Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PGSD

KISI-KISI UP UKM PPG PGSD

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai konsep teoritis materi pelajaran matematika sekolah secara mendalam

Menerapkan prinsip operasi hitung bilangan pecahan

Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik

Merancang pembelajaran matematika sekolah dasar dengan menerapkan pendekatan berbasis konstruktivisme

Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik

Menganalisis karakteristik suatu kasus pembelajaran matematika SD

Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik

Menyusun soal yang mengukur kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi

Menguasai konsep teoritis materi pelajaran matematika sekolah secara mendalam

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

Menguasai konsep teoritis materi pelajaran matematika sekolah secara mendalam

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan pada segitiga atau segiempat

Menguasai konsep teoritis materi pelajaran matematika sekolah secara mendalam

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pada bangun ruang

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika

Menarik kesimpulan matematis dengan menggunakan penalaran logis

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika

Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknik membilang

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika

Menganalisis data statistik secara deskriptif yang meliputi penyajian, ukuran pemusatan dan penyebaran, serta nilai baku

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari

Menentukan rumus dari suatu pola bilangan

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi polynomial maksimal berderajat tiga

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari

Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dengan jarak, waktu, dan kecepatan

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit

Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari

Pemecahan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor, FPB, dan KPK

Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung

Menganalisis kegiatan ilmiah untuk menentukan rumusan masalah, tujuan, hipotesis, atau variabel penelitian

Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung

Menganalisis perubahan yang terjadi di alam akibat pelapukan, perkaratan

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Membedakan fungsi bagian rangka manusia

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menganalisis proses pernapasan pada manusia ( organ dan struktur organ pernapasan, proses pengangkutan udara)

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menentukan cara pemisahan materi ( filtrasi, kristalisasi, sublimasi,atau kromatografi)

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menyimpulkan kelebihan teknik perkembangbiakan tumbuhan atau hewan

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menentukan parameter gelombang (frekuensi, amplitudo, panjang gelombang, periode, kecepatan, energi) yang terjadi pada bunyi

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menerapkan konsep kalor pada kehidupan sehari-hari

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Memahami cacat mata dan cara mengatasinya

Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik

Menjelaskan penggunaan media atau alat peraga untuk menanamkan konsep matematika SD

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menerapkan konsep kelistrikan pada rangkaian seri, paralel, campuran seri paralel.

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari

Menerapkan konsep gaya dan gerak pada kehidupan sehari-hari

Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep, yang berhubungan

dengan mata pelajaran IPA

Menganalisis keterkaitan konsep sains dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat

Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, model dan prinsipprinsip pembelajaran IPA yang bersifat mendidik.

Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model pembelajaran atau pengelolaan kelas atau penggunaan media dalam membelajarkan IPA

Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:

1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan

2)  menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Membuat rubrik untuk menilai praktikum IPA

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Disajikan kasus, peserta diminta menentukan rumusan masalah, dan pemecahannya sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di kelas.

Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:

1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan

2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA

Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia

Menganalisis sifat dan fungsi bahasa

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Mengidentifikasi struktur BI

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

Menentukan ide pokok dalam wacana

Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif

Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi puisi anak-anak secara reseptif

Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang SD yang bersifat mendidik

Menganalisis ruang lingkup dan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD berdasarkan kurikulum dan techno-pedagogical content knowledge (TPACK) di SD

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, meliputi:

1) merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan KD.

2)  Memilih dan menetapkan pendekatan, metode, materi, proses, sumber, media, dan penilaian

Merancang perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang meliputi indikator, tujuan, metode, proses, materi, media, penilaian.

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD;

Menganalisis penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang mendidik dan inovatif sesuai tuntutan abad 21

Mampu melaksanakan penilaian otentik holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Merancang instrumen penilaian dalam pembelajaran BI yang bersifat otentik holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang diampu secara mendalam

Mengembangkan peran konsep Ilmu-ilmu sosial dalam materi IPS SD

Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang diampu secara mendalam

Menerapkan nilai-nilai yang dikembangkan IPS SD dalam kehidupan sehari-hari

Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang diampu secara mendalam

Menguraikan berbagai pendekatan dalam pembelajaran IPS SD

Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS

Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD

Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS

Menyusun fakta, konsep, dan generalisasi dalam pembelajaran IPS SD

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global

Mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada lingkungan masyarakatnya

