Materi UKG GPO Kisi Kisi Seleksi PPG Daljab - Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Pendidikan Luar Biasa
Kisi Kisi Seleksi PPG 2020 Pendidikan Luar Biasa
Bagikan ke WhatsApp
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Pendidikan Luar Biasa
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
1. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai konsep orientasi dan mobilitas sebagai sarana pemenuhan kebutuhan orientasi dan mobilitas anak berkebutuhan khusus |
Menerapkan penggunaan teknik pra tongkat di lingkungan rumah dan sekolah |
2. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas |
Menggunakan teknik tongkat dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas |
3. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas |
Menggunakan prinsip-prinsip prinsip-prinsip kekongkritan dan aktivitas dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas |
4. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas |
Menggunakan strategi layanan terpadu dalam pembelajaran orientasi dan mobilitas |
5. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran orientasi mobilitas |
Menggunakan ananalisis tugas dalam pembelajaran ketrampilan tertentu dalam orientasi dan mobilitas. |
6. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi orientasi dan mobilitas |
mengaplikasikan teknik pendampingan bepergian bagi peserta didik tunanetra |
7. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi orientasi dan mobilitas |
menganalisa metode dalam mengajarkan keterampilan orientasi dan mobilitas pada peserta didik tunanetra |
8. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi orientasi dan mobilitas |
mengevaluasi pembelajaran keterampilan orientasi dan mobilitas pada peserta didik tunanetra |
9. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
pengembangan komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama: Menguasai konsep PKPBI sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar komunikasi peserta didik berkebuthan khusus |
menerapkan konsep dan prinsip dalam pembelajaran PKPBi bagi peserta didik tunarungu |
10. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI |
Menerapkan teknik dan prosedur khusus Pembelajaran PKPBI pada peserta didik tunarungu |
11. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI |
menerapkan teknik identifikasi bunyi dan irama |
12. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI |
menerapkan teknik diskriminasi bunyi dan irama |
13. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI |
menggunakan teknik komprehensi bunyi dan irama |
14. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran PKPBI |
menggunakan prosedur Pembelajaran PKPBI pada peserta didik tunarungu |
15. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi PKPBI |
menyusun materi dan mengaplikasikan analisis tugas dalam pembelajaran PKPBI. |
16. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi PKPBI |
mengaplikasikan metode multisensory dalam pembelajaran PKPBI |
17. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai model pembelajaran PKPBI |
merancang dan menerapkan model Pembelajaran PKPBI yang relevan dengan kebutuhan peserta didik tunarungu |
18. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
.menguasai aplikasi materi pembelajaran PKPBI |
menerapkan pembelajaran inovasi dalam pembelajaran PKPBI dengan pendekatan saintifik |
19. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai pendekatan pembelajaran PKPBI pada siswa tunarungu |
menerapkan pendekatan MMR dalam pengembangan PKPBI |
20. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai aplikasi strategi pembelajaran komunikasi PKPBI |
mengaplikasikan strategi Pembelajaran komunikasi pada peserta didik |
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
21. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai konsep pengembangan bina diri sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak berkebutuhan khusus |
merumuskan Konsep, tujuan fungsional, ruang lingkup pembelajaran pengembangan bina diri bagi peserta didik tunagrahita |
22. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran pengembangan bina diri |
menggunakan prinsip- prinsip pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita |
23. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran pengembangan bina diri |
menggunakan tehnik pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita |
24. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedural pembelajaran pengembangan bina diri |
menggunakan .prosedur pembelajaran pengembangan bina diri pada peserta didik tunagrahita |
25. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi pengembangan bina diri |
merancang dan menerapkan pembelajaran merawat diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahita dengan pendekatan saintifik |
26. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi pengembangan bina diri |
merancang dan menerapkan pembelajaran mengurus diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahitadengan pendekatan saintifik |
27. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai model pembelajaran pengembangan bina diri |
merancang dan menerapkan pembelajaran menolong diri dengan tepat pada peserta didik tunagrahitadengan pendekatan saintifik |
28. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai model pembelajaran pengembangan bina diri |
. menerapkan model pembelajaran yang berbasis analisis tugas dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari. |
29. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi pengembangan bina diri yang menjadi prioritas dengan kebutuhan anak tunagrahita |
menentukan materi pengembangan bina diri yang fungsional sesuai kebutuhan peserta didik tunagrahita |
30. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip pembelajaran adaptif bagi anak tunagrahita |
mengaplikasikan prinsip pembelajaran adaptif yang sesuai bagi peserta didik tunagrahita |
31. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai metode/media pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita |
menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik tunagrahita |
32. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai metode/media pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita |
menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan metode pembelajaran peserta didik tunagrahita |
33. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
Menguasai konsep pengembangan diri dan gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak berkebutuhan khusus |
