Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Peserta dapat menganalisis teori belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Peserta dapat menganalisis teori belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Peserta dapat merancang strategi pembelajaran sesuai teori belajar

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Peserta dapat merancang strategi pembelajaran sesuai teori belajar

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Peserta dapat menganalisis kebutuhan model pembelajaran yang sesuai

Mengkreasi pendekatan dan strategi pembelajaran tecnho-pedagogical content knowledge (TPACK) dalam perencanaan kurikulum pembelajaran dan penilaian.

Peserta dapat menganalisis kebutuhan model pembelajaran yang sesuai

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan kelas untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran grafika, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

peserta dapat melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran bidang grafika

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan kelas untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran grafika, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan.

Menganalisis adaptabilitas dan efektivitas media pembelajaran berdasarkan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup (ekologis).

Peserta dapat membedakan jenis media yang efektif untuk kegiatan pembelajaran

Menganalisis adaptabilitas dan efektivitas media pembelajaran berdasarkan pertimbangan historis, sosiologis, empiris, teknologis, dan psikologis, serta konteks lingkungan hidup (ekologis).

Peserta dapat membedakan jenis media yang efektif untuk kegiatan pembelajaran

Menyusun bahan ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Menerapkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik

Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik dan dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran.

Peserta dapat menerapkan berbagai teknik penilaian hasil belajar

Merancang model penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik dan dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meeningkatkan kualitas pembelajaran.

Peserta memahami berbagai teknik penilaian hasil belajar.

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat membedakan teknologi cetak offset

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menjelaskan hasil imposisi hingga halamannya berurutan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menentukan fungsi dari penumpukan katern yang dikerjakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menjelaskan sejarah awal teknologi cetak

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta mendapat karakteristik pelat offset

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta memahami software yang digunakan untuk Teknik Grafika

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat membedakan jenis barang cetakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat membedakan karakter raster

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat bekerja dengan menggunakan software

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat memahami karakter posisi cetakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat memahami karakter bahan pengembang kimia

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menganalisis peralatan image setter

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memahami proses imaging

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menganalisis peralatan yang digunakan untuk peralatan penyinaran

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menganalisis proses film negatif

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat memahami karakter pelat fleksografi

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memahami karakter air terhadap tinta cetak offset

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta memahami pelat fleksografi terbuat dari bahan tertentu

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memagami pelat cetak offset tentu peka terhadap air juga peka terhadap tinta,

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menjelaskan pelat yang terka sinar akan menjadi

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta memahami karakter silinder mesin cetak offset

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menjelaskan acuan yang dapat digunakan untuk pad printing

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat menganalisis mesin cetak offset mempunyai silinder

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memahami ukuran kertas

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat menganaiisa mesin cetak offset diberi tanda dengan huruf untuk membedakan hasil mesin tersebut

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memahami karakter full color warna yang digunakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memahami pekerjaan full color memerlukan sudut raster

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat membedakan pekerjaan warna untuk cetakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta memahami karakter cetakan spot vernis

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta dapat memahami cetakan yang memerlukan tekanan cetak

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta memahami proses cetakan yang sudah rata tintanya, tetapi ada bagian tertentu mengkilap

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta memahami pekerjaan mensisir berikutnya memotong dengan benar

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menjelaskan pengaruh cahaya matahari terhadap kertas yang dibuat

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta dapat menerapkan prinsip prinsip keselamatan kerja yang dihasilkan dari campurasn antara yang bubuk dengan cairan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta pelatihan dapat menghitung tiap halaman, jumlah yang berdampingan dan katern 96 halaman

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta memahami fungsi mesin offset dengan karakter jumlah warnanya

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta memahami faktor-faktor keselamatan dan kesehatan dalam percetakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta nguasai teknik cetak efek mengkilap dengan tinta khusus

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

peserta menguasi software yang handal percetakan

Mampu mendalami perkembangan teknologi percetakan dan menerapkan komponen sesuai prosedur

Peserta menguasai jenis Kertas yangdipakai dalam kebutuhan percetakan

Menggunakan IT dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif.

Peserta dapat menggunakan IT untuk beerinteraksi dengan peserta didik

Menyusun bahan ajar yang didasari atas kebutuhan dan karakteristik peserta didik

Mengidentifikasi karakteristik bahan ajar

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Peserta dapat menentukan kebutuhan belajar sesuai tujuan pembelajaran

Menyusun langkah-langkah/sintaks pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Peserta dapat menyusun langkah-langkah pembelajaran yang sistematis sesuai model pembelajaran

Melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan kaidah pedagogik dan kebutuhan peserta didik dalam rangka memfasilitasi pengembangan karakter peserta didik sebagai pembelajar mandiri (self­regulated learner)

Peserta dapat menerapkan model pembelajaran dengan baik

Melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan kaidah pedagogik dan kebutuhan peserta didik dalam rangka memfasilitasi pengembangan karakter peserta didik sebagai pembelajar mandiri (self­regulated learner)

Peserta dapat menerapkan model pembelajaran dengan baik

Menggunakan IT dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif.

Peserta dapat menggunakan IT untuk beerinteraksi dengan peserta didik

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESE...Baca selengkapnya...

Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Berikut Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH TOPIK 1. PERENCANAAN PERBAIKAN SISTEM ADMINISTRASI SEKOLAH DAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH. Kegiatan 1. Merefleksikan Peran Pemangku Kepentin...Baca selengkapnya...

Latihan Soal PPG Tunagrahita

Latihan Soal PPG Tunagrahita

Berikut Latihan Soal PPG Tunagrahita 1. Penyusunan Program Pengembangan diri peserta didik tuna grahita didasarkan seperti dibawah ini, kecuali a. Jenjang b. satuan pendidikan, c. ingkatan kelas...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG TIK

Kisi Kisi PPG TIK

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) No. Kompetensi Inti Kompetensi...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...