Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG SENI BUDAYA

KISI-KISI UP UKM PPG SENI BUDAYA

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG SENI BUDAYA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan seni budaya, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang seni budaya;

Disajikan narasi potensi, sarana yang dimiliki sekolah, dan karakteristik materi ajar. Peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang tepat

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan seni budaya, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang seni budaya;

Disajikan narasi tentang kompetensi inti mata pelajaran seni budaya, peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar berupa objek kajian seni budaya dengan tingkat dan perkembangan siswa SMP

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan seni budaya, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang seni budaya;

Disajikan narasi tentang kompetensi dasar pembelajaran seni budaya. Peserta dapat menganalisis jenis media yang tepat digunakan untuk membantu siswa menguasai kompetensi dasar tersebut

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan seni budaya, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang seni budaya;

Disajikan narasi tentang kompetensi inti mata pelajaran seni budaya. Peserta dapat menentukan kompetensi dasar yang gayut dengan kompetensi inti

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan seni budaya, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang seni budaya;

Disajikan kompetensi dasar tentang bernyanyi secara unisono. Peserta dapat menganalisis pengetahuan prinsip dan teknik bernyanyi dan pemanfataanya dalam kehidupan sehari-hari

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran seni pertunjukan (musik, tari teater), peserta dapat menentukan cara pemecahan masalah yang tepat

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran seni rupa, peserta dapat menentukan cara pemecahan masalah yang tepat

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan tujuan pendidikan seni budaya, peserta dapat menjelaskan seni sebagai media pendidikan

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran seni budaya, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran seni budaya.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran seni budaya; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi lulusan mata pelajaran seni budaya, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi d a n capai a n pe m be 1 ajaran yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran seni budaya, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran seni budaya.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran seni budaya; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran seni budaya, peserta dapat menentukan jenis media atau sumber be l aj a r ya n g te pat u ntuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran seni budaya, meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran seni budaya.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran seni budaya; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran seni budaya, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator pe n i ia i a n , ata u te kn i k evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu melaksanakan pembelajaran seni budaya yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa menjadi pembelajar mandiri (self­regulated learner) di dalam kelas, studio, dan luar ruang

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri siswa, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi siswa menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang .

Mampu melaksanakan pembelajaran seni budaya yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa menjadi pembelajar mandiri (self­regulated learner) di dalam kelas, studio, dan luar ruang

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri siswa, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi siswa menjdi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang .

Mampu melaksanakan pembelajaran seni budaya yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa menjadi pembelajar mandiri (self­regulated learner) di dalam kelas, studio, dan luar ruang

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri siswa, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi siswa menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang .

Mampu melaksanakan pembelajaran seni budaya secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi seni budaya, menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan indikator kompetensi mata pelajaran seni budaya, peserta dapat menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan item/task mata pelajaran seni budaya, peserta dapat menentukan rumusan indikator kompetensi yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran seni budaya, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran,

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan fenomena seni budaya dalam pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran seni budaya, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran,

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan fenomena seni musik dalam pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan siswa, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif.

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni rupa, peserta dapat menganalisis unsur, prinsip dan teknik pada ragam hias

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni rupa, peserta dapat mengklasifikasi unsur, prinsip dan teknik pada seni grafis

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni rupa, peserta dapat membandingkan unsur, prinsip dan teknik pada seni patung

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan musik, peserta dapat menganalisis unsur, prinsip, dan teknik dalam bernyanyi secara unisono

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan musik, peserta dapat menganalsis unsur, prinsip, dan teknik dalam bernyanyi secara kelompok

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan alat musik melodis, Peserta dapat mengklasifikasikan berdasarkan sumber bunyinya

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan alat musik ritmis, Peserta dapat mengklasifikasikan berdasarkan cara memainkannya

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni tari, peserta dapat menganalisis gerak tari tradisi sesuai level dan pola lantai

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni tari, peserta dapat menganalisis gerak tari tradisi dengan menggunakan unsur pendukung

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni tari, peserta dapat menganalisis gerak tari tradisi sesuai iringan tari

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni tari, peserta dapat menganalisis gerak tari kreasi sesuai level dan pola lantai

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni tari, peserta dapat menganalisis gerak tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan seni tari, peserta dapat menganalisis gerak tari kreasi sesuai iringan tari

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan unsur, prinsip, dan teknik teater, peserta dapat menentukan naskah dan atau pementasan dalam fragmen

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan Penerapan unsur, prinsip, dan teknik teater, peserta dapat menentukan naskah dan atau pementasan dalam pantomin