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global

Menganalisis konsep ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global

Menganalisis adanya saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan dalam dinamika kehidupan global

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global

Menganalisis permasalahan kebhinekaan masyarakat secara kritis dan kreatif melaui berbagai kegiatan sosial

Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global

10. Menganalisis fenomena interaksi dalam perkembangan Iptek dan perkembangan masyarakat, pada kehidupan global

Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global

11. Mengaplikasikan sikap peka, tanggap dan adaptif terhadap lingkungan sekitar untuk mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan

Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global

12. Mengevaluasi dampak positif dan negatif perkembangan Iptek terhadap kehidupan masyarakat

Teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip- prinsip pembelajaran bidang studi yang mendidik

Menerapkan model-model pembelajaran inovatif, yang menunjang pembelajaran IPS di SD yang menyenangkan

Menguasai konsep umum, prinsip, metode, dan teknik penelitian kependidikan

Menerapkan metode dan teknik penelitian tindakan reflektif terhadap pembelajaran IPS SD

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran yang diampu, meliputi: merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan

Menentukan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik anak SD

Mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran

Mampu menyusun soal evaluasi IPS SD yang dapat mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Membandingkan prinsip negara hukum formal dan negara hukum material

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Mengkritisi kelemahan penegakan HAM di Indonesia

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dan integrasi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Membandingkan sistem pemerintahan negara federal dan sistem pemerintahan dengan azas desentralisasi

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab melemahnya kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia dalam

kehidupan masyarakat yang multikultur

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang / aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Menerapkan prinsip dan nilai-nilai pascamodern abad globalisasi untuk memajukan kehidupan masyarakat Indonesia yang multikultur

Mampu memilih dan menggunakan fakta dan peristiwa sosial kewarganegaraan sebagai laboratorium PPKn di masyarakat

untuk pengembangan materi PPKn

Mampu memilih dan meng gunakan fakta dan peristiwa sosial kewarganegara an sebagai laboratorium PPKn di masyarakat untuk pengembangan materi PPKn

Menetapkan pilihan dengan argumentasi yang benar fakta dan peristiwa sosial kewarganegaraan yang dapat dijadikan pengembangan materi PPKn

Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.

Mengkritisi keunggulan dan kelemahan pengembangan sistem demokrasi konstitusional,

Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.

Membandingkan budaya politik dan semangat kebangsaan masyarakat Indonesia

Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.

Menjelaskan cinta tanah air dan bela negara

Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.

Menilai kelemahan usulan kebijakan publik untuk perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil

Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah- masalah dalam membangun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta belanegara.

Memberikan argumen nilai yang kuat tentang pentingnya perilaku demokratis dalam konteks kewarganegaraan

Menguasai teori dan aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran PPKn melalui pengembangan rencana pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran yang diampu, meliputi: merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan; menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran; dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku;

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self regulated learner)

Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan karakteristis belajar siswa melalui model pembelajaran koopreratif.

Mampu melaksanakan penilaian otentik holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Mengembangkan pola evaluasi autentik berbasis proses dan produk kinerja siswa dalam pembelajaran PPKn

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Melakukan kegiatan refleksi perbaikan proses dan hasil pembelajaran PPKn SD berdasar alur PTK

Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia

Mengidentifikasi tahapan pemerolehan bahasa anak usia SD

Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia

Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Mengidentifikasi makna kata

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Menerapkan penggunaan ejaan dan tanda baca

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

Menyusun paragraf yang mengandung unsur kohesi, koherensi, dan kelengkapan

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

Menyimpulkan isi bacaan

Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif

Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi cerita anak-anak secara reseptif

Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif

Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi drama anak-anak secara reseptif

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG TEKNIK GRAFIKA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG BK

Kisi Kisi PPG BK

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Bimbingan dan Konseling (Konselor) No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Indonesia SLB

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Indonesia SLB

Kisi Kisi Pretest UKG Bahasa Indonesia SLB No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG MANAJEMEN PERKANTORAN

KISI-KISI UP UKM PPG MANAJEMEN PERKANTORAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG MANAJEMEN PERKANTORAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...