menjelaskan ruang lingkup, tujuan fungsional pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak bagi peserta didik tunadaksa |
34. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak |
menggunakanprinsip-prinsip pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaks |
35. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak |
menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa |
36. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak |
menggunakan teknik pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa |
37. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran bina diri dan gerak |
menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa |
38. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina diri dan gerak |
membedakan pola dan koreksi gerak dalam pembelajaran pengembangan bina diri dan gerak pada peserta didik tunadaksa |
39. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina diri dan gerak |
membedakan fungsi pola gerak dalam pengembangan pembelajaran bina gerak pada peserta didik tunadaksa |
40. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai konsep pengembangan pribadi san sosial sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar peserta didik tunalaras |
mendeskripsikan ruang lingkup, tujuan fungsional pembelajaran pengembangan bina pribadi dan sosial peserta didik tunalaras |
41. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial peserta didik tunalaras |
menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial pada peserta didik tunalaras dengan pendekatan sainstifik |
42. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik dan prosedural pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial peserta didik tunalaras |
2.menggunakan prosedur pembelajaran pengembangan pribadi dan sosial pada peserta didik tunalaras |
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
43. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
merancang dan menerapkan materi pembelajaran untuk membina rasa ke-Tuhanan dan budi pekerti pada peserta didik tunalaras |
44. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
merancang da menerapkan materi pembelajaran untuk membina konsep diri dan pengenalan diri pada pada peserta didik tunalaras |
45. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
merancang dan menerapkan materi pembelajaran untuk membina kehendak pada peserta didik tunalaras |
46. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
menguasai materi bina pribadi ocial dan pengembangan diri |
47. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
menerapkan asesmen prilaku fungsional (FBA) dalam rangka modifikasi prilaku peserta didik tunalaras |
48. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
menetapkan ruang lingkup prilaku menyimpang peserta didik tunalaras berdasar fungsi prilakunya |
49. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
memilih teknik yang tepat dalam modifikasi prilaku peserta didik tunalaras |
50. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai materi bina pribadi dan sosial untuk pengembangan diri |
menerapkan teknik-teknik modifikasi prilaku peseerta didik tunalaras sesuai dengan hasil asesmen |
51. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai konsep autisme |
menjelaskan konsep dan karaktersitik autisme dalam perspektif pendidikan |
52. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
identifikasi dan Asesmen |
menentapkan tehnis asesmen akademis dan non akademis pada peserta didik autis |
53. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
merancang Assesmen pada peserta didik autis |
merumuskan profil kebutuhan belajar khusus bagi peserta didik autis dengan menggunakan hasil asesmen |
54. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran pada peserta didik autis |
menggunakan prinsip pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis dalam menyusun program pembelajaran dengan pendekatan saintifik |
55. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pembelajaran pada peserta didik autis |
.menggunakan prosedur pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis |
56. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis |
menentukan model pembelajaran yang tepat untuk memodifikasi perilaku peserta didik autis |
57. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis |
mengembangkan model pembelajaran untuk memodifikasi perilaku peserta didik autis |
58. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis |
mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis |
59. |
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu |
merancang layanan pendidikan bagi peserta didik autis |
mengembangkan tata ruang belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik autis |
60. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
penelitian Tindakan Kelas (PTK): Menguasai pengertian PTK |
Menjelaskan makna penelitian tindakan dalam setting praktek pembelajaran dikelas |
61. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai tujuan dan manfaat PTK |
menjabarkan tujuan dan manfaat PTK daalam konteks perbaikan praktek pembelajaran dikelas |
62. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai karakteristik PTK |
menjelaskan ciri esensial PTK yang membedakandengan penelitian lain |
63. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai prinsip PTK |
menerapkan prinsip-prinsip PTK untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. |
64. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai penetapan fokus masalah PTK |
memformulasi masalah esensial dalam konteks efektivitas pemecahan masalah |
65. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai perencanaan tindakan |
memilih solusi pemecahan masalah yang tepat untuk efektifvitas tindakan |
66. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai pelaksanaan tindakan |
menerapkan solusi pemecahan masalah melalui prosedur yang tepat |
No. |
Kompetensi Inti |
Kompetensi Mapel / Keahlian |
Indikator Esensial |
67. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai pengamatan dan pengumpulan data |
melakukan pengamatan dan pengumpulan data melalui kaidah penelitian yang absah |
68. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai refleksi data |
melakukan refleksi dari hasil penelitian yang dilakukannya untuk kepentingan perbaikan pembelajaran |
69. |
mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
menguasai refleksi data |
mewujudkan diri sebagai guru yang reflektif |

