Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK ENERGI TERBARUKAN

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK ENERGI TERBARUKAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK ENERGI TERBARUKAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar; peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar berupa objek kajian TET dengan tingkat perkembangan peserta PPG

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Disajikan narasi tentang kompetensi inti mata pelajaran PLTS, peserta dapat menentukan kompetensi dasar yang gayut dengan kompetensi inti

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Disajikan narasi tentang kompetensi dasar pembelajaran PLTB, peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut.

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Disajikan kompetensi dasar tentang biogas;

peserta didik dapat menganalisis pengetahuan, prosedur dan

pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Disajikan narasi tentang pengujian bioethanol dan biodiesel, peserta dapat menjelaskan mekanisme kerja sistem teknologi yang ada dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran TET, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran.

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran aliran fluida dalam pipa; peserta dapat menentukan cara pemecahan yang tepat

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran TET, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran.

Disajikan permasalahan yang muncul di suatu kelas pada saat pembelajaran tentang pemasangan alat ukur kondisi udara; peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan.

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan TET

Disajikan kasus tentang limbah pertanian yang bisa mencemari lingkungan; peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut.

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan TET

Peserta dapat menganalisis sumber kejadian, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium berdasarkan karakteristik materi dan jenis alat yang digunakan dalam percobaan TET.

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan kasus tentang kecelakaan kerja pada saat praktikum pemasangan instalasi kelistrikan PLTS; peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran TET, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran TET.

2)  menetapkan materi, proses, sumber media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran TET; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi lulusan mata pelajaran TET, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran TET, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran TET.

2)  menetapkan materi, proses, sumber media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran TET; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran TET, peserta dapat menentukan jenis media atau sumber belajar yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran TET, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran TET.

2)  menetapkan materi, proses, sumber media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran TET; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran TET, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu melaksanakan pembelajaran TET yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self­regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang .

Mampu melaksanakan pembelajaran TET secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar biodigester serat kaca menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan indikator kompetensi mata pelajaran TET, peserta dapat menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan item/task mata pelajaran TET, peserta dapat menentukan rumusan indikator kompetensi yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran TET, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran,

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan proses distilasi untuk menghasilkan bioethanol dengan kadar etanol tinggi; peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif.

Merancang konstruksi sipil dan struktur hidrolik PLTH dalam pembelajaran Teknik Energi Terbarukan (TET)

Peserta dapat menganalisis karakteristik aliran fluida di dalam pipa dengan tepat

Merancang konstruksi sipil dan struktur hidrolik PLTH dalam pembelajaran Teknik Energi Terbarukan (TET)

Peserta dapat menghitung dimensi struktur saluran intake sesuai rumus baku dengan tepat

Merancang konstruksi sipil dan struktur hidrolik PLTH dalam pembelajaran Teknik Energi Terbarukan (TET)

Peserta dapat menghitung dimensi bak pengendap sesuai rumus baku dengan tepat.

Merancang konstruksi sipil dan struktur hidrolik PLTH dalam pembelajaran Teknik Energi Terbarukan (TET)

Peserta dapat membuat layout rumah pembangkit sesuai hasil survey dengan tepat.

Merancang konstruksi sipil dan struktur hidrolik PLTH dalam pembelajaran Teknik Energi Terbarukan (TET)

Peserta dapat menghitung dimensi saluran pembawa sesuai rumus baku dengan tepat

Mampu merancang system kelistrikan PLTH

Peserta dapat memilih spesifikasi generator sesuai karakteristik pembangkit

Mampu merancang system kelistrikan PLTH

Peserta dapat menggambar layout sistem transmissi dan distribusi sesuai dengan titik beban yang tepat

Mampu merancang system kelistrikan PLTH

Peserta dapat memilih jenis, kapasitas dan spesifikasi sesuai kapasitas pembangkit

Mampu merancang system kelistrikan PLTH

Peserta dapat menggambar instalasi komponen sesuai daya pada setiap rumah dan titik beban.

Mampu Memasang system instalasi photovoltaic

Peserta dapat memahami pemasangan panel surya sesuai dengan hasil survey, K3, dan SOP pemasangan

Mampu Memasang system instalasi photovoltaic

Peserta dapat memahami pemasangan instrument kontrol sesuai dengan gambar diagram dan SOP pemasangan.

Mampu Memasang system instalasi photovoltaic

Peserta dapat memahami pemasangan instalasi listrik sesuai dengan gambar diagram dan SOP pemasangan.

