Materi UKG GPO Pembahasan Soal - Pembahasan Soal PPG IPA SMP
Pembahasan Soal PPG IPA SMP
Bagikan ke WhatsApp
Berikut Pembahasan Soal PPG IPA untuk Jenjang SMP
Kompetensi |
Capaian Pembelajaran |
Indikator |
Pedagogik |
Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan merumuskan indikator pencapaian kompetensi berdasarkan KD IPA SMP |
Disajikan tujuan atau kompetensi dasar pembelajaran IPA, peserta didik dapat menentukan pengetahuan yang relevan dengan kompetensi dasar tersebut |
Diberikan KD IPA peserta didik dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi pada aspek pemahaman atau aplikasi atau penalaran/berpikir tingkat tinggi atau keterampilan |
||
Soal
Manakah di antara pilihan berikut ini merupakan yang pernyataan benar tentang teknologi dan struktur tumbuhan yang mengilhaminya?
Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda, seperti menggunakan ukuran langkah, depa, dan meter. Di antara pilihan berikut yang merupakan indikator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah....
|
||
Soal 1: Kunci Jawaban: E Pembahasan Menurut ramalan GIEC (Intergovernmental group on the evolution of the climate), kenaikan permukaan laut akan mencapai 20 hingga 90 cm selama abad ke-21. Setiap kenaikan suhu 1°C akan mengakibatkan air naik 1 meter. Kenaikan air ini akan mempengaruhi 0.05% di Uruguay, 1% di Mesir, 6% di Belanda, 17.5% di Bangladesh dan lebih dari 80% di daerah atoll Majuro di Marshall dan pulau-pulau Kiribati hingga pulau-pulau di Maldives.
Lilypad kota yang akrab dengan lingkungan dapat mengapung dari dari Monaco di Eropa hingga ke daerah bagian Atol Polenesia. Desain yang sangat modern dalam antisipasi pengungsi akibat pemanasan global. Inspirasi dari daun lilypad Amazonia Victoria Regia, dari keluarga Nympheas, tanaman air yang ditemukan oleh ahli tanaman Jerman Thaddeaus Haenke. Lilypad kota lingkungan yang mengapung dengan zero emisi udara melalui teknologi energi dari matahari (solar), angin, gelombang laut dan biomass. Bahkan dapat memperoses gas CO2 di adalam atmosfer dan meresap ke kulitnya (atap) yang terbuat dari titanium dioxide seperti proser fotosintesis pada tumbuhan (daun). Sumber: https://teknologi-mu.blogspot.com
Soal 2 Kunci Jawaban: D Pembahasan Kemampuan esensial sesuai KD adalah "menerapkan" (C3). Opsi A mengarah pada kemampuan analisis (C4). Opsi B dan C merupakan indikator esensial memahami (C2). Sedangkan opsi E merupakan indikator esensial mengingat (C1). Jawaban D merupakan indikator yang menuntut kemampuan menerapkan (bisa menjabarkan cara pengukuran atau mengukur). Untuk aspek kemampuan melakukan pengukuran (yang sebenarnya bagian dari menerapkan) biasanya ditagih melalui KD keterampilan (KD pada KI-4). |
||
Kompetensi |
Capaian Pembelajaran:
|
Indikator:
|
Pedagogik |
Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP |
Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai |
Disajikan narasi tentang tujuan pembelajaran IPA, peserta dapat menjelaskan strategi pembelajaran yang paling tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut |
||
Soal
|
||
Soal 3: Kunci Jawaban: A Pembahasan Merujuk pada sintaks Model Pembelajaran Project-based Learning yaitu: a) Penentuan pertanyaan mendasar (membuat produk apa terkait limbah yang ada di sekolah). Sebelum menentukan produk yang akan dibuat, siswa perlu mengidentifikasi limbah yang ada di sekolah tersebut; b) Merancang rencana projek; c) Menyusun jadwal membuat projek; d) Memonitor kemajuan projek; e) Menguji proses dan hasil belajar; f) Mengevaluasi pengalaman membuat projek |
||
Soal
|
||
Kunci Jawaban 4: D Pembahasan Tujuan pembelajaran menginginkan siswa melakukan kegiatan penyelidikan. Guru memfasilitasi belajar siswa untuk melakukan kegiatan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Sebelum melakukan eksperimen diperlukan persiapan eksperimen termasuk kegiatan indentifikasi hasil-hasil kerja gaya dalam kehidupan sehari-hari agar siswa tergiring ke dalam konteks yang diinginkan. Selanjutnya, siswa diminta melakukan eksperimen berdasarkan LKPD yang tersedia. |
||
Kompetensi |
Capaian Pembelajaran:
|
Indikator:
|
Pedagogik |
Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPA SMP sesuai silabus |
Disajikan kasus merencanakan pembelajaran pada suatu KD IPA, peserta dapat menentukan kegiatan apersepsi yang sesuai. |
Soal
|
||
Kunci Jawaban: Soal 5: C Pembahasan Untuk mengorientasikan siswa dalam kegiatan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda, siswa diharapkan sudah terlebih dahulu mengetahui konsep gaya dan konsep gerak. Konsep gaya tersebut mungkin dapat dibaca siswa dalam bahan bacaan atau buku siswa tetapi akan lebih konteks dan bermakna jika siswa mengetahui konsep gaya dan gerak benda melalui fenomena kehidupan sehari-hari atau pengalaman siswa sendiri, kemudian melakukan tanya jawab untuk menggiring siswa ke dalam fokus pembelajaran. Curah pendapat akan sangat membantu guru mencermati pengalaman-pengalaman siswa dalam materi tersebut.
