Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN IPA

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN IPA

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN IPA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan merumuskan indikator pencapaian kompetensi berdasarkan KD IPA SMP

Disajikan tujuan atau kompetensi dasar pembelajaran IPA, peserta didik dapat menentukan pengetahuan yang relevan dengan tujuan atau kompetensi dasar tersebut

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan merumuskan indikator pencapaian kompetensi berdasarkan KD IPA SMP

Diberikan KD IPA peserta dapat merumuskan indiaktor pencapaian kompetensi pada aspek pemahaman atau aplikasi atau penalaran / berpikir tingkat tinggi atau keterampilan

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP

Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP

Peserta dapat menganalisis kesesuaian materi ajar berupa objek kajian IPA dengan tingkat perkembangan siswa SMP

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP

Disajikan kompetensi dasar pembelajaran IPA, peserta dapat menganalisis jenis dan atau isi media yang tepat digunakan untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP

Disajikan narasi tentang tujuan pembelajaran IPA, peserta dapat menjelaskan strategi pembelajaran yang paling tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP

Peserta dapat menerapkan contoh kreatif sajian materi ajar IPA menggunakan media yang tepat

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA SMP sesuai silabus

Disajikan kasus merencanakan pembelajaran pada suatu KD IPA, peserta dapat menentukan kegiatan apersepsi yang sesuai

Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA SMP sesuai silabus

Diberikan kasus membelajarkan IPA dengan model tertentu, peserta dapat menentukan kegiatan yang sesuai pada salah satu tahap tertentu

Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter siswa

Disajikan langkah atau tahapan pembelajaran IPA, peserta dapat menentukan prosedur yang tepat untuk melakasanakan pembelajaran sesuai dengan pendekatan tertentu yang digunakan oleh guru

Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter siswa

Disajikan narasi hasil identifikasi potensi diri peserta didik, peserta dapat menentukan strategi, pendekatan, media atau penilaian memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang

Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik-holistik pembelajaran IPA yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Disajikan soal tentang materi pembelajaran IPA, peserta dapat menentukan ranah taksonomi Bloom revisi yang akan diukur oleh soal tersebut

Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik-holistik pembelajaran IPA yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran IPA, peserta dapat menentukan jenis penilaian, indikator penilaian, atau teknik evaluasi yang tepat untuk rumusan tersebut

Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik-holistik pembelajaran IPA yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Peserta dapat menentukan rumusan item/task yang tepat untuk penilaian otentik terhadap proses/hasil belajar pada ranah sikap/ pengetahuan /keterampilan yang sesuai dengan rumusan indikator kompetensi

Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik-holistik pembelajaran IPA yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Disajikan rumusan item/task mata pelajaran IPA, peserta dapat menentukan ketidak-tepatan pada rumusan item/task tersebut

Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian otentik-holistik pembelajaran IPA yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Disajikan satu set sikap, KD 3, dan KD 4 peserta dapat menentukan alternatif pemetaan pelaksanaan penilaian yang tepat

Menggunakan hasil penilaian pembelajaran IPA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran IPA, peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran

Menggunakan hasil penilaian pembelajaran IPA untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Diberikan data nilai siswa pada aspek tertentu peserta dapat menentukan pengambilan keputusan pada data tersebut

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan sains

Disajikan sebuah kasus percobaan IPA, peserta dapat menganalisis sumber terjadinya, cara mengatasi, dan prosedur kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja di laboratorium berdasarkan karakteristik materi dan jenis alat yang digunakan dalam percobaan IPA

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan sains

Disajikan kasus tentang kecelakaan kerja pada saat praktikum IPA, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut

Menganalisis kompetensi sebagai dasar pemilihan materi

Disajikan indikator pencapaian kompetensi peserta dapat menentukan materi ajar dalam lingkup IPA SMP

Menganalisis kompetensi sebagai dasar pemilihan materi

Disajikan kasus penelitian salah satu tingkat organisasi kehidupan (molekuler, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biosfier) peserta dapat menganalisis tingkat organisasi kehidupan tertentu dimana kasus tersebut dipelajari

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menjelaskan penerapan teknologi pada reproduksi tumbuhan atau hewan

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menghubungkan antara struktur dan fungsi yang bersesuaian pada sistem kehidupan makhluk hidup

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Disajikan gambar dan narasi tentang bekerjanya gaya atau tekanan pada bagian tumbuhan atau organ mahluk hidup, peserta dapat menerapkan prinsip gerak pada kasus tersebut

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Disajikan gambar silsilah keturunan/pedegree peserta dapat menyarankan pemuliaan keturunan

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menganalisis peran mikroorganisme dalam menjaga kesuburan tanah berdasarkan sifat fisika dan atau kimianya

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menjelaskan penerapan konsep bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menjelaskan tentang penerapan konsep tekanan fluida pada proses biologis mahluk hidup atau dalam kehidupan sehari-hari

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menjelaskan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana alam

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Disajikan data atau narasi tentang sistem tata surya dan pergerakannnya, peserta dapat menganalisis pengaruh dari pergerakan tertentu terhadap proses kehidupan di muka bumi

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menjelaskan penerapan konsep induksi elektromagnetik atau medan magnet pada navigasi hewan saat migrasi atau kehidupan sehari-hari

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta dapat menganalisis besaran pada rangkaian itu.

Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan alam, dan teknologi

Peserta dapat menjelaskan pengaruh atau dampak kesehatan akibat penggunaan zat aditif atau adiktif

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Peserta dapat menentukan fungsi dari struktur bagian-bagian sel yang bersifat protoplasmik dan atau nonpotoplasmik

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan narasi tentang keluhan penyakit pada sistem organ manusia peserta dapat memilih upaya untuk menjaga kesehatan dari penyakit tersebut

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan gambar atau data besaran pada persendian tertentu yang bekerja, peserta dapat menentukan keuntungan mekanik atau besaran lain yang relevan

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Peserta dapat menganalisis data proses di alam berdasarkan hukum kekekalan energi

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data tentang morfologi/cara memperoleh nutrisi/reproduksi makhluk hidup peserta dapat menentukan tingkatan takson tertentu dari makhluk hidup yang sesuai dengan data

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan narasi dan data tentang dampak yang terjadi akibat pemanasan global dan perubahan iklim, peserta dapat menganalisis faktor penyebab dan dampak khusus yang terkait langsung dengan data atau narasi tersebut

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan grafik atau data gerak yang dilakukan oleh mahluk hidup, peserta dapat menganalisis pengaruhnya pada gerak mahluk hidup tersebut

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data atau narasi tentang pemanfaatan bahan dalam kehidupan, peserta dapat menjelaskan hubungan antara pemanfaatan bahan dengan sifat bahan

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan narasi tentang gejala atau bencana alam gunung berapi atau gempa bumi, peserta dapat menjelaskan pengaruh perubahan struktur bumi yang menjadi penyebabnya

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data dan atau gambar tentang proses penglihatan pada mahluk hidup, peserta dapat menentukan besaran yang relevan

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data dan atau gambar tentang besaran-besaran pada alat optik, peserta dapat menganalisis sifat-sifat bayangan pada proses tersebut

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan narasi, data atau gambar tentang gejala kelistrikan pada proses biologis mahluk hidup, peserta dapat menjelaskan tahapan atau konsep terjadinya gejala kelistrikan pada proses tersebut.

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data dan atau gambar tentang proses biologis mahluk hidup peserta dapat menjelaskan konsep campuran, koloid, elektrolit, atau perubahan fisika dan kimia yang terjadi pada proses biologis tersebut

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Peserta dapat menganalisis homeostasis senyawa organik atau anorganik dalam tubuh

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data atau narasi tentang pemanfaatan energi dalam proses biologis mahluk hidup tertentu, peserta dapat menganalisis transformasi energi pada proses biologis tersebut.

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan gambar/grafik/data interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya peserta dapat merumuskan masalah atau hipotesis atau simpulan atau memperkirakan hasil interaksi tersebut

Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan IPA, dan teknologi yang relevan

Disajikan data potensi terjadinya bencana alam di lingkungan terdekatnya, peserta dapat menganalisis berbagai penyebab terjadinya bencana alam di lingkungan terdekatnya/ dampak negatif bila tidak ada upaya untuk mengatasi bencana alam di lingkungan terdekatnya/ berbagai alternatif strategi mitigasi dan pencegahan bencana di lingkungannnya/ solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasahan bencana alam tersebut

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan data atau grafik tentang gerak benda atau makhluk hidup, peserta dapat menganalisis besaran-besaran pada gerak tersebut

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan narasi atau data tentang penerapan teknologi ramah lingkungan, peserta dapat menganalisis proses fisika atau kimiawi atau biologis pada teknologi tersebut

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan data, narasi atau gambar tentang proses biologis pada mahluk hidup, peserta dapat menganalisis konsep energi, sumber energi atau perubahan bentuk energi yang terjadi

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan kasus pengaturan suhu pada makhluk hidup atau dalam teknologi sederhana, peserta dapat menganalisis keterkaitannya dengan kalor untuk perubahan wujud

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan data, narasi atau gambar tentang proses pendengaran atau pemanfaatan teknologi yang memanfaatkan gelombang, peserta dapat menganalisis konsep getaran, gelombang dan bunyi yang menjadi dasar dari sistem kerjanya

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan gambar atau narasi sebuah penelitian tentang interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya untuk mengungkap asal usul kehidupan peserta dapat menganalisis pikiran yang mendasari lahirnya suatu teori asal usul kehidupan

Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau metode baru dalam ilmu pengetahuan alam, dan teknologi yang relevan

Disajikan narasi kasus terjadinya pencemaran lingkungan/pemanasan global, peserta dapat menganalisis penyebab terjadinya pencemaran/ berbagai alternatif strategi untuk menyelesaikan masalah pencemaran/ solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasahan pencemaran tersebut.

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran IPA untuk didiseminasikan sebagai karya akademik atau bentuk lain yang setara pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi dan/atau karya yang dipresentasikan atau dipamerkan

Disajikan narasi permasalahan pembelajaran keragaman tumbuhan dan hewan peserta dapat menentukan cara pemecahan yang tepat

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran IPA untuk didiseminasikan sebagai karya akademik atau bentuk lain yang setara pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi dan/atau karya yang dipresentasikan atau dipamerkan

Disajikan permasalahan yang muncul di suatu kelas pada saat pembelajaran tentang sel dan heriditas/bumi dan antariksa/gelombang, suara, dan optik/kimia analitik, peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG KEPERAWATAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG PAUD

KISI-KISI UP UKM PPG PAUD

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG) KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESEN...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN

Berikut KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL Mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, pro...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TERNAK

KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TERNAK

Berikut ini KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TERNAK CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi peng...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Penjaskes SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Penjaskes SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Penjaskes SMP No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 M...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...