Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SENI MUSIK

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SENI MUSIK

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN SENI MUSIK

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

mampu membedakan teknik vokal intonasi dan artikulasi

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu memraktikkan teknik bernyanyi yang baik dan benar

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu memraktikkan pernafasan yang benar dalam bernyanyi

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu menjelaskan resonansi suara

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu memraktikkan resonansi suara dengan benar

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu menjelaskan teknik vibrato

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu menjelaskan teknik-teknik petikan dalam bermain gitar

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu memraktikkan teknik-teknik petikan dalam bermain gitar

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

mampu menjelaskan langkah-langkah dalam penyusunan aransemen

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

mampu membuat aransemen vokal dalam format SATB

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

mampu menjelaskan karateristik musik daerah

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Mampu menjelaskan konsep musik tradisional

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Mendeskripsikan karakter musik tradisional

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Mengelompokan alat musik tradisional daerah setempat

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Mengelompokan jenis musik tradisional

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Mendeskripsikan fungsi musik tradisional

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Menganalisis makna dalam musik tradisional

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Menjelaskan simbol-simbol dalam musik tradisional

Menguasai secara mendalam tentang konsep, karakter, dan jenis, fungsi da makna simbol musik tradisional daerah setempat

Mengkorelasikan makna simbol, dan nilai estetis musik tradisional

Mampu menganalisis nilai-nilai dan pengalaman estetis, dan mampu mengkorelasikan makna, simbol estetis musik tradisional

Menganalisis makna estetis dalam musik tradisional

Mampu menganalisis nilai-nilai dan pengalaman estetis, dan mampu mengkorelasikan makna, simbol estetis musik tradisional

Menganalisis nilai estetis dalam musik tradisional

Mampu menganalisis nilai-nilai dan pengalaman estetis, dan mampu mengkorelasikan makna, simbol estetis musik tradisional

Memahami dan memiliki pengalaman estetis dan rasa menghargai terhadapseni musik tradisional

Mampu menjelaskan ciri khas dan jenis alat musik tradisional Nusantara

Menjelaskan ciri khas alat musik tradisional nusantara

Mampu menjelaskan ciri khas dan jenis alat musik tradisional Nusantara

Mengelompokkan alat musik tradisional Nusantara

Mampu menjelaskan ciri khas dan jenis alat musik tradisional Nusantara

Mengelompokkan jenis alat musik tradisional Nusantara

Mampu menjelaskan perkembangan musik tradisional Nusantara

Menganalisis perkembangan musik tradisional Nusantara

Mampu menerapkan apresiasi musik tradisional mancanegara

Menerapkan apresisiasi musik tradisional mancanegara

Mampu mengklasifikasikan tingkatan irama dalam dalam gamelan Jawa

Mengklasifikasi tingkatan irama dalam Gamelan Jawa

Mampu menganalisis dan menampilkan pergelaran musik tradisional

Menganalisis aspek-aspek yang diperlukan dala pergelaran musik tradisional

Menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang lengkap baik teori maupun praktik

Menyusun rancangan pembelajaran praktik alat musik sesuai mata pelajaran yang diampu

Menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang lengkap baik teori maupun praktik

Menyusun rancangan pembelajaran teori musik sesuai mata pelajaran yang diampu

Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latarbelakang sosial-budaya

Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya

Mengidentifikasi kesulitan perserta didik dalam pelajaran yang diampu

Menganalisis kesulitan belajar perserta didik dalam bidang musik

menjelaskan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar

menjelaskan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

Mengidentifikasi berbagai pendekatan pembelajaran dan ciri- cirinya

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

Menjelaskanberbagai pendekatan pembelajaran dan ciri-cirinya

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya

Menerapkan berbagai metode pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan

Menerapkan berbagai metode pembelajaran yang mendidik dan menyenangkan

Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu

Mengidentifikasi ciri-ciri model pembelajaran

Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu

Menerapkan model-model pembelajaran

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

mampu membuat aransemen dalam format ansambel sejenis

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu mengklasifikasikan jenis-jenis pola mendireksi

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu membedakan jenis-jenis pola mendireksi

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu mendemonstrasikan berbagai pola birama

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu mengidentifikasi teknik mendireksi

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu membaca notasi balok dalam paranada kunci G, F, C

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu membedakan jenis-jenis trinada

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

mampu membedakan jenis-jenis kaden

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Mampu membedakan interval yang digunakan dalam sebuah lagu

Mampu menganalisis dan menampilkan pergelaran musik tradisional

Menganalisis format pergelaran musik tradisional

Mampu menganalisis dan menampilkan pergelaran musik tradisional

Menampilkan karya seni musik tradisional dalam format ansambel

Memilih materi pembelajaran yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan

Menjelaskan kriteria materi Pembelajaran

Memilih materi pembelajaran yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan

Menjelaskan langkah-langkah memilih materi pembelajaran

Menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang lengkap baik teori maupun praktik

Melaksanakan pembelajaran yang profesional bidang teori musik

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu

Merancang media pembelajaran yang tepat

Menyediaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal

Merancang pengembangan belajar kritis dan inovasi dalam pembelajaran

Menyediaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal

Menerapkan ketrampilan belajar kritis dan inovasi dalam pembelajaran

Merancang instrumen penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran

Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek-aspek penilain dan evaluasi dalam pembelajaran

Melakukan penilaian dan evaluasi serta refleksi dalam pembelajaran

Menganalisis penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Menjelaskankan hasil penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran

Menjelaskankan hasil penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Kisi Kisi PPG BK

Kisi Kisi PPG BK

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Bimbingan dan Konseling (Konselor) No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretes UKG Aneka Ternak SMK

Kisi Kisi Pretes UKG Aneka Ternak SMK

Berikut ini Kisi Kisi Pretes UKG Aneka Ternak SMK No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG IPA SMP

Kisi Kisi Pretest UKG IPA SMP

Kisi Kisi Pretest UKG IPA SMP No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Menguas...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PERHOTELAN DAN JASA PARIWISATA

KISI-KISI UP UKM PPG PERHOTELAN DAN JASA PARIWISATA

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PERHOTELAN DAN JASA PARIWISATA CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN GEOGRAFI

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN GEOGRAFI

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN GEOGRAFI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...