Menguasai keterpaduan penerapan seni budaya secara faktual, konseptual, dan prosedural

Disajikan keterpaduan penerapan unsur, prinsip, dan teknik teater, peserta dapat menentukan naskah dan atau pementasan dalam operet

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar bermacam-macam ragam hias, peserta dapat menganalisis sesuai dengan unsur, prosedur dan teknik ragam hias

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar bermacam-macam grafis, peserta dapat menganalisis sesuai dengan unsur, prosedur dan teknik seni grafis

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar bermacam-macam patung, peserta dapat menganalisis sesuai dengan unsur, prosedur dan teknik seni patung

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar ragam sajian vokal, peserta dapat menghubungkan unsur, prosedur, dan teknik bernyanyi secara unisono

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar ragam sajian vokal, peserta dapat menghubungkan unsur, prosedur, dan teknik bernyanyi secara kelompok

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar ragam alat musik berdasarkan fungsinya, peserta dapat menghubungkan unsur, prosedur, dan teknik pembawaan alat musik melodis

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data atau gambar ragam alat musik berdasarkan fungsinya, peserta dapat menghubungkan unsur, prosedur, dan teknik pembawaan alat musik ritmis

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data dan atau gambar tari tradisi, peserta dapat mengkorelasikan unsur, prosedur teknik tari berdasarkan level dan pola lantai

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data dan atau gambar tari tradisi, peserta dapat mengkorelasikan unsur, prosedur teknik tari berdasarkan unsur pendukung

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data dan atau gambar tari tradisi, peserta dapat mengkorelasikan unsur, prosedur teknik tari berdasarkan iringan

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data dan atau gambar tari kreasi, peserta dapat mengkorelasikan unsur, prosedur teknik tari berdasarkan level dan pola lantai

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data dan atau gambar tari kreasi, peserta dapat mengkorelasikan unsur, prosedur teknik tari berdasarkan unsur pendukung

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan data dan atau gambar tari kreasi, peserta dapat mengkorelasikan unsur, prosedur teknik tari berdasarkan iringan

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan naskah atau gambar pementasan fragmen, peserta dapat menginterpretasikan konsep, teknik, dan prosedur dasar seni peran

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan naskah atau gambar pementasan pantomim, peserta dapat menginterpretasikan konsep, teknik, dan prosedur dasar seni peran

Mampu mengkomunikasikan bahan kajian dalam lingkup bidang ilmu seni budaya pada pembelajaran dan publikasi

Disajikan naskah atau pementasan operet, peserta dapat menginterpretasikan konsep, teknik, dan prosedur dasar seni peran

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran ragam hias, peserta dapat merumuskan masalah dan tujuan penelitian

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran seni grafis, peserta dapat merumuskan masalah dan tujuan penelitian

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran seni patung, peserta dapat merumuskan masalah dan tujuan penelitian

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran bernyanyi secara unisono, peserta dapat merumuskan masalah dan tujuan penelitian

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran bernyanyi secara kelompok, peserta dapat memecahkan masalah dan menemukan solusi

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran alat musik melodis, peserta dapat menemukan solusi dan menyelesaikan masalah

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran alat musik ritmis, peserta dapat menemukan solusi dan menyelesaikan masalah

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran tari tradisi, peserta dapat menemukan solusi dalam menyelesaikan masalah tentang level dan pola lantai

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran tari tradisi, peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang unsur pendukung tari

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran tari tradisi, peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang iringan tari

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran tari kreasi, peserta dapat menemukan solusi dalam menyelesaikan masalah tentang level dan pola lantai

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran tari kreasi, peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang unsur pendukung tari

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran tari kreasi peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang iringan tari

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran teater, peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang fragmen

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran teater, peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang pantomim

Mampu memanfaatkan dan mengkaji objek permasalahan seni budaya untuk pembelajaran dan penelitian tindakan

disajikan fakta permasalahan pembelajaran teater, peserta dapat menemukan solusi penyelesaian masalah tentang operet

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Materi Pengayaan SKI

Materi Pengayaan SKI

Berikut Materi Pengayaan SKI 1. Pelaut-pelaut Makassar adalah yang pertama kali melakukan kontak dengan bangsa asli Australia yaitu Aborigin. Mereka mendarat di Australia bagian utara sekitar tahun...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Teater SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Teater SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Teater SMP No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 IPA

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 IPA

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keah...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PELAYARAN KAPAL NIAGA

KISI-KISI UP UKM PPG PELAYARAN KAPAL NIAGA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PELAYARAN KAPAL NIAGA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...