Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PERHOTELAN DAN JASA PARIWISATA

KISI-KISI UP UKM PPG PERHOTELAN DAN JASA PARIWISATA

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PERHOTELAN DAN JASA PARIWISATA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menganalisis dan mengkonstruksi trend industri perhotelan

Menganalisis perkembangan industri perhotelan

Menganalisis dan mengkonstruksi trend industri perhotelan

Memutuskan jenis hotel yang akan dikembangkan

Menganalisis pelayanan pemesanan kamar /reservation service

Menggolongkan jenis reservasi yang digunakan di hotel

Menganalisis pelayanan pemesanan kamar /reservation service

Memutuskan tipe kamar yang ditawarkan kepada tamu

Menganalisis pelayanan pemesanan kamar /reservation service

Memutuskan prosedur reservasi yang tepat digunakan di hotel

Menganalisis layanan reception/ front desk (pelayanan check in & check out)

Menggolongkan ruang lingkup kegiatan reception

Menganalisis layanan reception/ front desk (pelayanan check in & check out)

Menerapkan prosedur pelayanan di bagian reception

Menganalisis layanan reception/ front desk (pelayanan check in & check out)

Memproses bill tamu

Menganalisis layanan houseekeeping

Membedakan ruang lingkup kegiatan masing-masing section pada departemen housekeeping

Menganalisis layanan houseekeeping

Menerapkan prosedur pembersihan di bagian housekeeping

Menganalisis layanan houseekeeping

Membedakan penggunaan masing-masing bahan pembersih di bagian house keeping

Menganalisis layanan houseekeeping

Memutuskan penggunaan peralatan pembersih yang digunakan di masing-masing area pada departemen housekeeping

Menganalisis layanan houseekeeping

Mengevaluasi prosedur making bed

Menganalisis layanan houseekeeping

Menerapkan prosedur penanganan lost and found

Menganalisis pelayanan F&B service

Mengevaluasi Prosedur Layanan F & B Service

Menganalisis pelayanan F&B service

Membedakan jenis-jenis restaurant

Menganalisis pelayanan F&B service

Membandingkan jenis-jenis bar

Menganalisis pelayanan F&B service

Menggolongkan jenis-jenis minuman

Menganalisis pelayanan F&B service

Menerapkan Prosedur layanan makanan dan minuman

Menganalisis K3 dalam operasional hotel

Menilai prosedur k3, hygiene sanitasi di industry perhotelan

Mengkonstruksi industri pariwisata

Menganalisa karakteristik industri dan produk pariwisata

Menganalisis pemutakhiran data informasi kepariwisataan

Membandingkan data informasi kepariwisataan

Menganalisis dokumen Administrasi Usaha Perjalanan Wisata (UPW)

Memeriksa jenis-jenis dokumen administrasi UPW

Menerapkan peraturan Kesehatan Keselamatan Kerja( K3) dalam bidang Pariwisata dan Operasional Hotel

Menggolongkan sumber-sumber kecelakaan kerja

Menerapkan peraturan Kesehatan Keselamatan Kerja( K3) dalam bidang Pariwisata dan Operasional Hotel

Menganalisis prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan (K3) di tempat kerja

Menerapkan peraturan Kesehatan Keselamatan Kerja( K3) dalam bidang Pariwisata dan Operasional Hotel

Mengkritisi penerapan personal hygiene

Pemanduan perjalanan wisata

Menerapkan pemanduan wisata untuk tamu sesuai dengan SOP

Pemanduan perjalanan wisata

Menerapkan kerjasama dengan kolega dan wisatawan

Pemanduan perjalanan wisata

Mengkritik penggunaan bahasa asing pariwisata

Mengevaluasi sIstem reservasi ticketing dengan CRS (Computer Reservation System)

Menerapkan sistem reservasi tiketing dengan CRS (Computer Reservation System)

Menganalisis persiapan tiket penerbangan Internasional normal dan promosi

Menerapkan prinsip persiapan tiket penerbangan Internasional normal dan promosi

Mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata

Menganalisis pengelolaan perjalanan wisata sesuai standar internasional

Mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata

Menyelesaikan masalah dalam pengelolaan perjalanan wisata

Menyelenggarakan MICE

Menggolongkan produk rekanan yang dapat disertakan dalam kegiatan MICE

Menyelenggarakan MICE

Mengevaluasi kegiatan MICE

Menyelenggarakan MICE

Mengembangkan komunikasi kepada public tentang produk wisata

Menyelenggarakan MICE

Memutuskan saluran promosi yang tepat bagi produk pariwisata tertentu

Menerapkan model-model pembelajaran (Kelebihan dan kelemahan) pada proses pembelajaran

