atas kapal.

Peserta dapat menggunakan peralatan kesehatan dan melaksanakan prinsip keselamatan kerja di atas kapal.

Mengaplikasikan kesehatan dan keselamatan kerja di atas kapal.

Peserta dapat melaksanakan tindakan pencegahan kecelakaan di atas kapal.

Mengaplikasikan kesehatan dan keselamatan kerja di atas kapal.

Peserta dapat menganalisa jenis bahan kebakaran di atas kapal.

Mengaplikasikan kesehatan dan keselamatan kerja di atas kapal.

Peserta dapat menganalisa dan menggunakan alat pemadam kebakaran yang sesuai di atas kapal.

Mengelola kegiatan penangkapan ikan.

Peserta dapat menganalisis dan menentukan daerah penangkapan ikan.

Mengelola kegiatan penangkapan ikan.

Peserta dapat melakukan pemasangan/setting alat tangkap pukat cincin.

Mengelola kegiatan penangkapan ikan.

Peserta dapat melakukan penarikan/hauling alat tangkap pukat cincin.

Mengelola kegiatan penangkapan ikan.

Peserta dapat melakukan operasi penangkapan ikan dengan alat tangkap huhate.

Mengelola kegiatan penangkapan ikan.

Peserta dapat melakukan operasi penangkapan ikan dengan alat tangkap rawai tuna.

Melakukan penanganan dan penyimpanan hasil tangkapan ikan dengan baik.

Peserta dapat menentukan tahapan penanganan hasil tangkapan ikan.

Melakukan penanganan dan penyimpanan hasil tangkapan ikan dengan baik.

Peserta dapat melaksanakan prinsip pendinginan ikan yang baik di atas kapal.

Melakukan penanganan dan penyimpanan hasil tangkapan ikan dengan baik.

Peserta dapat melakukan pembekuan ikan di atas kapal.

Mengimplementasikan hukum maritim dan peraturan perikanan serta menganalisis pencegahan polusi lingkungan laut.

Peserta dapat menganalisis penyebab pencemaran di laut.

Mengimplementasikan hukum maritim dan peraturan perikanan serta menganalisis pencegahan polusi lingkungan laut.

Peserta dapat menyiapkan buku-buku dan publikasi yang berkaitan dengan navigasi kapal.

Mengimplementasikan hukum maritim dan peraturan perikanan serta menganalisis pencegahan polusi lingkungan laut.

Peserta dapat menganalisis rumusan peraturan tentang kelengkapan sertifikat kapal.

Mengimplementasikan hukum maritim dan peraturan perikanan serta menganalisis pencegahan polusi lingkungan laut.

Peserta dapat menganalisis peraturan tentang kelengkapan surat-surat kapal.

Merencanakan pelayaran kapal penangkap ikan.

Peserta dapat mempersiapkan kelaikan operasi kapal penangkap ikan.

Merencanakan pelayaran kapal penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan perencanaan penangkapan ikan di perairan terbuka.

Merencanakan pelayaran kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menentukan langkah-langkah bernavigasi pada perairan yang sempit.

Melakukan olah gerak kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menentukan haluan kapal.

Melakukan olah gerak kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi olah gerak kapal penangkap ikan.

Melakukan olah gerak kapal penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan dinas jaga laut (watchkeeping).

Menentukan posisi kapal penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan pembaringan dengan menggunakan kompas standar.

Menentukan posisi kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menggunakan alat navigasi di atas kapal.

Menentukan posisi kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menggunakan alat navigasi baringan benda angkasa.

Mengkonstruksi berbagai macam alat penangkap ikan.

Peserta dapat menentukan bahan alat tangkap jaring insang.

Mengkonstruksi berbagai macam alat penangkap ikan.

Peserta dapat mengkonstruksi alat tangkap jaring insang.

Mengkonstruksi berbagai macam alat penangkap ikan.

Peserta dapat menentukan bahan alat tangkap rawai tuna.

Mengkonstruksi berbagai macam alat penangkap ikan.

Peserta dapat mengkonstruksi alat tangkap rawai tuna.

Mengkonstruksi berbagai macam alat penangkap ikan.

Peserta dapat menentukan bahan alat tangkap huhate.

Mengkonstruksi berbagai macam alat penangkap ikan.

Peserta dapat mengkonstruksi alat tangkap huhate.

Pengelolaan pemeliharaan alat penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan perawatan alat penangkap ikan berbahan utama webbing.

Pengelolaan pemeliharaan alat penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan perawatan alat penangkap ikan berbahan utama tali dan pancing.

Pengelolaan pemeliharaan alat penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan perawatan untuk menghindari kerusakan alat penangkap ikan.

Mengelola mesin-mesin kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menginventarisasi dan mengelola mesin dan alat bantu penangkapan ikan.

Mengelola mesin-mesin kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menerapkan prosedur perawatan mesin bantu dek.

Mengelola mesin-mesin kapal penangkap ikan.

Peserta dapat melakukan pengoperasian mesin winch, cone roller, kapstan, net hauler, dan power block.

Menganalisis bangunan dan stabilitas kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menganalisis bentuk-bentuk haluan dan buritan kapal penangkap ikan.

Menganalisis bangunan dan stabilitas kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menganalisis dimensi utama kapal penangkap ikan.

Menganalisis bangunan dan stabilitas kapal penangkap ikan.

Peserta dapat menganalisis titik penting stabilitas kapal penangkapan ikan (titik berat, titik apung dan titik metasentrum).

Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakoghnitif mengenai keprofesian guru

Disajikan narasi tentang proses pembelajaran penangkapan ikan, peserta dapat menjelaskan metode pembelajaran mengenai penangkapan ikan di laut dengan menggunakan pukat cincin satu kapal (one boat purse seiner).

Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakoghnitif mengenai keprofesian guru

Disajikan narasi tentang proses pembelajaran penangkapan ikan, peserta dapat menjelaskan metode pembelajaran mengenai penangkapan ikan di laut dengan menggunakan alat tangkap pancing huhate.

Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakoghnitif mengenai keprofesian guru

Disajikan narasi tentang proses pembelajaran penangkapan ikan, peserta dapat menjelaskan metode pembelajaran mengenai penangkapan ikan di laut dengan menggunakan alat tangkap pancing long line.

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Disajikan narasi tentang strategi pembelajaran yang menerapkan konsep penanganan ikan di atas kapal, peserta dapat mengembangkan rencana pembelajaran penanganan ikan di atas kapal.

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Disajikan narasi tentang strategi pembelajaran yang menerapkan konsep pendinginan ikan di atas kapal, peserta dapat mengembangkan rencana pembelajaran mengenai pendinginan ikan di atas kapal.

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran yang menerapkan konsep tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Disajikan narasi tentang strategi pembelajaran yang menerapkan konsep pembekuan ikan di atas kapal, peserta dapat mengembangkan rencana pembelajaran mengenai pembekuan ikan di atas kapal.

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dalam suasana dan proses pembelajaran yang menerapkan kaidah pedagogik dan kebutuhan peserta didik dalam rangka memfasilitasi pengembangan karakter peserta didik sebagai pembelajar mandiri (self­regulated learner).

Disajikan narasi model pembelajaran mandiri mengenai penerapan keamanan, kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, peserta menerapkan pembelajaran mandiri tentang kesehatan, keselamatan dan lingkungan di tempat kerja.

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan

Disajikan narasi jenis media dan sumber pembelajaran alat-alat pemadam kebakaran, Peserta dapat menunjukkan jenis media dan sumber pembelajaran dari alat-alat pemadam kebakaran

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan

Disajikan narasi jenis media dan sumber pembelajaran pencemaran laut (Marine polution), Peserta dapat menunjukkan jenis media dan sumber pembelajaran dari pencemaran laut (Marine polution).

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan

Disajikan narasi jenis media dan sumber pembelajaran Perencanaan operasi penangkapan Ikan, Peserta dapat menunjukkan jenis media dan sumber pembelajaran dari Perencanaan operasi penangkapan Ikan.

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan

Disajikan narasi jenis media dan sumber pembelajaran Perencanaan rute pelayaran, Peserta dapat menunjukkan jenis media dan sumber pembelajaran dari Perencanaan rute pelayaran.

Mengkreasi jenis-jenis media dan sumber pembelajaran yang efektif dalam bidang kejuruan

Disajikan narasi jenis media dan sumber pembelajaran mengemudikan kapal perikanan, Peserta dapat menunjukkan jenis media dan sumber pembelajaran dari mengemudikan kapal perikanan.

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif

Disajikan narasi penerapan teknologi informasi untuk merancang penangkapan ikan di laut dengan menggunakan rawai tuna (tuna long line) berdasarkan informasi pemetaan fishing ground, Peserta dapat menggunakan teknologi dan informasi perancangan penangkapan ikan dengan rawai tuna berdasarkan informasi pemetaan fishing ground.

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif

Disajikan narasi penerapan teknologi informasi tentang stabilitas kapal perikanan, Peserta dapat menggunakan teknologi dan informasi tentang stabilitas kapal perikanan

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas profesional dan mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif

Disajikan narasi penerapan teknologi informasi tugas jaga laut(watchkeeping), Peserta dapat menggunakan teknologi dan informasi tugas jaga laut (watchkeeping).

Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Disajikan narasi susunan materi ajar berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dalam hal menentukan posisi kapal perikanan, peserta dapat menyusun materi ajar penentuan posisi kapal sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Menyusun materi ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Disajikan narasi susunan materi ajar berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik tentang aturan menyimpang pada berbagai situasi P2TL, Peserta dapat menyusun materi ajar aturan menyimpang pada berbagai situasi sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan narasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merakit alat tangkap, peserta dapat menyusun RPP merakit alat tangkap

Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran.

Disajikan narasi model penilaian dan evaluasi pemebelajaran yang terukur dan berkualitas tentang perawatan alat tangkap ikan di laut, peserta dapat menilai dan mengevaluasi secara terukur dan berkualitas mengenai perawatan alat tangkap ikan di laut

Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran

yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan

sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap,

pengetahuan, dan keterampilan yang dapat

meeningkatkan kualitas pembelajaran.

Disajikan narasi model penilaian dan evaluasi pembelajaran

yang terukur dan berkualitas tentang pengoperasian dan

perawatan alat bantu dek, peserta dapat menilai dan

mengevaluasi secara terukur dan berkualitas mengenai operasi

dan merawat mesin bantu dek

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Pembahasan Soal PPG UKG Bahasa Inggris

Pembahasan Soal PPG UKG Bahasa Inggris

Berikut Pembahasan Soal PPG UKG Bahasa Inggris A teacher who wants to have distance learning involving not only spoken but also pictographic images which enable them to have face-to face idea excha...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya SD

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya SD

Berikut Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Syarat Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018

Syarat Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018

Persyaratan Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018 A. Persyaratan peserta 1.    Guru di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik. 2.&nbs...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...