Materi UKG GPO Kisi Kisi Seleksi PPG Daljab - Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Matematika

Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Matematika

Diposting pada: 2019-11-10, oleh : Admin Soal, Kategori: Kisi Kisi Seleksi PPG Daljab
Bagikan ke WhatsApp

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)

Mapel / Keahlian : Matematika

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

1.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.1 Menggunakan bilangan, hubungan di antara bilangan, berbagai sistem bilangan dan teori bilangan.

Menentukan operasi pada bilangan berpangkat

2.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.2 Menggunakan pengukuran dan penaksiran.

Menentukan hasil taksiran dari operasi beberapa bilangan rasional

3.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.3 Menggunakan logika matematika.

Menerapkan prinsip silogisme dalam menarik kesimpulan

4.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.4 Menggunakan konsep-konsep geometri.

Menerapkan konsep luas bangun datar dalam menyelesaikan masalah pada kehidupan sehari-hari

5.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.5 Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang.

Menghitung peluang suatu kejadian

6.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.5 Menggunakan konsep-konsep statistika dan peluang.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep ukuran pemusatan

7.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.6 Menggunakan pola dan fungsi.

Menerapkan konsep fungsi linear dua variabel untuk menyelesaikan masalah

8.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menggunakan konsep pertidaksamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan masalah nyata

9.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menentukan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua peubah

10.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

11.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.7 Menggunakan konsep-konsep aljabar.

Menyelesaikan masalah program linear

12.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.12 Menjelaskan sejarah dan filsafat matematika.

Menyebutkan ahli matematika dan temuannya

13.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.

Memilih alat ukur untuk membantu pembelajaran matematika

14.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.

Menyebutkan langkah-langkah penggunaan suatu alat peraga

15.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

20.13 Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, piranti lunak komputer, model matematika, dan model statistika.

Menganalisis penggunaan piranti yang berhubungan dengan komputer atau teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan pembelajaran matematika

16.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

21.1 Memahami standar kompetensi mata pelajaran yang diampu.

Menganalisis keterkaitan antara standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika

17.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

21.2 Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

Menentukan indikator-indikator yang tepat untuk suatu kompetensi dasar matematika

18.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

21.3 Memahami tujuan pembelajaran yang diampu.

Menentukan tujuan pembelajaran matematika pada suatu kompetensi dasar matematika

19.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

22.1 Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Menentukan materi pembelajaran pada kegiatan memecahkan masalah matematika yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa

20.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Menentukan materi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dengan kecepatan belajar beragam dalam pembelajaran matematika

 

No.

Kompetensi Inti

Kompetensi Mapel / Keahlian

Indikator Esensial

21.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

22.2 Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Meyusun bahan ajar matematika yang kontekstual dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan perkembangan zaman

22.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.1 Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

Menentukan kegiatan-kegiatan refleksi atas kinerja sendiri

23.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.2 Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

Menentukan tindak lanjut hasil refleksi dalam rangka peningkatan proses pembelajaran

24.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

Merancang langkah-langkah penyelesaian masalah dalam rangka penelitian tindakan kelas

25.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.

Menelaah konteks sebagai pemicu proses pembelajaraan

26.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikas

Mengidentifikasi kegiatan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi yang terkait dengan pembelajaran matematika

27.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

24.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.

Menentukan kegiatan pemanfaatakan internet untuk penelusuran sumber belajar yang di perlukan dalam pengembangan diri yang terkait dengan pengelolaan pembelajaran matematika

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Tulisan Terkait

Modul Materi PPG PJOK

Modul Materi PPG PJOK

Berikut Modul Materi PPG PJOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SERTA BELAJAR GERAK DALAM PEMBELAJARAN PJOK 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, Download 2. Belajar Motorik...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA

Kisi Kisi Pretest UKG TIK KKPI SMA No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Menguasai mater...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG PPKN SMP

Kisi Kisi Pretest UKG PPKN SMP

Kisi Kisi Pretest UKG PPKN SMP No deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1 Menguas...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Teater SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Teater SMP

Kisi Kisi Pretest UKG Seni Budaya Seni Teater SMP No. deskripsi kompetensi inti deskripsi guru mapel / keahlian deskripsi indikator Jenis 1...Baca selengkapnya...

Kisi Kisi PPG BK

Kisi Kisi PPG BK

KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) Mapel / Keahlian : Bimbingan dan Konseling (Konselor) No. Kompetensi Inti Kompetensi Mapel...Baca selengkapnya...



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk materi ini

Soal Terbaru

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Soal Pretest PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Penjaskes SMK MAK ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP

Latihan Soal Pretes PPG Profesional Penjaskes SMP ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Akuntansi SMA MA ...Baca selengkapnya...
Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Soal Pretest PPG Pedagogik Sejarah SMA MA

Latihan Soal Pretes PPG Pedagogik Sejarah SMA MA ...Baca selengkapnya...