Mampu Memasang system instalasi photovoltaic

Peserta dapat memahami pemasangan system proteksi sesuai dengan gambar diagram dan SOP pemasangan.

Mampu menguji sistem PLTS

Peserta dapat menghitung energy PLTS sesuai parameter yang telah didata.

Mampu menguji sistem PLTS

Peserta dapat menghitung efisiensi system PLTS sesuai dengan data parameter yang dikumpulkan.

Melakukan studi kelayakan potensi angin

Peserta dapat membaca peta topografi sesuai tujuan pemasangan PLTB

Melakukan studi kelayakan potensi angin

Peserta dapat memahami pemasangan alat ukur, kondisi udara sesuai SOP, buku manual dan K3.

Melakukan studi kelayakan potensi angin

Peserta dapat mengumpulkan data angin sesuai dengan ketinggian titik ukur.

Merencanakan sistem mekanik PLTB

Peserta dapat menghitung dan merencanakan blade sesuai rumus baku

Merencanakan sistem mekanik PLTB

Peserta dapat menghitung dimensi sistem transmisi PLTB sesuai rumus dan jenisnya.

Merencanakan sistem mekanik PLTB

Peserta dapat menghitung dimensi rumah turbin skala kecil.

Merencanakan sistem mekanik PLTB

Peserta dapat merencanakan menara PLTB sesuai kapasitas turbin skala kecil

Memasang sistem kelistrikan

Peserta dapat memahami pemasangan instalasi penangkal petir sesuai gambar diagram, SOP, dan K3.

Mampu merencanakan pemasangan PLTBG

Peserta dapat mengkaji dan menetapkan lokasi PLTBG

Mampu mendisain dan membangun pembangkit listrik Tenaga Biogas (PLTBiogas).

Peserta dapat mendisain dan membaca gambar sistem PLTBG

Mampu mendisain dan membangun pembangkit listrik Tenaga Biogas (PLTBiogas).

Peserta dapat memasang biodigester serat kaca

Mampu mendisain dan membangun pembangkit listrik Tenaga Biogas (PLTBiogas).

Peserta dapat mendisain dan memasang instalasi pipa biogas dan utilitas

Mampu mengoperasikan PLTBG

Peserta dapat memahami cara pengisian bahan baku biogas

Mampu mengoperasikan PLTBG

Peserta mampu menganalisis parameter biogas

Mampu mengoperasikan PLTBG

Peserta mampu memahami pengoperasian genset biogas.

Mampu merencanakan pembuatan bioetanol

Peserta dapat menentukan bahan baku bioetanol

Mampu merencanakan pembuatan bioetanol

Peserta dapat memahami penyiapan peralatan pembuatan bioetanol

Mampu merencanakan pembuatan bioetanol

Peserta dapat menentukan prosedur pembuatan bioetanol

Mampu melakukan proses permentasi bahan baku bioetanol

Peserta dapat menakar bahan baku untuk permentasi

Mampu melakukan proses permentasi bahan baku bioetanol

Peserta dapat memahami cara pembenihan ragi

Mampu melakukan proses permentasi bahan baku bioetanol

Peserta dapat memahami proses peragian

Mampu melakukan proses destilasi bahan baku bioetanol

Peserta dapat mempersiapkan peralatan destilasi

Mampu melakukan proses destilasi bahan baku bioetanol

Peserta dapat melakukan proses destilasi

Mampu melakukan proses destilasi bahan baku bioetanol

Peserta dapat mengukur kadar bioethanol hasil destilasi

Mampu menguji sistem PLTS

Peserta dapat menyusun laporan pemasangan dan pengujian PLTS sesuai dengan format yang ditentukan.

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan TET, pedagogik dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang TET;

Mampu merencanakan pembuatan bioetanol

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG SOSIO ANTROPOLOGI

KISI-KISI UP UKM PPG SOSIO ANTROPOLOGI

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG SOSIO ANTROPOLOGI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Tunarungu

Kisi Kisi PPG Tunarungu

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Tunarungu No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Berikut KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN Capaian Pembelajaran Indikator Esensial Menguraikan klasifikasi komoditas has...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK

Kisi Kisi Pretest UKG Guru Kelas TK No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 M...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretes UKG Administrasi Perkantoran SMK

Kisi Kisi Pretes UKG Administrasi Perkantoran SMK

Kisi Kisi Pretes UKG Administrasi Perkantoran SMK sebagai berikut No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...