Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO KETENAGALISTRIKAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Mampu memahami karakteristik siswa yang meliputi aspek fisik, intelektual, sosial emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan tahap perkembangannya

Menggunakan teori perkembangan sosial emosional peserta didik dalam timwork praktikum instalasi listrik residensial.

Mampu memahami karakteristik siswa yang meliputi aspek fisik, intelektual, sosial emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan tahap perkembangannya

Menggunakan teori perkembangan mental spiritual peserta didik dalam kebenaran penyusunan laporan praktikum pengukuran listrik.

Mampu mendeskripsikan, menerapkan teori belajar dalam pembelajaran, meliputi Teori Belajar Behavioristik dan Konstruktivistik.

Menggunakan teori belajar Behavioristik dalam mata pelajaran pemrograman PLC.

Mampu mendeskripsikan, menerapkan teori belajar dalam pembelajaran, meliputi Teori Belajar Behavioristik dan Konstruktivistik.

Menggunakan teori belajar Van Hiele dalam desain layout PCB.

Mampu mendeskripsikan, menerapkan teori belajar dalam pembelajaran, meliputi Teori Belajar Behavioristik dan Konstruktivistik.

Menggunakan teori belajar Bruner dalam rangkaian logika.

Memahami konsep, hukum, teori dasar rangkaian dan pengukuran listrik.

Menganalisis rangkaian listrik tentang arus .

Mampu membangun wawasan tentang rasionalitas dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 2013 dengan tepat dan jelas, memahami tentang SKL, KI, dan KD pada tingkat satuan pendidikan, serta mampu menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi

Membuat SKL, KI, dan KD pada tingkat satuan pendidikan untuk mata pelajaran mesin listrik.

Memahami konsep, hukum, teori dasar rangkaian dan pengukuran listrik.

Menganalisis rangkaian listrik tentang tegangan.

Mampu membangun wawasan tentang rasionalitas dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum 2013 dengan tepat dan jelas, memahami tentang SKL, KI, dan KD pada tingkat satuan pendidikan, serta mampu menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi

Menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi pneumatik.

Memahami konsep, hukum, teori dasar rangkaian dan pengukuran listrik.

Menganalisis rangkaian listrik AC 1 fasa .

Mampu mengembangkan berbagai desain pembelajaran, diantaranya menganalisis langkah- langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry/Discovery Learning, dan mengevaluasi berbagai pendekatan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD.

Mengembangkan berbagai desain pembelajaran pada mata pelajaran mikrokontroler.

Memahami konsep, hukum, teori dasar rangkaian dan pengukuran listrik.

Menganalisis rangkaian listrik AC 3 fasa.

Mampu mengembangkan berbagai desain pembelajaran, diantaranya menganalisis langkah- langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry/Discovery Learning, dan mengevaluasi berbagai pendekatan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD.

Menganalisis langkah-langkah pembelajaran saintifik untuk mata pelajaran teknik digital

Memahami konsep, hukum, teori dasar rangkaian dan pengukuran listrik.

Menganalisis hasil pengukuran besaran listrik.

Mampu mengembangkan berbagai desain pembelajaran, diantaranya menganalisis langkah- langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry/Discovery Learning, dan mengevaluasi berbagai pendekatan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD.

Mengevaluasi berbagai pendekatan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD pada mata pelajaran pemrograman komputer

Memahami konsep, hukum, teori dasar rangkaian dan pengukuran listrik.

Menganalisis rangkaian pengukuran besaran listrik.

Mampu membuat, menganalisis dan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan KD.

Menganalisis efektifitas penerapan media dalam pembelajaran elektronika dasar

Mampu membuat, menganalisis dan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan KD.

Memilih media yang sesuai dalam pembelajaran refrigerator

Menerapkan landasan hukum dan Prinsip penyusunan, Komponen dan Sistematika RPP. Mengembangkan isi setiap komponen dalam sistematika RPP. Menerapkan RPP untuk KD tertentu berdasarkan Kurikulum 2013.

Menerapkan landasan hukum dan Prinsip penyusunan, Komponen dan Sistematika RPP pada mata pelajaran keselamatan kerja di bidang elektro

Memahami dasar-dasar elektronika.

Mengenal komponen elektronika pasif.

Menerapkan landasan hukum dan Prinsip penyusunan, Komponen dan Sistematika RPP. Mengembangkan isi setiap komponen dalam sistematika RPP. Menerapkan RPP untuk KD tertentu berdasarkan Kurikulum 2013.

Menerapkan RPP untuk KD tertentu berdasarkan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran distribusi tenaga listrik

Memahami dasar-dasar elektronika.

Mengenal komponen elektronika aktif.

Memahami dasar-dasar elektronika.

Menjelaskan sisfat komponen elektronik pasif.

Menerapkan penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Memilih jenis tes dan bentuk penilaian berdasar hasil analisis karakteristik (validitas, reliabilitas dan parameter) instrumen. Mengembangkan instrumen dan teknik penilaian untuk proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, sikap spiritual dan sosial, serta keterampilan. Mengevaluasi ketuntasan hasil belajar berdasar hasil analisis data tes, observasi dan penugasan.

Menerapkan penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Teknik Tegangan Tinggi

Memahami dasar-dasar elektronika.

Menjelaskan sifat komponen elektronika aktif.

