Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG TATA KECANTIKAN

KISI-KISI UP UKM PPG TATA KECANTIKAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG TATA KECANTIKAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis kondisi kulit wajah dan kelainan sesuai ciri-cirinya

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Mendiagnosa kulit kepala dan rambut sesuai kondisi rambut klien

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Memilih alat dan kosmetika rias wajah berdasarkan fungsinya

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Memilih alat, bahan dan kosmetika dekoratif rambut sesuai fungsinya

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menelaah konsep dasar rias wajah sehari-hari berdasarkan teori rias wajah.

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menerapkan rias wajah sikatri dan geriatri sesuai dengan kesempatan

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menerapkan wajah panggung dengan berbagai tema

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis teknik pengeringan dan penataan rambut sesuai desain dan kondisi rambut

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Merencanakan pemangkasan rambut teknik dasar sesuai dengan prosedur

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Tata Kecantikkan Kulit dan Rambut

Melakukan penataan berbagai sanggul daerah yang dibakukan.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Mengidentifikasi ruang lingkup sanitasi hygiene bidang kecantikan berdasarkan prosedur K3.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menjelaskan sanitasi dan higyene sesuai standar peraturan kerja salon kecantikan

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Mengidentifikasi, menangani dan menyimpan bahan-bahan dan barang-barang yang berbahaya sesuai dengan peraturan- peraturan K3

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menguraikan sel, jaringan, fungsi dan sistem organ tubuh manusia sesuai fisiologi tubuh.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menjelaskan susunan dan fungsi kulit sesuai anatomi fisiologi

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis kondisi, penyakit dan kelainan kulit berdasarkan ciri-cirinya.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis kondisi, penyakit dan kelainan rambut berdasarkan ciri-cirinya.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Mengidentifikasi kosmetika berdasarkan jenis dan wujud kosmetik

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menentukan peralatan untuk perawatan rambut

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menentukan kosmetika yang digunakan untuk perawatan kulit kepala dan rambut

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Memilih kosmetika yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis kontraindikasi dan kondisi kulit wajah sesuai diagnosa kulit wajah.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menelaah teknik pengurutan wajah dan accupresure sesuai fungs

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Merencanakan perawatan kulit wajah sesuai prosedur

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Melakukan perawatan wajah teknologi dengan berbagai permasalahan kulit wajah.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menyiapkan bahan dan kosmetik perawatan wajah teknologi sesuai permasalahan dan kondisi kulit

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis bentuk dan kelainan badan sesuai teknik analisa

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menelaah konsep perawatan pasca melahirkan dan perawatan vagina sesuai prinsip kesehatan dan kecantikan.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Merencanakan perawatan badan dan pencabutan bulu.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menganalisis kondisi dan kontraindikasi tangan, kaki dan kuku berdasarkan ciri-cirinya.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menguraikan jenis dan manfaat alat perawatan tangan, kaki dan kuku

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Merencanakan prosedur pencucian rambut sesuai SOP

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menelaah teknik pengurutan perawatan kulit kepala berdasarkan konsep dan teori pengurutan.

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Spa dan grooming

Menganalisis essential oil berdasarkan jenis dan manfaatnya

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Spa dan grooming

Mengidentifikasi jenis massage pada perawatan Spa

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Spa dan grooming

Menganalisis bahan dasar kosmetika tradisional berdasarkan kandungannya

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Spa dan grooming

Mengidentifikasi standar penampilan personal

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Spa dan grooming

Menguraikan prinsip berkomunikasi ditempat kerja

Menguasai materi, struktur,konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Spa dan grooming

Mengembangkan komunikasi dengan kolega dan pelanggan.

menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium tata kecantikan

Menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis dalam praktik perawatan kulit wajah berpigmentasi di laboratorium

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan tata kecantikan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang tata kecantikan.

Mendeskripsikan model pembelajaran yang sesuai untuk materi cara membersihan dan sanitasi peralatan serta ruang kecantikan

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan tata kecantikan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang tata kecantikan.

Menganalisis kesesuaian materi ajar tentang Kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang kerja dan penyakit akibat kerja.

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan tata kecantikan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang tata kecantikan.

Menentukan indikator pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan tata kecantikan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang tata kecantikan.

Menjelaskan pengetahuan deklaratif materi manfaat, tujuan dan jenis perawatan kulit wajah.

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan tata kecantikan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang tata kecantikan.

Menganalisis jenis media pembelajaran yang tepat digunakan untuk menyampaikan materi kosmetika tradisional

menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan tata kecantikan, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang tata kecantikan.

Menganalisis pengetahuan prosedural pada materi pemanfaatana romatherapy kecantikan

menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium tata kecantikan

Menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium berdasarkan karakteristik materi dan jenis alat yang digunakan dalam praktik perawatan kulit wajah.

menguasai metode dan teknik penelitian tindakan kelas untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tata kecantikan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Menentukan cara pemecahan masalah yang tepat berkaitan dengan materi perawatan kulit wajah berjerawat

menguasai metode dan teknik penelitian tindakan kelas untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tata kecantikan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan kelas

menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Menentukan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam perawatan kulit wajah

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran tata kecantikan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran tata kecantikan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran tata kecantikan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Membuat rumusan capaian pembelajaran dan indikator kompetensi yang tepat tentang materi rias wajah sehari-hari.

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran tata kecantikan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran tata kecantikan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran tata kecantikan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Menentukan jenis media dan sumber belajar yang tepat untuk pembelajaran rias wajah cikatri

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran tata kecantikan, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran tata kecantikan.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran tata kecantikan; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat pada kompetensi dasar rias wajah geriatri

mampu melaksanakan pembelajaran tata kecantikan dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik dengan memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan industri kecantikan

Menerapkan pembelajaran sesuai kaidah pedagogik agar peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan di industri kecantikan dalamp pembelajaran tata kecantikan.

mampu melaksanakan proses pembelajaran tata kecantikan secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi di bidang tata kecantikan

Menerapkan contoh kreatif sajian materi rias wajah panggung dengan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat.

mampu melakukan penilaian pada proses dan hasil belajar siswa secara otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tata kecantikan

Menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan pada materi sanggul ukel tekuk

mampu melakukan penilaian pada proses dan hasil belajar siswa secara otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tata kecantikan

Menentukan rumusan penilaian yang tepat terhadap proses dan hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai indikator kompetensi pada materi sangguil ciwidey

mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tata kecantikan, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Menentukan rancangan tindakan kelas yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sanggul daerah.

mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Menentukan rancangan prosedur berkomunikasi bak secara lisan maupun tulisan dengan santun, efektif, dan produktif dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung kompetensi keahlian Therapi Kecantikkan Kulit dan Rambut

Menguraikan anatomi dan fisiologi rambut

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Tunarungu

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Tunarungu

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Tunarungu No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Bahasa Jawa

Kisi Kisi PPG Bahasa Jawa

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Bahasa Jawa No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMA

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMA

Kisi Kisi Pretes UKG PPKN SMA sebagai berikut NO deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG SOSIAL

KISI-KISI UP UKM PPG SOSIAL

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG SOSIAL CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 TIK

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 TIK

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) No. Kompetensi Inti Kompetensi...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...