Soal 6: B Pembahasan Model pembelajaran langsung terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) menyampaiakan tujuan dan mempersiapkan siswa, 2) mendemokan pengetahuan atau keterampilan, 3) membimbing pelatihan, 4) mengecek pemahaman dan memberi umpan balik, dan 5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan. Soal 7: B Pembahasan Pendekatan saintifik (5M) terdiri dari tahap mengamati fenomena atau data kemudian siswa diminta mengidentifikasi dan merurmuskan masalah/pertanyaan. Berdasarkan pertanyaan tersebut, siswa melakukan kegiatan eksperimen untuk mendapatkan jawaban atau membuktikan hipotesisnya. Dalam kegiatan eksperimen, Bu Rani sebaiknya membimbing siswa untuk merancang kegiatan eksperimen dengan memfasilitas belajar siswa tetapi langsung memberikan secara penuh prosedur eksperimen tersebut. Bahan bacaan yang sudah disiapkan diharapkan dapat membantu siswa merancang kegiatan eksperimen sesuai dengan RPP. |
||
Kompetensi |
Capaian Pembelajaran:
|
Indikator:
|
Pedagogik |
Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran IPA SMP |
Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai |
Disajikan narasi tentang tujuan pembelajaran IPA, peserta dapat menjelaskan strategi pembelajaran yang paling tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut |
||
Soal
Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas VII tentang upaya mengatasi sampah dalam kehidupan dengan Problem Based Learning. Pak Rudi berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah ....
|
||
Kunci Jawaban Soal 8: A Pembahasan Kunci jawaban A merujuk pada sintaks Model Pembelajaran Problem-based Learning yaitu: a) mengorientasi siswa pada masalah; b) mengorganisasikan siswa untuk belajar; c) membantu penyelidikan siswa; d) membantu siswa mengembangkan dan menyajikan karya hasil penyelidikan; e) refleksi terhadap pemecahan masalah yang dilakukan. Sesuai soal, Menyusun jadwal membuat projek; d) Memotitor kemajuan projek; e) Menguji proses dan hasil belajar; f) Mengevaluasi pengalaman membuat projek |
||
Soal Bu Nina melakukan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat melakukan pengukuran kuat arus listrik pada rangkaian. Bu Nina memulai dengan mengkondisikan siswa untuk belajar, memotivasi, dan menyampaikan tujuan. Kemudian Bu Nina mendemonstrasikan cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian. Langkah Bu Nina selanjutnya yang paling tepat adalah.... A. bertanya jawab tentang cara mengukur kuat arus listrik B. meminta siswa untuk menerapkan cara mengukur arus listrik pada berbagai rangkaian listrik C. bertanya-jawab tentang pengertian arus listrik, kuat arus listrik, dan cara pengukurannya D. memancing rasa ingin tahu siswa tentang cara pengukuran arus listrik di rumah E. meminta siswa untuk menirukan pengukuran arus listrik seperti demonstrasi Bu Nina
|
||
Kunci Jawaban 9: E Pembahasan Tujuan pembelajaran berkaitan dengan pengetahuan prosedural, yakni cara melakukan pengukuran kuat arus listrik dalam rangkaian. Tujuan seperti ini paling efektif jika menggunakan pembelajaran langsung (direct instruction/learning). Menurut Arends, langkah pembelajaran langsung adalah: 1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa Berdasarkan stem soal di atas, Bu Nina telah melakukan tahap 1 dan 2 pembelajaran langsung. Maka, langkah selanjutnya adalah membimbing pelatihan Fase ketiga sintak model pembelajaran langsung (direct instruction) adalah membimbing pelatihan. Guru harus memberikan latihan terbimbing kepada siswa. Pada fase ini siswa tidak sekedar berlatih saja, tetapi siswa harus berlatih di bawah bimbingan guru. Tujuan diberikan pembimbingan adalah agar latihan yang dilakukan siswa dapat efektif. Setidaknya ada 4 (empat) prinsip yang harus dipegang guru saat melakukan latihan terbimbing untuk siswanya, yaitu: (a) latihan singkat tapi utuh; (b) keterampilan harus benar-benar dikuasai; (c) hati-hati terhadap kelebihan dan kelemahan latihan berkelanjutan (massed practice) dan latihan terdistribusi (distributed practice); dan (d) perhatikan tahap awal latihan. |
||
Kompetensi |
Capaian Pembelajaran:
|
Indikator:
|
Pedagogik |
Merencanakan pembelajaran yang ditunjukkan dengan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPA SMP sesuai silabus |
Disajikan kasus merencanakan pembelajaran pada suatu KD IPA, peserta dapat menentukan kegiatan apersepsi yang sesuai. |
Soal
|
||
Kunci Jawaban: Soal 10: C Pembahasan Untuk mengorientasikan siswa dalam kegiatan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda, siswa diharapkan sudah terlebih dahulu mengetahui konsep gaya dan konsep gerak. Konsep gaya tersebut mungkin dapat dibaca siswa dalam bahan bacaan atau buku siswa tetapi akan lebih konteks dan bermakna jika siswa mengetahui konsep gaya dan gerak benda melalui fenomena kehidupan sehari-hari atau pengalaman siswa sendiri, kemudian melakukan tanya jawab untuk menggiring siswa ke dalam fokus pembelajaran. Curah pendapat akan sangat membantu guru mencermati pengalaman-pengalaman siswa dalam materi tersebut. Soal 11: B Pembahasan Model pembelajaran langsung terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) menyampaiakan tujuan dan mempersiapkan siswa, 2) mendemokan pengetahuan atau keterampilan, 3) membimbing pelatihan, 4) mengecek pemahaman dan memberi umpan balik, dan 5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan. |