Menerapkan penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Memilih jenis tes dan bentuk penilaian berdasar hasil analisis karakteristik (validitas, reliabilitas dan parameter) instrumen. Mengembangkan instrumen dan teknik penilaian untuk proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, sikap spiritual dan sosial, serta keterampilan. Mengevaluasi ketuntasan hasil belajar berdasar hasil analisis data tes, observasi dan penugasan.

Mengembangkan instrumen dan teknik penilaian untuk proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, sikap spiritual dan sosial, serta keterampilan untuk mata pelajaran teknik kendali

Memahami dasar-dasar digital.

Mengenal rangkaian penyearah.

Menerapkan penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran sesuai Kurikulum 2013. Memilih jenis tes dan bentuk penilaian berdasar hasil analisis karakteristik (validitas, reliabilitas dan parameter) instrumen. Mengembangkan instrumen dan teknik penilaian untuk proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan, sikap spiritual dan sosial, serta keterampilan. Mengevaluasi ketuntasan hasil belajar berdasar hasil analisis data tes, observasi dan penugasan.

Mengevaluasi ketuntasan hasil belajar berdasar hasil analisis data tes, observasi dan penugasan

Memahami dasar-dasar digital.

Mengenal rangkaian penguat.

Memahami dasar-dasar digital.

Menganalisis rangkaian logika.

Memahami dasar-dasar digital.

Menganalisis aljabar boolean.

Memahami dasar-dasar digital.

Menganalisis rangkaian flip-flop.

Memahami dasar-dasar digital.

Menganalisis rangkaian aritmatika.

Memahami dasar-dasar digital.

Menganalisis rangkaian register.

Memahami sistem pembangkitan tenaga listrik sesuai dengan sumber energi yang tersedia.

Menjelaskan prinsip pembangkit listrik tenaga gas.

Memahami sistem pembangkitan tenaga listrik sesuai dengan sumber energi yang tersedia.

Menjelaskan prinsip pembangkitan listrik tenaga surya.

Memahami sistem pembangkitan tenaga listrik sesuai dengan sumber energi yang tersedia.

Mengklasifikasi pembangkit tenaga listrik berdasarkan kapasitas dan konsep konversi energi.

Memahami alat pengukur dan pembatas (APP).

Mengaplikasikan APP.

Memahami cara mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah.

Menjelaskan prinsip kerja pengoperasian peralatan pengendali daya tegangan rendah.

Memahami sistem kendali elektronik.

Memilih jenis transistor bipolar yang tepat untuk switching atau driver.

Memahami sistem kendali digital.

Menjelaskan prinsip sistem logika digital.

Memahami dasar-dasar PLC.

Menjelaskan instalasi PLC.

Memahami dasar-dasar PLC.

Memahami pemrograman LADDER PLC.

Memahami dasar-dasar PLC.

Memahami pemrograman mnemonic PLC.

Memasang saluran tegangan rendah.

Mendeskripkan cara pemasangan saluran kabel tegangan rendah.

Memasang instalasi penangkal petir dan pembumian gedung kontrol gardu induk.

Menjelaskan cara mengkoordinasikan kerja sistem pembumian dengan peralatan pemutus tenaga.

Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat.

Menentukan kebutuhan komponen panel hubung bagi 3 fase instalasi tenaga.

Memahami cara mengoperasikan sistem kendali berbasis elektromagnetik.

Menjelaskan prinsip kerja sistem kendali relai elektromagnetik.

Mampu melaksanakan kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan konsep dan definisi teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran. Mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan karakteristik dan prinsip- prinsip penelitian tindakan kelas.

Melaksanakan kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan konsep dan definisiteknik- teknik refleksi dalam pembelajaran.

Memahami cara mengoperasikan sistem aktuator dan motor.

Menjelaskan cara mengoperasikan sistem aktuator elektromekanik.

Mampu melaksanakan kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan konsep dan definisi teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran. Mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan karakteristik dan prinsip- prinsip penelitian tindakan kelas.

Melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan karakteristik dan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas.

Memahami cara mengoperasikan sistem aktuator dan motor.

Merekomendasikan jenis motor induksi yang tepat untuk keperluan otomasi industri.

Mampu melaksanakan kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan sesuai dengan konsep dan definisi teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran. Mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan karakteristik dan prinsip- prinsip penelitian tindakan kelas.

Melakukan pemilihan metode PTK yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Memahami prinsip kerja peralatan pneumatic.

Menjalankan perangkat robotik dengan pengendalian pneumatic.

Memahami sistem mikroprosesor.

Menjelaskan prinsip kerja antarmuka sistem kendali berbasis mikroprosesor.

Menerapkan sistem mikroprosesor.

Menganalisis alur program mikroprosesor.

Menerapkan sistem mikroprosesor.

Memperbaiki program mikroprosesssor.

Menerapkan sistem mikrokontroler.

Menganalisis alur program mikrokontroler.

Memahami teknik pendingin dan tata udara.

Menganalisis sistem dan instalasi refrigerasi.

Memahami teknik pendingin dan tata udara.

Menganalisis sistem dan instalasi tata udara.

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

Berikut Modul Pretest UKKS PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH TOPIK 1. PERENCANAAN PERBAIKAN SISTEM ADMINISTRASI SEKOLAH DAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH. Kegiatan 1. Merefleksikan Peran Pemangku Kepentin...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN AKUNTANSI

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN AKUNTANSI

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN AKUNTANSI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG IPS

Kisi Kisi PPG IPS

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Ke...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG Autis

Kisi Kisi PPG Autis

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Autis No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel / Keahlian Ind...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SEJARAH CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...