Pembahasan Soal - Pembahasan Soal PPG UKG Bahasa Indonesia
Pembahasan Soal PPG UKG Bahasa Indonesia
Bagikan ke WhatsApp
Berikut Pembahasan Soal PPG UKG Bahasa Indonesia
Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ...
A. Pengetahuan faktual
B. Pengetahuan metakognitif
C. Pengetahuan prosedural
D. Pengetahuan konseptual
E. Keterampilan
Pembahasan
Jawaban C
- Penyusunan materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan.
- Cakupan materi berupa pengetahuan faktual, metakognitiff, prosedural, dan konseptual.
- Faktual berisi contoh terkait dengan materi.
- metakognitiff berisi konsep yang berkaitan dengan contoh di kehidupan sehari-hari.
- Konseptual berisi konsep-konsep terkait dengan materi.
- Prosedural berisi tahapan yang terkait dengan materi.
Oleh karena itu, jika ada KD memerankan, materi yang diajarkan terkait dengan prosedural yaitu
merancang tokoh fabel, latar, dialog; menentukan urutan cerita; merancang pemeranan fabel;
melakukan pemeranan.
Seorang guru meminta parra peserta didiknya untuk mengamati suatu jenis teks, merumuskan
pertanyaan yang ingin diketahui, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan,
dan mempresentasikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan ...
A. Inquiry
B. Saintifik
C. Discovery
D. Berbasis proyek
E. Berbasis masalah
Pembahasan
Jawaban B
Rumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan Saintifik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah. Saintifik meliputi mengamati , menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan.
Discovery meliputi stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan.
Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah.
Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evakuasi proses dan hasil proyek

