Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

menerapkan teori aplikasi pedagogis (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang elektronika yang bersifat mendidik

Dapat menerapkan prinsip TPACK dalam model pembelajaran berbasis inkuiri, atau model pembelajaran berbasis Proyek untuk merancang rangkaian sistem elektronika

menerapkan teori aplikasi pedagogis (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang elektronika yang bersifat mendidik

Dapat menerapkan prinsip TPACK dalam model pembelajaran berbasis inkuiri untuk menerapkan hasil rancangan elektronika

menerapkan teori aplikasi pedagogis (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang elektronika yang bersifat mendidik

Dapat menerapkan prinsip TPACK dalam model pembelajaran berbasis proyek pada pemrograman mikriprosesor dan mikrokontroler

menerapkan teori aplikasi pedagogis (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang elektronika yang bersifat mendidik

Dapat menerapkan prinsip TPACK dalam model pembelajaran berbasis proyek untuk menginstalasi sistem elektronika

menerapkan teori aplikasi pedagogis (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang elektronika yang bersifat mendidik

Dapat menerapkan prinsip TPACK dalam model pembelajaran berbasis proyek untuk pengujian dan pengukuran sistem elektronika

menerapkan teori aplikasi pedagogis (techno- pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang elektronika yang bersifat mendidik

Dapat menerapkan prinsip TPACK dalam model pembelajaran berbasis inkuiri untuk perawatan dan perbaikan sistem elektronika

Merancang sistem rangkaian elektronika analog menggunakan komponen aktif dan pasif

Menentukan jenis dan ukuran komponen elektronika aktif dan pasif dari satu rangkaian elektronika dengan fungsi tertentu.

menguasai prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran bidang elektronika

Dapat menerapkan pembelajaran menggunakan peralatan TIK

Merealisasikan rancangan rangkaian elektronika analog

Menguraikan penyusun rangkaian elektronika analog menggunakan komponen elektronika nyata

Menganalisis rangkaian elektronika analog

Menemukan karakteristik kerja dari rangkaian elektronika analog

Menerapkan perawatan dan memperbaiki rangkaian elektronika

Menyiapkan prosedur perawatan dan perbaikan rangkaian elektronika analog

Menerapkan hukum-hukum rangkaian listrik dalam menganalisis rangkaian elektronika

Menyiapkan prinsip-prinsip hukum rangkaian listrik dalam menganalisis rangkaian elektronika

Menganalisis rangkaian listrik arus searah

Menguraikan karakteristik dan prinsip kerja dari rangkaian elektronika arus searah

Menganalisis rangkaian listrik arus bolak-balik

Menguraikan karakteristik dan prinsip kerja dari rangkaian elektronika arus bolak-balik

Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran- besaran listrik

Menyiapkan prosedur pengukuran besaran-besaran listrik pada rangkaian elektronika

Merancang rangkaian elektronika digital dari persamaan logikanya

Menguraikan rangkaian elektronika digital berdasarkan persamaan logikanya

menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan elektronika;

Dapat menerapkan K3L di Lab Pendidikan Elektronika

merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan bidang elektronika

Dapat menyusun capaian pembelajaran lulusan bidang elektronika mengacu pada pembelajaran untuk merancang rangkaian sistem elektronika

Menerapkan teknik penyederhanaan fungsi logika

Menyiapkan prosedur penyederhanaan rangkaian elektronika digital menggunakan berbagai metode

Menganalisis fungsi logika dari rangkaian elektronika digital menggunakan gerbang dasar

Menguraikan fungsi logika dari rangkaian elektronika digital menggunakan gerbang dasar

Mengaplikasikan flip-flop dan register dalam rangkaian logika

Menguraikan rangkaian register yang dibangun dari rangkaian logika

Menganalisis karakteristik sensor, aktuator dan transduser

Menguraikan karakteristik sensor, aktuator dan transduser

Menerapkan sensor, aktuator dan transduser pada sistem elektronika

Menyiapkan sensor, aktuator dan transduser sesuai karakteristik yang dibutuhkan dalam membangun sistem elektronika dengan fungsi tertentu

Mengevaluasi kinerja sensor, aktuator dan transduser pada sistem elektronika

Menguraikan kinerja sensor, aktuator dan transduser pada sistem elektronika berdasarkan karakteristik yang dibutuhkan

Mengaplikasikan sistem aktuator elektromekanik

Menyiapkan sistem aktuator elektromekanik

Mengkreasi alur program untuk menyelesaikan suatu permasalahan

Menyiapkan alur kerja program komputer untuk menyelesaikan permasalahan tertentu

Menganalisis alur program mikrokontroler

Menguraikan urutan eksekusi dan keluaran program mikrokontroler menggunakan flow chart

Menerapkan sintak-sintak pemrograman mikrokontroler

Menyiapkan program komputer untuk menyelesaikan masalah tertentu dengan menggunakan sintaks yang tepat

Menerapkan sintak-sintak pemrograman mikrokontroler

Menilai program mikrokontroler untuk melakukan tugas tertentu

menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku

Dapat menyusun RPP mengacu ke silabus, karakteristik sarana dan prasarana satuan pendidikan, karakteristik dan potensi peserta didik

mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) pada bidang elektronika

Dapat menerapkan strategi pembelajaran berbasis inkuiri, atau berbasis proyek, atau berbasis masalah pada bidang elektronika