Disajikan narasi reception di industri perhotelan,dengan memperhatikan aspek etika berkomunikasi, peserta dapat memutuskan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan

Menerapkan model-model pembelajaran (Kelebihan dan kelemahan) pada proses pembelajaran

Peserta memutuskan refleksi pembelajaran terhadap model pembelajaran reservasi di industri perhotelan yang telah dilakukan

Menerapkan model-model pembelajaran (Kelebihan dan kelemahan) pada proses pembelajaran

Disajikan narasi tentang kompetensi inti mata pelajaran Food and baverage, peserta dapat menemukan kompetensi dasar yang gayut dengan kompetensi inti

Menerapkan model-model pembelajaran (Kelebihan dan kelemahan) pada proses pembelajaran

Disajikan narasi tentang kompetensi dasar perhotelan, peserta dapat menemukan jenis media yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut

Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran pada proses pembelajaran

Disajikan narasi skenario memulai kelas, peserta dapat menerapkan prinsip pembelajaran melakukan a€regreetinga€ dalam menarik minat siswa pada mata pelajaran housekeeping

Menganalisis evaluasi dan proses hasil belajar

Disajikan rumusan indikator kompetensi mata pelajaran Front office, peserta dapat menemukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan

Menganalisis muatan kurikulum 13 SMK (analisis SKL, KI, KD)

Mengembangkan Kompetensi dasar di mata pelajaran perhotelan

Menganalisis prinsip, metode dan teknik penelitian kependidikan

Merancang penelitian tindakan kelas pada siswa SMK perhotelan

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran

Membuat simulasi materi ajar perhotelan based on e-learning yang disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi integrasi pengetahuan keilmuan pariwisata, pedagogi dan teknologi (technology pedagogy and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang pariwisata

Peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar berupa objek kajian UPW dengan tingkat perkembangan siswa SMK

menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran pariwisata, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Disajikan permasalahan yang muncul di suatu kelas pada saat pembelajaran tentang MICE, peserta dapat menilai variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan yang tepat

menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) pada saat praktikum pembelajaran

Disajikan kasus terkait kecelakaan kerja, peserta dapat menerapkan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan kasus tentang kenakalan remaja di sekolah, peserta dapat menganalisis tindakan untuk menangani kasus tersebut sesuai dengan perundangan yang berlaku

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran Pemesanan dan Penghitunagn Tarif Penerbangan , meliputi:

1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran industri pariwisata.

2)  menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan ; dan

3)  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku.

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran Pemesanan dan Penghitungan Tarif Penerbangan, peserta dapat memutuskan jenis media atau sumber belajar yang tepat untuk rumusan tersebut.

mampu melaksanakan pembelajaran Pemesanan dan penghitungan tarif Penerbangan yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, dan luar ruang kelas

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menilai strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam dan di luar kelas

Mampu melaksanakan pembelajaran perencanan dan pengelolaan pariwisata secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peserta dapat mengaplikasikan contoh kreatif sajian materi ajar perencanan dan pengelolaan perjalanan wisata menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang tepat

mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan rumusan indikator kompetensi mata pelajaran pemanduan perjalanan wisata, peserta dapat memutuskan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan

mampu mengevaluasi program pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran Perencanaan dan pengelolaan perjalanan wisata , dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran perencanaan dan pengelolaan perjalanan wisata, peserta dapat mengembangkan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku

Disajikan permasalahan dalam proses pembelajaran, peserta dapat memutusakan metode komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif

Menganalisis prinsip, metode dan teknik penelitian kependidikan

Disajikan permasalahan yang muncul di suatu kelas pada saat pembelajaran tentang simulasi reception, peserta dapat menemukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan.

Menganalisis pemutakhiran data informasi kepariwisataan

Mengklasifikasikan data kepariwisataan

Pemanduan perjalanan wisata

Memutuskan pemanduan wisata sesuai dengan permintaan wisatawan

Mengevaluasi pengelolaan perjalanan wisata

Merancang paket produk dan jasa wisata

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG PJOK

KISI-KISI UP UKM PPG PJOK

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN CAPAIAN PEMBELAJARAN ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Guru Kelas SD

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Guru Kelas SD

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Guru Kelas SD No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN MATEMATIKA

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN MATEMATIKA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN MATEMATIKA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Tunarungu

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Tunarungu

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Tunarungu No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Guru Kelas SD

Kisi Kisi PPG Guru Kelas SD

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Guru Kelas SD No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...