Materi UKG GPO Kisi Kisi Seleksi PPG Daljab - Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Seni Budaya
Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Seni Budaya
Bagikan ke WhatsApp
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Seni Budaya
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
1. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. |
Menentukan struktur materi berbagai cabang seni budaya yang diajarkan. |
2. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan. |
Menguraikan konsep pengetahuan dalam berbagai cabang pembelajaran seni budaya yang diajarkan. |
3. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. |
Menganalisis jenis materi berbagai cabang seni budaya yang diajarkan. |
4. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. |
Menganalisis struktur isi materi berbagai cabang seni budaya yang diajarkan. |
5. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. |
Menganalisis konsep pengetahuan dalam berbagai cabang pembelajaran seni budaya yang diajarkan. |
6. |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya. |
Menganalisis konsep ketrampilan dalam berbagai cabang pembelajaran seni budaya yang diajarkan. |
7. |
Menguasai standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memahami standar kompetensi/kompetensi inti mata pelajaran seni budaya |
Menguraikan indikator pencapaian standar kompetensi/kompetensi inti pembelajaran seni budaya. |
8. |
Menguasai standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memahami standar kompetensi/kompetensi inti mata pelajaran seni budaya |
Mengaplikasikan standar kompetensi/kompetensi inti ke dalam praktik pembelajaran seni budaya. |
9. |
Menguasai standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang Seni Budaya. |
Memilih kompetensi dasar yang cocok untuk pembelajaran pengetahuan pembelajaran seni budaya. |
10. |
Menguasai standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang Seni Budaya. |
Memilih kompetensi dasar yang cocok untuk pembelajaran ketrampilan pembelajaran seni budaya. |
11. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Menentukan jenis materi pembelajaran seni budaya sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
12. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Menentukan struktur materi seni budaya sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
13. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Menguraikan berbagai konsep dalam pembelajaran seni budaya sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
14. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Merancang materi pelajaran pengetahuan seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
15. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Merancang materi pelajaran ketrampilan seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
16. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
Menerapkan rancangan materi pengetahuan dalam praktik pembelajaran seni budaya secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan |
17. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. |
Mengidentifikasi penyebab kekurang efektifan proses dan pencapaian hasil belajar dalam praktik pembelajaran seni budaya. |
18. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. |
Menentukan tindakan perbaikan proses dan pencapaian hasil belajar pembelajaran seni budaya. |
19. |
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. |
Melakukan tindakan perbaikan proses dan pencapaian hasil belajar pembelajaran seni budaya berdasarkan langkah-langkah penelitian tindakan kelas. |