Mengevaluasi program mikrokontroler dengan fungsi tertentu

Menilai program mikrokontroler untuk melakukan tugas tertentu

melaksanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Dapat menyusun tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik

menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Dapat menyusun upaya peningkatan kualitas pembelajaran menggunakan data hasil belajar

menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran bidang elektronika:

Dapat merumuskan tujuan instruksional bidang elektronika mengacu ke materi pembelajaran, karakteristik dan potensi peserta didik

Merancang rangkaian elektronika sebagai pengolah suara

Menyiapkan komponen elektronika beserta interkoneksinya yang berfungsi sebagai pengolah suara pada sistem audio

Merancang rangkaian elektronika sebagai penguat suara

Menyiapkan komponen elektronika beserta interkoneksinya yang berfungsi sebagai penguat suara pada sistem audio

Menganalisis rangkaian elektronika sebagai pengolah gambar

Menguraikan cara kerja rangkaian elektronika sebagai pengolah gambar pada sistem video

Menganalisis teknik pengiriman gambar pada sistem siaran televisi

Menguraikan proses pengiriman gambar pada sistem siaran televisi

Menganalisis definisi gambar pada sistem televisi

Menguraikan definisi gambar pada sistem televisi

mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Dapat melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran bidang elektronika

Menerapkan sistem kontrol elektronik di industri

Menyiapkan perangkat elektronik yang berfungsi melakukan kontrol di industri

Menganalisis penggunaan perangkat elektronik dalam sistem kontrol di industri

Menguraikan penggunaan perangkat elektronik untuk melakukan kontrol di industri

Mengevaluasi motor listrik pada industri

Menguraikan dan mengatasi gangguan motor listrik pada industri

Merancang sistem kontrol terbuka dan tertutup pada industri (relai, pneumatik, PLC)

Menyiapkan sistem kontrol terbuka dan tertutuo di industri dengan menggunakan berbagai perangkat kontrol elektronik

Merancang sistem kontrol berbasis mikrokontroler

Menguraikan sistem kontrol berbasis mikrokontroler untuk fungsi tertentu

Mengevaluasi sistem kontrol berbasis PLC

Menilai sistem kontrol industri berbasis PLC

Mengevaluasi sistem kontrol industri berbasis robotik

Menilai sistem kontrol industri berbasis robotik

Menganalisis karakteristik komponen elektronika sebagai switching pada sistem catu daya

Menguraikan prinsip kerja komponen switching sesuai karakteristiknya pada sistem catu daya

Menerapkan komponen elektronik sebagai switching pada sistem catu daya

Menyiapkan komponen elektronik yang berfungsi sebagai perangkat switching pada sistem catu daya

Mengevaluasi kinerja perangkat elektronik sebagai switching pada sistem catu daya

Memerinci unjuk kerja perangkat elektronik switching pada sistem catu daya

Menerapkan prinsip-prinsip perawatan dan perbaikan perangkat catu daya

Mengaplikasikan prosedur baku perawatan dan perbaikan perangkat catu daya

Menerapkan frekuensi gelombang radio untuk aplikasi telekomunikasi tertentu

Memilih frekuensi gelombang radio yang tepat untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan tujuan tertentu

Menganalisis karateristik antena berdasarkan propagasi gelombang elektromagnetik

Menguraikan karakteristik antena berdasarkan pola radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkannya

Menganalisis karateristik propagasi gelombang radio pada sistem telekomunikasi

Menguraikan karakteristik propagasi gelombang radio

Menerapkan prinsip-prinsip perawatan dan perbaikan perangkat telekomunikasi

Menyiapkan prosedur perawatan dan perbaikan perangkat telekomunikasi

merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan bidang elektronika

Dapat menyusun capaian pembelajaran lulusan bidang elektronika mengacu ke realisasi rangkaian sistem elektronika

merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan bidang elektronika

Dapat menyusun capaian pembelajaran lulusan program mikroprocessor-based sistem pada sistem pengendali elektronika

merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan bidang elektronika

Dapat menyusun capaian pembelajaran lulusan bidang elektronika mengacu ke instalasi rangkaian sistem elektronika

merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan bidang elektronika

Dapat menyusun capaian pembelajaran lulusan bidang elektronika mengacu ke pengujian dan pengukuran rangkaian sistem elektronika

merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan bidang elektronika

Dapat menyusun capaian pembelajaran lulusan bidang elektronika mengacu ke perawatan dan perbaikan rangkaian sistem elektronika

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Fisika SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Fisika SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Fisika SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Mengu...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Menguasai mater...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG PPKN SMP

Kisi Kisi Pretest UKG PPKN SMP

Kisi Kisi Pretest UKG PPKN SMP No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Menguas...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretes UKG Administrasi Perkantoran SMK

Kisi Kisi Pretes UKG Administrasi Perkantoran SMK

Kisi Kisi Pretes UKG Administrasi Perkantoran SMK sebagai berikut No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...