Materi UKG GPO Kisi Kisi UP UKM PPG - KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Diposting pada: 2019-05-19, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi UP UKM PPG
Bagikan ke WhatsApp

Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UKMPPG)

KISI-KISI UP UKM PPG PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

CAPAIAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR ESENSIAL

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual

Memetakan kompetensi bahasa (language proficiency) peserta didik dalam kelas bahasa Inggris.

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual

Menjelaskan kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik berdasarkan tipe belajar peserta didik.

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Menjelaskan teori dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu

Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum bahasa Inggris.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu

Mengaitkan pengalaman belajar peserta didik dengan materi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu

Merumuskan indikator penilaian.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu

Merumuskan instrumen penilaian.

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

Menjelaskan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas maupun di luar kelas.

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

Memanfaatkan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik

Menerapkan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik

Menerapkan komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa Inggris.

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik.

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Menentukan strategi pemecahan masalah pembelajaran melalui PTK

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Menerapkan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan gambaran umum dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dalam teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk manual.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan langkah-langkah aktivitas yang disebutkan dalam teks pendek berbentuk manual

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dari teks pendek berbentuk decriptive.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks pendek berbentuk decriptive.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan rujukan informasi tersirat dari teks tertulis berbentuk procedure.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan langkah-langkah kegiatan yang tersebut dalam teks berbentuk procedure.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan hubungan antar bagian dalam teks procedure.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan gambaran umum dari teks tertulis berbentuk report/recount.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk report/recount.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan maksud tersirat dari isiteks berbentuk table/graph/map

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menarik simpulan makna yang terkandung dalam teks berbentuk table/graph/map

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk spoof/biography .

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menarik simpulan dari teks tertulis berbentuk spoof/biography.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan nilai/pelajaran yang tersirat dalam teks berbentuk spoof/biography.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dari teks tertulis berbentuk narrative.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menarik simpulan dari teks tertulis berbentuk narrative.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan nilai/pelajaran yang tersirat dalam teks berbentuk narrative.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi umum tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk explanation/review.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk explanation/review.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan pikiran utama/topik/tema teks tertulis berbentuk explanation/review.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan informasi rinci dari teks pendek berbentuk analytical/hortatory exposition.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menentukan rujukan kata/tujuan komunikatif dari teks pendek berbentuk analytical/hortatory exposition.

Memahami dan mengungkapkan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks tertulis untuk mendukung kemampuan membaca teks berbahasa Inggris berbetuk advertisement, manual, descriptive, procedures, report/recount, table/graph/map, spoof/biography, narrative, explanation, danexposition/review menggunakan kosakata sampai dengan 3500 word count.

Menunjukkan sikap penulis yang tersirat dalam teks tertulis berbentuk analytical/hortatory exposition.

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melengkapi rumpang pada teks pendek dengan frasa yang sesuai.

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melengkapi rumpang pada teks pendek dengan klausa yang sesuai.

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Mensubstitusi kata dalam ungkapan tulis dengan kata yang bersinonim

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Mensubstitusi kata dalam ungkapan tulis dengan kata yang berantonim

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Mengungkapkan makna berbentuk ungkapan dengan urutan gramatika yang benar pada frasa nomina

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Mengungkapkan makna berbentuk ungkapan dengan urutan gramatika yang benar pada klausa

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna dalam penggalan teks exposition menggunakan ungkapan lain yang sesuai (berbentuk rephrase dari phrase)

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna dalam penggalan teks exposition menggunakan ungkapan lain yang sesuai (berbentuk rephrase dari klausa)

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat dalam Relative pronouns

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Conditional sentence.

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Passive construction

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan gramatika yang tepat berbentuk Place [removed]in which, from which, at which, dll.)

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure ungkapan berbentuk frasa nomina

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure ungkapan berbentuk frasa verba

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna menggunakan tata urut unsure ungkapan berbentuk frasa ajektiva

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna yang tersurat dalam kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar berbentuk frasa nomina

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna yang tersurat dalam kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar berbentuk frasa verba

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna yang tersurat dalam kalimat transaksional yang menggunakan ungkapan idiomatis yang benar berbentuk ajektiva

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna yang berupa main idea dalam teks explanation dengan benar

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyampaikan makna yang berupa supporting detail dalam teks explanation dengan benar

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan peranti kohesif berbentuk sentence connector

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan peranti kohesif berbentuk penghilangan unsur ungkapan

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melengkapi paragraph menggunakan ungkapan yang dihubungkan dengan peranti kohesif berbentuk penambahan ungkapan yang relevan

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Melengkapi paragraph dengan ungkapan yang menunjukkan hubungan logis dengan unsur paragraph sesudahnya.

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana formal berbentuk manual, report,/recount, descriptive, explanation, exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menyusun kalimat acak menjadi paragraf exposition yang penyusunnya logis

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Materi Modul PPG Seni Budaya

Materi Modul PPG Seni Budaya

Berikut Modul Materi PPG Seni Budaya 1 Teori Musik, download 2 teknik vokal, download 3 direksi, download 4 Teknik-Teknik Bermain Gitar, download ...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Rupa SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Rupa SMA

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Rupa SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis ...Baca selengkapnya...

KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA ARAB

KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA ARAB

Berikut ini KISI-KISI UP UKM PPG BAHASA ARAB CAPAIAN PEMBELAJARAN INDIKATOR ESENSIAL menerapkan teori aplikasi pedagogis minimal teori belajar, ...Baca selengkapnya...

Modul Materi PPG PJOK

Modul Materi PPG PJOK

Berikut Modul Materi PPG PJOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SERTA BELAJAR GERAK DALAM PEMBELAJARAN PJOK 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, Download 2. Belajar Motorik...Baca selengkapnya...

Pembahasan Soal PPG UKG IPA SD MI

Pembahasan Soal PPG UKG IPA SD MI

Berikut Pembahasan Soal PPG UKG IPA SD MI Untuk menyelidiki pengaruh sinar matahari terhadap pertumbuhan tanaman maka seorang siswa SD melakukan percobaan dengan menanam beberapa biji kacang hijau ...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...